Senin, 30 April 2018

PENTINGNYA MENULIS UNTUK KEBAIKAN BERSAMA DALAM TAUSIAH BLOGGER


Matahari siang itu begitu cerah, bahkan terasa begitu panas. Dan aku merasakan jadwal yang padat sekali hari itu. Iyaa, pagi-pagi kami harus sudah ada di lokasi PKL yaitu di Kebun Ros. Lalu lanjut lagi dengan menuhi janji untuk pergi ke Benteng Marlborough bersama rekan-rekan squad kajian.
Setelah dari Benteng, jarum jam sudah menunjukkan pukul 13.30 siang. Berarti jadwalnya untuk ikut kelas bobe 9. Akhirnya dengan semua kekuatan dan semangat yang ada, karena lumayan merasa letih hari itu, akhirnya berangkat menuju lokasi kelas bobe. Meski sempat nyasar akhirnya sampai juga di lokasi.
ADA APA DENGAN HATI KITA?
kadang kita butuh penerang tatkala terasa hati ku mulai tak tau arah
Pernah nggak sich kita merasa ada sesuatu yang kosong pada kita? Pernah nggak kita merasa bahwa kita butuh ilmu dan nasehat. Dan pernah nggak sich kita diluar ketawa-ketiwi, tapi di dalam hati, kita merasa ada yang kurang. Kita merasa sedih sementara kita tidak tau apa hal yang disedihkan. Dan aku merasa jika sudah seperti itu, artinya hati kita perlu di cas lagi. Iyaa.. bukan hanya jasmani kita yang butuh nutrisi. Tapi rohani kita juga. Kita butuh nasehat-nasehat agama yang bisa membuat kita kembali bersemangat dalam menjalani hidup. Kita butuh sesuatu yang bisa membuat kita kembali berghairah dan dekat lagi sama pencipta kita yaitu Allah swt. Pemilik jiwa dan raga kita.
profil Rumah Tahfidz Bakti Ilahi
Dan hari itu, hari minggu, tanggal 29 April 2018 sebuah komunitas melakukan sebuah agenda yang berbeda dari kegiatan yang biasanya. Yapp.. komunitas kita, komunitas BloggerBengkulu. Jika biasanya  Bobe agenda rutin bulan nya adalah materi-materi seputaran blog, nulis, cara mendafatkan foto yang bagus, dll. Di bulan ini bobe tema nya yaitu Tausiah Blogger. Berlokasi di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi (RTBI), tepatnya di Jl. Belato No. 56 RT. 006 RW. 02 Kelurahan Berkas Kec. Teluk Segara Bengkulu. Dengan pematerinya kepala Rumah Tahfidz RTBI itu sendiri, Bapak Hilman. Alhamdulillah disini kita bisa memberi asupan lagi untuk jiwa kita.
nampak depan Rumah tahfidz Bakti Ilahi

Di Tausiah ini para blogger diingatkan agar selalu menyampaikan kebaikan-kebaikan melalui tulisan. Kita bisa berdakwah dengan media melalui tulisan yang kita buat. Dan disanalah kita sebagai blogger sangat berperan dalam berdakwah. Beberapa poin materi yang disampaikan oleh pemateri yang dapat saya rangkum yaitu,
MARI KITA MENULIS!!!
Menulis adalah sesuatu yang tak kalah penting dengan membaca. Kita bisa menulis apa saja yang mengandung kebaikan. Paling mudah misalnya menulis status pendek di akun medsos kita yang mengajak kepada kebaikan dan meninggalkan keburukan.
Kita bisa berdakwah melalui tulisan kita. Yang memiliki beberapa kelebihan jika melakukan dakwah ini. Diantaranya:
Pertama, pesan dakwah kita dapat dipindah tangankan,
Kedua, pesan dakwah dapat digandakan
Ketiga, dapat dipertahankan dalam waktu lama
UNTUK APA KITA MENULIS??
menulis adalah ibadah
Ada banyak sekali mamfaat kita dalam menulis. Diantaranya:
Pertama, kita menulis untuk mengikat ilmu
Karena jika tidak ditulis, maka apa yang sudah kita baca, yang sudah kita dapatkan, akan mudah sekali lupa. Seperti kata khalifah Ali bin Abi Thalib, “Ikatlah ilmu dengan tulisan”. Dan perkataan Imam Al-Ghazali, “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”.
Kedua, menyampaikan Ilmu
Dengan kita menulis berarti kita sudah menyampaikan ilmu apa saja yang kita tau. Dan tentunya itu akan bermamfaat bagi pembaca.
Ketiga, menyeru kepada kebaikan
Keempat, mencegah kepada kemungkaran
Kelima, meneguhkan keimanan

NGE-BLOG, JALAN UNTUK MENOLONG AGAMA ALLAH
salah satu jalan menolong agama Allah, Ngeblog
Menurut data-data yang ada, ada banyak sekali situs yang menebarkan berita-berita tidak baik. Seperti situs pornografi dan hoax. Jangan sampai situs-situs tersebut kalah dengan kita yang memiliki situs dengan content yang baik untuk dibagi kepada masyarakat. Nge-blog salah satu caranya. Kita menulis apa saja yang bermamfaat untuk masyarakat. Sekalipun yang kita tulis itu bersifat umum, namun tetap diselipkan pesan-pesan dakwah di dalamnya.
DO’A UNTUK PALESTINA DAN PENYERAHAN BANTUAN DANA UNTUK RTBI
Tausiah dari Ustadz Hilman
Dan di akhir materi ada pembacaan do’a oleh Kak Piter.  Do’a untuk saudara kita yang ada di Palestina. Yang berjuang melawan zionis. Didalam tausiah yang disampaikan oleh Kak Piter juga, sekalipun kita tidak bisa datang ke lokasi langsung untuk ikut berjihad melawan Israel dan membersamai Palestina, setidaknya do'a kita senantiasa mengalir untuk mereka. Jangan sampai nanti ketika di akhirat, Allah bertanya, "Apa yang sudah kita lakukan untuk Palestina??" kita hanya bisa diam tak mampu menjawab.

penyerahan bingkiran dan santunan dari BOBE ke RTBI
di akhir acara juga ada penyerahan bantuan dana untuk RTBI. Rumah tahfidz ini berdiri di tahun 2016. Memiliki Visi yaitu, "Mencetak Generasi Penghafal Qur'an". RTBI ini berada di bawah yayasan Al-Fida yang diketuai oleh Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd.
tabungan untuk akhirat membantu umat
Barangkali itu saja yang dapat saya sampaikan, tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari Blogger Bengkulu tentang kelas Blogger 9 bersama Rumah Tahfidz Bakti Ilahi. Semoga bermamfaat untuk kita semua dan terutama untuk saya sendiri yang mengikuti Tausiah Blogger ini. Aaminn..
 album:
foto depan RTBI
para hafidz serius mendengarkan tausiah
foto live event
ketua dan sahabat bobe bersama salah satu santri RTBI
teman-teman bobe




2 komentar: