Ada Masanya

Pict saat nge-trip ke Bukit Kandis bareng teman-teman. Bahkan gambar ini sja memiliki kisahnya sendiri yang membuat senyum saat dikenang😊

Satu per satu ku buka lagi lembaran-lembaran lama itu. Perlahan ku buka lagi sebuah gambar diri yang sedang memegang mic, seorang wanita yang begitu sibuk dan nampak gurat letih+ngantuk dari wajahnya. Perlahan ku buka lagi album kenangan itu. Kenangan masa-masa dahulu saat aktif di Organisasi, di Komunitas, di kepanitiaan. Masa-masa penuh ceria, penuh kesibukan, penuh dengan lingkaran pertemanan.

Jangan bilang bahwa saat ini aku sedang rindu masa-masa itu. Karena ini bukan rindu yang pertama aku rasakan. Ini adalah rindu yang ke sepersekian kalinya. Rindu yang tak mampu ku hitung ntah berapa kali aku merindu.
Benarlah kata pepatah. "Setiap orang ada masanya. Dan setiap masa ada orangnya". Dan betul!, saat ini masa ku telah berakhir. Diganti dengan generasi berikutnya. Lalu, sudah waktuku mencari masa yang lain. Kehidupan yang sesungguhnya di lingkungan masyarakat. Di alam sekitar. Bukan di kisaran kampus-asrama/kostan.

"Suatu saat kamu pasti akan rindu masa ini, Neng. Saat kamu liat semua album foto-foto waktu masih aktif kuliah dulu". Ucap seniorku saat aku main-main ke kampus.
Oh jauh hari aku telah mengaminkan ucapan itu. Bahkan sudah berulangkali aku membuka album foto yang sama.  Tentang kisah perjalanan, tentang persahabatan, kekompakan, perjuangan, kerja sama, konflik, dan semua yang berkaitan tentang sesuatu yang saat ini aku sebut tinggal kenangan.

Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang suaranya ada di paling depan. Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang merancang beragam program, mungkin iya, dulu kita adalah senior yang menjadi panutan para junior. Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang nasehatnya di butuhkan. Namun saat masa kita telah habis, siapa kita?  Jangankan "iya" akan semua hal itu. Ingat mereka akan diri kita aja syukur. Nantilah tentang apa itu kontribusi. Toh, orang yang dulu mengelu-elukan kita pun juga akan habis juga masanya. Akan merasakan rindu yang lebih dulu kita rasakan.

Satu hal yang penting, saat kita ada di posisi yang dibutuhkan orang dan kelompok, maka lakukanlah yang terbaik. Seperti motto kemenag, "Ikhlas Beramal". Karena jika mengharap balasan dari manusia, bahkan dalam bentuk sekadar ingin dihargai saja, kalau tidak kita dapatkan, KITA PASTI KECEWA.

 Begitu pula dimanapun kita berada, hendaknya kita senantiasa menebar manfaat bagi sesama. Bahkan dalam sebuah hadist juga disebutkan. "KHAIRUNNAS, ANFAA UHUM LINNAS. SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN".

Hey! Apakah kamu salah satu orang yang rindu masa-masa kuliah?  Rindu masa-masa saat kumpul bareng teman? Rindu rapat di organisasi?  Yuk kita TOS dan agendakan ajang curhat-curhatan. Kita bikin grup whatsapp dengan nama grup NOSTALGIA. 😄

5 komentar

  1. Iya mbk nnti mungkin aku bakalan rindu kuliah.samaa spt mbk kayagnya.kwkwk

    BalasHapus
  2. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring