Rabu, 05 September 2018

5 Alasan Memilih Tinggal Di Asrama


Assalamu’alaikum wr. wb

Halo semuanya pie kabare? Apik-apik wae khan?? Hehe

Eh, aku koq jadi pake bahasa Jawa sich? Padahal khan aku bukan orang Jawa. Meski banyak yang nyangka aku orang Jawa. Mungkin karena nama aku kali ya? Neng atau Nengsih. Identik dengan orang Jawa. Hehe

Okay, kali ini aku mau sharing tentang alasan-alasan kenapa kita mesti tinggal di asrama. Sebenarnya banyak banget ya mamfaat tinggal di asrama. Salah satunya adalah hidup kita teratur dengan aturan-aturan asrama. Namun meski begitu, tetap ada koq yang menolak untuk tinggal di asrama. Ya sebagian sich alasanya karena tidak mau dikekang dan ingin bebas. Tapi itu sebagian saja ya. Selebihnya mereka punya alasan tersendiri yang aku juga tidak sepenuhnya tau.

Nah, buat kamu yang bingung milih tinggal di asrama atau mau ngekos? Aku saranin untuk tinggal di asrama aja dech. Apalagi kalau biayanya murah, fasilitas lengkap, dan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Jadi dapat nilai plus kannn…?? Contohnya asrama kita ni. Asrama Siti Walidah UMB. Jadi promo ni. Hehe

Berikut alasan kenapa memilih tinggal di asrama:

1. Fasilitas Lengkap Disediakan Pihak Asrama.


Nah, di asrama biasanya sudah disediakan perlengkapan-perlengkapan umum. Misal keranjang tidur, almari, dapur umum, kamar mandi, kasur, dll. Berbeda dengan kosan pada umumnya. Kalau dikostan, kita mesti bawa barang mulai dari yang kecil sampai yang gede. Mulai dari gayung sampai keranjang kita sendiri yang siapkan. Tapi meski begitu, ada juga koq kostan yang udah nyediakan kasur atau keranjang tidur. Namun tentu bayaranya beda ya dengan yang enggak. Selain itu juga di asrama biasanay air pun bersih dan banyak.

2. Tertib dan Teratur.


Kalau misalkan di kostan kita bisa bebas, terutama saat ibu kost nya lagi pergi, berbeda dengan tinggal di asara. Di asrama punya aturan-aturan tertentu yang wajib kita ikuti. Mulai dari cara berpakaian, jam keluar asrama, absen kegiatan, dan masih banyak lagi. Apabila kita melanggar, maka siap-siap aja kena sanksinya. But, jangan takut sanksi yaa.. justru dengan adanya sanksi itulah kita akan merasa jera dan takut untuk melanggar. So, diri jadi terlatih disiplin dan taat aturan yes?

3. Asrama Padat Dengan Kegiatan Positif


Tentu saja. Seperti yang aku bilang tadi, di asrama pasti ada kegiatan-kegiatan yang bisa kita ikuti. Ini bisa mengembangkan potensi diri kita yaa.. misalnya ada kegiatan belajar berbahasa inggris, belajar mengaji. Selain itu ada juga kegiatan yang melatih kekompakan dan mempererat kekeluargaan searama. Misalnya gotong royong bersama, senam bersama, olahraga bersama, dan masih banyak lagi. Itu bisa melatih diri kita agar tidak menjadi orang yang individualis.

4. Diperhatikan




Berbeda kalau kita tinggal di kostan ya. Disaat sakit sebagainian pada nanya, “Teman gue dimana saat lagi membutuhkan??”. Nahh kalau di asrama, kita akan ada yang merhatiin. Sekalipun bukan teman kita, setidaknya ada ibu asrama yang perhatian dan mengecek kesehatan kita. Ada lah pastinya tempat kita mengadu di saat jauh dari orang tua.

5. Berada Di Lingkungan Aman Dan Nyaman



Aman karena di asrama jauh-jauh dari kata pergaulan bebas. Dan nyaman karena kamu akan jauh-jauh dari gangguan teman yang kadang bertamu disaat kamu lagi tidak ingin menerima tamu. Hehhee.. tapi yang pasti, selama di asrama pergaulan antara laki-laki dan wanita terbatas ya. Di asrama kita juga bisa focus dengan aktivitas yang positif. Kalau kita mulai melenceng dari jalan yang lurus nich, yaelah jalan lurus. Wkwkwk.. ada yang mengingatkan atau menegur, dan nantinya ketika kita udah tidak di asrama lagi, maka kita akan sangat merindukan moment-moment itu.

Barangkali itu aja ya dulu sharing dari aku. Untuk kamu yang masih bingung milih di asrama apa kost? Yuk di asrama aja. Lebih baik insyallah. Lebih terjaga. Namun jika kamu lebih memilih tinggal di kostan, aku sarankan juga agar memilih kostan yang terpisah antara kostan putra dan putri, serta punya ibu asrama yang ramah, peduli, namun tegas.

Dan 1 lagi, semua juga tergantung kepribadian masing-masing ya. Kalau kepribadianya kurang baik, mau ia tinggal di asrama dikawal oleh pepara bodyguard sekalipun tetap saja ia punya seribu cara dan alasan untuk tidak baik. Namun jika ia punya kepribadian baik dan iman yang kuat, dimana dan dengan siapapun ia tinggal ia tetaplah baik. Ibarat  bunga teratai, tetap mekar indah meski berada di kubangan lumpur.  #Eaaa..

Oya, buat kamu yang juga udah pernah ngerasain tinggal di asrama, boleh donk sharing juga ke aku sapa aja alasan lain selain yang aku sebutkan di atas tadi. Atau boleh juga share moment apa yang tidak bisa kamu lupain waktu tinggal di asrama.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Noted:
All pic by: Canva

13 komentar:

  1. Aku belum pernah tinggal di asrama. Banyak positifnya ya ternyata

    BalasHapus
  2. Waktu kuliah dulu dua tahun tinggal di asrama. Asyik, nyaman, dan terkendali

    BalasHapus
  3. Kayaknya memang nyaman tinggal di asrama ya.. Mana perempuan semua

    BalasHapus
  4. wah jadi pengen tinggal di asrama hehehe

    BalasHapus
  5. Aku elom pernah tinggal di asrama atau kost. Salnya aku tinggal sama orangtua. Pingin deh ngerasain tinggal di asrama

    BalasHapus
  6. Balum pernah tinggal di asrama. Hehe. Praktid juga ya kalo perkakas kaya keranjang dll udah disediakan. Hemat euy!

    BalasHapus
  7. Banyak hal positif tinggal di asrama. Dan pastinya seru banget.

    BalasHapus