Membersihkan Tempat Tidur

Assalamu’alaikum wr.wb

Apa kabar semuanya? Dan bagaimana keadaan kamarnya? Sudah dibersihkan kah? Sudah rapikah?

Ngomongin soal kebersihan nich teman-teman, sebagaimana yang kita ketahui, kebersihan adalah sebagian daripada iman. Nah, apabila ia tidak suka bersih, maka iman nya perlu dipertanyakan. Kamu suka bersih kan? Hehee

Namun, meski kebersihan itu penting karena juga salah satu faktor agar diri dan keluarga kita sehat, namun masih saja banyak orang yang tidak mementingkan soal kebersihan ini. terutama kebersihan makanan. Asal jadi, asal masak, asal enak. Padahal belum tentu makanan itu bersih. Terutama makanan yang kita beli di pinggir jalan. Kalau Cuma sekali atau dua kali yaa mungkin tubuh kita masih  bisa lah yaa mengatasinya. Namun jika udah kebiasaan, wahh tubuh kita bisa lelah tu menetralisirnya. So, harus dijaga yaa kebersihan diri dan keluarga kita. begitupun juga dengan menjaga kebersihan kamar atau tempat tidur. Bisa dibayangkan yaaa apabila kamar kita kotor? Kita akan merasa sulit untuk tidur. Tidak nyaman. Kecuali bagi orang yang udah biasa dengan kamar yang kotor dan berantakan.

Nah aku mau sharing beberapa tips dalam menjaga kebersihan kamar ni. Simak yaa.. check it out!!

1. Buang Sampah Pada Tempatnya


Sebaiknya di kamar, kita sediakan tempat sampah. Atau minimal kantong kresek lah untuk membuang sampah. Jadi sampahnya di kumpulin di tempat tersebut dan ketika banyak, baru di buang ke tempat sampah yang semestinya. Ini juga agar kita terhindar dari sampah yang berserakan.

2. Jauh Dari Binatang
 

Binatang yang dimaksud disini adalah binatang peliharaan seperti kucing, anjing, maupun hewan lainya. Dan ini juga bagi yang melihara hewan. Kenapa harus jauh? Karena kita tidak tau hewan akan membawa penyakit apa untuk kita. syukur-syukur sich bagi yang merawat binatang nya dengan baik.  Misalkan kucing yang dipelihara dengan diberi tempat yang layak, diberi makan, di mandikan, dan perawatan lainya. Namun jika tidak, kucing itu bisa menjadi sumber penyakit dan tidak baik untuk kesehatan tuan nya. Jangan sampai bulu dan bakterinya ikut berterbangan di kamar kita tercinta.

3. Buka Jendela Kamar


Selain untuk mengganti suhu udara yang ada di kamar, membuka jendela bisa membuat kamar kita jadi lebih bernafas. Bebas dari pengap dan sumpek. Terutama di pagi hari juga penting untuk membuka jendela kamar karena suhu udaranya yang begitu segar baik untuk kesehatan kita. jangan lupa juga untuk menutupnya kembali ketika maghrib telah tiba. 

4. Merapikan Kamar


Yapp.. rapikan kamar serapi mungkin. Sebersih dan seindah mungkin. Letakkan barang-barang kita secara baik sesuai dengan kebutuhan. Jika barangnya sering digunakan, maka letakkan di tempat yang mudah untuk di jangkau.

5. Cuci Sprei Atau Alas Tidur


Sprei atau alas tidur yang dibiarkan berbulan-bulan tanpa dicuci, itu juga menimbulkan bakteri dan bau tak sedap. Apalagi ini merupakan tempat yang paling akrab kita gunakan ketika malam hari. So, pastikan sprei kita bersih dan wangi yaaa biar tidurnya makin nyaman.

Okay, itu dulu yaa sharing dari aku. Semoga bermamfaat. Meskipun kita bukan orang yang begitu bersih sampai ke akar-akarnya, namun setidaknya buatlah kamar kita menjadi tempat yang paling nyaman untuk kita singgahi. Bebas dari bau tak sedap, rapi, dan bersih. Toh yang menggunakanya adalah diri kita sendiri. Bukan orang lain.

Aku pernah memutar sebuah video motivasi yang intinya adalah “Ketika bangun tidur maka pastikan tempat tidur mu rapi dan bersih. Karena ketika siang hari akan ada banyak waktu kamu lewati dalam menghadapi dunia. Dan tatkala masalahmu begitu pelik, kamu masih punya tempat yang nyaman untuk merebahkan diri. Yaitu tempat tidurmu.

Yapp.. membersihkan tempat tidur, meski terlihat sepele, namun akan berdampak besar ketika kita menjalaninya dengan tertib.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Note: All Pict By Pixabay

5 komentar

  1. Membersihkan tempat tidur tuh udah ditanamkan sejak kecil,bahkan diajarkan melalui lagu.Masih ingat lagu bangun tidur, lah itu..ujung-ujungnya memebersihkan tempat tidur, tapi kebanyakan cowok masih males membersihkan tempat tidur..ada tips biar tidak males lagi gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips nya yaa jgn malas kak. Hehee .

      Tips nya, pas bangun itu lngsung cuci muka , lalu lngsung rapiin aja tmlat tdur. Jgn tnggu nanti.

      Hapus
  2. Naah ini semua adalah kerjasn rutinitas para mak-mak yee

    BalasHapus
  3. Yang nomor dua tu sejujurnya diriku tak bisa neng

    BalasHapus