Senin, 09 Juli 2018

Perbedaan Masjid Jogokarian Yogyakarta dengan Masjid Jami’atul Mukhlisin Mukomuko

pict by: google

A. Masjid Jogokarian

Masjid Jogokariyan terletak di tengah-tengah kampung Jogokariyan, Mantrijeron, Yogyakarta.  Masjid ini menjadi tempat inspirasi bagi 4 RW yang ada disekitarnya. Namun kini, masjid ini sering menjadi rujukan bagi masjid-masjid lainnya dalam hal manajemennya yang unik dan patut dicontoh bagi masjid-masjid lainnya.

Apa keunikannya, yuk kita simak berikut ini dari rangkuman Ustadz Salim. A. Fillah.

1. Memilik Data Base Warga


Setiap tahun masjid Jogokariyan memiliki program Sensus Masjid yang bertujuan untuk mendata jamaahnya dan sebagai informasi awal kegiatan. Data Base dan Peta Da’wah. Masjid Jogokariyan Yogyakarta tak hanya mencakup : Nama KK dan warga, Pendapatan, Pendidikan dan lain-lain,  tetapi juga sampai kepada :

a. Siapa saja yang sholat & yang belum sholat

b. Yang sholat di Masjid & yang belum sholat di Masjid.

c. Yang sudah berzakat atau yang belum.

d. Yang sudah ber-qurban atau yg belum ber-qurban.

e. Yang aktif mengikuti kegiatan masjid atau yang belum.

f. Yang berkemampuan di bidang apa dan bekerja di mana.

Dari Data Base diatas kita bisa tahu bahwa dari 1030 KK (4000-an penduduk sekitar masjid) yg belum sholat tahun 2010 ada 17 orang Lalu bila dibandingkan dengan data tahun 2000 yang belum sholat 127 orang. Dari sinilah perkembangan Da’wah selama 10 tahun terlihat.

Data jamaah juga digunakan tuk Gerakan Shubuh Berjamaah. Pada tahun 2004 dibuat Undangan Cetak layaknya Undangan Pernikahan untuk Gerakan Shubuh Berjamaah.

Seperti ini contoh undanganya,

UNDANGAN :

Mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Saudara (nama jamaah) dalam acara Sholat Shubuh Berjamaah, besok pukul 04.15 WIB di Masjid Jogokariyan. (Undangan itu dilengkapi hadis-hadis keutamaan Sholat Shubuh).

2. Sistem Pendanaan Masjid

Masjid Jogokariyan juga berkomitmen tidak membuat unit Usaha agar tidak menyakiti jamaah yang juga memiliki bisnis serupa. ini harus dijaga, misalnya, tiap pekan Masjid Jogokariyan biasa menerima ratusan tamu, sehingga konsumsi untuk tamu diorderkan bergilir pada jamaah yang punya rumah makan.

Sistem keuangan Masjid Jogokariyan juga berbeda dari yg lain. Jika ada Masjid mengumumkan dengan bangga bahwa saldo infaknya jutaan, maka Masjid Jogokariyan selalu berupaya keras agar di tiap pengumumaan saldo-infak harus sama dengan NOL Rupiah!. Infak itu ditunggu pahalanya tuk jadi amal sholih, bukan untuk disimpan di rekening Bank.

Sebab pengumuman infak jutaan akan sangat menyakitkan jika tetangga Masjid ada yang tak bisa ke Rumah Sakit sebab tak punya biaya atau tak bisa sekolah. Masjid yang menyakiti Jamaah ialah tragedi da’wah. Sehingga dengan pengumuman saldo infak sama dengan NOL Rupiah, maka jamaah lebih bersemangat mengamanahkan hartanya. Pun kalau saldo Masjid masih jutaan yaa maaf kalau malah membuat  infak jamaahnya nggak semangat.

Masjid Jogokariyan pada tahun 2005 juga meng-inisiasi Gerakan Jamaah Mandiri yaitu : Jumlah biaya setahun dihitung dibagi 52… ketemu biaya pekanan… dibagi lagi dengan kapasitas masjid lalu ketemu biaya per-tempat sholat Setelah itu disosialisasikan Kemudian Jamaah diberitahu bahwa jika dalam sepekan mereka ber-infak dengan jumlah “segitu” maka dia katagori Jamaah Mandiri. Adapun jika berinfak lebih, maka dia termasuk Jamaah Pensubsidi. Tetapi, Jika dia tidak ber-infak atau berinfak kurang maka dia termasuk Jamaah di Subsidi. Kemudian sosialisasi ditutup dengan kalimat : ”Doakan kami tetap mampu melayani ibadah anda sebaik-baiknya”. Gerakan Jamaah Mandiri Alhamdulillah sukses menaikkan infak pekanan Masjid Jogokariyan hingga 400%.. Toh ternyata orang malu  jika ia beribadah tapi disubsidi.

3. Sarana dan Prasarana Masjid

Wifi di Masjid Jogokariyan sudah dari tahun 2004 dan itu “gratis-tis”, sehingga Jamaah baik dari anak-anak maupun dewasa tidak perlu repot-repot ke WarNet yg sangat memungkinkan mereka untuk membuka situs yang bukan-bukan.

Kami juga menyediakan ruang olahraga atau bermain yang terdapat alat olahraga seperti tenis meja dan lain-lain, sehingga anak-anak atau remaja atau pemuda yang ingin bermain atau berolahraga di Jogokariyan bisa kerasan atau betah. Daripada “mereka” main atau ber-olahraga diluar masjid yang biasanya waktu mereka saat itu bertabrakan dengan waktu sholat.

4. Unik Lainnya yang ada di Masjid Jogokariyan


Tiap kali renovasi Masjid. Takmir Masjid berupaya  tak membebani jamaah dengan Proposal sebab Takmir hanya pasang spanduk : “Mohon maaf ibadah Anda terganggu, Masjid Jogokariyan sedang kami renovasi.” Nomor rekening tertera di bawahnya.

Sejak tahun 2005 Masjid Jogokariyan sudah menjalankan program Universal Conference Insurance dimana seluruh Jamaah Masjid bisa berobat di Rumah Sakit atau klinik manapun secara Gratis-tis dengan membawa Kartu Sehat Masjid Jogokariyan.

Dan kami juga biasa memberi hibah Umrah bagi jamaah yang betul-betul rutin Jamaah Sholat Shubuh di Masjid Jogokariyan.

Satu kisah lagi untuk menunjukkan pentingnya data dan dokumentasi yakni Masjid Jogokariyan punya foto pembangunannya di tahun 1967, gambarnya seorang Bapak sepuh berpeci hitam, berbaju batik, dan sarungan sedang mengawasi  para tukang pengaduk semen untuk Masjid Jogokariyan.

Di tahun 2002/2003 Masjid Jogokariyan direnovasi besar-besaran kemudian foto itu dibawa kepada putra si kakek dalam gambar tersebut. Putranya seorang juragan kayu. Kami katakan pada Putra kakek yang ada di foto tadi : “Ini gambar Ayahanda Bapak ketika membangun Masjid Jogokariyan, kini Masjid sudah tak mampu lagi menampung Jamaah, sehingga kami bermaksud merenovasi masjid, Jika berkenan tuk melanjutkan amal jariyah Ayahanda Bapak, kami tunggu partisipasi bapak di Jogokariyan.

Di ambil dari situs:

https://bataranews.com/2016/06/08/mengintip-uniknya-kegiatan-masjid-jogokariyan-yogyakarta/ (pada hari Selasa, 10 Juli 2018 pukul  06.41 wib dengan pengeditan).

Okay, luar biasa sekali ya jika dilihat bagaimana manajemen Masjid Jogokarian yang makmur mulai dari masjid hingga ke jamaahnya. Sekarang mari kita lihat bagaimana dengan Masjid Jami’atul Mukhlisin.

B. Masjid Jami’atul Mukhlisin

Masjid ini terletak Desa Retak Mudik, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Mukomuko. Terletak di pinggir jalan, jalan Lintas Bengkulu-Sumatra Barat. Jika dilihat dari sisi bangunan, masjid ini Alhamdulillah sudah bagus, besar dan luas. Bahkan masjid ini sering menjadi tempat kegiatan lomba/pengajian tingkat kecamatan. Namun meski begitu, tetap ada perbedaan dan kekurangan yang jauh sekali dari Masjid Jogokarian.

Disini saya berusaha menguraikanya sebagaimana pengetahuan saya. Barangkali bisa menjadi perbandingan, dan menjadi evaluasi untuk Masjid Jami’atul Mukhlisin ke depanya.

1. DataBase Warga


Jika masjid Jogokarian memiliki database warga, maka di masjid Jami’atul Mukhlisin pun juga begitu. Seperti KK. Kalau pendapatan dan pendidikan sepertinya belum ada di masjid Jami’atul Mukhlisin. Apalagi data siapa yang sholat subuh berjamaah, yang sholat dan yang belum. Mengenai data yang berqurban dan yang belum berqurban juga itu berdasarkan kesadaran dari jamaah sendiri akan keutamaan kurban. Kalau data dimasjid belum ada.

Begitu juga dengan sholat subuh berjamaah, belum ada data. Biasanya di masjid ini, sholat subuh di Masjidnya sepi jamaah. Hanya orang-orang tua saja kebanyakan. Bukan hanya di masjid Jamiatul Mukhlisin saja saya rasa, namun masjid pada umumnya juga sepi jamaah subuh. Walaupun di kota Bengkulu sendiri jumlah jamaah masjid di subuh sudah mulai banyak karena sudah adanya kesadaran akan pentingnya sholat subuh jamaah di masjid. Apalagi sudah ada Gerakan Sholat Subuh Jamaah Keliling.

2. Sistem Pendanaan Masjid

Jika di Jogokarian, data pendaan yang diumumkan selalu Rp 0, agar jamaah bersemngat infaq, namun di Masjid Jami’atul Mukhlisin masih tetap dituangkan jumlah dana yang tersedia sesuai dengan fakta. Untuk infaq masjid kembali lagi kepada kesadaran jamaahnya. Biasanya memang ada donator masjid yang jamaahnya termasuk orang yang berada. Dibantu juga dengan infaq keliling yang dijalankan.

Di Desa Retak Mudik juga biasanya diumumkan jika ada warga yang belum bayar hutang kepada desa. Karena ada beberapa kewajiban setiap warga untuk membayar iuran rutin per KK nya. Jika belum lunas, maka akan diumumkan sebelum melaksanakan sholat jum’at. Dampak negative dari ini adalah warga yang kurang mampu akan merasa tertekan dan malu jika namanya diumumkan. Dampak positifnya adalah tiap warga akan berlomba untuk membayar iuran wajibnya karena tidak ingin namanya diumumkan sebagai warga yang belum bayar sehingga merasa malu.

3. Sarana Dan Prasarana

Sarana yang ada yaitu tempat wudhu yang sudah nyaman bagi laki-laki namun masih belum leluasa untuk wudhu wanita karena lokasi terbatas dan tidak tertutup. Bagi jamaah wanita yang ingin wudhu di tempat tertutup,, berarti ia wudhunya di WC yang juga tempat buang air.

Di samping masjid ini juga ada gedung serba guna. Fungsinya yaitu untuk belajar ngaji anak-anak TPQ, untuk pengajian ibu-ibu, serta jika di bulan Ramadhan itu menjadi tempat nginap bagi jamaah yang sudah tua namun ingin focus beribadah di masjid.

Sarana olahraga dan internet juga belum disediakan di masjid ini.

4. Hal Unik di Masjid Jami’atul Mukhlisin

Hal unik di masjid ini yaitu jika Hari Raya Idul Fitri tiba, maka jumlah jamaah akan berlimpah ruah sampai keluar. Padahal masjid nya sudah tergolong masjid yang besar. Kenapa bisa begitu? Para Orang Tua Warga desa retak mudik merupakan warga yang memiliki banyak anak. Lalu anak-anaknya ini banyak yang sukses. Sebagian tetap di desa Retak Mudik. Namun banyak juga yang merantau di luar. Dan pada Hari Raya semua keluarga yang di luar akan mudik ke kampung halamanya membawa anak-cucu mereka.

Selain itu juga di desa ini banyak pula pendatang yang merantau lalu sukses disini. Mereka banyak yang berasal dari suku Padang dan Rejang. Dan ketika Hari Raya pun, mereka banyak yang tidak mudik ke kampung halaman dan memilih untuk tetap di desa ini. hal ini mungkin dikarenakan di desa ini warganya ramah-ramah terhadap pendatang. Bahkan sudah akrab dan seperti keluarga sendiri. Dan bisa jadi juga karena para pendatang ini sudah menganggap desa ini menjadi desa mereka juga dikarenakan keperuntungan dan kesuksesan mereka terjadi di desa ini. itulah alasan kenapa setiap lebaran masjid selalu ramai oleh Jamaah.

Demikian yang dapat saya sampaikan dengan keterbatas pengetahuan saya. Perbedaan ini pun saya lihat juga dari kasat mata karena saya sejujurnya kurang faham dengan manajemen masjid Jami’atul Mukhlisin. Tulisan ini dibuat bukan untuk membandingkan kedua masjid lalu mencari-cari keburukanya. Ini hanyalah perbandingan untuk perbaikan kedepanya. Tulisan ini juga dibuat guna memenuhi tugas Mata Kuliah Muhadharah dari Bapak Zulkarnaen Z Sitepu.

Terimakasih dan harap dimaklumi 

Selasa, 03 Juli 2018

Funbike dan Deklarasi Pra Hari Anti Narkoba Internasional

Assalam’alaikm wr.wb

Halo teman-teman kali ini aku mau sharing kegiatan kita kemaren di korem. Yaitu deklarasi pra Hari Anti Narkoba Internasional, funbike, senam, tes urine, dll. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 1 Juli 2018 yang di mulai dari pukul 06.30 wib sampai selesai. Acara ini diikuti oleh semua anggota korem, BNN, penggiat anti narkoba, masyarakat dan masih banyak lagi.

Penasaran apa aja acara kita? cekidot!!!

Funbike Dan Jalan Santai

Yap acara di awali dengan jalan santai dan funbike bersama. Turut juga diikit oleh plt gubernur, yaitu Bapak Rohidin Mersyah.

Aku memang tidak mengikuti dari awal kegiatan ini. Karena pas aku nyampe di lokasi acaranya sudah mulai. Para peserta fun bike dan jalan santai sudah berangkat. So, pas nyampe di lokasi aku bersama rekan ku Nisa, langsung kumpul bersama teman-teman dengan baju biru. Yap. Rekan-rekan penggiat anti narkoba. Penggiat anti narkoba adalah salah satu wadah yang dibentuk oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu. Jadi tugas kami yaitu membantu BNNP untuk giat dalam melakukan penyuluhan, sosialisai kepada masyarakat atau di sekolah-sekolah. Bisa di bilang kaki tanganya BNN gitu.
id card penggiat anti narkoba


Sambil menunggu para peserta balik lagi, kami pun mengobrol biasa, dan juga ikut menikmati makanan ringan yang sudah disediakan oleh panitia di lokasi.

Senam Bersama
Okay, setelah peserta kembali, acara selanjutnya yaitu senam bersama. Yang diawali dengan senam Oppo, kemudian senam Zumba. Kegiatan senam pun diikuti dengan antusias dan sangat bersemangat oleh para peserta. Itung-itung bisa ngurusin badan. Iya nggak? Hhahaa..


senam bersama


Aku juga ikutan senam. Hanya saja di bagian senam ini aku juga punya cerita lucu. Awalnya sich, yaa senam biasa aja. Senam santai dan pas kami di barisan belakang. Namun ketika ganti senam yang beralih dengan senam zumba, ternyata kita disuruh balik mutar. Ya ampunnn.. barisan ku jadi tepat paling depan dan menghadap intrusktur. Hahaa.. itu artinya jadi pusat perhatian secara nggak langsung. (aku pede banget yak, padahal orang belum tentu liat aku. Wkwk).

Baiklah, karena sudah didepan dan nggak mampu ngelak, aku ikutan senam meski dengan tubuh yang kaku karena malu. Aku berkata pada diri ku sendiri. “Haloo nengsih, ini bukan senam di asrama yang semuanya cewek dan kamu bisa gerak bebas”. Aduh.. gimana ini,? malu? Ya jelaslah. Nggak gerak nanti bakal ditegur nich, instruktur juga sering liat ke arah aku. Hahaha.. mampus dech.

Senam berhenti dan aku merasa lega. Namun aku terkejut ketika instruktur ngomong itu baru pembuka. Berarti masih ada gerakan inti dan pendinginan lagi yak? Oh tidaakkk.. dengan segera aku ambil tas yang ditarok di lantai pas senam tadi dan langsung balik lagi ke barisan paling belakang. Nisa juga ngikutiku ternyata. Hahahaa.. Nisa sebenarnya lebih pemalu dari aku. Dan aku lebih ke malu-maluin. #Uppsss.. Hahaa.. ehh.. udah ya, malah jadi curhat tentang senam. Nggak panting banget yach? Wkkwk

Deklarasi PRA Hari Anti Narkoba Internasional 2018
pembacaan teks deklarasi anti narkoba

Nah, ini juga termasuk bagian inti di acara ini. setelah senam, selanjutnya semua pengurus dan anggota BNNP Bengkulu beserta Penggiat Anti Narkoba mendeklarasikan diri anti narkoba. Dan dibaca langsung oleh Plt. Gubernur. Beliau membaca per kalimat dan kami mengulanginya. Didampingi juga oleh Kapolda Bengkulu, Danrem 041 Gamas Bengkulu, Danlanel Bengkulu, dll.

 Adapun isi dari deklarasi tersebut ialah:

Kami pemerintah dan Masyarakat Propinsi Bengkulu menyatakan:

1. Perang terhadap narkoba

2. Menolak segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba

3. Mendukung pemerintah dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba

4. Mendukung penegalan hukum terhadap segala bentuk pidana kejahatan narkoba

5. Bertekad menciptakan generasi yang kreatif, sportif, inovatif, serta berpartisipasi tanpa narkoba

Penandatanganan Petisi Anti Narkoba
ikut andil dalam penandatanganan petisi
Setelah pembacaan deklarasi, selanjutnya yaitu penandatanganan petisi anti narkoba pada spanduk yang sudah disediakan. Tentu di dahului oleh pak Plt. Gbernur.

Undian Berhadiah

peserta mendapatkan hadiah sepeda
Nah aku juga lupa ngomong di awal tadi, bahwa disini juga ada undian yang dibagikan kepada peserta funbike dan jalan santai. Hadiahnya juga bermacam-macam. Mulai dari perobot rumah tangga, sepeda, hingga motor. Menggiurkan yaa..

Selanjutnya Tes Urine Dan Pembagian Pamflet


pamflet


Di bagian ini aku tidak bisa menyaksikan secara langsung karena aku harus pergi. Ada acara lain lagi yang harus aku ikuti. Dan di sesi tes urine ini juga penggiat anti narkoba diperbantukan.

Ehem.. sepertinya itu yang bisa aku certain mengenai even tempo hari. Dan pada intinya aku mau nyampein, "Siapapun kita, dimanapun kita, dan apapun profesi kita, mari bersama-sama nyatakan perang terhadap narkoba. Narkoba merusak masa depan. Yuk lindungi anak, adek, ponakan, dan semua anggota keluarga kita dari narkoba. Stop Narkoba!!"

Wassalamu’alaikum wr.wb

Take a moment:
foto bersama penggiat anti narkoba bersama BNNP Bengkulu
bersama-sama mengabadikan moment
tanda tangan petisi
ada yang tau siapa yang milad??
pict by: BNNP Bengkulu

Sabtu, 23 Juni 2018

Lebaran Telah Usai


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar ni teman-teman? Alhamdulillah ya kita masih bisa bersua lagi usai lebaran ini. dan alhamdulillah banget masih bisa nulis. Hehhee

10 hari mudik rasanya udah kangen aja sama blog. Maklum eeiii.. di kampung nggak bawa laptop dan susah signal. Hehe

Btw aku mau cerita apa ni ya? Hmm.. mengenai lebaran ya tentunya. Ok lah. Meskipun lebaran telah usai namun cerita tentang lebaran jangan dulu usai yak.. hohoo

Yappss.. 10 hari mudik bisa di bilang waktu yang sebentar namun juga lama sich bagi yang  nggak da kerjaan. Hihii.. dan aku ada dipertengahan itu. Aduhh.. gimana yak? Aku juga bingung. Wkwk

Malam Takbiran

Euforia lebaran tentu sudah terasa di malam takbiran yaa.. di daerah kami di Kecamatan Sungai Rumbai yang bertetangga dengan kecamatan Ipuh, biasa kalau malam takbiran mengadakan konvoi takbiran keliling. Dan seperti biasa aku mantengin dari teras rumah. melihat aksesoris di mobil yang beragam. Bentuk kubah masjid yang diukir dengan begitu indahnya. Dihiasi lampu warna warni. Dan diiring dengan gema suara takbir yang mengalun menggetarkan hati. Masyallah..

Shalat Ied

Nah, di waktu sholat ied ini, aku nggak bisa ikutan sholat. Yahh.. apalagi kalau bukan tamu bulanan yang mengurung niat untuk bisa sholat bersama. Sedih sich… tapi yam au gimana lagi. Udah kodratnya sebagai wanita. Tak tanggung-tanggung, ramadhan kali ini aku bolong 10 hari. Ya Allahh… pertama kali ni bakal ganti puasa sebanyak ini. wkwk.. coz, tamunya datang ketika awal dan akhir ramadhan. Jadi yaaa gitu dech. Sedihnya yaa terasa beda aja. Cz ini juga perdana kali nggak ikutan sholat ied. Pengalaman tahun yang sudah-sudah, kalau udah hari raya pasti bangunya lebih awal. Mandi lebih dulu, bersiap, sarapan dan berangkat dengan semangnya. Tentu tak ketinggalan amalan-amalan sunnah hari raya mulai berangkat hingga pulang. Lah, tahun ini?? hanya bisa melihat keberangkatan mereka doank. Huhuu

Usai Sholat Ied

Dan usai sholat ied, seperti biasa warga desa kami pasti melakukan ziarah kubur. Tak ketinggalan juga keluarga kami. Menziarahi kubur kakek dan nenek. Namun berhubung cuaca tidak mendukung karena hujan, ziarah ditunda hingga esok hari

Silaturahmi Keluarga

Okay berhubung ziarah nggak jadi, kita langsung kumpul di rumah bibi untuk bermaaf-maafan. Tentu sebelum bermaaf-maafan dengan yang lain aku utamain dulu sama orang tua. Ayah dan ibu. Kan sunnahnya seperti itu. Setelah itu baru yang lain. Dan di sesu maafan inilah titik haru muncul. Banyak yang haru bahkan nangis meminta maaf. Seediiihhhh..

Dan setelah itu lanjut lagi ngeliling ke rumah paman. Harusnya sich kita bawa kue yang dimasukkan ke dalam rantang. Karena itu juga merupakan bagian dari tradisi yang perlu untuk dilestarikan. Nahh,,,, bagi yang punya banyak saudara, akan makin sering juga kue masuk ke rantang dan di antar. Biasanya kue kita nanti akan diisi balik dengan kue yang berbeda dari tuan rumah. dan berhubung kami nggak masuk kue banyak ketimbang tahun lalu, jadinya nggak gandeng rantang dechh.. cukup bawa badan aja dengan niat ikhlas buat minta maaf dan silaturahmi. Hehhee

Lebaran Ke-2

Di lebaran kedua ini, biasanya di daerah kami, yaitu daerah Ipuh (Mukomuko) dan sekitarnya, biasa ngadai sebuah acara kayak pesta di pantai. Tak tanggung-tanggung ada organ dan artis ibu kotanya juga loo.. dan tentu ada tiketnya. Rame jangan di Tanya. Pokoknya pantai melimpah ruah dech..

Sementara aku, karena ada tugas kampus yang harus diselesaikan, di lebaran kedua nggak bisa ikutan ke pantai. Karena harus ke kota MukoMuko yang jaraknya kisaran 2 jam perjalanan. Dan itu pulang hari. Capek euyyy… but, demi tanggung jawab nggak apa laahhhh.. hehee

Lebaran Ke-3

Di lebaran ketiga ini, aku pergi ke Ipuh buat silaturahmi ke rumah sahabat dan ke rumah guru-guru waktu MAN dulu. Namun berhubung guru-gurunya pada mudik semua, jadinya Cuma bisa ke rumah sahabat. Da dari rumahnya cuuusss ke pantai juga. Pantai Air Buluh. Hehee

Okay.. kayaknya itu aja dach ceritaku di lebaran yang telah usai ini. hehee.. tetap semangat nulis yaaa.. bye.. byee

Wassalamualaikum wr.wb

Note:

Maaf yaaa.. nggak banyak moment lebaran yang sempat aku ambil gambarnya. Bahkan bisa di bilang nggakda. Kehilangan moment dechhh.. Huhuu..

Jumat, 08 Juni 2018

Memburu Malam Lailatul Qadr


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar ni teman-teman? Sudah beli baju lebaran kah? Upsss…hehee

Meski pada sibuk dengan pernak pernik lebaran, namun ibadah tetap harus diprioritaskan yaa.. sangat baik jika kita lebih memilih untuk meramaikan pasar, swalayan, mall dan pusat perbelanjaan lainya ketimbang meramaikan masjid untuk ibadah.

10 Malam Terakhir

Nggak terasa ya kita udah berada di 10 malam terakhir bulan ramadhan. Ahh.. . ada 2 rasa yang kita rasakan.

Pertama, bahagia karena kita akan bertemu dengan hari kemenangan. Hari raya idul fitri setelah 1 bulan penuh kita menahan lapar dahaga dan semua sifat buruk selama bulan ramadhan.

Kedua, sedih. Karena kita akan berpisah dengan bulan yang penuh kemuliaan penuh keberkahan, dimana ampunan Allah terbuka luas, Pahala berlipat ganda, pintu neraka ditutup dan setan di belenggu. Tiada yang menggoda kita. hanyalah nafsu yang menjadi lawan kita di bulan ini.

Yaa.. tak bisa ku pungkiri, aku sendiri merasa bahagia akan menyambut harikemenangan yang tinggal beberapa hari lagi ini. namun tak bisa di pungkiri juga ada rasa sedih di hati. Bulan ramadhan akan segera berlalu. Ntahlah.. aku melihat ramadhan akan segera pergi. Sementara kita semua belum tentu bisa memamfaatkan bulan ini dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

Ya Ramadhaann.. Ya Ramadhaan.. aku akan segera merindukanmu kembali. Semoga di tahun yang akan datang kita akan segera bersua lagi. Aaminn..

Hmm.. di 10 malam terakhir semua berburu pahala dan ibadah kepada Allah. dimana pada 10 malam terakhir ini lah malam lailatul qadr lebih besar kemungkinan untuk datang. Malam itu, malam yang lebih baik daripada 1000 bulan.

Siapa Yang Meraih Malam Lailatur Qadr?


Ini pertanyaan yang rasanya ingin sekali kita tau apa jawabanya. Dan berharap sekali kitalah salah satu orang yang mendapat kan malam terbaik itu. Apakah yang memperoleh itu adalah orang yang paling banyak ibadahnya? Paling rajin ibadahnya? Ataukah orang-orang pilihan yang tidak kita duga sedikitpun.

Saya punya sebuah cerita. Cerita ini sebelumnya dituturkan oleh Bang Nover. Yaitu Imam di asrama kami pada waktu beliau mengisi kultum taraweh. Ceritanya kira-kira begini,

Ada seorang nenek yang sudah tua sekali namun ia tetap bekerja dengan berjualan pisang. Ketika beliau berjualan pisang, ada seorang lelaki yang baru saja pulang dari masjid dan mengendarai mobil melihat nenek ini yang jualan. Lalu beliau berhenti dan bertanya,

“Kenapa Nenek masih jualan? Nenek kan sudah tua. Harusnya Nenek berhenti bekerja. Istirahat saja di rumah, dan banyak-banyak beribadah”, tutur lelaki itu.

Nenek itu menjawab, “Saya menghidupi anak-anak jalanan, Nak. Jadi saya harus bekerja untuk memberi makan mereka”.

Singkat cerita akhirnya lelaki ini merasa salut dengan nenek ini lalu beliau memborong semua pisang yang nenek itu jual.

Dan ketika dia membayar pisang, uang yang ia bayarkan itu tidak ada kembalian. Namun si Nenek lalu menukarkan uang itu untuk membalikan uang pemuda tersebut. Meskipun awalnya pemuda itu sudah mengatakan tidak usah dikembalikan. Ketika Nenek itu pergi mencari tukaran uang, lelaki itu pun pulang ke rumahnya tanpa menunggu Nenek itu kembali.

Dan keesokan harinya, lelaki ini datang lagi ke tempat Nenek itu jualan. Namun ia tidak menemukan Nenek disana. Akhirnya ia pun bertanya kepada pedagang lain yang juga berlapak di samping lapak Nenek.

“Maaf Bu, Menek yang jualan disini kemaren itu dimana ya, Bu?”, tanyanya

“Dia hari ini nggak jualan, Nak. Oya, kamu yang kemaren kesini memborong pisang nenek itu ya?”, Tanya Ibu itu kemudian.

“Iya, Bu” jawab lelaki itu

“MasyAllah, Nakk.. nenek itu bahagia sekali kemaren. Ia bahkan sujud syukur. Dia fikir dia telah mendapatkan Lailatul Qadr”, kata ibu itu.

Kemudian lelaki itu pulang dengan pelajaran yang sangat membekas pada dirinya. Bahwa malam Lailatul  Qadr tidak mesti harus didapatkan dengan memaksimalkan 10 malam terakhir itu saja. Dengan berdiam diri di masjid untuk ibadah. Seperti nenek ini, dia bekerja untuk membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Dan itu merupakan perbuatan yang sangat mulia.

Masyallah.. kita memang tidak tau kapan malam Lailatul Qadr itu datang dan siapa saja yang bisa mendapatkanya. Tugas kita adalah beribadah dengan sebaik mungkin sejak dari awal Ramadhan hingga akhir ramadhan. Tidak hanya di 10 malan terakhir saja lalu mengabaikan 20 malam sebelumnya. Wallahualam Bish Shawwab

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung dengan mendapatkan malam yang lebih baik daripada malam 1000 bulan. Aaminn ya Rabbal Alamiinn..

Wassalamu’alaikum wr. wb

Sabtu, 02 Juni 2018

Sop Bakso Magic Ala Anak Asrama

Assalamualaikum wr.wb

Hay.. hay apa kabar semuanya??

Sudah makan belum nich??

Upss.. puasa yak.. nggak boleh makan siang. Kecuali yang berhalangan. Hehehee..

Btw, aku mau cerita ni, kemaren kan dapat email untuk ikut lomba resep masakan dari so good. Bahagia banget laahhh.. bisa bereksperimen dengan masakan. Hihii

Dan masalahnyaaaaa??? Masalah nya adalah kami tidak punya kompor. Hahahaa.. koq bisa?

Jadi gini, kami kan kuliahnya tinggal di asrama. Di asrama kami gedung bertingkat. Jadi nggak boleh bawak kompor dan ngidupin api. Tau kan alasanya?? Yahh karena khawatir akan terjadi kebakaran dan sebagainya. Dan kalau itu terjadi, berabe dahh.. apalagi aku yang tinggal di lantai 3. Huahuaaa..

Ok fix, kita tidak kehilangan akal dong yaa.. kalau kata pepatah, tiada rotan akar pun jadi. So, meski tidak ada kompor kami masak nya di magic nasi. Yes, terkadang keadaan darurat membuat kita lebih berfikir kreatif. Dan masak di magic ini mah udah biasa anak asrama praktekin. Coz, bosan em kalau lauk makan nya beli teruss.. kadang rasa nggak sesuai selera.

Kembali lagi ke cerita awal nich yaa.. dan setelah dapat brief email tersebut tak lama beberapa hari kemudian kita langsung nihh cuss ke minimarket terdekat nyari produk so good. Dan alhamdulillah ketemu. Ternyata pas nyampe di sana dan nyari produk yang di maksud yaitu so good, ada beberapa pilihan produknya. Ada ayam, nugget dan bakso. Sebenarnya masih ada jenis-jenis produk dari so good yang lainya. Tapi berhubung di minimarket tersebut cuma ada itu, maka  aku menjatuhkan hati ke bakso.


Kenapa Bakso??


Karena kita masaknya di magic, kami agak kesusahan untuk goreng-menggoreng. Jadi aku milih bakso buat masak sop. Selain simple dan praktis juga cocok untuk menu buka lanjut ke sahur. Masak nya gampang koq. Nggak jauh beda sama sop kebanyakan. Hanya saja bakso nya yang bikin beda? Ya iya donk.. karena bakso kita dari produk so good yang special. Ingin tau resepnya? Aku kasih tau yaa..

Bahan-bahan:

1. Siapkan wortel 2 buah, iris

2. Siapkan kol, potong kasar ¼ buah

3. Siapkan 1 bks bakso so good

4. Buncis, potong-potong 8 buah

5. Daun bawang, iris 1 batang

6. Seledri, iris 2 batang

7. Kaldu bubuk ayam 1 sachet

8. Garam, 1 sdt

9. Air, 1 liter

10 .Minyak untuk menumis, secukupnya

Bahan Halus:

1. Bawang putih 3 siung

2. Bawang merah 5 siung

3. Jahe, secukupnya

4. Lada 1 sdt

5. Pala ½ sdt

Cara Memasak:

1. Masukkan air dalam magic hingga mendidih, lalu air nya di keluarkan

2. Tumis bumbu halus hingga harum di dalam magic yang tadi sudah dikeringkan. Lalu masukkan air rebusan tadi ke dalam magic bersama bumbu. Aduk rata.

3. Masukkan bakso so good dan wortel, masak hingga sedikit empuk

4. Masukkan kol, kacang buncis, seledri, dan bawang. Aduk rata.

5. Masukkan kaldu, garam, dan gula. Aduk rata. Biarkan masak hingga semua sayuran layu. Koreksi rasa.

6. Angkat dan siap disajikan.

Taraaa.. selesai kann?? Gampang banget dah. Makan praktis dan sehat ala anak asrama. Mmm.. yummy..
maafkan penampilanya yaaakkk.. kami minim tempat. huhuu
sekali lagi maafkan penampilan yaa, percaya dech rasanya ini enak lo. hee

Selain masak produk so good yang bakso, bisa juga dengan bahan yang lain juga nii. Ada nugget, stick, seafood, shaped nugget, whole muscle, dan sausage. Pokoknya olah sesuai kreativitas kamu dechh..

Btw aku rekomended banget ni make produk dari so Good. Kenapa?

Enak dan Kaya Protein

Yes.. terbukti pas aku udah masak sop bakso tersebut, bakso nya enak banget. Cocok di lidah. So good ini diolah dari bahan-bahan terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi untuk memastikan rasa yang enak dan kualitas gizi protein yang terjaga utuh saat di hidangkan.

Praktis dan Higienis

Nah, emang praktis koq. Toh buktinya anak asrama yang alatnya serba terbatas aja bisa. Hehee.. seluruh produk so good ni temen-temen, diolah dan dikemas dengan teknologi tinggi untuk meminimalisir kontaminasi, sehingga kehigienisan terjaga. Rangkaian produk So Good sangat praktis untuk dihidangkan diberbagai kesempatan.

Kualitas Terjaga

Nah, selain enak, kaya protein, praktis, dan higienis, produk So Good ini juga kualitasnya terjaga. So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170 derajat C. selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat menggunakan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan produknya.

Nah.. gimana??? Masih ragu buat gunain produk So Good, nggak usah ragu dech.. insyllah aman dan halal tentunya.

Udah dulu yachh… aku tunggu resep unik dan kreatif mu dengan produk So Good ini yaa.. bye.. byee

Wassalamu’alaikum wr.wb
This entry was posted in

Sabtu, 26 Mei 2018

Perawatan Rambut Hitam Berkilau Dengan Emeron Nutritive Shampoo Black And Shine


Assalamu'alaikum wr.wb

Rambutmu Mahkotamu, yapp.. siapa sich yang nggak tau dengan istilah itu?  Rasanya semua pada tau yaa.. rambut, bagi wanita tidak kalah pentingnya dengan anggota tubuh yang lain. Yang memerlukan perawatan khusus. Bahkan banyak para wanita yang sangat memerhatikan perawatan kepalanya. Bahkan rela menghabiskan uang yang banyak demi perawatan kepala ke salon.  Padahal ada yang lebih praktis dan lebih murah loh ya di banding ke salon. Yaitu dengan perawatan rambut menggunakan paket lengkap produk Emeron Complete Hair Care. Dan aku meilih yang paket yang kemasan Urang Aring Black and shine.

Bukan hanya yang rambutnya terurai saja yang butuh perawatan. Tapi yang berhijab pun juga mesti menggunakan perawatan rambut yang special nii. Begitupun dengan diriku. Meski pun berhijab yang rambutnya tidak diliatin orang, namun aku tetap ingin rambut ku sehat, penuh nutrisi, dan hitam berkilau. Secara kan, aku sendiri juga merasa senang kalau anggota tubuh ku terawat dengan baik. Bukankah salah satu cara kita bersyukur, Yaitu mensyukuri nikmat tubuh yang Allah berikan dengan merawatnya sebaik mungkin.

Pribadi yang seperti aku ni temen-temen, yang banyak sekali aktivitas kadang juga merasa stress dengan kegiatan sehari-hari. Rambutnya juga malah ikutan stress. Kepala ku juga merupakan tipe kepala yang manja menurutku. Karena nggak semua jenis shampoo akan cocok dengan rambut dan kepala. Karena kepala yang rewel inilah, akhirnya aku memutuskan untuk memakai satu jenis shampoo saja. Kadang nggak berani make shampoo jenis lain. Takut inilah.. takut itulahhh.. yaaa.. banyak takutnya.

Lalu aku nyoba make shampoo dari emeron. Sebelumnya aku jarang banget make emeron. Namun karena ibu aku yang suka banget make shampoo ini, aku jadi tertarik. Ntah apa kelebihanya hingga ibuku setia banget sama shampoo 1 ini. Namun biasanya ibu make shampoo yang kemasanya warna hijau.


Dan karena salah satu rekan ku juga menawarkan untuk menggunakan jenis shampoo ini, dan akhirnya aku Coba Emeron. Awalnya ketika beli shampoo ini ke salah satu mall di kota kami, aku sempat ragu sich. Saking ragunya, aku baca berulang tu shampoo. Semua jenis nya. Hihiii.. tapi akhirnya aku menjatuhkan pilihan ke shampoo Active Provit Amino dengan kandungan urang aring. Pas banget ini biar rambut lebih sehat dan cantik.


Lalu setelah di bawa pulang, langsung nich di pake shampoo nya di kepala. Kebetulan kepala mulai terasa lepek dan butuh pemanjaan. Duhh.. duhh.. inilah akibat rambut yang kurang diperhatiin.  Hehee.. Dan pas di pake, rasanya seger banget, dan rambut aku Nampak lebih berkilau. Belum lagi wangi dari urang aring ini yang buat aku jadi jatuh cinta. Hehe.. memakai shampoo emeron ini membuat aku merasa nyaman seharian dengan perawatan rambut alami. jadi buat teman-teman, harus merhatiin aset berharga kita ini yaa.. kalau ada masalah dengan rambut maka #DengarkanRambutmu, dan segera lakukan perawatan.


Shampoo yang aku pake ini diproduksi oleh PT LION WINGS dengan netto 340 ml. nahh buat teman-teman yang punya masalah juga dengan rambutnya yang kurang nutrisi, boleh di coba nii Emeron Complete Hair Care. Ada banyak varian loo.. Misalnya untuk perawat rambut kasar dengan kemasan warna pink. Perawatan rambut rusak dengan kemasan warna kuning. serta perawatan rambut hitam kayak yang aku pake ini. Pokoknya emeron adalah Perawatan Rambut Alami paket komplit dech..

Produk perawatan rambut lengkap emeron ini menggunakan formula yang sudah disempurnakan teknologi Jepang, active provit amino dan bahan alami disetiap variantnya.


Cara aplikasinya juga gampang banget koq, cukup dengan keramas basahi kepala, lalu tuangkan shampoo emeron ini di telapak tangan secukupnya lanjut di gosokkan ke kepala dengan di pijat sedikit, lalu bilas dech.. dan jangan lupa juga ya untuk menggunakan produk lengkap lainya dari Emeron Complete hair Care dengan perawatan nutritive contioner dan hair vitamin.

Nahh tunggu apalagi? Coba Emeron dan Aku tunggu testimony mu menggunakan produk emeron yaa..

wassalamu’alaikum wr.wb
This entry was posted in

Perawatan Emeron Nutritive Contioner Dan Hair Vitamin.


Assalamu’alaikum wrb.wb
Hay..hay kembali lagi bareng aku di blog ini ya temen-temen, setelah aku posting blog Perawatan Rambut Hitam Berkilau Dengan Emeron Nutritive Shampoo Black And Shine, temen-temen udah pada beli dan coba belum nich.. kalau belum sana gih cobaa.. dan yang sudah, gimana hasilnya? Memuskan bukan?

Btw, setelah keramas dengan menggunakan shampoo dari Emeron Complete Hair Care rasanya belum lengkap kalau belum menggunakan hair contioner dan hair vitaminya, ya kan? Namanya juga sepaket. Untuk hasil yang maksimal ya jangan tanggung-tanggung donk yach, hehee..

Dengan menggunakan emeron nutritive conditioner black and shine yang telah disempurnakan dengan teknologi jepang, Active Provit Amino dan diperkaya juga oleh natural ingredients Urang Aring, produk ini memberikan nutrisi di setiap helai rambut. Dan hasilnya juga tampak lebih hitam berkilau, halus dan lembut. Pokoknya keindahan mu tetap terjaga dechh.. dan lebih sempurna lagi hasilnya dengan menggunakan hair vitamin dari emeron.

Kebiasaaan wanita itu yaa.. kadang merawat rambutnya masih setengah-setengah.  Misalnya cuma make shampoo doang. Padahal kan bisa menggunakan paket lengkapnya. Dan kadang kalau kita cuma menggunakan shampoo, rambut kita masih aja bermasalah. Misalnya kasar, rusak, dll.. duhh.. coba dech Dengarkan Rambutmu. Kali aja kan dia udah menjerit minta perawatan khusus. Hehee

Padahal nggak terlalu sulit koq untuk melakukan perawatan yang praktis dengan kemasan dan harga yang terjangkau. Daripada pergi ke salon kan, bisa berlipat-lipat tu dana yang dikeluarkan. Nah, untuk itulah emeron complete hair care ini hadir. Menjawab kegelisahan kita akan rambut yang banyak bermasalah. Iyaaa,… hampir tiap wanita memiliki masalah yang berbeda di kepalanya. Untuk mendapatkan produk ini, kamu cukup pergi aja ke mini market terdekat untuk mendapatkannya.

Cara pemkainya juga mudah banget koq. Setelah di keramas pake shampoo, selanjutnya langsung gunakan contioner-nya. Usap aja di bagian tengah hingga ujung rambut yaa.. nggak usah di bagian kulit kepala. Hal ini untuk menghindari rambut yang lepek  akibat pemakaian conditioner ini. Selain itu juga agar rambut tetap bervolume. Setelah di usap, lalu diamkan sejenak. Dan setelah didiamkan beberapa menit, langsung di bilas dengan air dingin. Jangan air panas lo yaa.. hihii


Cara penggunaan hair vitamin juga gampang banget koq. Gunakan hair vitamin ini selagi rambut kita basah usai keramas dan dikeringkan dengan handuk. Buka tutup kemasan yang mungil itu lalu usapkan vitaminya dari bagian tengah hingga ujung rambut. Ingat yaa.. hair vitamin ini juga dari bagian tengah aja. Sama kayak gunain conditioner. Karena hair vitamin ini emang untuk merawat helai rambut. Bukan untuk kulit kepalanya.



Penggunaan Conditioner dan hair vitamin rambut dari emeron ini juga beragam jenis yaa.. sesuaikan aja dengan kondisi rambutmu.

Untuk rambut yang kusam, kamu bisa gunain yang black and shine formula active provit amino yang diperkaya dengan memamfaatkan urang aring yang berguna untuk memperbaiki dan menutrisi rambut kusam secara optimal.

Untuk rambut yang kasar, kaku, tidak berkilau karena kehilangan kelembaban, gunakan perawatan Soft and Smooth dengan formula active provit amino yang diperkaya oleh khasiat bunga matahari. Bekerja untuk menutrisi rambut mulai dari akar dan membuat setiap helainya jadi halus, lembut berkilau.



Serta untuk rambut kering, kasar, dan rapuh, gunakan yang Damage Care dengan formula active provit amino dan kandungan nutrisi alami avocado. Emeron jenis ini memperbaiki kerusakan kutikula serta melapisi dan melembabkan permukaan helai rambut kita.


Nah, ada banyak beragam jenis Emeron complete hair care sesuai dengan masalah rambut kita kann..?? kalau aku udah coba yang urang aring dan aku sukaa banget make yang ini. Jangan sampai nyesel lo yaa.. sebelum kerusakan rambut kamu bertambah parah, maka kamu harus coba perawatan rambut alami dari emeron ini.

Okay dech, udah dulu share info dan pengalaman aku ini yaaa. Hehee .. Yuk Coba Emeron

Wassalamu’alaikum wr.wb
This entry was posted in

Rabu, 23 Mei 2018

KISAH TIADA AKHIR BERSAMA BLOGGER BENGKULU

bobe pas di undang pada acara launching showroom central elektro
Asslamu’alaikum wr.wb

Waktu menunjukan pukul 14.00 wib, aku terburu-buru berangkat. maklum, aku tidak langsung dari asrama tempat tinggal. Tapi dari Benteng Marlborough.. Yachh sekalian refreshing sich setelah usai melaksanakan PPL.

Siang itu adalah jadwalnya kelas bobe untuk yang kesekian kalinya. Aku nggak tau dimana lokasinya. Hanya saja kalau berdasarkan info sich, gampang kayaknya nemui alamat ini. yapp.. Katanya cukup berangkat dari kampus 1 UMB menuju RS. Bhayangkala, lurus terus nanti belok kiri. nah depanya ada bacaan Rumah Tahfidz bakti Ilahi. Wahhh.. simple banget yaakkk kalau didengar. Namun ternyata tidak semudah itu guys. aku memang ngikutin petunjuk di awal. Namun ternyata aku salah gang. waduhhh.. aku ada dimana ini? kepanikan mulai menyertai. Secara aku memang tidak faham kalah daerah sekitar itu. wkwk..

Akhirnya balik lagi di posisi awal, mulai nanya sobat bobe yang lain via WA "Dimana Mbak alamatnya?", lalu di bilanglah bla.. bla.. namun aku nyasar lagi. Duduuuhh Robbi, aku jarang banget nyasar. Biasanya gampang nyari alamat. ini koq udah berapa kali mutar akhirnya balik-balik lagi ke tempat itu. Haduuhhh.. aku kudu piee?? serasa berjalan di tempat ni, nggak pindah-pindah. hahaa.. mau buka google map malah nggak ada kuota. ya ampuunnn.. lengkap dach... untung aja masih ada gratisan buat WA doank. ya ampunn.. apakah nasib anak kuliahan kebanyakan kek gini ya? huhuu

Daaannnnn... pas lagi mutar-mutarr, ketemulah Si Mbak Intan. Sobat bobe yang blog nya kece abis. orangnya juga koq. hehee. Dengan tangan yang memegang stang motor dan mata yang lihat kiri kanan dan kebingungan.  Simpang mana nii yang mau dimasukin? aku melihat beliau berenti dan ngotak-ngatik HP. dalam hati aku ngomong. "Mbak Intan kah?", akhirnya nyapa. dan ternyata benar. hahahaa.. nggak nyasar sendiri ternyata guyss.. ada temen. jadi nggak malu sendiri. wkwk..

"Tenang-tenang, Dekkk... bentar lagi nyampe koq. nanti ada yang jemput", ucap Mbak Intan nenangin.

Huuffttt... Sedikit merasa lega sekarang. heheee.. meskipun disana pasti udah mulai acaranya.
dan tak lama kemudian di jemput sama Kak Aang. sobat  bobe yang tingginya mungkin ngalahin hantu tinggi. wkwkwk... #Ampun Kak. hihii

Dan pas dijemput, kami ngikutin Kak Aang. dan ternyaa jalanya nggak semudah yang ada di benak aku sebelum kesini. buanyak bangets gang nyaaaaaa. aduuhhh... padahal udah pede bangets tadi sebelum kesini.

Dan taraaaaa... sampai dach, Alhamdulillah. hihiii.. nggak apa nyasar asal bisa ikutin kelas  bobe dengan selamat dan dapat ilmu baru.

Eitssss.. hampir lupa dech sama yang baca ini saking asiknya cerita. hehehee Apa kabar ni teman-teman? Semoga selalu sehat yaa.. dan yang sakit semoga diberi kesabaran dan segera sembuh dari sakitnya. Aaminn..

Oya, sebenarnya aku baru loh di bobe. Barangkali nggak nyampe setahun ini. tapi aku semangat banget ngikutin komunitas yang satu ini. Yang diisi dengan beragam kegiatan online maupun offline lainya.

Hmm.. aku mau cerita sedikit lagi nich tentang pengalaman aku. dengerin yaaa... eh, maksud nya bacain sampai tuntas. hihii

Pernah nggak sich mengalami kebosanan dalam hal yang sebenarnya kita hobi? Iyaaa.. aku pernah. Bukan bosan sich, tapi karena aku nya aja yang nggak tau gimana caranya ngupdate semangat. Termasuk ketika aku hobi nulis. Padahal dulu sudah ada digabungkan ke salah satu grup nulis. Tapi karena nggak aktif, akhirnya aku di keluarin dari grup tersebut. Duuhhh.. pedih.

Padahalkan ada orang yang bilang, “Kalau kita sudah masuk ke dalam sebuah organisasi atau komunitas, maka kepalang udah nyelup, yaa berenang dan nyelam aja sekalian. Langsung basah-basah..”,  Ehem.. kayaknya ini harus aku amalkan dech kata-katanya.
laptop ini menjadi saksi akan semangat aku yang dulunya kendor tapi sekarang nge-gas terruuuussss.. hihii

Namun Alhamdulillah semangat yang melempem itu ternyata nggak lama-lama ya teman-teman. Allah mempertemukan aku dengan sebuah komunitas yang supel, loyal, dan aktif banget. Iyaakk.. komunitas Blogger Bengkulu (bobe).

Cas Semangat di Seminar Bobe kampus 4 UMB

Dengan semangat aku yang sudah melempem namun tetap ingin menyalurkan hobi nulis, tak lama kemudian aku dapat info bahwa ada seminar di kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tepat banget acaranya di kampus kita dan lokasi juga di samping asrama. So, nggak ada alasan bagiku untuk nggak ikut acara keren ini. Aku lupa waktu itu bayar atau gratis kegiatan seminarnya. Yang jelasnya aku ikut kala itu. Heheee

Dan dari sanalah, aku mendapat semangat baru. Kayak hp tu loh, selesai di cas batrenya full. Begitupun aku. Hehee. Aku ingat banget kala itu yang menjadi pematerinya adalah Mak nya bobe yaitu Mbak Mildaini, Mbak Ria Fasya (biasa kami panggil mbak Rey), dan Kak Piter Julius Vero. Dengan tema “Smart Blogger For The Better Future”. Dan diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Social dan Ilmu Politik UMB.

Aku mencatat semua yang mereka katakan waktu itu. Beserta foto-foto juga beberapa tulisan di slide nya yang tak sempat aku catat.

Ingat selalu kata Kak Piter juga waktu itu yang bilang, 
“Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”,
Nah, menjadi seorang blogger juga bisa mendapatkan penghasilan looo.. apalagi nulis ini juga hobiku. Serasa jodoh dech. Fikir ku kala itu. hihii..

Juga beliau mengatakan bahwa,
“Manusia terlahir untuk menyampaikan risalah dakwah. Blogger juga merupakan media untuk menyampaikan dakwah lewat tulisan-tulisan yang bermamfaat”.  
Masyallah.. aku merasa tersuntik sekali. Karena memang ini salah satu juga tujuan ku dalam menulis. Yaitu berdakwah melalui tulisan. Sesuai juga dengan jurusan kuliah yang saat ini aku tempuh. Yaitu Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Alias Dakwah.

Mbak Milda juga mengungkapkan kata-kata bijaknya yang aku jadikan quotes. Hehee
“Mahasiswa Zaman Now itu Nge-blog, bukan Nge-hoax”,
Betul banget tu Mbak. Ketimbang ng-hoax yang hanya menimbulkan perpecahan, mending ng-blog aja dechh… eitss.. tapi nulis yang benar lo yaa.. jangan malah ng-hoax lewat artikel tulisan kita. hihii

Tak lupa materi dari Mbak Ria Fasha yang mengungkapkan banyak sekali mamfaat dari ngeblog. Diantaranya yaitu:
a.    Menyalurkan hobi
b.    Mengasahkan keterampilan menulis
c.    Berbagi informasi, motivasi, inspirasi, edukasi melalui konten yang bermamfaat melalui tulisan
d.    Mendapatkan informasi sehingga ilmu menjadi luas
e.    Memperluas jaringan
f.    Memudahkan bisnis online, serta
g.    Mendapatkan penghasilan tambahan dari blog

Pokoknya selepas dari agenda ini, aku jadi semangat sekali ngeblog. Ter-cas semngatnya hingga saat ini. Oya, waktu seminar itu aku juga dapat doorprize loo.. hadiah bagi para penanya. Hehee

Mengasah Kemampuan Nge-blog melalui Kelas Blogger
kelas blogger 6
Dan setelah acara seminar tersebut, aku mulai ikut kegiatan-kegiatan bobe. Mulai aktif kegiatan online maupun offline nya. Dan sudah di masukan juga ke grup kelas asik blogger. Aku langsung ikut kelas blogger perdana bagi aku kala itu. namun meski bagi aku ini adalah pertama kali, namun ternyata sudah kelas ke 6 bagi blogger sendiri ni teman-teman. Sewaktu aku ikut kelas blogger 6, materinya tentang "Bagaimana cara memotret yang bagus", yang diisi oleh Mbak Komi Kendi. Seorang yang ahli dalam hal potret memotret. Aku juga sudah memuat tulisanya di blog aku tentang kelas blogger 6 ini yaa. Yuk bermain lagi ke www.anekaresma.com lagi. Hehee
Mbak Komi Kendi salah satu pemateri di kelas blogger bobe

Tanya Sana, Tanya Sini Sampai Bisa

Nah, ini hal penting yang harus aku lakukan. Berhubung aku seorang penulis pemula, banyak hal di dunia blogger yang aku tidak tau dan nanya-nanya terus sama sahabat bobe. Paling sering aku nanya nya sama Mbak Milda, Mbak Ria fasha, Kak Piter JV, dan Mbak Intan. Alhamdulillah mereka semua asik buat di ajak sharing dan selalu berbagi ilmunya. Meski kadang akunya yang susah di kasih tau. Kadang nggak ngerti, trus nanya lagi. Akhirnya terkesan nyinyir dech. Heheee.. Bahkan parahnya sempat nangis karena nggak ngerti-ngerti ngelola template blog kala itu. Wkwkkw.. #maluuu

Ikut Share Link Ig, Blogger Walking (BeWe), Lomba Foto Live Event

semua bobe pasti akan mencari foto terbaik untuk bahan foto maupun lomba foto live event
Ini juga aku nggak ketinggalan. Setelah masuk kelas blog asik, tak lama kemudian setelah memenuhi syarat dan ketentuan, akhirnya aku digabungkan ke grup Blogger Bengkulu. Dan wawww… hampir semua blog nya udah berdomain semua. Sementara aku masih pake blogspot yang gratisan. Duduhhh.. kasian. hehee

Tapi perlahan dan secara bertahap, aku juga dibantu untuk membeli domain dengan harga yang relative murah bersama para blogger pemula lainya. Aku belum muluk-muluk sich, semoga aja dengan domain baru yang saat ini aku pakai, aku makin semangat lagi nge-blog. Dan syukur alhamdulillah kalau dapat job dari blog. Aaminn..
Aku ikut hampir semua program-program di bobe. Misal ikut share link instagram dan blog. Karena seorang blogger juga nggak bisa jauh-jauh dari media social yang wajib ia miliki. Seperti Facebook, twitter dan instagram. Karena ia sangat berkaitan.
aku pernah menang lomba foto live event dengan foto ini loo.. hehee

Tentu aku juga nggak mau ketinggalan lah lomba foto live event yang selalu diadain setiap kali ada kelas blogger. Tinggal cekrek-cekrek, trus posting di medsos dengan caption yang unik dan menarik dan  dengan tagar yang sudah ditentukan, lalu tunggu pengumuman dech. Setelah dapat pengumuman, yang menang dapat hadiah dari sponsor kita. aku juga pernah menang loo.. dapat hadiah voucher makan di rumah Gelato. Hehee.. 
ini juga foto yang membuat aku menang foto live event dan dapat voucher perawatan di DNY

Mungkin hanya ini yaa yang dapat aku sampaikan kali ini. Yahh.. kalau mau cerita tentang keseruan di blogger Bengkulu emang tiada akhirnya. Banyak banget hal-hal baru yang ditemuin disini. Termasuk juga cerita-cerita unik, cerita lucu, dan cerita perjuangan mencari alamat kegiatan bobe. termasuk cerita kala mutar-mutar nyasar kayak yang aku cerita di awal tadi. hahaa
kisah di bobe ni memang tiada akhirnya. ini aja baru tahun pertama sudah banyak kisah yang terjadi. gimana kalau udah bertahun-tahun yaa?? bisa jadi 1 buku tebel. hihiii

pesan yang ingin aku sampaikan yaitu, tekunilah apa yang saat ini teman-teman sukai atau hobi. siapa tau suatu saat nanti kehobian kita menjadi sebuah profesi. seperti kayak yang Kak Piter bilang di atas, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar. hmm.. dan tetaplah menulis. menulis sesuatu yang baik. yang mengandung unsur kebaikan. Sedikit apapun tulisan kita. Meski hanya sebuah kalimat di wall fb. siapa tau tulisan kita menjadi penyebab orang lain menjadi lebih baik dan menjadi amal jariyah juga bagi kita. aaminn

Pokoknya semangat terus ya buat bobe dan aku jugaa… nulis terus, nulis hal yang bermamfaat.
Oo iya, selamat milad juga ya buat bobe yang ke 2 tahun ini. Semoga makin bertambah terus umurnya, makin jaya dan menghasilkan penulis-penulis yang hebat juga. Aaminn..

Wassalamu’alaikum wr.wb

Senin, 21 Mei 2018

Pesona Ramadhan 2018 di Kampung Ramadhan Bengkulu

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hay..hayy..
Apa kabar semuanya??  Semoga selalu sehat wal afi’at yaa… di bulan puasa jangan lemes donnkkkk.. harus tetap semangat dan makin sehat yaa. Kan penelitian juga menunujukkan bahwa, berpuasa itu justru akan menyehatkan badan kita. bahkan bisa menyembuhkan penyakit Magh jika berpuasa dengan pola makan yang benar dan teratur. Selama 11 bulan kann kita dibolehkan makan dan minum apa saja semau kita. Nahh.. makanya Allah memerintahkan kita untuk puasa 1 bulan saja di bulan Ramadhan.  Agar tubuh kita istirahat dan bisa mengontrol jiwa dan raga kita. Hayyooo.. siapa yang merasa tubuhnya makin bugarrr?? #Cungg

Nah.. nahh.. tak terasa hari berganti hari kita lewati yaaa.. yakin dech, nggak terasa juga sebentar lagi kita akan menemui hari kemenangan kita. yapp.. Idul Fitri nan sangat dinanti. Tapi jangan di hitung-hitung terus harinya menjelang Idul Fitri lah yaa.. nanti malah kerasa makin lama. Hehee.. pokoknya jalani aja dulu dechh..
disela-sela jaga gerai, salah satu pengunjungnya masih sempatkan diri untuk ibadah

Ehem hemm.., sudah beberapa hari menjalani puasa, tentu kita punya keunikan-keunikan dan Pesona Ramadhan masing-masing di daerah kita yaa temen-temen.. mulai dari tempat wisatanya, sampai ke kulinernya yang bertebaran  di berbagai titik tempat ngumpulnya para pemburu kuliner untuk membeli takjil sekaligus ngabuburit. Hehee
pengunjung yang ramai

Nahh, dalam rangka lomba kreasi konten blog/web dengan tema Pesona Ramadhan 2018, aku bakal share bagaimana keindahan Pesona Ramadhan 2018 di Kampung Ramadhan Bengkulu. Lomba ini di adakan oleh Genpi (Generasi Pesona Indonesia) bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata dan Pesonaid_travel ini. Kampung Ramadhan ini beralamatkan di Jalan Pangeran Natadirja No 69 Kel. Jalan Gedang, Bengkulu. Tepatnya di depan Graha pena RBTV Bengkulu. Selain dari adanya gerai-gerai yang tersebar di berbagai sudut, lomba qasidahan dan fashion show, yang paling penting tentunya yang menjadi icon yaitu apalagi kalau bukan berbagai menu kulinernya.

Penasaran apa aja menu-menu kuliner maupun takjil yang disediakan di kampung Ramadhan ini?? Cekidoottt!!!!

Es teller, es buah, es sirup, es rumput laut, sampai ke es Mr. Ndut

beragam jenis es ada disini
Nahhh.. pasti donk disaat kita lapar dan gerah setelah seharian puasa, kita butuh tu yang sueger suegerr… beragam jenis minuman pun ditawarkan oleh para penjaja makanan. Tapi eittssss… jangan di borong semua yaa..  tahan lapar matanya. Hehehe

Dan hal yang unik di Kampung Ramadhan ini dilihat dari pepara penjual es adalah es dengan nama Green Banana Mr. Ndut. Pas baca namanya aku belum ngeh sama yang jual es nih, ternyata pas aku liat, yang jual juga emang Ndut alias gendut. Xixixixiii.. aku jadi merasa lucu sendiri di tengah keramaian para penjual. Hahaa.. sinkron banget antara nama es nya sama yang jual es. Ehh.. pas di foto Oom es nya khusyuk banget melayani pelanggan. Hingga nggak sempat lagi liat ada kamera mengintai. Hehee.. laris manis ya Ommm…
es green banana Mr. Ndut
Dan tak kalah serunya selain es Mr. Ndut ni temen-temen, aku juga malah gafok sama sop buar yang suegerrr buangets. Secara kannn, aku suka makan sop buah. Jadi yang lain mah lewatttt… kecuali kalu di kasih gratis. Kagak nolak. Wkwk.. ketika si Mamang dengan rekan nya asik melayani pepara pembeli, aku pun malah dengan takut-takut motoin mamang yang sibuk dengan sop buahnya. Tapi si Mamang malah menyapa, “Mau beli apa, Neng??”, “Ehh.. nggak.. mau liat-liat dulu yaa Mang. Hehehe.. oya, boleh foto nggak, Mang?”, tanyaku dengan malu-malu. Lalu dijawablah, “Ooo.. Iya.. iyaaa.. boleh banget”. Jawabnya ramah. Cekrekkkk dapat 1 foto, lalu ulang lagi, “Camkoha nya donk mang”, ucapku sambil mengangkat jempol agar di ikuti si Mamang, yak.. camkoha adalah semboyan nya Bengkulu. Artinya itu yaa “Seperti ini, Nahh..” (sambil mengangkat jempol). Yapp.. si Mamang pun mengikuti dengan ramah.
camkohaa ya Manggg. heheee

Terimakasih atas waktunya yaa Mangg.. hehehee.. bulan Ramadhan memang kita harus banyak-banyak ramah. Bukan malah marah-marah nggak jelas. Hehee… biar Pesona Ramadhan kian terasa oleh kita.

Takjil jangan lupa donkkk.. pilihlah yang manis-manis, semanis ...????
manis-manisan

Iyalah, kita harus berbuka dengan yang manis-manis. Tapi nggak cukup cuma manis doank. Tapi juga setia. Ulalaaa.. ini ngomongin apa yaa?? Hahaha

Yes.. di dalam berpuasa, kita disunnahkan oleh Rasulullah untuk berbuka yang manis-manis ni teman-teman. Dan sangat di anjurkan dengan memakan buah kurma sebagai pembuka. Dan bisa juga dengan beragam jenis makanan manis yang lainya seperti buah semangka, jeruk manis, pisang, dll..
takjil yang beragam


O iya, mengenai berbuka yang manis-manis ni, teman-teman jangan sampai salah arti yaa.. berbuka yang manis-manis itu maksudnya ya memang manis secara alami. Natural. Bukan karena manis olahan. Manis disini maksudnya adalah tanpa ada proses pembakaran atau perebusan dulu misalnya. Dan salah satu contoh makanan yang manis yang nggak alami itu ya kayak sirup dan kue-kue yang berasa manis. Tapi yaa.. aku ni, kadang tetap aja minum es sirup atau kue-kue yang manis kalau nggak ada persediaan buah yang manis. Kecuali kalau ada si do’i yang menis di depan aku. Yakkk.. apaan sich? Hahaa, abaikan aja yaa.. unfaedah ni. Hihii
rujak mie

Dan takjil yang beragam juga disediain disana. Mulai dari makanan yang porsinya hampir sama kayak makan nasi ni juga ada. Seperti rujak mie, sate, dan pempek. Hingga ke takjil seperti gorengan risol, bakwan, kue roti, kue sagu, putu ayu dam masih banyak yang lainya. Tinggal milih dehch, selera yang mana???
gorengan selalu jadi andalan para mahasiswa. hihii

Sayur-mayur, lauk pauk biar komplit menu buka nya
beragam sayur dan lauk pauk

Nahh.. nahh.. di kampung Ramadhan ini ada buanyyyaaakkkk sekali jenis lauk pauk makanan. Mulai dari panggang dan sambal ikan, panggang dan goreng ayam, semur dan rendang jengkol, sayur pare,  sayur kates, siput  dan banyak lagi. Semua Nampak meng goda dan menguji ketahanan puasa. Terlebih bagi yang lapar yaaa.. hehee
pilih menu berbuka sesuai keinginan pengunjung
Nahh,, ada satu ni teman-teman sayuran yang menajdi makanan khas kota Bengkulu. Yaitu Ikan pais. Ada lagunya tu. Lagu daerah Bengkulu.

Ikan paissss.. lemak rasonyooo.. dicampur joo,…..
dududuuu.. (Tettttt #terhenti seketika karena suara cempreng. Hahaa)

Ikan pais juga di jual looo disini. Pais itu bukan nama ikan yaa.. tapi Pais itu adalah makanan yang di olah dari ikan yang di campur dengan sayur-sayuran seperti daun talas, daun ubi muda beserta bumbu-bumbu khas lainya. Lalu di bungkus lagi dengan daun-daun. Pokoknya berlapis-lapis lah sayurnya. Hehehe..
Dan ada juga ikan-ikan teri kecil yang di campur dengan banyak bumbu-bumbu lalu di bungkus dengan daun pisang sehingga rasanya wiiihhh.. lezaaattt.. kamu harus coba nich guys..namanya ikan pepes. udah akrab yaa dengan sayur yang satu ini. hehee
pepes ikan

Gimanaaa?? Untuk yang di Bengkulu, udah pada berkunjung belum ke Kampung Ramadhan ni?? alamatnya mudah banget, koq.. letaknya di pinggir jalan raya. kampung Ramadhan ya hanya ada di bulan Ramadhan loo.. di bulan lain nggak ada. Hehee.. dan yang di luar Bengkulu, yuk ke Bengkulu. Selain Kampung Ramadhan, juga banyak pusat-pusat makanan lainya. Misal seperti bazar makanan di View Tower.
ngantri yang tertib yaaaa

Okay dech, udah dulu ya ocehanya. hihii.. semoga menjadi referensi yaa apa aja  menu-menu di Kampung Ramadhan yang sudah aku sampaikan tadi.

parkiran penuh dari depan sampai ke belakang
Pokoknya, meskipun di bulan Ramadhan ini di bilang juga sebagai bulan penuh makanan, jangan sampai hal itu menjadi kita boros yaakkk.. beli dan makanlah sesuai dengan porsi makan tubuh kita saja. Bukan kah Ramadhan juga melatih kita agar lebih berhemat dan banyak berbagi kepada sesama. So, daripada beli banyak untuk diri sendiri yang ngikutin keinginan mata, mending beli banyak dan dibagi kepada orang yang lebih membutuhkan saja. Mumpung bulan Ramadhan loo iniii.. seemua amal kebaikan kita dilipat ganda. Kuyyy beramal.


Yukkk ke Kampung Ramdhan nikmati Pesona Ramadhan 2018.