Selasa, 16 Oktober 2018

Tips Agar Tubuh Tetap Hangat Saat Musim Dingin


Assalamu,alaikum Wr. Wb

Hallo teman-teman apa kabarnya ni? Gimana keadaan di daerahnya? Lagi musim dinginkah? Musim panaskah? Musim duren kah? Atau lagi musim nikah? Hihiii..

Nah.. kali ini aku ingin berbagi sedikit tips agar tubuh tetap hangat saat musim dingin menyapa. Apalagi dibulan yang berakhiran ber (September, Oktober, november, desember) itu musim-musimnya hujan. Nahh.. kala hujan pasti kita akan mersa kedinginan. Dan bisa jadi ini menjadi salah satu alasan untuk bermalas-malasan. Jangan sampai lah yaa. Hehee

Ok, apa aja ya kira-kira tips agar tubuh tetap hangat saat musim dingin? Simak versiku sampai kata terakhir yaa..

1. Makan yang banyak

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat musim dingin yaitu dengan makan yang banyak. Hmm.. kalau aku sendiri sich secara pribadi, kalau lagi hujan/dingin biasanya tingkat kelaparan bisa lebih besar. Jadi bisa makan berkali-kali dalam sehari dan merasa setelah makan tubuh menjadi lebih baik. Dan ternyata emang benar lo yaa. Makan lebiuh banyak ini penting untuk menjaga gula darah tubuh. Sehingga dapat memberikan energi yang kita butuhkan agar tetap hangat. Bisa makan apa saja misalnya gorengan, nasi gorng, dan makanan berkuah lainya.

2. Menggunakan pakaian yang hangat

pict by: Pixabay

Cara yang satu ini adalah cara yang mudah dan sederhana yang bisa kita lakukan. Saat musim dingin menyapa, ambillah jaket atau selimut untuk menghangatkan tubuh jika memang cuaca nya begitu dingin. Jangan lewakan juga kaos kaki dan sarung tangan karena bagian ujung kaki dan tangan adalah yang paling sensitif dan mudah mrasakan dingin.

3. Menggosokkan tangan

pict by: Pixabay

Sering nonton sinetron? Atau pernah mendaki gunung? Ketika menonton sinetron, tak jarang kita melihat aktor nya mnggosok-gosok tangan saat kedinginan. Dan ketika mendaki gunung yang cuacanya pasti dingin, hal yang dilakukan selain menghidup api adalah menggosok-gosok tangan. Hal ini karena gesekan yang terjadi tersebut membuat tubuh kita pun juga ikut merasakan hangat.

4. Tetap jaga tubuh tetap kering

Nah.. ketika musim hujan atau dingin tiba, maka kurangi banyak aktivitas dengan air. Jika baju basah atau lembab, segera ganti. Dan sebaiknya gunakan baju yang tebal dan menyerap keringat.

5. Minum air hangat dan minuman jahe

pict by: Pixabay

Banyak minum air putih bagus untuk mencegah tubuh kita dari dehidrasi. Minum air hangat juga baik kita minumkan saat lagi musim hujan. Itu bisa menghangatkan tubuh kita. 
Alternatif lain selain minum air hangat adalah dengan minum minuman yang mengandung jahe. yang kita semua tentu tidak meragukan lagi kualitas dari Jahe ini. Jahe yang mempunyai banyak khasiat selain untuk obat sakit kepala, batuk, masuk angin, dan tentu menghangatkan tubuh. Dan saya pun juga begitu. Kalau badan merasa kurang enak pastinya nyari wedang jahe untuk diminum agar baikan. Pun kalau misalkan lagi dingin. Jahe adalah pilihan yang tepat. 

Pict by: Pixabay

Nahh.. ngomong-ngomong tentang jahe sebagai penghangat tubuh nich. Sekarang ada herbadrink Sari Jahe yang dapat membantu menghangatkan tubuh kita. Untuk yang lagi program tanpa gula karena penyakit diabetes misalnya, herbadrink juga aman lo. Karena herbadrink ini bebas gula dan murni dari sari jahe. Ramuan herbal ini dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern. Diolah dari bahan alami pilihan dan bebas gula.  Oya, produk Herbadrink ini, selain varian Sari Jahe, juga ada Sari Temulawak dan Lidah Buaya.

Herbadrink Sari Jahe

Herbadrink lidah buaya ini bagus untuk membantu masalah susah buang air besar. Dan yang sering sakit pinggang, bisa dibantu dengan mengonsumsi herbadrink Temulawak.

Herbadrink 3 varian

Cara meminum obat herbal herbadrink ini juga gampang koq. Cukup dengan melarutkan satu sachet herbadrink ke dalam lebih kurang 150 ml air panas atau dingin saja. Lalu langsung minum.

Herbadrink Temulawak

Herbadrink Lidah Buaya

Sari Jahe

Okay teman-teman, itu tadi ya tips yang bisa aku bagikan ketika musim dingin menyapa. Semoga bermamfaat ya.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Senin, 15 Oktober 2018

Rakorwil Forkomnas KPI Se-Sumatera


Assalamu’alaikum wr.wb

Apa kabar ni teman-teman? Semoga selalu sehat yaa.. aamiin..

Hmss… pada kesempatan kali ini aku ingin membicarakan last agenda kita beberapa yang telah lewat. Yaitu acara Rapat Koordinator Wilayah Forum Komunikasi Nasional Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (Rakorwil Forkomnas KPI) Wilayah 4 Se-Sumatera.


Pada tempo hari lalu, di bulan April 2018, kita sudah melaksanakan Musywillub (Musyawarah Luar Biasa) yang dilaksanakan di Jambi. Dikatakan musywillub dikarenakan sudah 3 tahun organisasi Forkomnas ini vakum. Dan sekarang kembali dibangkitkan. Nah ketika agenda Musywillub tersebut, terbentuklah para pengurus wilayah 4 sumatera. Dan lanjut setelah itu, diadakan pula Pelantikan pengurus dan Rakerwil pada bulan Juni yang dilaksanakan di IAIN Curup, Bengkulu. Dan baru kemudian kita adakan lagi Rakorwil yang akan aku ceritakan saat ini.

baca juga: Keluarga Besar Musywillub Forkomnas KPI

Pengen tau gimana kegiatan-kegiatan kita ketika Rakorwil di Bukittinggi, Sumbar? Cekidot!!

Penyambutan



Yaahh.. setelah 18 jam perjalanan dari Bengkulu menuju Bukittinggi yang lewat Linggau, akhirnya nyampa juga pukul 08.00 pagi dan langsung ke menuju kampus. Karena kata salah satu teman kami disuruh dahulu untuk ikut pembukaan di kampus. Baru kemudian beberes ke penginapan. Namun ketika kami cuci muka dang anti pakaian di toilet masjid kampus, panitianya menjemput dan mengajak ke penginapan. Hingga kami masih ada waktu untuk mandi meski tidak ada lagi waktu untuk sekadar istirahat.


 tak lama kemudian kita diinstruksikan menuju kampus karena pembukaan sekaligus seminarnya akan dimulai. Dan ketika sampai di lokasi kita disambut oleh dendang Tambua. Lalu diiringi masuk ke dalam Student Center oleh panitia yang berbaris secara rapi dengan pakaian seragam HMJ nya. Dan tak lupa juga dengan karpet merah. Wahhh.. disini kami merasa diistimewakan sekali. Panitia nya benar-benar total dalam persiapan sambutan. Lanjut kemudian dengan seminar dari 3 materi yang sudah siap sedia.

Hari ke-2



Dan dihari kedua ini, acara inti kita. yaitu Rakorwil. Agenda kita hanya membahas proker-proker yang sudah dijalankan dan yang belum. Yaa secara keseluruhan adalah evaluasi. Apa saja kendala dalam pelaksanaan proker tersebut, dll..


Oya, sebelum proker di hari Minggu tersebut kita melaksanakan senam bersama terlebih dahulu yang dipandu oleh panitia lalu kemudian bergantian dengan peserta.


Tidak ada kendala di dalam pelaksanaan rakorwil ini. berbeda dengan musywil yang memakan waktu banyak sekali. Belum lagi kalau ada sedikit perdebatan. Hmmm… bisa gerah dech. Tapi untungnya di dalam proker ini tidak ada. Hanya sedikit perdebatan saja dan bisa teratasi dengan baik.

Oya yang memimpin Rakorwil ini adalah kami tim BPH. Yaitu Yolawati dari Palembang sebagai Ketua Forkomnas KPI Sumatera. Lalu Ratih dari Jambi sebagai sekretaris. Saya sendiri sebagai wakil sekretaris dan Desriyona sebagai wakil bendahara. Ada yang bertanya, koq wanita semua yang jadi pemimpin rapat? Oh tidakk.. harusnya ada 2 orang laki-laki yang memimpin. Yaitu Sandy Sastra sebagai Wakil Ketua yang berasal dari Linggau dan Harlis Sang Putra sebagai Bendahara umum dari IAIN Curup. Namun berhubung mereka tidak bisa hadir jadinya hanya kita-kita saja yang memimpin.

Hari Ke-3


Nah di hari ke tiga ini adalah agenda Field Trip yang sudah diagendakan oleh panitia dari pagi. Ada beberapa lokasi field trip yang tidak bisa kita kunjungi karena keterbatasan waktu. Dan lokasi-lokasi yang kita kunjungi yaitu Kebun Binatang, benteng Fort De Kock, Jam Gadang (hanya saja waktu itu jam gadang nya sedang diperbaiki), Panorama Ngarai Sianok, Lobang Jepang, dan terakhir tembok cina. Lalu pulangnya diskusi bersama dengan DEMA (Dewan Mahasiswa) FUAD IAIN Bukittinggi. Kalau di kampus kita (UMB), disebut BEM Fakultas. Acara diskusi bersama ini dilaksanakan di rumah makan hits yang ramah mahasiswa yaitu di KAWA INDOMAL. Minumnan kawa nya khas banget dech.

Hari Ke-4


Hari ke-4 tepatnya di hari selasa ini adalah hari penutupan. Sebagai mana biasanya, moment perpisahan adalah moment yang menyedihkan. Selama 4 hari bersama, jalan bersama, makan bersama dan aktifitas lainya. Yapp namanya juga pertemuan pasti ada perpisahan. Cukuplah kita mengenal yang baik-baiknya saja. Dan moment wajib yang harus ada adalah foto. Sebagai bukti kita pernah ada di agenda tersebut pun sebagai kenagan kala ingin bernostalgia.


Dan usai penutupan, tepat jam 12 siang ketika adzan berkumandang, Travel kita jemput. Usai sholat langsung meninggalkan Bukittinggi. Dan sampai ke Bengkulu esok harinya pada pukul 08.00 pagi.

Lumayan melelahkan. Namun bersyukur karena Allah member fisik yang kuat dan sehat. Apalagi diantara kami tidak ada yang mabuk perjalanan.
And finally, Tujuan kita keluar daerah adalah dengan melihat beragam budaya di daerah orang lain. Bertemu dengan beragam sifat manusia, dan tentunya menambah ilmu, pengalaman, pergaulan, wawasan. Agar tak merasa hebat di tempat kita sendiri. Agar tak jadi katak dalam tempurung.

Mungkin ini saja yang dapat aku certain mengenai perjalanan kita kemaren. Barangkali ada yang bertanya-tanya dalam rangka apa ke Bukittinggi dll, pun bagi kemaren yang meminta sharingnya setelah dari Bukittinggi melalui blog.


Semoga bermamfaat ya.. yang pasti bahagia sekali bisa kembali menginjak kaki di ranah Minang. Kota budaya yang terkenal dengan Rumah Gadang, Jam Gadang, Sanjai, dll..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 10 Oktober 2018

13 Jam Perjalanan Memabukkan Menuju Kaur



Assalamu’alaikum wr.wb

Hallo teman-teman, kali ini aku mau cerita perjalanan ku bersama 3 rekan ku yaitu Nadia, Pangestuti, dan Nisa. Ditambah lagi sama Bang Nover dan Pak Riswanto sebagai supir.

Sebenarnya ini bukan perjalanan untuk jalan-jalan. Tapi adalah dalam rangka rihlah dakwah Universitas Muhammadiyah Bengkulu di salah satu cabang Muhammadiyah di Kaabupaten Kaur. Namun meski perjalanan ini adalah perjalanan Dakwah, pada kenyataanya aku excited ikut berharap bisa jalan ke pantai Laguna Kaur yang terkenal itu. Harapannya sich. Hehee.. meski pada kenyataanya tak sesuai dengan harapan. huhuu


Kami sudah merencanakan ikut pergi ini sekitar ¾ hari sebelumnya. Dan setelah maju mundur cantik antara berangkat atau enggak akhirnya diputuskan berangkat. Kebetulan hari keberangkatan itu adalah hari Kamis tanggal 10 Muharram. Di hari itu Bengkulu sedang ada Festival Pembuangan Tabut. Dan dihari itu pula disunnahkan untuk melaksanakan puasa 10 Muharram. Karena tidak ingin melewati faedah dari puasa 10 Muharram ini kami tetap sahur dan puasa. Berharap kami sanggup meneruskan perjalanan dalam keadaan puasa meski sudah dilarang sama Bang Nover.

Perjalanan Menuju Kaur

Kami berangkat dari Asrama usai sholat Subuh. Kira-kira jam 05.45 menit. Bang Nover dan Pak Riswanto di depan. Sementara aku, Nadia, dan Panges di tengah. Dan Nisa, dia sendirian duduk di belakang karena diantara kami nggak ada yang mau mengalah untuk duduk di belakang. Hihiii

Ketika di perjalanan Nisa hanya tidur hingga sampai di lokasi. Lumayan yach waktu tidurnya. Dari jam 05.30-11.30. wkwk.. Dan Nadia mulai merasakan gejolak di dalam perutnya. Lalu memanggil Uak. Uaakkkk.. Nadia pun memuntahkan isi perut bumi. Eh isi perutnya maksud aku. Wkwk..

Dan tak lama kemudian, Panges pun merasa tersentrum. Yapp.. awalnya dia juga udah bilang sich, kalau dia tidak mabuk. Kecuali kalau ada yang mabuk duluan, maka ia akan kesentrum (kayak listrik yaa. Wkwk). Panges pun mengikuti jejak Nadia. Memuntahkan isi perut, dan sepanjang muntah itu Nisa masih tetap tertidur. Hahaa.. aduh.. aduhh.. nyenyak banget sichh??

Melihat mereka berdua yang sudah tepar, aku pun mulai letih, dan akhirnya kami memutuskan untuk minum. Air minum memang sudah dibeli bang Nover di warung pas beliau mampir. Langsung dah kami eksekusi. Wkwk.. tak sanggup lagi euyy.. daripada dehidrasi dan pinsan. Tatkala itu Nisa masih istiqamah dengan puasanya. (Ya gimana Enggak, wong dianya tidur sepanjang perjalanan. Xixixi)

Dan parahnya lagi, si Nadia ini muntahnya nggak mau di dalam mobil. Harus berhenti dulu baru bisa keluar muntahnya. Dia muntah 4 kali bahkan mungkin lebih. Hhhhh… dan itu lumayan membuat rombongan mobil yang harusnya di belakang kami malah melampaui jauh. Makanya perjalanan kita jadi lebih lama dan terakhir nyampainya, heheh.. nyampai situ acara sudah mulai. Oya, dijalan kami juga sempat mampir di rumah makan untuk mengisi perut. Ditraktir sama Pak Ujang dan Kak Yetman. 1 mobil rombongan yang mendahului kami tadi.

30 Menit Di Lokasi


Ketika nyampai di lokasi, yaitu di Padang Guci, kami langsung menuju rumah tempat persinggahan rombongan. Untuk cuci muka sekalian wudhu karena memang waktu sudah mau dzuhur. Usai itu barulah kami bergabung dan bertemu dengan rombongan UMB lainnya. Hanya kami ber 4 yang mahasiswa. lainnya adalah dosen dan karyawan. Kami masih sempatkan juga untuk foto bersama dengan bunda-bunda dari FAI. Yaitu bunda Eti, Bunda Leti (Kaprodi PAI), Bunda Siti Misbah (Wadek II).


Dan usai sholat dzuhur kami disuguhkan dengan makan siang oleh warga setempat. Dan cussss.. usai itu langsung balik lagi ke Bengkulu. Hadehhh.. jadi waktu kita cuma habis di mobil saja. Wkwk

Di mobil saya tertidur. Dan  bangun ketika Pak Riswanto menghentikan mobil kami di perbatasan Manna-Kaur yang ada icon kaurnya. Disanalah kami berfoto-foto. Pantai?? Jangan harap. Kalau ke Pantai Laguna, masih sekitar 1 jam lagi menuju lokasi. Karena kita nggak menuju Kota Kaurnya. Pengen sich setidaknya mampir di Pantai Manna. Tapi karena waktu yang tak memungkinkan, akhirnya kami tidak mampir Manna. Kami hanya mampir untuk makan bakso doang di Seluma. Waktu itu sudah pukul 16.30. dan kita belum sholat Asar. Akhirnya disitu pun kami kena omelan dikit sama Abang Nover, “Kenapa nggak sholat Jama’ saja? Kan kita lagi perjalanan. Ada-ada saja kalian ini”, katanya.


Lalu kami pun menjelaskan kalau kami semua lupa. Dan emang benar-benar lupa sich. Biasanya kalau bepergian jauh kita juga Jamak koq. Karena itu adalah keringanan (rukhsah) yang diberikan oleh Allah dalam beribadah. Lalu kami pun berjuang mencari wudhu dan masjid untuk sholat.

Dan terakhir, kami nyampai lagi di Rusunawa jam 19.30. pas orang-orang mau sholat Isya. Alhamdulillah perjalanan yang melelahkan dan memabukkan ini mampu kami lewati. Heheh

Terimakasih sudah mau mendengar cerita dari ku. Oya, ini sebenarnya adalah perjalanan Kaur yang kedua loh. Pertama rihlah dakwah UMB juga di masjid Kahfi di Kota Kaur.

Wassalamu’alaikum wr.wb  

Jumat, 28 September 2018

Budayakan Sensor Mandiri, Menonton Sesuai Usia

sumber: Toolkit yang dibagikan oleh LSF

Assalamu’alaikum wr.wb

Apa kabar ni teman-teman semuanya, kali ini aku bakal share ulang kegiatan talkshow kerja sama antara Lembaga Sensor Film RI dengan Blogger Bengkulu. Kegiatan yang dilaksanakan pada

    Hari/tanggal   : Rabu, 29 Sept 2018

    Pukul               : 08.00 – 12.00
   
    Tempat            : Konakito, Tapak Paderi

sumber: Instagram Blogger Bengkulu

Dan yang menjadi narasumbernya adalah Ibu Noor Saadah, M. I. Kom (anggota komisi II LSF, Bidang Hukum dan Advokasi). Serta Narasumber yang kedua adalah Ibu Milda Ini (Founder dan Ketum Blogger Bengkulu).

kedua pemateri: Ibu Milda Ini (kiri) dan Ibu Noor Saadah (kanan)

Apa saja materi yang disampaikan oleh kedua materi? Berikut beberapa point yang dapat saya sampaikan dari talkshow tersebut:


Apa itu Sensor Mandiri?


Toolkit

“Sensor Mandiri adalah Prilaku setiap orang yang secara sadar dalam memilah dan memilih tontonan”.

Sensor mandiri bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika orang dewasa ia bisa memilah dan memilih sendiri tontonan yang pantas dan layak untuknya. Namun untuk anak-anak, maka orang tua lah yang memilih dan memilih tontonan yang layak dan pantas untuk anak-anak mereka.

peserta fokus mendengarkan materi

Di zaman digital yang sekarang ini ada banyak sekali jenis tontonan yang disajikan kepada kita. serta kemudahan dalam menonton juga sangat mendukung sekali dengan kemajuan teknologi. Misalnya:

• Kita dapat menonton film apa saja

• Kita dapat menonton film kapan saja

• Bisa menonton dengan siapa saja

• Dan bisa mengakses film dimana saja berada


Lalu, bagaimana memilah dan memilih tontonan?


Ada beberapa yang harus kita perhatikan dalam menonton film, yaitu:

sumber: toolkit LSF

• Film untuk usia berapa?


• Film tentang apa?

• Bagaimana gambar, adegan, dialog dan suara dalam film

• Adakah hikmah yang dapat diambil dari film?


Mengenai usia dalam menonton, LSF telah mengklasifikasikanya ke dalam beberpa kategori.


sampul belakang majalah sensor film yang dibagikan oleh LSF

Yapp.. hal itu karena setiap film ada klasifikasi batasan usianya. Baik itu film di bioskop maupun di stasiun TV. Kategori klasifikasi usia yang telah ditetapkan Lembaga Sensor Film tersebut adalah:

 1. SU (Semua Umur)

sumber: majalah sensor film yang dibagikan oleh LSF

SU ini berisi judul, tema, gambar, adegan, suara, teks terjemahan yang tidak merugikan perkembangan kesehatan fisik dan jiwa anak-anak. Pada SU ini, anak-anak dibimbing :

a. Mengenal keanekaragaman

b. Mengenal mana yang fakta dan fantasi

c. Dibimbing mengenal persamaan dan perbedaan dengan tujuan meningkatkan keterampilan membedakan mana yang baik dan buruk.

d. Menghindari  film yang mengandung kekerasan fisik, adegan berbahaya dan perilaku penyimpangan seksual/seksualitas,

e. Menghindari film/iklan film mengandung agresivitas, antisocial, film-film menakutkan, klenik, perdukunan, mistis, tahayul (Semua hal yang bertentangan dengan norma agama),

f. Menghindari film/iklan film yang mengandung perjudian, minuman keras, dan zat adiktif.

baca juga: Nginang, Tradisi Makan Sirih yang Hampir Punah

2. 13+ (Penonton usia 13 tahun atau lebih)


sumber: majalah sensor film yang dibagikan oleh LSF

Film dan iklan film dengan kode 13+ berisi judul, tema, gambar, adegan, suara, dan teks terjemahan yang:

a. Mengandung nilai pendidikan, budi pekerti, apresiasi, estetika, kreatifitas, dan pertumbuhan rasa ingin tahu yang positif.

b. Tema, judul, adegan visual serta dialog dan/atau monolog cocok untuk anak-anak yang beranjak remaja.

c. Tidak menampilkan adegan yang mudah ditiru seperti adegan berbahaya dan adegan pergaulan bebas yang berlainan jenis atau sesama jenis.


3. 17+ (Penonton usia 17 tahun atau lebih)

sumber: majalah sensor film yang dibagikan oleh LSF

Film dan iklan film dengan kode 17+ berisi judul, tema, gambar, adegan, suara, dan teks terjemahan yang:

a. Mengandung nilai pendidikan, budaya, budi pekerti,,, apresiasi, estetika, dan pertumbuhan rasa ingin tahu yang positif

b. Tema, judul, adegan visual derta dialog dan/atau monolog yang cocok dengan penonton berusia 17 tahun ke atas

c. Berkaitan dengan seksualitas yang disajikan secara proporsional dan edukatif

d. Berkaitan dengan kekerasan yang disajikan secara proporsional

e. Tidak menampilkan adegan sadism


4. 21+ (Penonton usia 21 tahun atau lebih)

Film dan iklan film dengan kode 21+ berisi judul, tema, gambar, adegan, suara, dan teks terjemahan yang:

a. Dialog atau monolog yang cocok untuk orang dewasa, seperti permasalahan keluarga

b. Adegan visual dan dialog tentang seks serta kekerasan dan sadisme tidak berlebihan

c. Penayangan di televise setelah pukul 23.00 sampai dengan 03.00 waktu setempat.

baca juga: Review Buku Makrifat Cinta Rabi'ah Al-Adawiyah

Lalu bagaimana tips menonton film?

foto bareng peserta dan pemateri

1. Dampingi anak saat menonton

2. Pilih film yang sesuai usia anak

3. Batasi jam menonton

Bagi anak-anak maksimal durasi menonton 2 jam.

4. Mengingatkan hal-hal baik yang patut ditiru dan penanaman nilai-nilai positif.

Okay, sepertinya itu saja yang dapat saya simpulkan, semoga bermamfaat. Mulai sekarang,

“Mari Menonton sesuai Usia”.
sumber: toolkit

Jaga diri kita, anak-anak dan keluarga kita dari dampak buruk film yang tidak sesuai standar LSF. Agar tontonan yang baik menjadi tuntunan.

foto bersama blogger bengkulu dengan tim LSF RI

Wassalamu’alaikum wr.wb
berikut cuplikan video suasana Talksow








Disclaimer: Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog #nulisserempak yang diadakan oleh Blogger Bengkulu bersama LSF RI

Selasa, 25 September 2018

Kehilangan Dompet


Hari Jum’at malam, Agil meminta ku untuk menemaninya makan pecel di luar. Dan dengan senang hati aku menemani adek yang begitu manja kepadaku ini. ia memaksaku untuk makan. Namun aku menolak karena posisi masih kenyang. Dan aku memilih untuk menunggunya saja. Ketika baru setengah ia makan, aku berniat untuk membayarnya. Dan mengambil dompet di jaket ku. Iya. Dompet tersebut aku letakkan di dalam jaket. Sengaja tidak bawa tas karena aku mikirnya kan cuma pergi sebentar dan dekat. Lagian jaket yang aku kenakan juga lumayan dalam kantongnya. Jadi aku merasa Aman. 

Namun tatkala memeriksa kantong jaket, baru kusadari bahwa dompetku tidak ada. Lalu aku beritahu Agil dan kami mencari nya di warung itu. Namun tak ketemu. Lalu agil langsung berhenti makan dan kita sama-sama mencari. Nasinya kami titip dulu. Nanti di ambil lagi sekalian nasi yang aku bungkus. Kami mencari dengan hati-hati. Namun hingga sampai lagi di asrama, ia tak jua kami temukan. Dan lalu berbalik lagi ke tempat makan tadi sambil menajamkan mata. Namun tak jua ketemu. Badan ku lemes. Ya Allah.. cerobohnya aku. Setelah mengambil pesanan kami di warung tersebut, kami pulang lagi dan masih dengan mata yang terus mencari siapa tau ada dompetnya di semak-semak. Agil masih berusaha mencari sementara aku memilih untuk pulang. Air mataku kembali merebak. Langsung sebarkan info kehilangan. Minim sekali untuk bertemu secara logika. Karena ini di kota. Bisa saja langsung di ambil sama orang lain. Syukur kalau yang menemukan adalah orang baik. Namun jika tidak, maka ATM ku bisa saja langsung bajaknya. Dicocokkan dengan KTP.

Mengikuti saran salah satu kakak tingkat, aku langsung menelpon call center ATM ku yang hilang agar segera di blokir. Dan 1 kekhawatiranku sekarang sudah aman.

Esok harinya di sore hari, Aku kembali teringat dengan dompetku. Dompet yang didalamnya berisi kartu Mahasiswa, KTP, SIM, KIS aku dan Ibu, ATM, dll.. Siang tadi aku sudah berusaha sejenak melupakan. Seolah semua baik-baik saja. Meyakinkan diri bahwa ia akan kembali. Namun hatiku mulai merasa sedih. Ah Ya Allah.. baru saja siang nya aku kehilangan sesuatu yang juga tak kalah berharganya yang sudah membantu ku banyak selama kuliah, malam nya malah dompet ku yang hilang. Seolah masalah ini datang secara beruntun. Belum move on dari masalah yang satu, sekarang harus disedihkan lagi dengan kehilangan dompet. Sebegitu sayangnya Allah kepadaku.

baca juga: Dicegat

Aku kembali menangis. Menangis adalah caraku mengurangi sedikit beban di pundak tanpa harus menceritakan keluhanku kepada orang lain. Bahkan aku tak sanggup sholat maghrib berjamaah di lantai dasar khawatir nanti ditanya-tanya sama adek tingkat. Belum lagi karena aku malu dengan mata bengkak ku.

Aku ingin mengeluarkan semua keluhan yang aku rasa. Ketika shalat maghrib pun air mataku berjatuhan. Sebegitu cengengnya juga aku. Dan usai sholat maghrib aku berdo’a kepada Allah agar dompet ku ketemu kembali. Ditemukan oleh orang baik yang bersedia mengembalikanya kepadaku. Tak terbayang oleh ku berapa ribetnya mengurus semua surat menyurat itu. Ngurus SIM, KTP, Kartu mahasiswa, 2  buah ATM, belum lagi Kartu Indonesia Sehat milik ku dan Ibu. Ya Robbi..

Semua usaha sudah aku kerahkan. Membuat berita kehilangan yang aku broadcast di WA lalu di bantu lagi sama banyak teman WA yang lain untuk meng-share nya. Lalu mensharenya juga di Instagram dan di Facebook. Namun belum juga membuahkan hasil.

Menangis kepada Allah. curhat dan mengeluh hanya kepadanya. karena jika keluhan di utarakan ke media social, aku tidak ingin di anggap lebay akibat kehilangan ini. mungkin bagi aku itu berharga dan memusingkan kepala. Tapi bagi sebagian orang mungkin saja itu adalah hal yang biasa. Tinggal urus. Buat surat tanda kehilangan. Beres.

Dan tatkala usai curhat kepada Allah, menumpahkan air mata dan semua yang aku rasa, berdo’a di tengah sedikitnya kemungkinan dan harapan yang minim, aku lanjut menulis di Diary. Yapp.. aku masih menulis di Diary sesekali untuk mencurahkan isi hati yang sifatnya rahasia dan tidak ingin diketahui orang lain. Aku tak berminat untuk menulis rasa hati yang beredar masalah-masalah ini di blog. Dan setelah itu aku merasa sedikit lega. Menangis, berdo’a, curhat di diary, itu lah cara ku.

Usai nulis di diary, aku kembali membuka HP. Melihat chat di whatsapp sebentar lalu membuka FB. Meng-cek Forum Jual Beli Bengkulu. Barangkali ada yang menemukan lalu meng-share nya disana. Namun hasilnya nihil. Hanya iklan-iklan hp second. Dan aku membuka inbox. Ada 2 inbox fb yang masuk. 1 dari adek dan 1 nya lagi dari nama tak dikenal. Masyallah.. inbox itu dari orang yang menemukan dompetku. Sujud sukur Ya Allah..  benar kata orang. “Tiada yang lebih membahagiakan melainkan ketemu kembali dengan barang-barang yang selama ini kita cari”.



Dan dengan segera aku mengajak Agil menjemput dompet tersebut sesuai dengan alamat yang ia berikan. Rumahnya masuk gang depan PDAM dan dengan segera kami temukan rumah nya. Ternyata adek itu baru masuk SMK. Dia baru selesai ospek.  Ia menemukan dompet ku di depan RS. M. Yunus. Tiada kata lain yang bisa aku berikan selain dari terimakasih dan do’a tulus semoga semua urusannya dimudahkan oleh Allah, rezkinya lancar, cita-citanya tercapai, dan keluarganya bahagia selalu.

Terimakasih Ya ALLah. Maha Baik. Engkau memberi masalah untuk melihat seberapa sabarnya kita menghadapi masalah tersebut. Benar firman-Mu. “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu”.

Pesan yang ingin aku sampaikan disini adalah, berdo’alah selalu kepada Allah. tiada yang tak mungkin bagi Allah. karena do’a adalah senjatanya kaum muslimin.

Semoga bermamfaat.

Rabu, 19 September 2018

Produktif dan Lancar Nge-blog bareng ASUS X555


Hallo assalamu’alaikum wr wb.

Apa kabar semuanya? Selalu sehat yes? Yang sakit moga segera sembuh yaa.. aaminn

Ngeblog saat ini adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan buat aku. Selain menyalurkan hobi dengan ngoceh-ngoceh berfaedah, juga sekalian buat asah ilmu tulis menulis sekaligus ngejob. Hehhee.. ada banyak hal yang bisa kita tulis di blog. Yang pastinya membuat kita makin produktif.

Btw, kali ini aku mau share tentang produktif dan lancar ngeblog nich.. terutama buat pemula. Cek it out!!!

1. Niat yang Kencang Buat Ngeblog

Yapp, kalau nggakda niat, gimana mau nge-blog atau nulis coba? Niat ini sangat penting. Kalau niatnya Cuma sekadar ikut-ikutan doank, maka ketika yang diikuti itu mengecewakan kita, maka kita akan berhenti. Jika niatnya Cuma buat dapat uang jajan dari nge-blog, maka tatkala nggak dapat job, maka kita juga dengan sendiri akan berenti.

So niat ini adalah landasan yang penting dan fundamental. #eaaa.. hehee

Tanpa niat, semangat kita akan mudah melempem tuch. Jangan lah yaaa..

2. Siapkan Blog


Ibaratnya itu, blog adalah wadah. Sementara tulisan itu adalah isi nya. Jadi sebelum mau nge-blog, kamu harus udah ada akun blog dulu donkk.. ya namanya juga blogger. “Terus buat akun blog nya gimana mbak?”, ah.. gampang banget itu. Cari aja di google. Gampang lahh..

3. Menulis yang Bermamfaat



Blog adalah tempat kita menuangkan apa yang ada di otak kita. bahkan tulisan kita itu menggambarkan seperti apa kepribadian kita. curhat di blogpun nggak ada salahnya. Apalagi kalau curhatan kita itu mengandung motivasi dan bermamfaat buat pembacanya. Dan yang pasti kalau aku secara pribadi sich, bukan Cuma job doank yang diharapkan. Karena awal ngeblog bahkan nggak tau tentang job. Nggak tau kalau blogger bisa menghasilkan uang juga hehee.. karena saat itu motivasi aku buat ngeblog adalah ingin belajar, dan ingin berbagi kepada para pembaca.

4. Menulis dengan Jujur dan Amanah

Disaat udah mulai nulis, apalagi kalau udah ada komunitas, maka kita akan ditargetkan untuk nulis tiap minggunya. Tak peduli seberapa sibuk kita waktu. Kalau kamu mahasiswa, Pernah kan kamu copas isi blog orang lain? Kalau aku pernah. Dan itu rasanya sakit tau ketika hasil karya kita dicontek oleh orang lain lalu di buat ketulisanya tanpa ada sumber itu dari kita. seolah-olah itu hasil kerjaan dia sendiri. Padahal nulis itu tidak mudah loh, butuh banyak waktu untuk nulis. Butuh mikir buat nyari inspirasi. Nggak sim salabim abra kadabra jadi gituuu..

Nah, bagi kamu yang seorang penulis nantinya nich, sekalipun mentok nyari bahan buat nulis, jangan copas tulisan punya orang tanpa dibuat sumbernya yak.. biar nggak ikutan sakit. Hehee

5. Laptop yang mendukung


Bagi seorang blogger, laptopa adalah nyawa bagi dunia bloggingnya. Dapat dibayangkan kalo misalkan nulis nya make hp aja. Bisa sichh.. Cuma ribet dan lama dan lebih panjang prosesnya. Jadi kita mesti siapkan laptop yang mendukung tulisan kita. yang bisa membuat pekerjaan kita jadi gampang dengan laptop yang keren dan kualitas bagus.

Dan untuk masalah laptop ini, aku punya info menarik buat para blogger nich. Sekrang sudah ada laptop ASUS X555. Udah pada tau semua kan dengan merk laptop ini. laptop ASUS. ASUS adalah brand laptop berkualitas yang punya banyak banget jenis laptop. Salah satu jenis laptop terbaru ASUS adalah ASUS X555 ini. ASUS X5555 punya banget banget fitu unggulan.


ASUS X555 ini punya baterai jenis Li-Polimer yang daya tahannya 2,5 kali lebih kuat dibandungkan Li-Ion Silinder. Bahkan telah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya. Jadi sekarang nggak mesti belibet nyari colokan ya kalau mau kerja atau kuliah. Jadi lebih gampang.

Selain itu ni teman-teman, laptop ASUS didukung oleh Prosesor AMD quadcore A10 untuk performa yang halus dan responsive. Performa ini didukung grafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, sehingga ASUS X555 ideal banget digunakan untuk kebutuhan menonton film atau video. Asik banget nich buat aku yang suka nonton. Heheh

Dan masih banyak banget fitur-fitu yang lainya.

Yapp.. dengan ASUS X555 ini, pekerjaan kita di dunia digital seperti nge-blog bisa lebih produktif nich.

Untuk kamu yang mau nyari laptop kece ini, ASUS X555 juga dijual di Tokopedia loo.. klik aja link itu yak untuk selengkapnya.

Okay, selamat ngeblog dengan ceria, produktif dan lancar yaa.. kalau ada info job bagi-bagi yak. Hihii..

Wassalamu’alaikum wr.wb

Minggu, 16 September 2018

Membersihkan Tempat Tidur

Assalamu’alaikum wr.wb

Apa kabar semuanya? Dan bagaimana keadaan kamarnya? Sudah dibersihkan kah? Sudah rapikah?

Ngomongin soal kebersihan nich teman-teman, sebagaimana yang kita ketahui, kebersihan adalah sebagian daripada iman. Nah, apabila ia tidak suka bersih, maka iman nya perlu dipertanyakan. Kamu suka bersih kan? Hehee

Namun, meski kebersihan itu penting karena juga salah satu faktor agar diri dan keluarga kita sehat, namun masih saja banyak orang yang tidak mementingkan soal kebersihan ini. terutama kebersihan makanan. Asal jadi, asal masak, asal enak. Padahal belum tentu makanan itu bersih. Terutama makanan yang kita beli di pinggir jalan. Kalau Cuma sekali atau dua kali yaa mungkin tubuh kita masih  bisa lah yaa mengatasinya. Namun jika udah kebiasaan, wahh tubuh kita bisa lelah tu menetralisirnya. So, harus dijaga yaa kebersihan diri dan keluarga kita. begitupun juga dengan menjaga kebersihan kamar atau tempat tidur. Bisa dibayangkan yaaa apabila kamar kita kotor? Kita akan merasa sulit untuk tidur. Tidak nyaman. Kecuali bagi orang yang udah biasa dengan kamar yang kotor dan berantakan.

Nah aku mau sharing beberapa tips dalam menjaga kebersihan kamar ni. Simak yaa.. check it out!!

1. Buang Sampah Pada Tempatnya


Sebaiknya di kamar, kita sediakan tempat sampah. Atau minimal kantong kresek lah untuk membuang sampah. Jadi sampahnya di kumpulin di tempat tersebut dan ketika banyak, baru di buang ke tempat sampah yang semestinya. Ini juga agar kita terhindar dari sampah yang berserakan.

2. Jauh Dari Binatang
 

Binatang yang dimaksud disini adalah binatang peliharaan seperti kucing, anjing, maupun hewan lainya. Dan ini juga bagi yang melihara hewan. Kenapa harus jauh? Karena kita tidak tau hewan akan membawa penyakit apa untuk kita. syukur-syukur sich bagi yang merawat binatang nya dengan baik.  Misalkan kucing yang dipelihara dengan diberi tempat yang layak, diberi makan, di mandikan, dan perawatan lainya. Namun jika tidak, kucing itu bisa menjadi sumber penyakit dan tidak baik untuk kesehatan tuan nya. Jangan sampai bulu dan bakterinya ikut berterbangan di kamar kita tercinta.

3. Buka Jendela Kamar


Selain untuk mengganti suhu udara yang ada di kamar, membuka jendela bisa membuat kamar kita jadi lebih bernafas. Bebas dari pengap dan sumpek. Terutama di pagi hari juga penting untuk membuka jendela kamar karena suhu udaranya yang begitu segar baik untuk kesehatan kita. jangan lupa juga untuk menutupnya kembali ketika maghrib telah tiba. 

4. Merapikan Kamar


Yapp.. rapikan kamar serapi mungkin. Sebersih dan seindah mungkin. Letakkan barang-barang kita secara baik sesuai dengan kebutuhan. Jika barangnya sering digunakan, maka letakkan di tempat yang mudah untuk di jangkau.

5. Cuci Sprei Atau Alas Tidur


Sprei atau alas tidur yang dibiarkan berbulan-bulan tanpa dicuci, itu juga menimbulkan bakteri dan bau tak sedap. Apalagi ini merupakan tempat yang paling akrab kita gunakan ketika malam hari. So, pastikan sprei kita bersih dan wangi yaaa biar tidurnya makin nyaman.

Okay, itu dulu yaa sharing dari aku. Semoga bermamfaat. Meskipun kita bukan orang yang begitu bersih sampai ke akar-akarnya, namun setidaknya buatlah kamar kita menjadi tempat yang paling nyaman untuk kita singgahi. Bebas dari bau tak sedap, rapi, dan bersih. Toh yang menggunakanya adalah diri kita sendiri. Bukan orang lain.

Aku pernah memutar sebuah video motivasi yang intinya adalah “Ketika bangun tidur maka pastikan tempat tidur mu rapi dan bersih. Karena ketika siang hari akan ada banyak waktu kamu lewati dalam menghadapi dunia. Dan tatkala masalahmu begitu pelik, kamu masih punya tempat yang nyaman untuk merebahkan diri. Yaitu tempat tidurmu.

Yapp.. membersihkan tempat tidur, meski terlihat sepele, namun akan berdampak besar ketika kita menjalaninya dengan tertib.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Note: All Pict By Pixabay