8 Manfaat Manajemen Armada untuk Bisnis

Apakah di antara teman-teman adalah seorang pengusaha yang mengelola berbagai armada kendaraan seperti truk, bus, mobil, dan berbagai kendaraan jenis lainnya? Nah, tentu penting banget bagi kita mengetahui dan menguasai manajemen armada ini agar bisnis kita berjalan dengan lancar. Kita membutuhkan sistem manajemen armada atau Fleet management untuk mengoptimalkan pelayanan, meningkatkan kinerja dan produktivitas kendaraan serta efisiensi biaya industri.

Dikutip dari shell.co.id, manajemen armada berfungsi agar perusahaan melakukan operasi logistik secara efisien. Manajemen armada perlu memastikan pemanfaatan armada, seluruh biaya transportasi, kepatuhan terhadap peraturan armada, serta sumber daya berada pada tingkat yang optimal.

Adapun kegiatan dalam manajemen armada mencakup banyak hal seperti:

1. Perencanaan rute armada
2. Perencanaan utilisasi aset kendaraan
3. Pengorganisasian aset kendaraan dan pengemudi
4. Pemantauan operasional armada
5. Penjadwalan pemeliharaan armada, dan masih banyak lagi.

Dalam mengelola sejumlah armada kendaraan tersebut, tentu akan mengalami hambatan dan masalah apabila dilakukan secara manual dan tidak tersistem dengan baik.

Masalah – masalah yang umum terjadi dalam mengelola sejumlah armada kendaraan antara lain:

1. Tidak bisanya perusahaan melacak posisi armada kendaraan secara real time
2. Sulit memantau perilaku pengemudi saat membawa kendaraan
3. Rute yang ditempuh oleh armada tidak efisien sehingga waktu terbuang dan konsumsi bahan bakar meningkat
4. Kesulitan dalam melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja armada. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, sistem manajemen armada atau fleet management system yang terpadu dan intuitif dapat membantu berbagai masalah dalam perusahaan.

Nah, ada 8 manfaat penting dari manajemen armada, yaitu:

1. Peningkatan Keamanan Pengemudi

Peningkatan Keamanan Pengemudi
Banyak sistem manajemen armada saat ini terintegrasi langsung dengan truk atau van untuk menyediakan data mengemudi secara real-time. Ini merupakan keuntungan luar biasa bagi manajer armada yang dapat mengatur peringatan real-time jika terjadi bahaya berkendara atau gangguan lalu lintas.

Hal ini tentu penting sekali mengingat pengemudi kendaraan akan menghabiskan sebagian besar waktunya di jalan antara titik penjemputan dan titik pengantaran kargo. Beberapa perangkat pemantauan kendaraan juga dapat dipasang ke kamera dasbor di dalam kabin untuk membagikan rekaman video real-time dari jalan raya. Tujuan dari alat yang berfokus pada pengemudi ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi antara pengemudi dan perencana logistik terpusat. 

2. Kemudahan Evaluasi Utilasasi Kendaraan

Evaluasi kendaraan
Dengan sistem manajemen armada, kita dapat dengan mudah melakukan evaluasi terhadap tingkat utilisasi atau pemakaian kendaraan. Misalnya saja berapa jam kendaraan tersebut digunakan beroperasi, berapa lama kendaraan tersebut tidak digunakan, berapa banyak konsumsi bahan bakar, serta apakah kendaraan tersebut sudah masuk masa perawatan berkala atau belum.

3. Kesiapan Kepatuhan

Catatan digital dan jejak audit yang lengkap sangat penting untuk menjaga kepatuhan terhadap peraturan lokal, negara bagian, dan federal. Sistem manajemen armada adalah sumber yang bagus untuk mengelola semua data armada kita. Ini dapat mencakup informasi terkait perawatan, perbaikan, inspeksi, dan sertifikasi kendaraan. Mendigitalkan informasi ini dan tersedia untuk seluruh staf akan memudahkan kita menemukan bahan referensi penting saat dibutuhkan. Sistem ini juga mendukung inspeksi elektronik dalam banyak kasus. Serta memungkinkan tim lapangan memverifikasi kinerja truk dengan cepat dari mana saja.

4. Menurunnya biaya operasional

Salah satu manfaat terbesar yang diberikan sistem manajemen armada adalah pengurangan biaya di seluruh operasi logistik.
Konsumsi bahan bakar juga dapat dikontrol dengan membuat catatan rinci dan mengidentifikasi waktu dan tempat terbaik untuk pengisian bahan bakar. Fitur tambahan dari banyak sistem manajemen armada adalah otomatisasi alur kerja, yang dapat menghasilkan penghematan biaya tambahan. Memiliki akses langsung ke semua informasi biaya armada memberi tim Anda platform yang sangat baik untuk mengendalikan biaya

5. Kendaraan yang lebih aman dan andal

Kendaraan yang aman dan andal
Manajemen armada membantu bisnis tetap memantau pemeliharaan rutin, sehingga mengurangi risiko kerusakan atau kecelakaan. Bisnis yang menyewakan kendaraan dapat memanfaatkan model-model baru yang memiliki fitur keselamatan canggih untuk menjaga pengemudi tetap terlindungi di jalan.

6. Kepuasan pengemudi lebih tinggi

Proses manajemen armada yang terstruktur dapat meningkatkan pengalaman pengemudi sehari-hari. Manajemen armada mengotomatiskan banyak tugas manual, seperti mencatat jam kerja, menghilangkan pekerjaan kasar, dan menghemat waktu pengemudi yang berharga.

7. Mengelola armada dari jarak jauh

Operasi harian armada dengan ukuran berapa pun melibatkan banyak komponen, dan mungkin sulit dikelola secara efektif. Perangkat lunak yang diterapkan menyediakan platform untuk melihat setiap aspek dari jarak jauh, meskipun kendaraan tersebar di seluruh negeri.

8. Meningkatkan umur kendaraan

Manajer armada memiliki kemampuan untuk melacak setiap kendaraan melalui penggunaan GPS, memungkinkan mereka memantau kinerja dan potensi masalah pemeliharaan. Dengan selalu memperhatikan faktor-faktor seperti jarak tempuh, keausan ban, kebiasaan pengereman, dan penggantian oli berarti umur kendaraan dapat ditingkatkan.
Nah, ada banyak banget ya manfaat dari manajemen armada terutama keperluan bisnis kita. Jadi, jangan diabaikan ya guys. Agar bisnis armada kita berjalan dengan lancar dan optimal.

Sumber:
  • https://www.mpofcinci.com/blog/key-benefits-of-a-fleet-management-system/
  • https://www.bhinneka.com/blog/keuntungan-sistem-manajemen-armada-untuk-bisnis-usaha/
  • https://www.merchantsfleet.com/articles/what-is-fleet-management/

Tidak ada komentar

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring