Tanda Lingkungan Sehat


Lingkungan sehat merupakan suatu keadaan yang diinginkan oleh semua orang. Dimana kita merasa lebih bersih, sehat, asri karena lingkungan yang sangat bersahabat.

Apalagi di tengah pandemi virus sekarang ini. Kita dituntut untuk benar-benar menjaga agar diri, rumah, dan lingkungan kita retap terjaga dan sehat. Namun ada beberapa orang yang belum mengerti bagaimana mewujudkan lingkungan yang sehat.

Nah disini saya akan menguraikan beberapa tanda lingkungan sehat sehingga mempermudah kita untuk mengenalnya. Diantara tanda-tanda tersebut yaitu:

1. Memiliki udara yang bersih dan segar
Udara yang bersih dan segar ditandai dengan udara yang bening dan tidak memiliki warna apapun. Serta tidak memiliki bau. Sementara udara yang terindikasi polusi dan tidak baik untuk dihirup, berwarna kehitaman atau abu-abu. Perbedaan udara ini dapat kita lihat antara ibu kota dan pedesaan. Di kota cenderung lebih banyak polusi karena banyak kendaraan yang beralu lalang serta banyak pula polusi dari pabrik.

Sementara di desa, masih asri dan udaranya pun masih segar karena jarang ditemukan pabrik dan jumlah kendaraan penebar polusi pun tak sebanyak di desa. Namun untuk menyikapinya sehingga dapat menghirup udara segar, teman-teman bisa menikmati udara segar di pagi hari. Sebelum banyak kendaraan yang lalu lalang.

2. Saluran air lancar 
Air merupakan kebutuhan utama manusia. Air juga dapat mendoakan bersih atau tidaknya suatu lingkungan. Jika air jernih maka dapat dipastikan lingkungan tersebut sehat dan masyarakatnya jauh pula dari penyakit. Namun jika airnya keruh dan kotor, berarti kebersihannya kurang terjaga.

Oleh karena itu diperlukan kesadaran untuk menjaga agar air tetap bersih. Seperti tidak membuang sampah di sungai atau danau. Dan jika sumur airnya keruh, maka dapat menggunakan filter penjernih air.

3. Sampah yang tidak berserakan
Lingkungan sehat juga ditandai dengan sampah yang tidak berserakan dimana-mana. Setiap rumah, instansi, atau tempat umum disediakan kotak sampah. Selain itu juga terdapat pengelombakan sampah organik dan non organik.

Pengelompokan sampah dilakukan agar sampah bisa didaur ulang atau dikelola kembali. Selain itu, pengelompokan juga dapat mencegah terjadinya polusi atau pencemaran akibat sampah yang terbengkalai

4. Banyak tanaman hijau
Tanaman hijau, selain baik untuk sirkulasi udara, juga dapat menyegarkan mata. Kita bisa mensiasati ini dengan menanam tanaman bunga di pekarangan rumah atau menanam pohon buah di halaman. Untuk di kota, juga banyak ditemukan tanaman hijau di kisaran kota. Ini juga membuat Indah pemandangan.

Tanaman hijau di sekitar rumah juga membuat lebih asri dan rindang. Tanaman hijau ini menyerap oksigen dan melepas karbondioksida. Sehingga dapat membantu proses sirkulasi udara.

5. Pengelolaan limbah yang baik
Untuk di kota, pengelolaan limbah dengan baik perlu diterapkan. Pabrik-pabrik harus memperhatikan limbahnya. Jangan sampai limbah dibuang ke sungai atau saluran air lainnya yang dapat menyebabkan polusi.

Untuk rumah tangga, juga sebaiknya memperhatikan limbah yang dihasilkan. Misalnya membuat tempat pembuangan feses yang baik. Untuk limbah plastik, bisa dengan cara dikumpulkan lalu dibakar.

6. Hewan peliharaan terjaga
Hewan peliharaan menghasilkan kotoran yang apabila berserakan dimana-mana dapat membuat rusak lingkungan. Oleh karena itu, bagi yang memiliki hewan peliharaan, hendaknya hewan peliharaannya dijaga. Jangan sampai merusak lingkungan akibat kotoran yang berserakan.

7. Besarnya tanggung jawab dan kesadaran warga akan kebersihan lingkungan
Bukan hanya tanggung jawab pemerintah, kebersihan lingkungan juga mesti ada kesadaran dari semua lapisan masyarakat.

Kebersihan lingkungan ini bisa dimulai dengan diri pribadi. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengadakan kerja bakti, serta menyediakan fasilitas kesehatan yang memamg diperlukan untuk menjaga kebersihan.

8. Lingkungan rapi dan tidak kumuh
Lingkungan yang kumuh dan berantakan, selain membuat tidak sehat, juga tidak sedap dipandang oleh mata. Untuk mewujudkan lingkungan yang rapi ini, sebaiknya diadakan gotong royong kebersihan berkala yang secara rutin diadakan. Ini juga membuat masyarakat tersebut nyaman tinggal di tempat tersebut.

Nah, itulah beberapa tanda lingkungan sehat yang dapat kita wujudkan bersama agar tubuh masyarakat juga sehat. Diantara 8 tanda tersebut, manakah yang sudah ada di lingkunganmu?  Jika ada yang belum terwujud diantara tanda-tanda tersebut, yuk sama-sama kita berusaha mewujudkannya. ☺️

Stay healthy semuanya. Kebersihan diawali diri sendiri dan lingkungan sekitar.

10 comments

  1. Sayangnya kepedulian menjaga lingkungan semakin berkurang ya?
    Khususnya Di perkotaan
    Tapi ya tergantung Ketua rt nya sih, sebagai warga manut aja

    ReplyDelete
  2. Lingkungan yang bersih dan sehat memang berawal dari kesadaran warganya untuk menjaganya. Jadi memang tepat kalau memulai dari diri sendiri

    ReplyDelete
  3. Euh, masih banyak PR nih supaya lingkungan kita semua sehat. Kebiasaan sebagian masyarakat yang suka buang sampah sembarangan dan pergi 50 meter aja pakai motor kayaknya udah kronis banget.

    ReplyDelete
  4. Kalau setiap kita memiliki kesadaran untuk hidup bersih pasti lingkungan juga sehat ya mbak.

    Semoga dgn makin mudahnya informasi, maka masyarakat juga makin teredukasi dan bisa hidup bersih sehat.

    ReplyDelete
  5. Di antara 8 itu 6 udah ada di lingkunganku mbak. Karena kebetulan hidup di pedesaan. Enggak ada limbah pabrik. Yang belum itu poin ke delapan lingkungan rapi dan tidak kumuh, dan sampah berserakan. Karena walaupun di pedesaan kadang ada orang yang seenaknya buang sampah di kebun orang atau dipinggir jalan sambil lewat naik motor :(

    ReplyDelete
  6. Aku merasa rumahku sdh cukup memenuhi kategori lingkungan sehat sih. Bukaan udara dan cahaya sangat cukup. Air tersedia dengan kualitas yang baik. Sampah juga terkelola dengan baik. Penting banget karena saat ini harus maksimal di rumah.

    ReplyDelete
  7. Wah jadi makin mau cek apakah rumah dan lingkungan sudah sehat? Rasanya perlu banget cek lagi soalnya DBD mengintai.

    ReplyDelete
  8. Kebanyakan masyarakat itu nggak peduli sama lingkungan tempat tinggalnya sendiri, padahal kalau bersih kan kita-kita juga yang nyaman. Salut deh sama warga yang kompak sampai ngadain berkebun sama-sama, selain bikin lingkungan jadi nyaman karena banyak lahan hijau, juga bisa menghasilkan, lumayan juga kan ya mbak metik sayur nggak selalu beli...hihi. Semoga kita bisa menjaga supaya lingkungan tetap sehat :)

    ReplyDelete
  9. Aku baru pindah rumah kak ke lingkungan baru. Di sini tuh komplek baru gitu dan maish sedikit yang tinggal. Aku rasa, aku sudah berada di lingkungan yang sehat sih kak. Cuma minus tanaman hijau. Ada sih cuma nggak terlalu banyak gitu.

    ReplyDelete
  10. Pengen banget nih tinggal dilingkungan bersih gini. Rumahku belum termasuk lingkungan dengan udara bersih. Masih banyak yg harus dibenahi.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)