Membuat Soto Lamongan Nikmat dan Wangi

Source by: @jajanguyon

Hallo teman-teman,  pernah nggak membuat salah satu menu makanan berkuah yaitu soto Lamongan?  Soto Lamongan adalah makanan khas dari Surabaya yang sekarang sudah menyebar di Indonesia.

Awalnya aku juga kurang tau apa itu Soto Lamongan dan bagaimana proses pembuatannya. Apakah sama dengan pembuatan Soto biasa ataukah berbeda?  Namun ternyata yang membuat soto ini berbeda terletak pada rasa koyanya. Koya dibuat dari kerupung udang yang digiling bersama bawang putih.

Pertama kali akrab dengan Soto Lamongan karena adalah salah satu produk mie instan dengan rasa Soto Lamongan. Rasanya memang enak ternyata. Dan aku juga suka dengan rasanya. Beberapa kali beli mie instan, aku kerap melirik dengan varian rasa yang satu ini dan belum bosan juga.

Namun sepertinya aku penasaran juga gimana sich cara membuat Soto Lamongan?  Akhirnya aku searching juga donk yaa untuk mengobati rasa penasaran.

Oya, ada beberapa tips khusus bagaimana membuat rasa soto lamongan menjadi lebih enak dan wangi. Diantaranya yaitu:

1. Menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama
Sebenarnya bis juga menggunakan ayam potong, namun ayam potong rasnya kurang guroh dibandingkan ayam kampung. Jadi disarankan untuk menggunakan ayam kampung

2. Rebus ayam dalam waktu yang lama
Proses rebusan ini bisa membuat ayam natang cukup sempurna. Selain itu bisa membuat kaldu lebih gurih dan kental. Sebaiknya rebus dengan menggunakan air dingin.

3. Bumbu benar-benar halus
Hal ina akan mempengaruhi rasa soto lamongan. Disarankan menggiling bumbu halus secara manual agar rasa lebih nikmat. Namun, bisa juga dengan menggunakan blender.

4. Menambahkan kemiri dan kunyit dalam bumbu halus
Sebaiknya 2 macam bumbu halus ini jangan dilewatkan. Kemiri memberi minyak alami pada kuah dan membuat soto menjadi lebih sedap. Kemiri sebaiknya disangrai terlebih dahulu agar minyaknya keluar. Sedangkan kunyit mmbuat warna soto menjadi lebih cerah juga membuat aroma rasa lebih sedap.

Okay, ini dia resep membuat Soto Lamongan yang bisa kita praktekkan dirumah. Yuk dicoba!

Bahan-bahan:
1. 1 kg ayam kampung
2. 2 liter air
3. 5. Lembar daun jeruk
4. 2 Batang serai, memarkan
5. 3 Batang daun bawang
6. Garam secukupnya
7. Gula secukupnya
8. 1 sdt kaldu ayam bubuk. Bisa diperoleh dari bumbu racikan di warung atau bisa juga kaldu dari rebusan ayam buatan sendiri

Bumbu Halus:
1. 8 siung bawang putih
2. 13 siung bawang merah
3. 1 jari jahe
4. 2 jari kunyit
5. 4 butir kemiri sangrai
6. 1 sdt merica
7. 1 sdm ketumbar sangrai
8. 100 gr ebi lalu seduh dengan air panas, lalu sangrai dan tiriskan

Sambal:
1. 10 cabai rawit
2. 5 cabai merah, buang biji
3. 1 siung bawang putih
4. 2 buah kemiri sangrai. (Rebus semua bahan, giling dengan tambahan gula dan garam secukupnya)

Koya:
1. 25 kerupuk udang goreng dan 2 siung bawang putih lalu haluskan dan goreng hingga wangi

Pelengkap:
1. 2 buah soun lalu rebus dengan air panas
2. Potongan tomat
3. Irisan seledri halus
4. Tauge
5. Telur rebus
6. Bawang merah goreng
7. Kol yang diiris halus
8. Kerupuk (disarankan kerupuk udang)

Cara membuat:
1. Tumis semua bumbu halus hingga harum, lalu sisihkan
2. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan ayam, bumbu halus, daun jeruk, daun bawang, serai, masak hingga daging ayam empuk
3. Angkat daging ayam yang sudah empuk, lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. (Goreng ayamnya jangan terlalu kering)
4. Masukkan kaldu ayam
5. Masukan garam secukupnya
6. Tambahkan gula sesuai selera,  koreksi rasa
7.  Sajikan

Proses penyajian:
1. Tata nasi dalam mangkok, masukkan irisan ayam, kubis, dan soun
2. Taburi koya, jeruk nipis, seledri, bawang goreng, telur rebus, dan sambal sesuai selera
3. Taburi kerupuk udang
4. Soto Lamongan siap disantap

Nah, itu dia resep membuat Soto Lamongan yang bisa anda buat untuk menu kumpul keluarga. Cukup mudah bukan?  Tinggal cari saja bahan-bahannya di pasar terdekat. Selamat mencoba. 😊

21 komentar

  1. Soto lamongan ini cara ninjaku kalau lagi malas makan. Bikinnya mudah dan hasilnya selalu enak, anak juga lahap makannya.

    BalasHapus
  2. Soto Lamongan favorit ku juga nih mbak, di tambah jeruk nipis yg banyak, sambel yg banyak dan kecap yg banyak mantabbbb
    Btw Soto Lamongan sama Soto Surabaya beda penyajian loh mbak, kl soto Surabaya itu pake kentang yg di goreng tipis garing gitu. Krn ibu ku org Surabaya dan beliau suka bkn. Jadi lapar nih mbak liat artikel mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo beda ya kak soto Lamongan sama Surabaya. Makasih ya kak infonya. Tapi Lamongan tetap ciri khas dari Surabaya kan kak?

      Hapus
  3. wahh jago masak kak nengsih nih, jadi laper di tambah pas hujan ginim sedap nya mbaaa. Pingin belajar masak lah kaya gni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya aku belum masak kak. Itu aku bagiim resepnya kali aja ada yang mau juat soto Lamongan. Hehe

      Hapus
  4. Wahh matap bisa masak soto sendiri.. Eh klo buat koya nya gmn mbak? Khasnya soto lamongan kan pake koya y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aku baru bagiin resepnya kak. Baru mau masak. Tapi ngajak orang juga. Hehee.. Koyanya digiling pake kerupuk udang dan bawang putih kak.

      Hapus
    2. Iya, bahan koya memang itu mbak...
      Itu kan ciri khas soto lamongan yg biasa saya makan

      Hapus
  5. Wah aku favorit banget mba soto lamongan. Dulu waktu sepulang ngajar aku suka makan soto lamongan ini di Bandung. Rasanya enak banget dan harganya murah. Tapi sayangnya sejak tinggal di tangerang selatan, ga nemu lagi tukang soto lamongan. Kyaknya harus bikin ini mah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dech kak dibuat ni resepresep. Untuk ngobatin rindunya. Hehe

      Hapus
  6. Jadi pingin bikin
    Dulu kalo ke Cirebon pasti mampir di soto lamongan
    Rasanya sedap banget, namun ga kepikir bikin.
    Ternyata mudah ya?

    BalasHapus
  7. Kakakku kalau membuat soto ndak pakai taburan koya, haha. Padahal enak kek yg di tulis kak Nengsi. Dan daku sendiri cuma bagian mencicipi plus nasi,.haddeh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ..Mungkin itu soto biasa kali kak. Bukan soto Lamongan

      Hapus
  8. hadeeeeh, jadi ngiler! Untung aja aku punya satu langganan tukang soto lamongan dekat danau. besok ke sana aaah

    BalasHapus
  9. ya ampun langsung bayangin soto lamongan akutuu
    Yang terkenal koyanya ya. Dan seger bener citarasanya. wah pas nih buat menu buka puasa nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy kak. . Boleh di dicoba buat menu buka puasanya.

      Hapus
  10. waaah look so nyummy mbak Nengsiiih, saya sebagai penyuka soto apa saja jadi pingin banget nyobain masakan mbak Nengsih hehehe

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah