Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya


Hallo teman-teman, khusunya para wanita tanah air, pada sehat kan?  Terutama kesehatan kulit. Masih terjaga kan ya?

Namun meski wanita selalu berfokus dengan kecantikannya, tetap saja selalu ada masalah di tubuh kita. Salah satunya kulit. Yap!  Kulit kering. Itu adalah salah satu masalah yang hampir dialami setiap wanita. Terkadang kita biasa mengatasinya dengan memakai body lotion. Terutama body lotion yang berfungsi sebagai pelembab dan mengatasi kulit kering.

Nah di artikel kali ini, saya akan berbagi informasi kepada teman-teman tentang penyebab kulit kering serta cara mengatasinya. Cekidot!!!

Faktor Penyebab Kulit Kering

Faktor penyebab kulit kering bisa disebabkan oleh 2 sebab. Yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari tubuh kita sendiri. Sementara faktor eksternal, berasal dari luar tubuh kita. Disini saya juga membaginya berdasarkan kedua faktor tersebut.

1. Faktor internal

a. Genetika

Beberapa yang mengalami kulit kering adalah bawaan sejak lahir. Karena faktor genetik. Namun meski sudah bawaan, kita tetap bisa mengatasinya. Yaitu dengan memilih perawatan yang cocok dan mengandung pelembab bagi kulit. Sehingga kulit kering bisa diatasi.

b. Kurang mengonsumsi air putih 

Mengonsumsi air putih yang cukup penting untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu juga agar kita tidak dehidrasi. Oleh karena itu penting sekali minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Berguna menjaga kesehatan tubuh dan kulit agar tetap lembap.


2. Faktor Eksternal

a. Salah penggunaan sabun

Sabun yang tidak cocok untuk jenis kulit kita akan menyebabkan kulit menjadi kering. Apalagi jika sabun mengandung bahan kimia yang keras. Bahan kimia keras pada sabun dapat mengurangi bahkan menghilangkan kadar kelembapan pada kulit. Jadi berhati-hati ya teman-teman saat memilih sabun mandi. Pilihlah sabun yang tidak mengandung bahan kimia terlalu keras dan sebaiknya terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman di kulit.

b. Sering eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu perawat wajah dengan melakukan pengelupasan sel kulit. Biasanya untuk mengangkat kotoran atau sisa make up. Serta juga mencegah wajah kusam. Eksfoliasi sebenarnya bagus untuk kulit. Berguna untuk mengangkat sel kulit lama ke sel kulit baru serta membersihkannya dari kotoran-kotoran yang tertinggal. Namun jika terlalu sering dilakukan, ini pun juga tidak baik dan dapat menyebabkan kulit kering dan bisa juga menyebabkan iritasi. Sebaiknya, jangan lakukan eksfoliasi lebih dari 2 kali dalam seminggu.

c. Mandi air hangat. 

Mandi air hangat bagus juga untuk penyegaran tubuh. Membuat nyaman terutama saat tubuh merasa dingin. Namun ternyata, terlalu sering mandi air hangat atau air panas dapat memapas minyak alami di kulit sekaligus merusak pelindung kulit. Inilah yang dapat membuat kulit menjadi semakin kering dan kehilangan kelembapan. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering yaa mandi dengan air hangat. Nggak baik.

Bagaimana Mengatasi Kulit Kering? 

Setelah kita tau apa saja penyebab kulit kering, maka kita juga perlu tau bagaimana cara mengatasinya jika sudah mengalami kulit kering. Apalagi jika kondisinya sudah begitu parah.


a. Konsultasi ke dokter spesialis kulit 

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan menyarankan beberapa hal yang harus kita lakukan agar kulit kembali lembab. Termasuk makanan atau minuman apa aja yang yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh di konsumsi.


b. Menggunakan produk-produk khusus kulit kering

Zaman sekarang sudah banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Teman-teman bisa mencari produk untuk mengatasi kulit kering ini di supermarket store-store terdekat.

c.  Melakukan perawatan mandiri di rumah

Nah, selanjutnya bisa dengan melakukan perawatan mandiri di rumah dengan bahan alami yang mudah di temui. Salah satu bahan alami untuk mengatasi kulit kering adalah lemon. Lemon mengandung bahan-bahan yang baik untuk melawan kulit kering.  Diantaranya yaitu: asam sitrat, kalium, kalsium, dan vitamin C. Selain lemon,  bisa juga mengatasinya dengan teh hijau, alpukat, almond, krim susu, dll.

d.  Mengonsumsi makanan bergizi dan perbanyak minum air putih

Ini hal yang paling utama untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Serta minum air putih yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi dan kulit tetap lembap.

Itulah beberapa penyebab kulit kering serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya ladies. 😊

No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah