Peduli Nutrisi Bunda Bersama Blackmores

 

"Kak, nitip beli pecel lele, ya! Nengsi nggak selera makan masakan di rumah"

Aku mengirim chat ke suami via WA waktu itu. Saat kehamilan anak pertama ini. Yaa! Ini adalah pengalaman pertamaku merasakan kehamilan. Meski aku tidak mengalami banyak drama akibat morning sickness, di trimester pertama berat badan ku turun drastis. Bayangkan saat gadis BB ku 60 hingga 63 KG. Lalu waktu hamil anak pertama ini BB ku cuma 54 kg an aja. Aku merasa tubuh ku benar-benar kurus. Belum lagi hampir tiap orang bilang, "Nengsi kurus ya, sekarang!"

Hal ini kadang nggak mengenakkan juga buat di dengar.  Seolah aku tidak bahagia setelah menikah. Wkwk..

Padahal tidak. Ini karena bawaan aku hamil di trimester pertama. Aku sangat pilih-pilih makanan. Bahkan aku tidak mau makan masakan yang ada di rumah. Sebelum hamil dulu, apa saja masuk di perut aku. Entah kenapa kemudian perut menjadi tidak bersahabat. Makanya aku sering nitip makanan ke Suami kalau dia pulang kerja.

Baca juga: Menikmati keindahan pantai Linau

Aneh juga, sih meski selera makan ku berubah, untuk makanan yang dijual di luar sana aku mau aja. Suami malah sampai kewalahan karena minta dibeliin terus. Belum lagi pesanan buah yang tiap hari harus ada di kulkas. Tidak aman tuh kantongnya dia. Wkwk

Aku melengkapi nutrisi di masa kehamilan dengan banyak memakan buah-buahan
Aku menyadari, saat hamil kewajiban ku ada dua. Menjaga nutrisi diri sendiri, juga menjaga nutrisi bayi yang ada di dalam perutku. Aku tidak ingin anak ku kekurangan sesuatu akibat kelalaian dalam menjaga nutrisinya selama di dalam perut. Itulah kenapa aku berusaha sebisa mungkin makan apa aja yang diterima oleh perut. Mulai dari makan  rebus-rebusan doank, makan buah, hingga susu hamil untuk melengkapi nutrisi. Terkadang udah kayak orang lagi program diet. Hihii

Namun memasuki trimester kedua, Alhamdulillah selera makanku mulai membaik. Aku mulai kembali mau makan secara normal tanpa banyak drama.

Baca juga: Resep pizza telur ubi madu

Tetapi, tidak semua Ibu seberuntung aku. Yang bisa pilih-pilih makanan. Banyak banget aku liat di luar sana ibu hamil yang kurang beruntung dalam perekonomian, akhirnya selama hamil badannya kurus kering, nutrisi seadanya karena nggak bisa membeli suplemen atau susu hamil lainnya buat melengkapi nutrisi. Ini tentu berpengaruh terhadap anak yang ia kandungi. Anaknya bisa kekurangan kalsium, asam folat, protein, lemak, dll yang juga berpengaruh terhadap perkembangan tubuh dan otak anak selama dalam kandungan.

"Padahal, anak yang sehat dan cerdas adalah masa depan bangsa, kann..

Ada beberapa bahaya dari kurangnya nutrisi selama kehamilan yang harus para Ayah dan Bunda ketahui. Kenapa Ayah juga? Ya meski bukan Ayah yang mengalami proses kehamilan, namun Ayah adalah Support System bagi ibu yang sedang hamil. Jadi wajib tahu juga.  

Diantara bahaya kekurangan nutrisi bagi ibu hamil tersebut, yaitu:

1. Mengalami prematur dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Kurang nutrisi bisa menyebabkan kelahiran prematur dan BBLR
Anak yang nutrisinya tidak baik atau mengalami kekurangan, rentan sekali mengalami kelahiran prematur. Ini tentu tidak baik bagi bayi karena perkembangannya di dalam kandungan belum maksimal. Dan bayi yang mengalami lahir prematur ini juga rentan mengalami BBLR. Seorang bayi dikatakan mengalami BBLR jika saat lahir berat badannya kurang dari 2,5 kg. Jadi perlu nutrisi yang cukup agar bayi berkembang dengan baik selama dalam kandungan dan siap dilahirkan apabila waktunya telah tiba.

2. Organ tubuh bayi kurang berkembang (Kecacatan)

Ini adalah salah satu hal yang aku takutkan kalau ibu hamil kekurangan nutrisi. Karena semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil itu sudah paket komplit untuk perkembangan calon buah hati. Baik itu asam folat, DHA, kalsium, mineral, vitamin, zat besi, dll.

Baca juga: Berharap sempurna dari yang tidak sempurna

Dan nutrisi yang paling penting untuk perkembangan organ tubuh adalah asam folat. Saat bayi mengalami kekurangan ini, bayi bisa saja mengalami kelahiran prematur. Kalau orang awam biasa bilang, "belum bulannya". Kelahiran yang memang belum waktunya atau belum bulannya ini, tentu tidak baik bagi bayi. Perkembangan organnya belum selesai tapi ia sudah harus dilahirkan. Sehingga terjadilah kecacatan pada anak. Nggak mau, kan? Anak kita terlahir dengan kecacatan? Ah! Pasti sedih banget ia harus melewati hari-harinya nanti jika tubuhnya tidak sempurna.

3. Mengalami keguguran

Ibu hamil di trimester kedua rentan mengalami keguguran jika kurang nutrisi
Keguguran adalah satu kata yang menyeramkan bagi setiap ibu. Anak yang sangat dinanti kehadirannya tapi mengalami keguguran. Itu lah alasan kenapa kita sebagai ibu harus melengkapi nutrisi selama hamil. Terutama di trimester awal yang sangat rentan. Biasanya di trimester ini, kebanyakan ibu mengalami morning sickness sehingga menggangu nutrisinya.

Maka wajib melengkapi nutrisi Bunda untuk menghindari keguguran. Bayi yang kekurangan nutrisi akan rentan sekali mengalami peristiwa satu ini karena pertumbuhannya terhambat.

4. Menderita Anemia

Anemia sering terjadi pada ibu hamil karena kekurangan darah
Penyakit Anemia atau kekurangan darah ini biasa terjadi pada ibu hamil. Saat ibu hamil, otomatis gizinya terbagi 2 untuk ibu dan bayi. Maka penting banget mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup. Salah satunya adalah zat besi untuk menghindari penyakit anemia. Bahkan aku dulu rutin minum pil penambah darah, loh! Dari Bidan. Dianjurkan sebanyak 90 butir selama kehamilan. Selain itu juga perlu mengkonsumsi banyak sayuran hijau dan makanan lainnya yang banyak mengandung zat besi.

5. Daya ingat anak rendah

Nutrisi yang ibu makan selama hamil juga memiliki peranan sangat penting untuk perkembangan otak anak. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, ini akan menyebabkan daya ingat anak menjadi rendah. Tentu akan berpengaruh sekali terhadap perkembangannya saat ia lahir dan besar nanti. Bisa saja ia mengalami kesusahan saat proses belajar di usia sekolah nanti. Baik itu menghafal, membaca, dan pelajaran lainnya. Jadi Bunda harus banyak mengkonsumi makanan bergizi dan bernutrisi, ya! Terutama makanan yang mengandung DHA untuk proses pertumbuhan mata dan otak anak. Biar bisa melahirkan anak-anak yang cerdas.

Tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui. Beberapa di antaranya seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin & mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif Si Kecil mulai dari hamil hingga menyusui.


Kandungan dalam Blackmores Pregnancy ini tentu sangat dibutuhkan Bunda terutama untuk menghindari berbagai dampak kekurangan nutrisi selama kehamilan seperti yang sudah aku jelaskan di atas tadi.

Blackmores diperkaya dengan D3 200 IU, kaya akan asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral lainnya, serta mengandung minyak ikan tidak berbau yang berguna sebagai multivitamin bagi ibu hamil dan menyusui.

Dalam  1 botol Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold terdapat 60 kaplet (kapsul lunak).


Dan untuk kandungan per kapsulnya, Bunda bisa cek langsung pada kemasan di bawah ini, ya.


Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Kita semua tahu, bawah 1000 hari pertama dalam kehidupan anak, sangat menentukan masa depan anak nantinya. Maka kita sebagai orang tua tidak boleh menyepelekan ini. Menyiapkan nutrisi yang baik di 1000 hari pertamanya sama dengan kita mempersiapkan masa depan yang cerah buat buah hati kita.

Ibu hamil dan ibu menyusui penting banget menjaga nutrisi dengan minum multivitamin 
Kita selain memperhatikan kesehatan ibu,  kita juga harus betul-betul memastikan anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam kandungan mau pun saat ia sedang dalam menyusui. Karena Tumbuh kembang si Kecil berawal dari Bunda yang Sehat. 

Kandungan nutrisi dalam blackmores penting buat ibu hamil dan menyusui
Nah, Blackmores salah satunya yang peduli akan nutrisi Bunda selama kehamilan.


Aku juga mengonsumsi Blackmores Pragnancy and Breastfeeding Gold ini, loh agar nutrisi aku dan anak tidak kekurangan. Blackmores selalu memberikan yang terbaik buat kita baik ibu hamil maupun menyusui. Blackmores Always Does More untuk menunjukkan kepeduliannya. Salah satu wujud kepeduliannya itu, Blackmores berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi melakukan sebuah program "Peduli Nutrisi Bunda".

Program ini ditujukan guna mendukung ibu hamil khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo.

Kenapa hanya di Kota Solo?

Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Solo, Selvi Ananda, memberikan paket multivitamin bagi ibu hamil dan menyusui di Kantor Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo
Tentu tidak hanya sebatas di Kota Solo saja untuk menggiatkan program keren ini. Karena pentingnya nutrisi bunda saat hamil dan menyusui harus digaungkan di semua jagat raya. Namun pada faktanya, kasus BBLR di kota Solo lebih tinggi dibanding kota lainnya di Jawa Tengah.

Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS)
Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 17,59% kasus bayi lahir BBLR di Kota Solo. Salah satu penyebab BBLR ini dikarenakan kurangnya asupan mikronutrien seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B12, dan zinc, termasuk minyak ikan.

Blackmores melengkapi kebutuhan nutrisi Bunda dan Si Kecil
Selain BBLR, kasus lainnya yang terjadi di kota Solo yaitu tingginya angka stunting. Ada 800 anak yang terkena stunting di kota Solo,  loh! Menyedihkan banget, kann..

Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda ini merupakan suatu upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo, sehingga kebutuhan nutrisi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi. Blackmores Peduli Bunda berjalan sejak bulan April lalu, dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Do'ain semuanya berjalan dengan lancar, ya Bunda.

Tentang KALBE Blackmores Nutrition (KBN)

60 kaplet dalam satu botol
Sebelum kita berbicara tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang merupakan salah satu produk dari KALBE Blackmores, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan KALBE Blackmores Nutrition (KBN).

KALBE Blackmores Nutrition merupakan perusahaan joint venture antara KALBE Nutritionals dan Blackmores Ltd. Australia yang bergerak dalam penyediaan suplemen
kesehatan. Blackmores menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia. KBN ini berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan yang berkualitas tinggi dan menyediakan suplemen kesehatan yang
aman dan efektif. Ditunjang oleh distribusi yang kuat, KBN melengkapi layanan konsumen yang terpadu seperti customer care dan home delivery, untuk membantu kesehatan sehari-hari keluarga.

So, yuk dukung program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda dan dukung si Kecil tumbuh optimal bersama Blackmores!

Sumber:
- Siaran Pers Blackmores
- https://www.alodokter.com
- https://www.popmama.com

2 comments

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaat black mores untuk ibu hamil, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Ga hanya bayi yang butuh nutrisi. Emaknya juga yaa

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of