Asuransi Kesehatan Cashless dan Sesuai Tagihan? ilovelife.co.id Astra Life Solusinya!


Aku ingat banget tahun 2021 lalu, dimana ujian kesehatan terus menerus menerpa keluarga kami. Mesti berkali-kali bolak-balik rumah sakit baik itu Rumah Sakit Umum Daerah maupun Rumah Sakit Umum yang ada di kota Provinsi.

Kesehatan yang tidak baik-baik saja menerpa suamiku. Saat itu ambeiennya sudah kambuh dan udah parah banget. Bahkan beliau udah nggak bisa lagi duduk lama dengan tenang mau pun berdiri lama. Bahkan hari-hari menjelang kami memutuskan operasi, bahkan beliau tidak bisa tidur karena kesakitan. Akhirnya tanpa perlu perawatan lagi di Rumah Sakit daerah, kami langsung berangkat ke Bengkulu. Ke RS. Bhayangkara Bengkulu karena keadaannya darurat. Langsung masuk ruang IGD. Perawat mengatakan HB beliau hanya 4 dan diminta nyari pendonor darah sebanyak 6 kantong untuk kemudian dilakukan tindak transfusi darah. Setelah darah stabil baru lah operasi bisa dilakukan.

Okay, proses operasi berjalan dengan lancar, setelah 1 mingguan di Rumah Sakit, kami sudah dibolehkan pulang namun minggu depannya diminta untuk kontrol. Setelah kontrol kami baru bertolak dari Bengkulu ke Kaur menuju kediaman. Hati mulai terasa lega.

Pentingnya Asuransi Kesehatan (Moment saat suami harus transfusi darah) 

2 kali masuk rumah sakit tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit tanpa memiliki asuransi kesehatan

Namun baru 2 hari kami berada di Kaur, masalah kembali terjadi. Jahitan operasi suami di anus nya lepas. Ini menyebabkan beliau mengalami pendarahan hebat. Lalu kami terpaksa harus ke rumah sakit lagi untuk diperiksa. Namun cukup ke Rumah Sakit daerah saja. Lagi, suami harus transfusi darah 2 kantong untuk menstabilkan darah dan mesti di rawat inap lagi agar memudahkan dokter untuk memantau. 3 hari menginap, suami sudah diizinkan pulang.

Masa-masa itu telah berlalu. Sedih banget rasanya harus bolak-balik dari rumah sakit untuk merawat suami di tambah lagi ada anak yang masih bayi butuh perhatian. Belum lagi mengingat masa-masa itu covid-19 sedang meraja-lela. Sesak nafas jika mengingatnya.

Baca juga: Berjuang untuk sembuh 

Namun satu hal yang sangat membuat aku bersyukur adalah karena kami tidak ada beban biaya rumah sakit karena sudah dicover oleh asuransi kesehatan yang rutin setiap bulan rajin suami bayar. Sehingga kami hanya perlu memikirkan biaya makan atau nginap keluarga yang merawat, biaya transportasi, hingga biaya obat yang memang ada beberapa jenis obat tidak ada di apotik Rumah Sakit dan harus dibeli di apotek luar. Ini cukup membantu banget mengurangi beban fikiran. Hehe..

Tak terbayang rasanya gimana kalau biaya selama di rumah sakit tidak di cover oleh asuransi, karena kita tidak sadar akan pentingnya asuransi kesehatan? Biaya transfusi darah, biaya inap, biaya operasi, biaya obat, belum lagi makan, transportasi, dll. Bisa stres hingga jual menjual apa yang dipunya deh jadinya demi bayar tagihan rumah sakit. Bisa bangkrut dah akhirnya! 

Kenyataannya, banyak kita temui diluar sana orang bangkrut setelah sakit, loh! 

Yaahh, itu adalah salah satu keuntungan dari pentingnya kita menyadari akan asuransi kesehatan sejak dini.

Namun ada yang bilang,

"Udah capek-capek bayar tiap bulan, tapi kita nggak sakit. Trus uang yang kita bayar buat orang, donk!"

Loh, emang kamu mau sakit, ya? Lebih memilih sakit ketimbang nolong orang. Kalau aku sih lebih baik aku nolongin biaya orang yang sakit daripada akunya yang sakit.

Lagian, ini kan asuransi. Buat jaga-jaga diri kita sendiri. Siapa yang bisa menjamin kita bakal sehat selamanya? Ok lah saat kita ada uang. Pas giliran kita sakit, kita tinggal gesek ATM dan bayar sesuai tagihan. Tapi kalau nggak ada uangnya gimana? Kemana nyari uang sebanyak itu? Maka asuransi adalah solusi.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu menyiapkan asuransi sejak dini yang harus kita sadari, diantaranya:

  • Merancang keuangan masa depan yang matang


Jika kita memiliki asuransi kesehatan, maka tentu kita sudah tau target premi yang harus kita bayar per bulannya. Dengan adanya premi ini, maka kita dituntut bijak dalam mengelola keuangan. Berapa alokasi untuk kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Kebutuhan pokok dapur, kebutuhan buat jalan, hingga kebutuhan tagihan bulanan yang salah satunya adalah asuransi. 

Baca juga: Tips mengatur keuangan bagi ibu muda

Dengan begini, secara tidak langsung kita telah merancang keuangan masa depan yang lebih baik. Toh, uang yang kita bayarkan tiap bulannya juga buat kepentingan kita sendiri di masa yang akan datang. Agar kesehatan kita ada jaminannya. 

  • Menghindari kebangkrutan 


Seperti pengalaman yang aku ceritain di awal tadi, bagaimana kalau misalnya suami aku tidak ikut program asuransi? Padahal mesti transfusi darah, operasi, rawat inap, rawat jalan, obat, biaya makan keluarga yang menjaga, transportasi, dll. Wah! Bisa-bisa kita bakal menjual semua yang dipunya adal kesehatan kita membaik. Dan bisa ditebak apa yang terjadi? Kita bakal mengalami kebangkrutan dan memulai lagi semua dari awal. Yang bikin tambah pusing adalah anak yang masih sekolah. Bisa kacau balau dah keuangan. 

Apalagi biaya kesehatan zaman now itu tidak murah, Say! Diiringi dengan teknologi yang makin canggih maka biaya kesehatan pun makin meningkat. 

Maka asuransi adalah cara cerdas menghindari kesehatan yang diakibatkan oleh gangguan kesehatan. Premi yang kita bayarkan tiap bulan berasa bermanfaat banget saat kita menikmati hasilnya nanti. 

  • Dapat fasilitas terbaik


Nah, besaran premi yang dibayar per bulan atau per tahun ini menentukan fasilitas yang bakal kita dapatkan saat sakit nanti seperti apa. Ini juga sekaligus memudahkan proses saat kita masuk rumah sakit. Kita nggak perlu lagi bingung ingin fasilitas yang seperti apa karena kita sudah tahu sejak awal fasilitas apa yang kita dapatkan. 

Apalagi pada umumnya rumah sakit rekanan asuransi adalah rumah sakit yang bagus, terpercaya, dan dengan fasilitas yang lengkap. Jadi nggak usah khawatir tentang pelayanan rumah sakit. Udah yang terbaik pokoknya. Membuat kita selama proses pengobatan pun menjadi lebih nyaman dan tenang. 

  • Mengurangi stress


Stres adalah penyakit yang biasa terjadi pada manusia. Ada banyak faktor penyebab stres. Seperti kurang harmonis rumah tangga, kurang perhatian dan kasih sayang orang tua, kena PHK, pengangguran, tekanan kerja, faktor ekonomi, hingga kesehatan yang tidak baik. 

Maka mensiasati penyebab stres adalah hal paling utama kita lakukan. Salah satunya adalah stres akibat sakit yang datang tak diundang. 

Baca juga: Penyebab gusi berdarah

Yang menyedihkan dan tambah bikin stres itu penyakit datang saat kita lagi kismin-kisminnya (dibaca miskin), keuangan pas-pasan, nggak ada asuransi, nggak ada dana darurat pula. Dahlah! Udah paket komplit itu. 

Maka memiliki asuransi kesehatan adalah jalan ninja buat menghindari stres. 

Kita memang nggak ada yang menginginkan sakit. Namun kita tidak bisa menjamin bahwa kita selamanya bakalan sehat. Sehat dan kuat di masa muda belum menjamin kita tetap bakalan sehat dan kuat di masa tua nanti. 

Biaya pengobatan yang makin mahal bisa membuat kita tertekan dan mengalami stres. Maka dengan adanya asuransi kesehatan, kita tidak pusing lagi memikirkan biaya pengobatan. Asuransi kesehatan bakal mengcover semua pengobatan yang kita butuhkan. 

  • Efisiensi waktu


Jika sakit lewat umum, kita perlu mendaftar dulu, meriset fasilitas apa saja yang diinginkan hingga proses pembayaran. Namun tidak! Jika kita sudah memiliki asuransi kesehatan. Saat kita sakit, kita hanya perlu menunjukkan kartu asuransi dan selanjutnya bakal segera diproses sesuai premi yang kita bayar. Dan setelah sehat nanti, pihak rumah sakit yang bakal melakukan penagihan ke asuransi dimana nama kita terdaftar. Tentu ini sangat menghemat waktu banget, bukan? 

Nah, berbicara soal asuransi, udah banyak banget sekarang layanan asuransi kesehatan yang bisa menjadi pilihan buat kita. Salah satunya adalah yang terbaru Flexi Hospital dan Surgical Protection dari Astra Life. 

Astra Life terpercaya
Flexi Hospital & Surgical Protection (Flexi Hospital & Surgical) adalah asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit di Indonesia dengan fasilitas cashless.

Apa saja keunggulan Flexi Hospital dan Surgical Protection dari Astra Life?

Berbagai keunggulan dari Flexi Hospital & Surgical Protection
1. Klaim secara Cashless dengan E-Card

Dengan adanya sistem cashless ini, kita tidak perlu membayar di rumah sakit secara langsung. Namun pihak rumah sakit akan langsung melakukan penagihan ke rumah sakit sesuai dengan fasilitas atau pun perawatan rumah sakit yang telah kita dapatkan. Flexi Hospital & Surgical Protection memberikan berbagai manfaat penggantian biaya perawatan di rumah sakit sesuai tagihan. Seperti penggantian biaya Rawat Jalan Kanker (radioterapi dan kemoterapi) dan Cuci Darah, Penggantian biaya Fisioterapi termasuk Terapi Okupasi dan Terapi Wicara, serta penggantian biaya Rawat Jalan Darurat.


Masa pertanggungan yang bisa didapatkan mulai dari satu tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis hingga tertanggung mencapai usia 70 tahun.

Fasilitas cashless ini menggunakan e-card atau kartu digital yang akan dikirimkan ke email maksimal H+2 hari kerja dari tanggal pembelian polis.

Bagaimana cara menggunakan e-card?

E-card untuk bayar tagihan Rumah Sakit secara cashless
Gampang banget! Caranya tunjukkan e-card ke petugas pendaftaran rawat inap di rumah sakit. Lalu setelah menjalani rawat inap dan dinyatakan sudah boleh keluar dari rumah sakit, maka tagihan rumah sakit akan langsung otomatis dibayarkan oleh asuransi, dan otomatis pula kita sudah mendapati fasilitas cashless.

Fitur cashless ini sangat membantu dalam menghemat waktu.  Karena memudahkan banget untuk mendapatkan layanan kesehatan yang cepat, dapat mengurangi lamanya proses pendaftaran, dan tentunya mempercepat proses pembayaran administrasi di rumah sakit. Dalam kondisi darurat, fasilitas cashless ini akan memudahkan dan menyederhanakan proses yang harus kita lalui di rumah sakit.

2. Pembayaran sesuai tagihan

Flexi Hospital dan Surgical Protection melakukan pembayaran sesuai tagihan untuk biaya pembedahan, kunjungan dokter, aneka perawatan rumah sakit, serta perawatan asuransi kesehatan rawat inap (sebelum dan sesudah rawat inap).

3. Free Medical Check-Up (MCU)

Dengan memanfaatkan fasilitas Flexi Hospital & Surgical Protection, kita bisa mendapatkan free medical check-up setiap 2 tahun sekali. Hal ini berlaku semenjak tanggal polis kita aktif.

4. Tanpa cek medis

Keunggulan lainnya dari Flexi Hospital dan Surgical Protection adalah tidak lagi memerlukan cek medis. Hal ini tentu memudahkan kita buat menghemat waktu dan mempersingkat urusan sehingga bisa langsung menuju fasilitas atau perawatan yang diinginkan.

5. Manfaat kamar dan akomodasi

Dengan mendaftarkan diri untuk ikut asuransi Flexi Hospital dan Surgical Protection ini, kita bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti kamar dan akomodasi rawat inap hingga 2 juta per hari. Juga mendapatkan keunggulan lainnya seperti kamar perawatan intensif, biaya pembedahan, kunjungan dokter (umum & spesialis), aneka perawatan Rumah Sakit, santunan tunai harian (BPJS Kesehatan), biaya ambulans (Darat), perawatan sebelum rawat inap, perawatan sesudah rawat inap, fisioterapi, rawat jalan darurat, rawat jalan gigi darurat,  perawatan kanker rawat jalan (radioterapi dan kemoterapi), dan perawatan cuci darah/dialisis.

6. Premi terjangkau

Premi terjangkau mulai Rp 100.000 per bulan 
Astra Life merupakan sebuah perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang memiliki Flexi Hospital & Surgical Protection sebagai asuransi kesehatan murah bagi kita dan keluarga.

Premi dimulai dari pembayaran Rp 100.000 aja per bulan. Atau Rp 1.171.000 per tahunnya. Dengan biaya ini kita sudah mendapatkan perlindungan terbaik saat harus menjalani perawatan atau fisioterapi di rumah sakit. Dengan premi bulanan semurah ini, tidak terasa #TagihanRSJadiRingan tanpa beban. Layanan yang didapatkan juga sudah termasuk pembiayaan sesuai tagihan untuk biaya pembedahan, perawatan kanker dan cuci darah. Juga untuk perawatan penyakit tertentu yang membutuhkan proses berkali-kali.

Kita bisa menghitung premi sesuai budget kita loh! Buat kamu yang mau hitung kalkulator preminya juga silahkan kunjungi tautan ilovelife.co.id dan silahkan masukan jenis kelamin, usia, harga rawat inap, serta limit tahunan yang kamu mau. Nanti bakal di hitung berapa biaya per bulan yang harus kita keluarkan.

Hitung dengan kalkulator premi di tautan ilovelife.co.id

Gimana? Masih mau menunda diri dan keluarga untuk melakukan asuransi kesehatan sejak dini? Padahal asuransi kesehatan itu penting loh! Sebagai salah satu wujud #LoveLife agar hidup lebih tertata dan terencana kedepannya. Jiga jaminan kesehatan yang lebih tenang.

Oya, buat info lebih lengkapnya bisa klik dan follow media sosial instagram @ilovelife.co.id serta istagram @astralifeid yaaa..

Yuk! Asuransikan kesehatanmu dengan Flexi Hospital & Surgical Protection di lovelife.co.id #AstraLife sekarang juga!

11 comments

  1. keren ya Astra Life, dengan meluncurkan ilovelife.co.id kita bisa mencari produk yang dibutuhkan dan mengubur dengan kemampuan
    karena kita sangat membutuhkan asuransi sebagai proteksi keuangan

    ReplyDelete
  2. Preminya murh banget ya, cuma 100K, gak jauh berbeda dengan kayak BPJS. Kalo aku sendiri percaya dengan apapun yg ASTRA punya, karena perusahan ini profitable dan profesional.

    ReplyDelete
  3. Gak perlu bawa uang cash, gak perlu nguras tabungan, semua udah dicober sama ilovelofe.co.id Astra Life. Menarik banget Astra meluncurkan produk baru yang benar-benar memahami kebutuhan masyarakat luas sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. Pentingnya asuransi kesehatan ini biasanya akan terasa pas masuk rumah sakit atau mengalami sakit parah ya mbk.

    tapi begitupun sehat adalah sebuah anugerah Allah.

    Semoga kita selalu diberi kesehatan. Aamiin....

    ReplyDelete
  5. Terasa banget memang punya asuransi kesehatan. Apalagi disaat kita sangat butuh seperti terpaksa harus dirawat dan mengikuti rangkaian pengobatan setelah diopname. Gak terbayangkan saat harus mendadak operasi sementara kita tidak memiliki cukup uang untuk mengcover semua biaya. Untuk ada asuransi ya.

    ReplyDelete
  6. aku jadi ingat sekitar setahun yang lalu sempat mengalami kecelakaan mobil dan harus operasi patah tulang. sedihnya saat itu aku harus pakai biaya sendiri karena belum mempersiapkan asuransi. ternyata sepenting itu ya asuransi dan persiapan dana kesehatan. harus dipikirkan mulai sekarang

    ReplyDelete
  7. Asuransi Kesehatan Cashless akan membantu pemanfaat merasakan proteksi kesehatan

    ReplyDelete
  8. Asuransi memang Penting banget ya kak. Karena kesehatan memang sangat Penting terlebih di saat seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  9. Aku nyobain juga kalkulator preminya mbak. Ternyata uang yang perlu dikeluarkan untuk premi perbulan cukup ringan dan bahkan semacam uang kecil yang biasanya dihabiskan untuk hal remeh. Analoginya bikin aku kesindir. Hehe

    ReplyDelete
  10. iya, bisa bebas dari stres karena kita udah merasa aman punya asuransi kesehatan
    kalau sewaktu-waktu sakit/berobat, asuransinya bisa dipakai
    tapi semoga kita sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  11. Benar nian tu kak, asuransi sangat membantu kita. Apa lagi hidup kita pas-pasan👍🤗

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of