Lebaran Telah Usai


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar ni teman-teman? Alhamdulillah ya kita masih bisa bersua lagi usai lebaran ini. dan alhamdulillah banget masih bisa nulis. Hehhee

10 hari mudik rasanya udah kangen aja sama blog. Maklum eeiii.. di kampung nggak bawa laptop dan susah signal. Hehe

Btw aku mau cerita apa ni ya? Hmm.. mengenai lebaran ya tentunya. Ok lah. Meskipun lebaran telah usai namun cerita tentang lebaran jangan dulu usai yak.. hohoo

Yappss.. 10 hari mudik bisa di bilang waktu yang sebentar namun juga lama sich bagi yang  nggak da kerjaan. Hihii.. dan aku ada dipertengahan itu. Aduhh.. gimana yak? Aku juga bingung. Wkwk

Malam Takbiran

Euforia lebaran tentu sudah terasa di malam takbiran yaa.. di daerah kami di Kecamatan Sungai Rumbai yang bertetangga dengan kecamatan Ipuh, biasa kalau malam takbiran mengadakan konvoi takbiran keliling. Dan seperti biasa aku mantengin dari teras rumah. melihat aksesoris di mobil yang beragam. Bentuk kubah masjid yang diukir dengan begitu indahnya. Dihiasi lampu warna warni. Dan diiring dengan gema suara takbir yang mengalun menggetarkan hati. Masyallah..

Shalat Ied

Nah, di waktu sholat ied ini, aku nggak bisa ikutan sholat. Yahh.. apalagi kalau bukan tamu bulanan yang mengurung niat untuk bisa sholat bersama. Sedih sich… tapi yam au gimana lagi. Udah kodratnya sebagai wanita. Tak tanggung-tanggung, ramadhan kali ini aku bolong 10 hari. Ya Allahh… pertama kali ni bakal ganti puasa sebanyak ini. wkwk.. coz, tamunya datang ketika awal dan akhir ramadhan. Jadi yaaa gitu dech. Sedihnya yaa terasa beda aja. Cz ini juga perdana kali nggak ikutan sholat ied. Pengalaman tahun yang sudah-sudah, kalau udah hari raya pasti bangunya lebih awal. Mandi lebih dulu, bersiap, sarapan dan berangkat dengan semangnya. Tentu tak ketinggalan amalan-amalan sunnah hari raya mulai berangkat hingga pulang. Lah, tahun ini?? hanya bisa melihat keberangkatan mereka doank. Huhuu

Usai Sholat Ied

Dan usai sholat ied, seperti biasa warga desa kami pasti melakukan ziarah kubur. Tak ketinggalan juga keluarga kami. Menziarahi kubur kakek dan nenek. Namun berhubung cuaca tidak mendukung karena hujan, ziarah ditunda hingga esok hari

Silaturahmi Keluarga

Okay berhubung ziarah nggak jadi, kita langsung kumpul di rumah bibi untuk bermaaf-maafan. Tentu sebelum bermaaf-maafan dengan yang lain aku utamain dulu sama orang tua. Ayah dan ibu. Kan sunnahnya seperti itu. Setelah itu baru yang lain. Dan di sesu maafan inilah titik haru muncul. Banyak yang haru bahkan nangis meminta maaf. Seediiihhhh..

Dan setelah itu lanjut lagi ngeliling ke rumah paman. Harusnya sich kita bawa kue yang dimasukkan ke dalam rantang. Karena itu juga merupakan bagian dari tradisi yang perlu untuk dilestarikan. Nahh,,,, bagi yang punya banyak saudara, akan makin sering juga kue masuk ke rantang dan di antar. Biasanya kue kita nanti akan diisi balik dengan kue yang berbeda dari tuan rumah. dan berhubung kami nggak masuk kue banyak ketimbang tahun lalu, jadinya nggak gandeng rantang dechh.. cukup bawa badan aja dengan niat ikhlas buat minta maaf dan silaturahmi. Hehhee

Lebaran Ke-2

Di lebaran kedua ini, biasanya di daerah kami, yaitu daerah Ipuh (Mukomuko) dan sekitarnya, biasa ngadai sebuah acara kayak pesta di pantai. Tak tanggung-tanggung ada organ dan artis ibu kotanya juga loo.. dan tentu ada tiketnya. Rame jangan di Tanya. Pokoknya pantai melimpah ruah dech..

Sementara aku, karena ada tugas kampus yang harus diselesaikan, di lebaran kedua nggak bisa ikutan ke pantai. Karena harus ke kota MukoMuko yang jaraknya kisaran 2 jam perjalanan. Dan itu pulang hari. Capek euyyy… but, demi tanggung jawab nggak apa laahhhh.. hehee

Lebaran Ke-3

Di lebaran ketiga ini, aku pergi ke Ipuh buat silaturahmi ke rumah sahabat dan ke rumah guru-guru waktu MAN dulu. Namun berhubung guru-gurunya pada mudik semua, jadinya Cuma bisa ke rumah sahabat. Da dari rumahnya cuuusss ke pantai juga. Pantai Air Buluh. Hehee

Okay.. kayaknya itu aja dach ceritaku di lebaran yang telah usai ini. hehee.. tetap semangat nulis yaaa.. bye.. byee

Wassalamualaikum wr.wb

Note:

Maaf yaaa.. nggak banyak moment lebaran yang sempat aku ambil gambarnya. Bahkan bisa di bilang nggakda. Kehilangan moment dechhh.. Huhuu..

10 komentar

  1. Pake pesta-pesta gitu di pantai? beh...besar juga nih modal orang Ipuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbx.. Hee.. Tapi kta masuk nya bayar tiket.

      Hapus
  2. Samaan neng 10 hari bolongnya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Toss kita mbc. Wkwk.. Blong d awal dan akhir. Hahah

      Hapus
  3. Meriah lebaran di sana yah.. Tradisi nya juga banyak.. Pasti sangat berkesan..

    BalasHapus
  4. Asekk,lebaran memang jadi ajang kumpul keluarga, aku juga ga sempat mengabadikan banyak foto, udah sibuk sendiri dek pas ketemu keluarga

    BalasHapus
  5. Ajegile bolong 10 hari wkwk. Yang semangat ya dek gantinya nanti xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lah mbx.. Bolong di awl dan akhir. Haha.. Mangats selalu mbx.. 😘

      Hapus