Ekonomi Digital dalam Belanja Online

Assalamualaikum teman-teman,  pernah kah mendengar kata Ekonomi Digital? 
Ekonomi Digital merupakan hal yang lumrah di abad milenial ini.  Semua kita mesti kenal apa itu ekonomi digital. 

Namun bagi teman-teman yang belum tau apa itu ekonomi digital,  aku kasih tau ni yaa..  

"Ekonomi digital adalah suatu aktivitas atau kegiatan ekonomi yang lebih menitikberatkan pada sarana digital dan mempunyai dampak pada perekonomian yang harapanya bisa meningkatkan keuntungan bagi yang melakukanya"

Nah jadi dia lebih kepada kegiatan ekonomi pada sarana digital untuk meningkatkan keuntungan. 

Lalu apa ekonomi digital yang secara tidak sadar sudah kita lakoni di abad-abad ini? Yess!!!  Belanja Online atau Online shop.  Yaitu transaksi jual beli barang secara online hanya dengan smartphone. 

Kenapa sich orang-orang pada suka belanja online?  Ada beberapa alasan ni teman-teman.  Diantaranya yaitu:

1. Praktis dan hemat waktu

Kebayangkan jika kita pergi ke pasar tradisional atau supermarket?  Kita butuh waktu khusus untuk belanja.  Belum lagi keliling-keliling pasar untuk nyari yang pas. Duhhh.. Lama banget.. 

Nah, bedanya kalau kita belanja secara online,  bisa belanja sambil tiduran aja.  Yuhuu.. Otak-atik hp, liat barang dari 1 toko ke toko lain, cari yang pas,  pesan,  bayar dan tungguin dech.. Simple kaannn?? 

2. Banyak pilihan


Jika kita belanja online,  ada beragam barang pilihan yang bisa kita cari.  Dari 1 toko ke toko lain.  Bebas mereview dech.  Dan bisa banding-banding harga tanpa harus takut diomeli sama penjual. Hehee.. Yang suka pilih-pilih barang,  online shop solusi yang tepat nich. 

3. Membandingkan harga


Nah dengan berselancar dari 1 toko online ke toko yang lain, kita bisa membanding-bandingkan harga. Bisa liat mana yang murah dan mahal dengan barang yang sama. So,  kita bisa lebih berhemat dengan menjadi pembeli yang cerdas. 

Itu di antara 3 keuntungan belanja online.  Namun meski begitu tetap aja ada kekurangannya juga. Misalnya kita akan kecewa kalau barang yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang sampai.  Sakit tuchhhh...  Tapi ya itu udah resikonya kalau belanja online.

Nahh.. Belanja online ini merupakan salah satu kepesatan ekonomi digital di abad milenial seperti saat ini.  

Lalu bagaimana Ekonomi Digital di masa yang akan datang? 

Kalau menurut saya pribadi, ekonomi digital di Indonesia akan semakin pesat?  

Loh koq bisa? 

Iyaa.. Kita liat aja sekarang.  Sudah pada melek teknologi semua.  Udah banyak yang belanja online.  Dan tentunya persaingan akan semakin ketat.  Penjual akan lebih kreatif dan inovatif dalam menawarkan barangnya.  Dan pembeli juga akan semakin cerdas. 

Bukan hanya toko-toko besar.  Tapi masyarakat biasapun sudah mulai berjualan secara online dengan menjadi reseller.  Cukup dengan memanfaatkan hp lalu berjualan dengan bantuan media sosial.  Lebih praktis.  Lalu pembeli akan datang secara bergantian baik itu untuk sekadar nanya-nanya atau mau membeli barangnya langsung. 

Aku yakin nanti akan banyak lahir pengusaha-pengusaha lain dengan kecanggihan teknologi digital ini. 

Kalau menurut teman-teman sendiri,  bagaimana perkembangan ekonomi digital di masa yang akan datang?  Sharing yukkk.. 

6 komentar

  1. belanja online memang lebih praktis, beda banget sama jaman dulu klo pengen sesuatu harus keluar rumah hehe

    BalasHapus
  2. Pasti makin pesat lah perkembangannya.. kecuali ada destruksi masif jaringan telekomunikasi dan sumber daya haha

    BalasHapus
  3. Setuju, perkembangannya bakalan sangat pesat dan para pengusaha yang peka terhadap perkembangan zaman akan semakin maju

    BalasHapus
  4. yup.kalo aku suka banget belanja online beli baju, sepatu, karena di kotaku pilihan barangnya terbatas.. kalo online kan banyak.

    BalasHapus
  5. Pasti semakin berkembang ekonomi digital di masa datang. Apa aja sekarang bisa dijual via online. Termasuk curhat berbayar. Hahaha

    BalasHapus
  6. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah