Bolu Koja Kukus Kreasi Resep Tiga Sapi

Challenge Cerita Tiga Sapi
Challenge Cerita Tiga Sapi
Hallo bunda! Udah buat resep masakan apa hari ini? Udah buat menu kesukaan keluarga kah?

Aku sering banget buat cemilan keluarga mulai dari yang simple hingga yang cukup rumit pembuatannya.

Tapi hampir 3 minggu ini kami sekeluarga secara bergantian sakit. Berawal dari batuk pilek biasa, hingga demam dan kurang darah. Jadi selama itu aku belum sempat membuat cemilan apapun karena sibuk merawat keluarga dan diri sendiri yang sakit.

Nah, baru-baru ini aku baru aja udah buat menu kesukaan keluarga terutama Bapak Mertua aku untuk mengobati rasa rindu di dapur. Tapi kali ini aku menggunakan bahan yang agak berbeda daripada yang lain karena lagi ikut Challenge Cerita Tiga Sapi. Dan menu ku kali ini aku memutuskan membuat Kreasi resep Tiga Sapi Bolu Koja.

Hayooo!!! Siapa disini yang pada suka bolu koja? Atau suka makan bolu koja tapi nggak tau gimana cara bikinnya? Nah.. Yok baca tulisan ini sampai habis. Aku bakal share resep masak bolu koja kukus yang lembut dan legit ala aku.

Bahan:

Kreasi Resep Tiga Sapi
Kreasi Resep Tiga Sapi

1. Tepung terigu 250 gram
2. Gula 1/2 gelas (tingkat manis bisa menyesuaikan)
3. Telur 2  butir
4. Margarin 100 gr
5. Air suji/pandan 1 gelas
6. Pasta pandan jika diperlukan untuk menambah warna (aku skip)
7. Garam 1/4 sdm
8. Santan kental 1 gelas atau bisa diganti dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi
9. Tiga Sapi Kental Manis 1/2 gelas

Cara membuat:

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, sekarang kita masuk ke step cara membuat. Cara membuatnya juga simple banget. Apalagi Kreasi resep Tiga Sapi kita kali ini menggunakan  Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis yang tentunya membuat resep Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis.

So, langsung aja simak baik-baik, ya! jangan sampe salah๐Ÿค—

Tiga Sapi Kental Manis
Kocok telur dan gula hingga hancur dan tercampur rata
1. Kocok telur dan gula hingga gula hancur, lalu sisihkan.
2. Saring tepung hingga tidak ada butiran yang menggerindil lagi
3. Campurkan tepung dan gula lalu aduk rata
4. Masukan margarin dalam adonan
Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Campurkan air pandan, Tiga Sapi Kental manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi dalam adonan
5. Tambahkan air pandan
6. Tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi
7. Tambahkan Tiga Sapi Kental Manis
8. Masukkan garam
9. Tambahkan pasta pandan jika warnanya kurang hijau
10. Saring adonan yang sudah tercampur rata pakai saringan hingga tidak ada adonan yang menggumpal
11. Olesi loyang dengan mentega+tepung
12. Masukkan adonan dalam loyang
Kreasi Resep Tiga Sapi
bolu koja kukus
13. Masukan loyang dalam kukusan dengan api sedang
14. Tunggu hingga mengeras
15. Tes pake lidi. Jika tak lengket berarti masak. Angkat saat keras
16. Potong-potong sesuai selera
17. Sajikan

Gimana? Simple banget kan cara buatnya?

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Bolu Koja Kukus
Hal yang aku suka dalam step pembuatan bolu koja kukus kali ini dikarenakan aku ikut Kreasi resep Tiga Sapi sehingga Challenge Cerita Tiga Sapi kali ini lebih mudah dan seru. Why? Karena aku tidak perlu lagi menggunakan santan yang lumayan rieweh dan lama karena harus kupas kelapa dulu dan marutnya.  Aku cukup menggantikan santan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi: Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Tiga Sapi Susu Evaporasi
Pertama aku membeli produknya, aku udah jatuh cinta banget dengan packaging-nya. Dikemas dalam dus kotak yang membuat lebih mudah dan nyaman dipegang. Juga dengan kemasannya yang seperti ini membuat Tiga Sapi Susu Evaporasi lebih mudah dituang hingga tetes terakhir.

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Juga merupakan susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu.

Proses pembuatannya aman dan higienis, loh! Serta memiliki rasa creamy yang pas, gurih, lezat dan tentunya menyehatkan bagi tubuh. Kamu bisa cek komposisinya pada kemasan produk.

Tiga Sapi Susu Evaporasi nikmat digunakan untuk berbagai menu makanan dan minuman. Mulai dari soto, kue, roti, puding, aneka gulai, hingga kopi dan thaitea

Seperti dalam menu ku kali ini, biasanya dalam proses pembuatan bolu koja, aku selalu menggunakan santan yang terlebih dahulu didihkan. Tapi dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi, semua itu nggak perlu. Cukup tambahkan saja ke dalam adonan secukupnya dan rasanya tidak akan beda jauh dari santan. Karena rasanya yang gurih, nikmat, dan creamy seperti santan. Jadi praktis dan ekonomis banget, kan? Jadi lebih hemat waktu juga selama di dapur.

Komposisinya apa saja?

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Kandungan dalam Tiga Sapi Susu Evaporasi
Komposisi utama dalam sekotak Tiga Sapi Susu Evaporasi berupa air, minyak nabati, susu skim bubuk, maltodekstrin, gula, penstabil nabati, pengemulsi nabati, susu full cream bubuk, perisa sintetik, dan antioksidan tokoferol.

Baca juga: Bisnis Salad Buah 

Selain bisa digunakan sebagai santan atau susu full cream dalam berbagai menu hidangan, diminum secara langsung juga enak banget, loh! Rasanya manis dan gurih. Tapi jangan lupa untuk disimpan dalam lemari es dengan suhu maksimal 4°C agar rasa lebih segar. Maksimal penyimpanan selama 3 hari setelah kemasan dibuka, ya Bund..

Tiga Sapi Kental Manis: Lebih Praktis dan Ekonomis

Tiga Sapi Kental Manis
Tiga Sapi Kental Manis
Aku yang sering bikin kue dan salah satu bahan bakunya kental manis, merasa bersyukur banget sejak ketemu dengan Tiga Sapi Kental Manis satu ini. Karena isinya banyak dan harga terbilang lebih murah dibanding kental manis yang lain.

Kreasi Resep Tiga Sapi
Kreasi Resep Tiga Sapi
Krimer Kental Manis ini nikmat sebagai campuran makanan atau minuman seperti sajian kopi, teh, es teler, es campur, dll.
Rasanya yang gurih cocok menambah kenikmatan kue, puding, martabak, roti, dan makanan lainnya.

Kandungan dalam Tiga Sapi Kental Manis yang kaya Kalsium membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Selain Kalsium, juga mengandung Vitamin D3, Vitamin A, dan Vitamin B1.

Baca juga: Waspada Kejahatan Siber

Tiga Sapi Kental Manis ini baik digunakan maksimal 7 hari setelah kemasan dibuka, ya Bund dan jangan lupa juga buat dimasukan ke dalam lemari es.

Harganya berapa?

Sangat terjangkau. Untuk Tiga Sapi Susu Evaporasi dengan berat 500 ml, hanya 16 ribuan aja. Sementara Tiga Sapi Kental Manis cukup 13 ribuan aja untuk ukuran produk 490 gram. Kemaren aku mesannya secara online. Namun kamu juga bisa mendapatkan kedua produk ini di swalayan atau supermarket terdekat.

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Challenge Cerita Tiga Sapi: Kesempatan bawa pulang hadiah jutaan rupiah!

Challenge Cerita Tiga Sapi
Challenge Cerita Tiga Sapi
Nah, Tiga Sapi lagi ngadain Challenge Cerita Tiga Sapi nih terutama buat pelaku UMKM bidang kuliner. Kompetisi foto Cerita Tiga Sapi ini bisa dilihat di Instagram yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 30 September 2022. 

Cara mengikutinya gimana? 

Gampang banget, kok! Cukup upload testimoni dagangan yang dibuat dengan bahan dasar Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. Dan jangan lupa juga follow serta tag akun @lezatnyatigasapi. Oya, tag 3 orang temanmu juga ya biar pada ikutan serta berikan tagar #ceritatigasapi di dalam postingan.

Hadiahnya yang jutaan bisa kamu bawa pulang, loh. Tersedia saldo e-wallet sebesar Rp 5.000.000 untuk 5 orang pemenang serta paket spesial dari Tiga Sapi. Dan 4 pemenang favorit setiap minggunya akan mendapatkan saldo e-wallet senilai Rp 250.000. Menggiurkan banget, kan?

Oya, jangan lupa follow Facebook Fanpage Tiga Sapi juga ya teman-teman buat info lainnya.

Yok ikutan Kreasi resep Tiga Sapi dan bawa pulang hadiahnya!

Ini cerita Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis ala aku. Yuk ceritain juga Kreasi Resep Tiga Sapi ala kamu!

40 komentar

  1. Sekilas tampilannya seperti kue dari tepung hung kuwe ya, Mbak. Dan saya biasanya masukin kulkas juga, jadi kayak es kue hehehe.
    Dan ini pastinya lebih enak, karena semua bahan alami, apalagi tambah susu. Buatnya juga mudah. Nanti saya minta orang rumah buatnya.

    BalasHapus
  2. Saya baru dengar Bolu Koja Kukus, kayanya bikinnya mudah, ya. Coba ah pake Tiga sapi, Kayanya enak juga

    BalasHapus
  3. Dulu banget pernah makan bolu koja di rumah teman, sampe ngambil 3 iris aku tu saking sukanya hahaha. Tapi setelah itu belum nemu lagi yang sama rasanya
    Kapan-kapan mau coba ah bikin sendiri pakai resep ini. Pakai tiga sapi pasti lebih enak ya

    BalasHapus
  4. Bolu kukusnya terlihat yummy sekali tuh mba, rasanya pasti gurih dan teksturnya juga lembut dan kenyal. Pakai produk dari Tiga Sapi memang bikin masakan lebih enak

    BalasHapus
  5. Wah yummy bgt bolu kukus pandannya ini. Saya pengen bgt coba buat dikonsumsi anak dan suami. Cocok untuk cemilan siang dan sore. Apalagi resepnya praktis.

    BalasHapus
  6. Bolu koja, pernah nyobain di rumah mama mertua. Tp klo bikin sendiri belum pernah padahal bahan dan cara bikinnya simpel ya

    BalasHapus
  7. Resep bolu koja ternyata mudah juga untuk dipraktekkan di rumah ini.
    Kalau menggunakan produk Tiga Sapi tentu rasanya jadi lebih gurih dan sehat.

    BalasHapus
  8. Rasanya pasti creamy banget.. enak bolu kukus pake Tiga Sapi... jadi pengen buat juga

    BalasHapus
  9. Reseop simpel tapi jelas enak, apalagi memakai susu evaporasi pasti makin gurih. Bolu koja teman untuk nongkrong sore hari.

    BalasHapus
  10. bolu koja ini mirip kaya lapis ya teksturnya? Jadi penasaran nih pengen cobain mba

    BalasHapus
  11. waduh menggoda sekali ini, hihi.. aku udh nyobain juga pakai susu tiga sapi, memang lebih manis gurih ya rasanya, udah banyak juga sekarang di minimarket

    BalasHapus
  12. Masak apapun dengan susu evaporasi cap tiga sapi ini bikin masakan jadi lebih enak ya mbak

    BalasHapus
  13. Ada banyak kreasi ya dari Tiga Sapi Susu Evaporasi termasuk menyulapnya menjadi bola koja kukus bersama dengan bahan yang lain. Jadi tertarik mau cobain tips di atas deh.

    BalasHapus
  14. Bolunya pasti enak ya mbak secara pakai tiga sapi Susu Evaporasi. Aku juga pakai susu ini buat bikin dessert makanan lebih gurih

    BalasHapus
  15. Baru denger nama bolu koja, jadi penasaran rasanya kayak gimana. Pasti enak nih soalnya pakai susu evaporasi dari Tiga Sapi

    BalasHapus
  16. Asik banget,
    aku lagi seneng banget sama baking dan dapet menu membuat bolu kukus dengan bahan yang kebetulan aku juga sedang stock seperti Susu Evaporasi Tiga Sapi dan Kental Manis.

    BalasHapus
  17. Waaaaah kereeen berhasil lhoo bolunyaa.. aku gapernah berhasil bikin bolu selalu jadi bantet wkwkwk emang ngga bakat >.< mau cobain juga ah tapiii siapa tahu kali ini berhasil sama Tiga Sapi

    BalasHapus
  18. Boluuu ijooo cakep bangettt...warnanya cerahh mupeng di makan bareng teh hangat mantul bingitt

    BalasHapus
  19. Ya ampuuun mbak rajin banget masak-masak, aku sampe kepoin blognya, banyak isi resep2 yg bisa diikutin. Makasih resepnya nanti dicoba di rumah euy..

    BalasHapus
  20. duh bolu koja, udah lama gak bikin
    Kemarin saya beli susu evaporasi 3 sapi untuk membuat Mac n Cheese
    dan hasilnya Maknyussss

    BalasHapus
  21. Kreasi bersama produk terbaik TIga Sapi membuat makanan tetap gurih dan nikmat namun juga menyehatkan.
    Aku mau juga mencoba masak bolu koja kukus . Soalnya suka makanan manis, hehe.. dan masaknya dengan dikukus, cucok banget dah..

    BalasHapus
  22. Makanan lezat ini, bokeh di coba

    BalasHapus
  23. Melihat cara pembuatannya gak sulit ya kak, dan juga bahan-bahan irit terlebih lagi ada tiga sapi yang hemat pemakaian dan membuat nikmat rasanya

    BalasHapus
  24. Di sini belum ada yang susu evaporasi, Kalau kental manisnya sudah ada dan kadang beli. Anak suka, saya kadang pengen aja bikin teh tarik atau kopi susu.

    BalasHapus
  25. Wuih favorit kami sekeluarga nih. Apalagi ini dibuat dengan resep dan bahan terbaik pasti hasilnya lebih enak dan menyehatkan. Saya izin save resepnya ya

    BalasHapus
  26. Wah bolunya kayaknya empuk banget tuh, pastinya juga ada gurihnya dari Tiga Sapi. Kebayang juga gimana aroma pandan yang oastinya akan menggugah selera

    BalasHapus
  27. wah aku baru tahu nama bolu Koja ini, sepintas ku kira kayak Kue Kojo khas Palembang. Bahan bikinnya juga praktis yaa.. gampang buat dipraktekan.

    BalasHapus
  28. cara buatnya lumayan mudah yaa, jadi pengen coba juga deh. saya suka nih bolu yang dikukus gini

    BalasHapus
  29. Bolu kukusnya keliatan lembut bangeeet, apalagi kalau pakai susu evaporasi Tiga Sapi, waah kebayang makin gurih nikmatnya. Terimakasih resepnya ya

    BalasHapus
  30. Wah bolu koja, Saya baru pertama tahu nih mbak Dan langsung penasaran dong ... Nanti siang pengen belanja trus sekalian eksekusi ah

    BalasHapus
  31. Wah, produk Tiga Sapi dari Indofood nih. Indofood sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama dan tentunya kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  32. Referensi baru nih buat Istri untuk menu ngemil sehat keluarga. Tiga sapi dari Indofood tentunya secara kualitas lebih terjamin yaa Kak.

    BalasHapus
  33. Suka beli martabak dan rata-rata susunya pakai TIGA SAPI. Aku hapal banget sama warna putih hijaunya. Hahahaha.

    Ini bikin sendiri bolunya keren mba. Dari jauh di foto aku kira bika ambon yg rasa pandan. Wkwkwkwk. Cantik. Bahan-bahannya juga sederhana. Harusnya bisa dire-cook ini sama aku di rumah.

    BalasHapus
  34. Wajib coba๐Ÿ˜

    BalasHapus
  35. Terimakasih resepnya ya mbak

    BalasHapus
  36. Lemaknye, manis manis manis cocok.buat ngemil

    BalasHapus
  37. Saya suka nih bolu koja... Ternyata bikinnya gampang ya, apalagi pakai produk susu tiga sapi...

    BalasHapus
  38. Enak nih bolu kukusnya. Rasanya pasti beda ya karena Tiga Sapi susu evaporasi. Mau dong nyobain. Hehe

    BalasHapus
  39. Seger banget mbak ijo2 ..jadi mau nyobaa bolu kukusnya..

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..๐Ÿ˜Š

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring