Mengenal Penyakit Psoriasis



Hallo teman-teman, sebelumnya udah kenal dengan istilah penyakit Psoriasis kah? Jika belum, yuk kita toss! Kita samaan. Hehee...

Namun karena penasaran akhirnya aku nyoba searching. Nyari tau info tentang penyakit ini. 

Dan ternyata Psoriasis adalah penyakit autoimune yang menyerang kulit si pengidap. Penyakit ini pada umumnya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Lantas apa gejalanya? 

Gejalanya yaitu:

1. Kulit menjadi bersisik yang diawali dengan memerah dan terasa tebal.

2.   Kulit pecah-pecah hingga berdarah, sendi terasa kaku dan bengkak, 

3. Terjadinya penebalan pada kuku dengan tekstur yang tidak rata. 

4. Serta sendi terasa bengkak dan kaku.

Penyakit Psoriasis bisa terjadi kepada siapa saja loh. Dan penyakit ini juga bisa terjadi kepada bayi karena sifatnya menurun atau faktor genetik. Penyakit ini agak mirip dengan jenis penyakit ezcema atau eksim. 

Penyakit ini memiliki banyak jenis. Yaitu:

1. Psoriasis plak

Pada jenis penyakit ini, ia merupakan jenis penyakit yang sering terjadi. Ciri khasnya berupa bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit. Gejalanya adalah timbul ruam kulit merah dan kulit menjadi bersisik. Bisa muncul di bagian tubuh manapun. 

2.  Psoriasis inversi

Gejalanya adalah ruam halus yang terjadi pada bagian tubuh yang ada lipatan. Misalnya pada ketiak.

3. Psoriasis pustular

Gejalanya yaitu ruam merah yang perih sebelum akhirnya melepuh dan berisi nanah.

4. Psoriasis kuku

Tentunya terjadi pada kuku. Gejala yang disebabkan berupa perubahan warna kuku, cekungan kecil yang muncul pada kuku, dan pertumbuhan kuku yang tidak baik.

5. Psoriasis kulit kepala

Munculnya sisik tebal dan terasa gatal di seluruh kulit kepala. Selain itu bisa juga terjadi ruam yang melebar di sekitar kulit kepala. 

6. Artritis psoriasis

Akan menimbulkan kulit yang teriritasi dan bersisik serta juga terjadinya perubahan warna kuku.

7. Psoriasis gutata

Gejalanya menyerupai bintik ruam seperti tetesan air. Biasanya muncul pada tubuh bagian atas, lengan, kaki, dan kulit. 

8. Psoriasis eritrodermik

Gejalanya timbul ruam yang sangat gatal dan mengelupas. Ruam juga disertai dengan sensasi terbakar di seluruh tubuh.

Penyebab psoriasis

1. Faktor genetik/keturunan

2. Pengaruh lingkungan

3. Cedera pada kulit

4. Infeksi tenggorokan

5. Konsumsi obat-obatan tekanan darah tinggi dan anti malaria

6. Kebanyakan minum minuman beralkohol.

Pencegahan psoriasis

1. Mandi dua kali sehari

2. Berjemur di bawah sinar matahari pagi 5-10 menit

3. Mencegah kulit kering dengan pelembab.

Pengobatan psoriasis

1. Melakukan terapi cahaya

2. Memberikan krim atau obat oles

3. Pemberian obat melalui infus atau suntikan

4. Konsultasi dan konsumsi obat dari dokter

 Jika sudah begitu parah. Jika tidak bisa berkonsultasi langsung, maka bisa konsultasi secara online melalui aplikasi. Misalnya aplikasi halodoc.

Konsultasi online dengan halodoc


Penyakit psoriasis ini jika sudah begitu parah tidak bisa dibiarkan begitu saja, maka kita harus cepat menanyakannya ke dokter tentang apa yang harus dilakukan dan obat yang harus di konsumsi.

Namun terkadang jarak yang jauh dan biaya yang minim membuat kita mesti berfikir ulang buat konsultasi secara langsung ke klinik atau ke praktek dokter langsung. Maka Konsultasi online di halodoc adalah solusinya.

Kita hanya perlu download aplikasi ini saja di smartphone kita, lalu register, dan pilih dokter spesialis. Misalnya dokter spesialis kulit. Kita hanya perlu membayar tarif yang sangat terjangkau untuk konsultasi. Penjelasan yang diberikan oleh dokter resmi halodoc juga lengkap loh. Seperti konsultasi secara langsung.

Apalagi di masa pandemi sekarang ini, kita dibatasi untuk keluar rumah serta berinteraksi dengan banyak orang. Jadi halodoc adalah solusi yang membantu banget. 

Selain itu, di aplikasi halodoc juga terdapat banyak artikel tentang kesehatan yang bisa kita baca untuk menambah wawasan.

Banyak artikel kesehatan

So, yuk download halodoc sekarang juga dan nikmati konsultasi sepuasnya dengan tarif yang ramah di kantong. :)

Sumber: https://www.halodoc.com/kesehatan/psoriasis




7 comments

  1. Apapun jenis penyakit yang berhubungan kek kulit, tiada lain solusinya adalah menjaga kebersihan dan kelembaban kulit serta membutuhkan cahaya matahari pagi yang sempurna ya kak...

    ReplyDelete
  2. Baru tahu tentang penyakit ini, penting banget konsultasi langsung dengan dokter

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada penyakit psoriaris..tapi penyakit ini bisa disembuhkan kan? Apa akan terulang lagi jika sudah diobati?

    ReplyDelete
  4. Thankyou dek infonya, Mbak sejujurnya baru kali ini dengar yang namanya penyakit Psoriasis.

    ReplyDelete
  5. emang kalo ada penyakit ditubuh apalagi muncul ruam-ruam dikulit bikin hati ga tenang. Untung ada halodoc, jadi bisa kapan aja deh konsul gejala yang ada.

    ReplyDelete
  6. Banyaknya macam penyakit nih ya neng.. kirain penyakit kulit tu kudis aja. wkwk. untung ada halo doc bisa konsultasi online n tanya obat

    ReplyDelete
  7. Jujur aja, aku juga baru tahu loh jenis penyakit ini. Tapi treatment untuk semua jenis penyakit kulit, balik lagi ke berjemur juga ya.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Blogger Perempuan Network

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)