Bingung Mau Nulis Apa Di Blog? Berikut Ide Nulis untuk Blogger Pemula


"Aku tu, mau nulis. Tapi aku bingung mau nulis apa. Nggak tau mau mulai dari mana?"

Kerap banget dapat pernyataan kayak gini dari teman-teman ku yang memiliki ketertarikan buat nulis. Ya aku cuma bilang, "Mulai aja dari huruf A". 

Yap! Nggak mesti dari huruf A sih sebenarnya. Hahaa.. Pokoknya mulai aja lah dulu. Nanti bakal keluar sendiri ide nya. Yang penting kita punya ide pokok atau tema yang mau kita tulis. Nggak perlu mikirin tulisan kita kacau. Atau takut tulisan kita nggak bagus. Nggak usah! Tulis aja dulu sampai selesai. Nanti udah ditulis kan, kita baca ulang. Disana lah kita mulai edit-mengedit. Mana kata yang harus dibuang, mana kata yang harus diganti, atau mana kalimat yang harus ditambah. Jadi jangan ragu-ragu buat mulai nulis, ya! 

Nah, kalau kamu blogger pemula tapi bingung mau nulis ide apa? Aku ada beberapa ide nulis nih buat referensi. Boleh dicampur semua ide ini dalam 1 blog mu, ya. Hingga nanti bisa jadi blog dengan niche/kategori lifestyle. Atau boleh juga fokus di salah satunya hingga ia menjadi ciri khas dari blog mu. Misal niche traveling. 

So, berikut ide nulis untuk blogger pemula:

1. Experience (Pengalaman hidup) 

Pengalaman seru bareng sahabat, wajib kamu abadikan! 
Menceritakan tentang pengalaman hidup adalah hal yang seru buatku pribadi. Selain sebagai diary digital, ini juga bakal menjadi media healing buat kita. Kita bisa menulis hal-hal yang menyedihkan dalam hidup, hal-hal yang menggembirakan, pengalaman tak terlupakan, moment-moment penting, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Menulis sebagai media healing

Tapi juga perlu di ingat, ya. Sama dengan media sosial lainnya, di blog kamu pun tetap punya privasi. Mana yang harus diketahui publik dan mana yang tidak perlu. Satu hal juga, saat menulis blog tentang pengalaman hidup, usahakan menyisipkan pesan moralnya. Tujuannya, semoga apa yang kita tulis, menjadi kebaikan dan pengingat diri buat yang baca serta self reminder buat kita sebagai penulis itu sendiri. 

Selain itu, setelah menulis tentang experience di blog, beberapa tahun yang akan datang, kamu bakal tersenyum sendiri deh, liat tulisan blog mu. Bernostalgia gitu misalkan. Atau jika itu cerita sedih, kamu bakal bangga dengan dirimu sendiri karena bisa melewati itu. Atau juga menjadi pengingat diri untuk kedepannya. Ya semacam diary gitu, lah. Namun ini versi digitalnya. 

2. Travelling (jalan-jalan) 

Keindahan alam dalam travelling mu juga perlu diabadikan
Kamu suka eksplore ke lokasi-lokasi wisata? Terjun langsung ke alam bebas atau sekadar refreshing bareng keluarga untuk menikmati wisata yang lagi hits? Nah, ini juga bisa menjadi ide nulis buat mu nih, guys!...

Kamu bisa menceritakan dimana lokasi wisatanya, berapa jarak tempuhnya, atau kalau makai tiket, berapa harga tiketnya, apa aja yang ada di wisata tersebut, serta berbagi foto-foto kece mu di blog. 

Baca juga: Tutorial membuat blog

Dengan menulis blog tentang traveling, tulisanmu juga bisa menjadi referensi buat orang lain dalam mencari wisata. Baik itu wisata yang lagi hits, wisata yang menantang atau menguji adrenalin, wisata yang keindahan alamnya luar biasa, dan info lain tergantung apa yang kamu tulis. 

3. Dakwah/kerohanian

Menulis tentang agama, juga menjadi pengingat buat diri sendiri dan orang lain
Kamu suka dunia dakwah? Atau dunia kerohanian sesuai agamamu masing-masing? Nah, ini bisa menjadi ide nulis buatmu. 

Kamu bisa sharing ilmu agama yang kamu punya, kamu bisa menceritakan ayat-ayat Allah, kamu bisa menguraikan hadits-hadits nabi, kamu bisa sharing lagu-lagu religi/nasyid, dan banyak hal lagi yang lainnya.

Dengan menulis blog tentang dakwah, artinya kamu sudah mengajak orang-orang untuk semakin taat dengan Allah. Dan yang pastinya sebagai pengingat diri sendiri juga. Agar mengamalkan apa yang sudah kita tulis. Pokoknya tulis sesuai kepercayaan mu masing-masing, dech! 

4. Review produk

Review alat make-up atau skincare bisa menjadi ide nulis yang banyak dicari
Suka beli alat make-up? Suka skincare-an, suka beli peralatan masak? Yaudah, kamu tulis aja dech, reviewnya. Misal kamu beli skincare, nih. Kamu tulis apakah skincare ini aman untuk semua jenis kulit? Aman untuk bumil dan busui? Apa ada efek samping? Apa aja kandungan di dalamnya? Bagaimana reaksi terhadap kulitmu setelah pemakaian seminggu hingga sebulan, dan hal-hal lainnya yang perlu diketahui dari produk tersebut. Mudah banget, kan? 

Baca juga: Tips memilih game buat anak

5. Tutorial

Jenis tutorial juga banyak yang nyari, lo! 
Tutorial juga salah satu jenis tulisan yang banyak dicari oleh pembaca. Misal tutorial buat bunga dari popok bekas, tutorial buat pupuk dari kulit telur ayam, tutorial masang kulkas, tutorial membuat blog, tutorial mengatasi FB yang kena hack, tutorial membuat bunga dari botol bekas, dan tutorial-tutorial lainnya bisa kamu tuliskan disini. 

6. Resep

Nulis tentang resep adalah hal yang cukup mudah bagi kaum ibu-ibu
Resep ini gampang banget, sebenarnya. Setiap wanita pada kodratnya kan, bisa masak tuh, kamu tulis aja resep masakan yang kamu buat. Bahkan makanan sehari-hari pun nggak masalah. Setelah masak menu di rumah, foto, dan tuliskan deh resepnya. Bagikan di blog. Atau lebih seru lagi kalau kamu buat resep-resep baru ala kamu. Pasti orang-orang, terutama kaum ibu-ibu banyak yang nyariin.

So, udah kefikiran belum mau nulis apa sekarang? Yuk mulai nulis sekarang!😊



No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of