Berwisata ke Malioboro? Jangan Lupa Persiapkan Beberapa Hal Ini, Ya!

Sumber: @malioboro_insta
Selain Bali, Yogyakarta adalah salah satu daerah wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan wisatawan luar negeri pun juga sering berkunjung ke kota budaya ini. Biasanya para wisatawan menggunakan mobil rental untuk menjelajah semua tempat menarik di kota ini. Biar gak ribet, rental mobil di Jogja bisa disini.

Kata orang, setiap yang sudah pernah tinggal di Jogja, ia pasti akan rindu lagi untuk kembali. Yap! Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dari Yogyakarta. Mulai dari tempat-tempat wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alamnya. Semua tempat-tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang-orang tidak ragu untuk kembali berkunjung ke tempat tersebut.

Beberapa tempat yang sering dikunjungi ketika jalan-jalan ke Yogyakarta adalah candi Prambanan, candi Ratu Boko, Tamansari, Kraton, dan kawasan Malioboro. Nah, nama terakhir yang disebutkan merupakan tempat yang paling sering dikunjungi ketika berwisata ke Yogyakarta.

Ya, kawasan Malioboro merupakan destinasi wisata yang paling populer di Yogyakarta. Sebagian besar wisatawan akan memasukkan kawasan ini ke list wisata mereka ketika berkunjung ke Yogyakarta. Dan ada banyak banget hal yang bisa dilakukan di kawasan ini, lo! Mulai dari hunting kuliner Yogyakarta, motret, hingga berbelanja cinderamata khas Yogyakarta. Wahh.. Hal yang paling ditunggu, nih. Buat oleh-oleh teman atau keluarga di rumah. 😊

Baca juga: Buat hidupmu aktif dan dinamis

Mengingat banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini, maka ada baiknya buat kita atau calon wisatawan menyiapkan beberapa hal untuk melakukan semua itu, diantaranya:

Alokasi budget yang memadai

Mengalokasikan budget penting banget buat rencana wisata
Setiap membuat rencana liburan, perencanaan budget merupakan hal utama yang harus dilakukan. Tidak hanya ketika liburan ke Malioboro, kok. Tapi juga ke tempat wisata manapun. Jika bingung dalam menentukan budget, gak ada salahnya untuk bertanya ke teman yang sudah pernah liburan kesana. Hal ini akan sangat membantu dalam mengalokasikan budget.

Akan tetapi, budget berwisata di kawasan Malioboro juga bisa disesuaikan dengan kondisi pribadi kita. Jangan terlalu memaksakan jika memang tidak sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, ya! Sebesar 10 persen dari total budget untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencari penginapan di sekitar Malioboro


Untuk menjaga kondisi tubuh selama liburan, dibutuhkan istirahat yang cukup. Oleh karena itu butuh tempat penginapan yang memadai untuk beristirahat. Selain memadai, sebisa mungkin cari penginapan yang berada di lokasi strategis. Hal ini akan memudahkan kita untuk bepergian. Selain itu, ini juga bisa menghemat budget yang kita punya.

Menyusun rencana wisata dengan baik


Untuk lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu, sangat disarankan untuk membuat rencana wisata. Kita bisa menyusun rencana tempat mana saja yang akan dikunjungi. Selain itu, juga bisa menyusun kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama liburan di Malioboro.

Baca juga: Belanja seru via Alfagift

Dan pada saat menyusun rencana wisata, kita juga harus mempertimbangkan kemacetan dan hambatan lain yang mungkin akan merusak rencana liburan. Kita nggak mau, kan, karena hal tersebut, liburan kita jadi tidak maksimal! 

Perbanyak referensi


Untuk mempermudah diri saat liburan ke Malioboro, disarankan untuk perbanyak referensi, seperti referensi tempat makan, tempat membeli oleh-oleh, tempat-tempat yang instagramable, dan lain sebagainya. Semua ini bisa didapat dengan cara bertanya ke teman atau saudara yang sudah pernah berkunjung ke Malioboro.

Selain bertanya, juga bisa mencari referensi secara online. Di internet tersedia banyak informasi tentang hal – hal menarik di Malioboro. Kamu juga bisa mencari tau makanan – makanan favorit di Malioboro dari review food vlogger. Kan banyak tu review dari vlogger yang ada di youtube. 

Menyiapkan transportasi selama di Malioboro

Disarankan rental mobil untuk memperlancar perjalanan 
Selama liburan atau jalan – jalan di Malioboro, untuk memperlancar mobilisasi, disarankan untuk menyewa mobil. Harga sewa mobil di kawasan Malioboro atau Yogyakarta terbilang murah, kok. Cukup mengalokasikan budget sekitar 160 ribu rupiah hingga Rp 1,4 juta. Harga ini tergantung dari jenis mobil, durasi sewa, dan sistem yang digunakan. Kita juga bisa memilih untuk lepas kunci atau menggunakan sopir.

Baca juga: Tips sewa hunian

Untuk mencari penyewaannya, juga gak usah bingung karena sekarang bisa rental mobil lewat aplikasi Traveloka. Caranya sangat mudah, tinggal buka aplikasi Traveloka, pilih menu car rental, lengkapi data, dan kita tinggal pilih jenis mobil yang kita mau. Traveloka memiliki banyak mitra rental mobil terpercaya di Yogyakarta. Jenis mobil yang disediakan juga beragam, mulai dari low MPV, SUV, hingga elf semua tersedia di sini. Sewa mobil di Traveloka akan membuat rencana liburan kita berjalan lancar.

Jadi, itulah beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan ketika berlibur ke kawasan Malioboro. Ada banyak hal yang bisa di explore ketika liburan ke Malioboro. Untuk itu siapkan rencana liburan dengan sebaik mungkin, ya! 

Happy holiday.. 🤗

12 comments

  1. kangen Yogyakarta, suasana di sana enak, benar banget harus ada beberapa referensi agar tidak jenuh dan suasana makin asik saat wisata

    ReplyDelete
  2. Kalo datang rame, paling enak nyewa mobil rental deh. Udh irit, biayanya bisa ditanggung rame2 bareng temen. Plus ngga ada yg ketinggalan & bisa seseruan bareng temen semobil. Pasti liburannya makin seru. Duh jadi kangen ke Yogya lagi kalo gini.

    ReplyDelete
  3. Saya planing pertengahan tahun ke Yogyakarta, salah satu destinasi utamanya tentu saja Malioboro. Baca artikel ini jadi makan mematangkan nih supaya well prepare ketika berangkat, mudah-mudahan nanti covid-19 dengan segala variannya sudah mereda, agar perjalanannya jadi nyaman

    ReplyDelete
  4. Benar, Mbak. Sekali datang ke Yogya, akan selalu rindu.
    Makanya saya pas tinggal di Kebumen, sudah sering bolak-balik Yogya. Entah naik bus, kereta api atau motor. Dan soal penginapan, hotel dan rental kendaraan, sekarang sudah mudah. bahkan bisa pesan online juga.

    ReplyDelete
  5. Pernah ke malioboro 2x tapi sayangnya cuma jelong aja.
    Nice tips nih kak, emang enaknya kalo ke jogja semingguan biar puas jalan"nya😁

    ReplyDelete
  6. Wohh iya banget mesti diitung kalau nggamau pengeluaran semakin membengkak dari hari ke hari hihi..
    Apalagi ke Malioboro, bikin laparmata

    ReplyDelete
  7. Belum afdol rasanya berkunjung ke Yogyakarta jika belum ngubek-ngubek Malioboro ya. Tips di atas kudu diterapkan saat jalan ke Malioboro dan sekitarnya nih, secara nggak perlu nyari2 alat transpor lagi setiap pindah destinasi ya.
    Makasih tipsnya, mba.

    ReplyDelete
  8. wahhh enak ya, sekarang Traveloka juga nyediain jasa rental mobil, jadi makin gampang deh sewa2 mobil via apps, dan layananya juga banyak di berbagai daerah, jalan-jalan anti ribet niii

    ReplyDelete
  9. Ih kangen banget wisata di Yogyakarta ini. Udah mau tiga tahun nih belom menginjak lagi Yogyakarta...
    Semoga covid-19 apapun variannya segera berakhir deh. Pengen bebas main seseruan ke Yogyakarta

    ReplyDelete
  10. Ke Jogja berasa kurang kalau belum ke Malioboro dan sehari dua hari itu enggak cukup buat keliling Jogja.
    Adanya sewa mobil ini menurut aku ngebantu sekali sih, apalagi pilihan mobilnya beragam. Asyik kalau rame-rame.

    ReplyDelete
  11. Agar jalan-jalan lebih menyenangkan, sewa kendaraan di Jogja ini menjadi hal utama yaa..
    Karena wisata Jogja kini semakin kaya hingga ke pelosok, semua diulik menjadi wisata potensial yang wajib dikunjungi.

    ReplyDelete
  12. Semoga suatu hari bisalah jalan-jalan ke Maliaboro. Pengen bisa ke sana, selama ini cuma lihat keindahannya dari layar aja. setidaknya artikel ini juga sudah kasih gambaran terkaits apa2 saja yang perlu dipersiapkan sebelum ke Malioboro

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of