Makanan Kaya Serat Untuk Asam Lambung

Hallo teman-teman, siapakah disini yang punya riwayat sakit asam lambung?

Sakit lambung emang penyakit kebanyakan orang. Namun tidak bisa kita sepelekan begitu saja. Jika asam lambung naik ke kerongkongan, kondisi ini akan sangat mengganggu karena bisa menyebabkan sensasi panas di dada atau lebih dikenal dengan heartburn.

Salah satu cara agar asam lambung tidak semakin parah yaitu dengan memperhatikan pola makan serta jenis makanan yang di makan. Makan tidak boleh sekali sekaligus banyak serta makanlah makanan yang kaya akan kandungan seratnya.

Nah, disini aku bakal share beberapa makanan kaya serat yang baik untuk penderita asam lambung. Yaitu:

1. Pepaya

Pepaya baik untuk pencernaan dan asam lambung
Siapa sih yang tidak tau dengan buah Pepaya atau kates? Buah yang sangat merakyat dan mudah ditemukan di pasaran. Nah, buah pepaya terkenal sekali akan kaya seratnya. Bahkan pepaya sering direkomendasikan untuk melancarkan BAB. Selain sebagai pelancar BAB, kandungan serat dalam pepaya juga baik untuk penderita asam lambung, loh. Ini dikarenakan Pepaya mengandung enzim papain.

Enzim papain yang dihasilkan dari pepaya, dapat membantu melancarkan kinerja sistem pencernaan dengan mempermudah proses pemecahan protein. Dengan begitu, proses pencernaan bisa berlangsung lebih singkat dan lambung tidak terpapar asam lambung terlalu lama. Maka keberadaan enzim papain ini dapat meredakan gejala asam lambung.

2. Pisang

Pisang, buah rendah asam yang baik buat asam lambung
Sama halnya dengan pepaya, buah pisang juga termasuk buah murah meriah dan mudah didapatkan.

Pisang baik bagi penderita asam lambung karena bersifat basa atau mengandung alkali. Pisang merupakan buah rendah asam yang dapat membantu penderita asam lambung dengan cara melapisi esofagus yang teriritasi.

Selain rendah asam, pisang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat ini membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Salah satu jenis serat larut yang ditemukan dalam buah pisang adalah pektin. Pektin ini bermanfaat untuk memperlancar perpindahan isi perut melalui saluran pencernaan.

3. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik
Yogurt juga salah satu minuman susu fermentasi yang banyak ditemukan di supermarket dengan berbagai kemasan. Yogurt bagus untuk yang sedang mengalami program diet karena rendah lemak juga mengandung bakteri baik.

Yogurt yang mengandung probiotik atau bakteri baik ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt mengandung banyak protein. Ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan.

4. Oatmeal

oatmeal membuat kenyang lebih lama
Bagi penderita asam lambung, makan makanan kaya serat sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai gejala yang disebabkan olehnya. Oatmeal kaya akan kandungan serat sehingga baik untuk asam lambung.

Hampir mirip dengan yogurt, oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi oatmeal juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

5. Sayuran hijau

sayuran hijau kaya serat dan rendah lemak
Sayuran hijau memang tidak perlu diragukan lagi akan gizinya. Salah satunya adalah kaya serat yang baik buat penderita asam lambung. Sayuran hijau ini seperti kangkung, bayam, asparagus, kubis, selada, kacang hijau, brokoli, timun, dll. Sayuran hijau juga memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga baik bagi penderita asam lambung karena ia tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Hal ini karena makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat membuat proses produksi asam lambung meningkat.

6. Sereal Umbi Garut, Nutriflakes

Makanan kaya serat selanjutnya adalah Umbi Garut. Nah, umbi garut ini bisa di dapatkan dalam nutriflakes. Nutriflakes Merupakan sereal khusus untuk asam lambung dengan bahan utama pati umbi garut yang diformulasi khusus untuk meredakan asam lambung tinggi.

Nutriflakes Sereal Asam Lambung terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan. 

Kandungan atau bahan-bahan alami didalam nutriflakes, berupa:

  1. Pati umbi garut
  2. Psyllium husk
  3. Susu etawa
  4. Daun kelor
  5. Gula aren

Apakah Nutriflakes aman?

Yap! Tentu saja aman dikonsumsi untuk anak usia 2 tahun hingga lansia. Dan pastinya sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi MD 869011005864 sebagai produk Makanan dan Minuman.

Baca juga: Pendidikan anak disabilitas dan kusta

Sereal ini juga sangat cocok bagi yang ingin menjalani program diet. Hal ini karena kandungan karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan tubuh terdapat pada nutriflakes sehingga bisa memberikan efek kenyang. Jadi, pas banget dijadikan pengganti menu makan harian.

Selain untuk mengatasi asam lambung, Nutriflakes ini memiliki 5 manfaat penting, yaitu:

  1. Menguatkan Pencernaan
  2. Menurunkan Asam Lambung (GERD)
  3. Meredakan Gejala Maag Kronis
  4. Mencegah Obesitas
  5. Meredakan Nyeri Sendi dan Sesak Nafas

Nah, buat kamu penderita asam lambung yang ingin merasakan berbagai manfaat dari nutriflakes, bisa beli nutriflakes shopee aja ya teman-teman.

Yuk! jaga kesehatan dan atasi asam lambung mu dengan nutriflakes🤗

Sumber:
  • https://enesis.com/id/artikel/makanan-tinggi-serat-untuk-mengatasi-asam-lambung/

17 komentar

  1. Belakangan ini asam lambungku juga kerap meronta rontaaaa

    Aku mau terapkan tips yg mba jabarkan di artikel ini aahh
    Makasiii ya

    BalasHapus
  2. Aku lagi berusaha jaga makan nih mbak, karena berat badan tambah naik terus hihi. Nutriflakes bisa jadi pilihan nih krn memberikan efek kenyang. Jadi, pas banget dijadikan pengganti menu makan harian buat yg lagi diet juga.

    BalasHapus
  3. Papaya dan Pisang jadi andalan.
    Walau lebih sering pepaya, karena belinya mudah, dan memang berasa di perut lebih enakan gak terasa asam lambung.

    BalasHapus
  4. Makasih kak sharing soal makanan berserat untuk penderita asam lambung. Saya sendiri ada sedikit gejala asam lambung, sering kambuh kalo pas over training badminton. Kalo pas kambuh, minum air putih pasti mual, dan harus konsumsi makanan yang manis. Biasanya saya konsumsi buah pepaya, dll seperti artikel ini.

    BalasHapus
  5. wah saya harus beli Nutriflakes nih, karena saya mengalami asam lambung

    Gak parah sih, tapi kalo udah kambuh ...duh sakit banget, sampai saya mengira mau mati

    BalasHapus
  6. Banana is my favorite. Selain kaya serat dan vitamin, pisang terbukti ampuh mengusir rasa lapar. Cocok deh buat anak kos-kosan

    BalasHapus
  7. Wah kandungan nutriflakes ini bagus semua ya angka kecukupan gizinya berimbang jadi asam lambung jadi aman deh

    BalasHapus
  8. Ternyata makanan tinggi serat sebenernya mudah ditemukan ya, mba
    Buah dan sayur sangat tinggi serat
    Dan sekarang ada camilan sehat tinggi serat, yaitu Nutriflakes yang bikin tambah enak

    BalasHapus
  9. Wah, produknya campuran susu etawa ama daun kelor juga ya, mba. Insya Allah ngebantu buat lancarin pencernaan dan aman ya, ga kena asam lambung.

    BalasHapus
  10. Wah, banyak juga ya makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung
    Enak enak semua juga

    BalasHapus
  11. Sipp mau rutin konsumsi makanan ini ah

    pengin hidup lebih sehaattt dan bahagia😁

    BalasHapus
  12. Kalau pepaya, pisang dan sayuran hijau cukup rutin ya dikonsumsi. Tapi kalau Umbi Garut belum pernah nih. Pengen coba meski ga kena sakit asam lambung. Praktis pula karena sudah diolah jadi nutriflakes

    BalasHapus
  13. Gak nyaman banget kalau asam lambung sedang naik dan perut jadi serba gak enak..
    Solusi yang paling mudah dan praktis dengan konsumsi nutriflakes. Rasanya enak yaa..

    BalasHapus
  14. Wah terima kasih infonya, kebetulan papanya anak-anak sedang sakit asam lambung, ntar saya share ke dia artikelnya.

    BalasHapus
  15. Pencernaan yang sehat tentu sangat penting nih apalagi kalau sudah kena asam lambung pasti sakit dan gak nyaman sih. So far memang mau mengkonsumsi sekaligus aneka makanan memang ribet ya, lebih baik konsumsi yang sudah ada paket komplit gini kandungan dan bahan-bahannya.

    BalasHapus
  16. Pisang andalanku banget kalau pas kumat asam lambung. Cepet meredamnya.

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of