Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pernah merasakan duduk di samping orang yang bau mulutnya tak sedap? Atau melihat orang dengan gigi yang kuning tanpa perawatan? Hal ini tentu meresahkan. Maka menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dibiasakan sedini mungkin untuk investasi gigi dan mulut yang sehat di masa akan datang.

Salah satu cara menjaga kesehatan  gigi dan mulut adalah dengan rajin menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Selain itu, ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang harus kita perhatikan. Yaitu:

1. Memilih sikat gigi yang tepat

Menyikat gigi itu penting. Namun memilih sikat gigi yang tepat tentu tidak kalah pentingnya. Agar sikat gigi tidak merusak gigi, maka pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut. Selain itu, pilihlah ujung sikat gigi yang kecil membulat agar tidak merusak gusi gigi. Jangka waktu pemakaian sikat gigi juga tidak bisa diremehkan. Setiap 3 bulan sekali, sikat gigi perlu diganti dengan yang baru.

Selain itu, cara menggosok gigi juga harus diperhatikan. Gosok gigi dengan cara memutar dan tidak terlalu menekan gigi. Gosoklah gigi dan lidah paling tidak 2 menit agar sikat gigi dapat menjangkau keseluruhan gigi dan mulut.

2. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Untuk anda yang sudah kecanduan merokok, mungkin sudah saatnya untuk berfikir berhenti merokok. Mengingat begitu banyaknya dampak buruk dari rokok. Salah satunya adalah mengganggu kesehatan  gigi dan mulut.

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain jika merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut.
Begitu juga alkohol, sudah begitu banyak dampak negatif alkohol yang sudah kita ketahui bersama. Salah satunya juga merusak kesehatan gigi dan mulut. Alkohol dapat memicu penumpukan plak pada gigi dan perkembangbiakan bakteri di mulut, sehingga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang dan ompong secara permanen.

Maka penting banget untuk stop merokok dan alkohol dari sekarang demi kesehatan kita sendiri.

3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis tentu tidak baik bagi kesehatan  gigi dan mulut. Makanan manis lebih cepat membuat gigi rusak dan berlubang.

4. Rutin ke dokter gigi

Kebiasaan sehari-hari di atas penting untuk diterapkan sebagai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Namun, untuk lebih maksimal, maka memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu memenuhi asupan makanan bergizi, seperti buah dan sayuran, serta minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per hari.

Jika teman-teman ingin melakukan perawatan gigi ke dokter gigi, maka bisa mendatangi rsodonto.com. Rumah sakit terbaik untuk kondisi gigi yang sehat.


Di rsodonto, menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kita nikmati, berupa:

  • Fasilitas kenyamanan
Memberikan suasana yang nyaman dan ramah dengan fasilitas seperti ruang tunggu yang bersih dan nyaman, televisi atau musik di ruang perawatan.

  • Teknologi canggih
Rumah sakit gigi dilengkapi dengan peralatan terkini seperti sinar-X digital, pencitraan 3D, dan sistem pencadangan digital untuk memberikan diagnosis yang akurat dan perawatan yang terbaik.

  • Pemeriksaan gigi yang komprehensif
Tim ahli gigi yang terampil melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendeteksi masalah gigi dan gusi serta memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai.

So, yuk jaga kesehatan gigi dan mulut untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh yang maksimal.

Tidak ada komentar

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring