Yuk Mengenal Kanker Payudara dan Penyebabnya!


Apa sich yang terlintas di otak teman-teman jika mendengar kata kanker? Mengerikan, bukan? Jangan sampai penyakit ini menimpa kita, keluarga, teman atau kerabat. Apalagi penyakit kanker termasuk salah satu penyakit yang mematikan dan sukar untuk disembuhkan? Lantas bagaimana dengan kanker payudara? Tentu tak asing lagi, ya, di telinga kita. Penyakit yang tentunya menggerogoti kaum hawa dan jumlah korbannya kian banyak. Pertanyaan lainnya juga, apa sich penyebab kanker payudara? Bagaimana mengenal kanker payudara?,dll

Jika ada yang terkena penyakit kanker, biasanya pasien akan mengalami kemoterapi atau biasa disebut kemo untuk mematikan sel kanker. Namun kemo ini juga memiliki efek samping yang tak sedikit. Salah satunya adalah badan yang kian kurus dan rambut rontok hingga kebotakan. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Efektivitas kemo ini tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa kanker ini diidap. 

Baca juga: Jajan Sehat di Pinggir Jalan

Sebagai wanita, kita perlu aware terhadap kesehatan kita. Apalagi terhadap penyakit yang mematikan satu ini. Kanker yang biasa menyerang wanita ada dua, yaitu kanker payudara dan kanker serviks. Untuk mencegah dari penyakit ini, maka perlu bagi kita untuk mengetahui lebih dulu apa itu kanker payudara dan apa saja penyebabnya. 

Kanker adalah kondisi dimana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali. Kondisi ini juga menekan sel-sel yang normal. Pertumbuhan sel ini dapat membentuk benjolan yang biasa dikenal  dengan tumor. Kanker bisa tumbuh di bagian tubuh manapun salah satunya adalah payudara.

So, diantara penyebab penyakit kanker payudara, yaitu:

1. Pernah Riwayat Kanker Payudara


Umumnya, kanker payudara menyerang di salah satu bagian saja. Namun ada juga yang menyerang keduanya. Seseorang yang pernah punya riwayat kanker payudara, mempunyai resiko terkena lagi yang lebih besar. Hal itu tentu karena sel kanker yang sulit untuk dimatikan atau dihilangkan. Namun jangan pesimis, untuk teman-teman yang pernah mengalami kanker payudara dan dinyatakan sembuh, kita doakan semoga penyakitnya nggak balik lagi, ya!

2. Faktor Usia

Kanker memang bisa menyerang di usia berapapun. Namun kanker lebih umum menyerang seseorang yang usianya 50 tahun ke atas. Semakin tua usia, maka semakin besar pula resiko terkena penyakit kanker payudara. So, hati-hati dan tetap jaga pola hidup sehat sejak usia muda, agar di usia tua kita tetap sehat. 

3. Keturunan

Seseorang yang keluarganya pernah mengalami sakit kanker khususnya payudara, tidak menutup kemungkinan akan turun ke generasinya. Orang yang memiliki keturunan riwayat kanker, bukan berarti langsung terkena kanker. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah dengan selalu jaga kesehatan serta tingkat pencegahannya perlu dilakukan kerja ekstra agar tidak diturunkan. Hal ini karena sel kankernya lebih mudah aktif daripada orang yang tidak punya riwayat keturunan kanker. 

Baca juga: Tanda Lingkungan Sehat

4. Merokok 


Kita semua pasti sudah tahu bahwa rokok memiliki banyak sekali bahaya kesehatan. Terutama bagi wanita. Rokok juga menjadi salah satu pemicu kanker payudara. So, plisss!!!  Jauh-jauhlah dari rokok. Sama sekali nggak ada manfaatnya! Apalagi wanita lebih cenderung di cap negatif jika memiliki kebiasaan merokok. 

5. Benjolan di Payudara

Nah benjolan di payudara tidak bisa disepelekan. Jika kamu memilikinya, maka segeralah periksa ke dokter. Bukan hanya di payudara, jika kamu mengalami benjolan lainnya di tubuhmu, maka sebaiknya segeralah periksakan diri.

6. Berat Badan Berlebih


Berat badan yang berlebih tentu sangat menyiksa, bukan? Badan menjadi berat dan gerak menjadi terbatas. Belum lagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih, akan lebih rentan terkena berbagai resiko penyakit. Seperti diabetes, obesitas, hipertensi, gagal jantung, stroke, dan kanker. Jadi, sebaiknya atur pola makan yang sehat dengan banyak minum air putih, makan buah dan sayur, tidak bergadang dan kurangi cemilan tak sehat. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering 

7. Penggunaan Pil KB

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang masih diandalkan dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk mengontrol kehamilan. Namun, penggunaan pil KB dalam jangka panjang bisa menyebabkan seorang perempuan terkena kanker payudara, loh. Pil KB memang cenderung mengganggu keseimbangan hormon. Tak heran bila pengguna pil ini kerap mengeluhkan kenaikan berat badan dan siklus menstruasi yang tak teratur.

8. Tidur dengan Lampu Menyala


Selain memiliki resiko kanker karena cahaya radiasi dari lampu, tidur dengan lampu menyala membuat tidur kita menjadi kurang berkualitas. Padahal tidur dalam kondisi gelap memiliki banyak sekali sisi positif. 

Selain dari yang saya sebutkan di atas, ada juga faktor lain penyebab kanker payudara seperti gaya hidup yang tak sehat, faktor usia saat hamil dan melahirkan, jarang berolahraga, melahirkan di usia terlalu tua, pola makan yang buruk, dll. Oleh karena itu, penting banget bagi kita untuk menjaga kesehatan. Kalau kita sudah terkena kanker, maka butuh proses yang panjang dan waktu yang tak sebentar untuk penyembuhannya. Belum lagi biaya yang begitu besar. Maka, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? 

Yuk, sayangi tubuhmu dan jaga kesehatan dari sekarang. 😊

Note: All pict by canva

No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)