5 Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya


Teman-teman pernahkah mengalami gusi berdarah? Rasanya hampir setiap orang mengalami ini yaa.. Meski jarang namun jarang pula yang tidak mengalami. Apalagi bagi yang malas menyikat gigi. Sekalinya nyikat sudah pasti gusinya berdarah. 

Namun, selain malas sikat gigi, ada beberapa alasan penyebab gusi berdarah tiba-tiba atau memang sudah rutin terjadi. Yuk, kita coba cari tahu!

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras


Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras adalah penyebab gusi berdarah secara umum. Sebaiknya gunakan sikat gigi dengan bulu sikat lembut yang bisa membersihkan gigi, gusi, serta lidah. Selain itu juga, sikatlah gigi secara lembut dan perlahan-lahan. Jangan terlalu kasar untuk meminimalisir terjadinya gusi berdarah.

2. Kebiasaan Merokok


Hal ini umum dialami oleh laki-laki. Kebiasaan buruk ini memang perlu dihindari. Selain dapag merusak paru-paru dan organ tubuh penting lainnya, juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gusi berfungsi secara tidak normal serta meningkatnya resiko gingivitis. Jika terus berlanjut dan tidak diobati, maka dapat menyebabkan periodontitis atau infeksi pada jaringan yang menahan gigi  pada tempatnya . Rokok atau tembakau dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sulit melawan infeksi gusi. Setelah mengalami kerusakan gusi, selanjutnya gusi menjadi lebih sulit untuk sembuh. So, mulai sekarang hentikan yok kebiasaan merokok. Atau paling tidak mengurangi.

3. Kebersihan Gigi dan Mulut yang Kurang Terjaga


Kita memang perlu sekali menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan lingkungan maupun kebersihan badan. Salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut. Kebiasaan menyikat gigi yang tidak benar dan tidak rutin bisa menyebabkan radang gusi sehingga gusi menjadi berdarah atau disebut gingivitis. Biasakan menyikat gigi dengan rutin setidaknya di pagi dan malam hari sebelum tidur selama dua menit. Gunakan pasta gigi khusus untuk menjaga kesehatan gusi.

4. Karang gigi


Plak yang menumpuk jika dibiarkan terus, maka lama kelamaan akan menjadi karang gigi. Karang gigi ini tidak dapat hilang dengan hanya menyikat gigi karena ia sudah lengket di gigi dan mengeras. Plak dan karang gigi bertanggung jawab atas berkembangnya bakteri di sekitar gigi dan jika tidak ditangani dapat menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan. Gusi yang lemah ini kemudian dapat berdarah ketika menyikat gigi atau bahkan ketika makan. Maka untuk mengatasi gusi berdarah yang disebabkan oleh karang gigi, maka perlu ke dokter gigi secara rutin paling tidak 6 bulan sekali.

5. Defisiansi atau Kekurangan Vitamin C


Kekurangan vitamin C dalam jumlah besar dapat menyebabkan perdarahan pada gusi gigi. Maka solusinya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan/minuman yang kaya akan vitamin C atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C. 

Jadi itulah 5 penyebab gusi berdarah secara umum yang perlu kita tahu. Namun bagaimana jika sudah terjadi gusi berdarah? Apa yang harus dilakukan? 

1. Ubah pola sikat gigi

Jika sebelumnya jarang sikat gigi maka sikatlah gigi minimal 2 kali dalam sehari. Jika selama ini menyijat gigi secara kasar, maka sikatlah secara lembut, baik dan benar.

2. Kompres gusi yang berdarah

Kota bisa mengompresnya dengan es yang dibungkus menggunakan kain kassa yang bersih. Kompres ini bisa mengurangi pembengkakan dan perdarahan pada gusi.

3. Berkumur dengan larutan garam atau obat kumur antiseptik

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, menghindari obat kumur yang mengandung alkohol karena akan memperburuk keadaan gusi. 

Jika sudah dilakukan tahap-tahao di atas namun kondisi tak kunjung membaik, maka sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter gigi.

Demikian, semoga infonya bermanfaat ya.. 

Sampai jumpa😊



9 comments

  1. Sangat bermanfaat, aku pun pernah pas sikat gigi karena terlalu keras jadi kebentur sikat & berdarah...

    ReplyDelete
  2. Wah, karang gigi nih jadi masalah tiada henti, padahal udah rajin gosok gigi wkwk. Emang harus ada jadwal rutin ke dokter gigi ya deek.

    ReplyDelete
  3. iya nih, kebersihan gigi memang harus selalu dijaga, setelah baca tulisan kak nengsing ini, aku baru tau penyebab kenapa gusiku jaman kecil dulu sering berdarah...karena waktu kecil dulu kurang menjaga kebersihan gigi, males gosok giginya....hihihi joroknya aku dulu.

    ReplyDelete
  4. Karang gigi memang menjadi masalah mulut yang banyak menimbulkan masalah ya neng

    ReplyDelete
  5. Iya nih, aku jg suka gusi berdarah. Makasih ya sharing infonya ☺

    ReplyDelete
  6. Saya jadi teringat ketika dulu pernah main dan nginap ke anak tetangga yang ortunya dokter gigi. Saat itu disuruh sikat gigi sebelum tidur. Eh, kebiasaan itu berlanjut hingga sekarang. Saya sepakat bahwa kebersihan gigi tidak bisa disepelekan.

    ReplyDelete
  7. Huhu emang sebel banget kalo tiba-tiba gusi berdarah terus akhirnya jadi sariawan karena salah dalam menyikat gigi

    ReplyDelete
  8. Oh, i just know of smooking full Van make problem with our teeth. Thank for your sharing

    ReplyDelete
  9. Tapi Neng kalo kumur pake garam giginyo jadi rapuh. Alhamdulillah aku sih jarang gusi berdarah. dan baru tau juga klo merokok bisa bikin gusi berdarah.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Blogger Perempuan Network

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)