5 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Akhir Tahun



Akhir tahun merupakan momen spesial bagi orang setiap tahunnya. Di waktu tersebut, kita dapat memanfaatkannya untuk mensyukuri perjalanan hidup setahun terakhir dan menaruh optimisme serta harapan-harapan di tahun yang baru.

Nah, salah satu hal yang mungkin telah direncanakan saat akhir tahun adalah bepergian ke kampung halaman atau destinasi favorit. Namun, dikarenakan masih pandemi, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya di mana pun berada.

Berikut ini ada 5 tips mempersiapkan perjalanan akhir tahun di masa pandemi yang bisa kita lakukan agar momen akhir tahun terasa menyenangkan.

1. Cari kota zona aman dari COVID-19


Data mengenai kota yang masuk zona aman maupun merah dari COVID-19 diperbarui setiap hari. Pastikan untuk memilih kota tujuan akhir tahun yang termasuk dalam zona aman dikunjungi.

Tenang saja karena Indonesia punya banyak tujuan wisata menarik yang menjamin kita tidak akan kehabisan pilihan kota menarik untuk dikunjungi di momen akhir tahun ini. Semua transportasi umum juga sudah beroperasi sehingga kita bisa pilih liburan ke kota yang dekat dengan domisili atau kota di pulau lain.

Baca juga: Wisata Instagramable Pangubaian Beach

2. Pesan tiket transportasi sekarang juga


Apapun pilihan transportasi umum yang ingin digunakan untuk berlibur, pastikan untuk pesan tiketnya sekarang juga. Kenapa?

Karena masa pergantian tahun tinggal hitungan hari dan bukan rahasia jika animo masyarakat untuk momen akhir tahun begitu besar sehingga bukan tidak mungkin tiket transportasi bisa habis terjual. Jadi, sebaiknya pesan tiket lebih awal agar rencana bepergian akhir tahun tidak berantakan karena kehabisan tiket.

Jika ingin liburan antarkota yang tidak terlalu jauh, bus bisa jadi pilihan transportasi yang pas. Gunakan saja moda transportasi yang dilayani operator terpercaya, seperti DAMRI. Booking tiket DAMRI sebelum perjalanan di Traveloka sekarang juga agar rencana akhir tahun aman dari kemungkinan kehabisan tiket bus.

3. Booking hotel sedini mungkin


Berhubung waktu akhir tahun yang semakin mendekat, selain tiket transportasi, kamu juga perlu booking hotel sedini mungkin. Hal ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan kehabisan kamar sesuai budget liburan.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Sewa Villa saat Liburan

Selain itu, pastikan juga hotel yang dipilih sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Agar lebih praktis dan murah, kita juga bisa booking hotel secara online yang menampilkan hotel sesuai preferensi; lokasi, fasilitas, hingga harga per malamnya.

4. Buat itinerary wisata yang aman


Jika sebelum-sebelumnya kita bisa bebas mengunjungi destinasi wisata apa saja, namun di masa pandemi ini kita harus punya itinerary yang jelas agar perjalanan tetap asyik dan juga aman.

Sebagai persiapan untuk meminimalkan kontak dengan orang lain, kita bisa beli tiket masuk ke berbagai destinasi wisata atau atraksi di kota tujuan secara online. Selain itu, beli tiket wisata online biasanya juga banyak diskon dan penawaran menarik.

5. Buat daftar barang yang harus dibawa


Selain packing pakaian, kita juga perlu membawa barang-barang wajib di masa pandemi ini. Seperti masker dan masker cadangan, hand sanitizer, tisu basah dan desinfektan ukuran travel. Pastikan bawa dalam jumlah yang cukup agar kita tidak perlu lagi membelinya di kota tujuan.

Baca juga: Wisata Pagar Alam

Nah, itulah sejumlah hal yang sebaiknya disiapkan jika ingin bepergian di masa akhir tahun. 

Bagaimana? Sudah siapkah merayakan momen spesial itu dengan aman dan nyaman? Happy Holiday temen-temen๐Ÿ˜Š

10 comments

  1. Tips buat itinerary wisata yang aman itu gak cuma berlaku buat yang mau liburan ke luar kota ya mba, yang liburan dalam kota juga kudu bikin itinerary yg aman supaya acara keluarga gak bikin waswas atau berakibat fatal di kemudian hari.

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya :) Iya dong aplaagi booking hotel mesti jauh2 bulan, akhir tahun makin mahal rate nya kan. Semua diperhatikan sampai tujuan wisata juga mau ke mana, jauhi keramaian misal ke hutan2, pantai. Ga usah yg raramean yg penting relaksasi hati dan badan ya hehehe :) TFS.

    ReplyDelete
  3. Untuk tahun ini saya hanya nginap di hotel, gak brani bepergian ke luar kota. Takut euy soalnya bawa anak kan...semoga thn depan semua bisa jadi lebih baik lg ya. Amin

    ReplyDelete
  4. kayaknya daku tetep stay at home nih mbaaa, hiks hiks.
    karena
    (a). budgetnya buat liburan kagak ada
    (b), ibu mertua (sudah sepuh) tinggal bareng kami

    jadinya aku bener2 ga ada acara traveling nih thn ini

    ReplyDelete
  5. Pergi... Jangan
    Pergi.... Jangan
    Hihihi sayapun ingin banget berwisata tapi masih takut ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
  6. Rencananya mau balik kampung aja mungkin akhir tahun ini soalnya pas lebaran kemarin gak ada pulang. Semoga yang berencana mudik atau libiran lancar-lancar dan sehat ya aamiin

    ReplyDelete
  7. Nggak terasa ya sudah mau akhir tahun aja. Pengen juga deh bisa liburan gitu tapi masih worry bepergian jauh bawa bayi dan balita dalam kondisi sekarang but boleh juga nih tipsnya.

    ReplyDelete
  8. terima kasih tips nya mbak. kebetulan kau juga lagi mau mencoba jalan nih.. bawa 2 anak yang udah lama banget di rumah aja.

    ReplyDelete
  9. Wah, makasih banget tipsnya mba. Namun, untuk tahun ini sepertinya kami nggak liburan dulu karena mengingat situasi saat ini.

    ReplyDelete
  10. Tahun ini liburan keluarga dipending dulu, liburan leyeh-leyeh di rumah aja heheheh belum berani bawa anak bayik ke mana-mana.

    Untuk yang memutuskan tetap liburan, have fun yaaa dan jangan lupa protokol kesehatannya tetap diterapkan

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Blogger Perempuan Network

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)