Hoala Koala, Mengembalikan Keceriaan Lagu Anak Indonesia


Cicak-cicak di Dinding

Diam-diam merayap

Datang seekor nyamuk

Hap! Lalu di tangkap. 

Hayooo siapa yang nyanyiin lagu ini pake nada? Yap lagu anak-anak yang populer banget dari zaman dahulu sampai sekarang. Bahkan lagu cicak di dinding ini pun kerap kali kita nyanyikan buat anak-anak terutama kalau ada melihat cicak di rumah. Lagu anak yang liriknya enak didengar, mudah di hafal dan seru. Ya! Kita waktu masih anak-anak dulu sangat kaya akan lagu anak-anak. Bermacam judul dari dari berbagai para penyanyi cilik. Mulai dari Trio kwek-kwek, Tasya Kamila, Joshua, dll. Tapi lihatlah! Sekarang para penyanyi cilik itu udah pada dewasa dan sudah berkeluarga. Tapi lagu anak Indonesia seolah stuck di situ-situ aja. Kita butuh karya anak bangsa yang ramah akan anak, kita butuh karya anak bangsa yang bersahabat dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak kita. Seperti pembuatan lagu anak-anak yang kreatif dan edukatif misalnya. Padahal musik/lagu anak memiliki banyak sekali manfaat buat anak-anak. Diantaranya:

1. Sarana pendidikan

Lagu anak-anak bisa menjadi media belajar buatnya. Orang tua atau guru akan terbantu banget jika mengajar sambil menyanyikan lagu. Karena anak-anak lebih cepat belajarnya dengan di iringi musik. Misalnya saat kita ingin mengajari anak berhitung, kita bisa menggunakan lagu satu ditambah satu. 

2. Sarana komunikasi

Terkadang ada beberapa hal yang apabila kita komunikasikan dengan cara yang asik dan menyenangkan, anak akan lebih mudah faham dan lebih cepat menjalani instruksi. Misalnya kita mengajarkan rutinitas pagi ke anak, maka bisa menyanyikan lagu bangun tidur ku terus mandi. Atau kita meminta anak untuk tidur, maka bisa dikomunikasikan dengan lagu nina bobo, dan seterusnya.

3. Meningkatkan bounding antara orang tua dan anak

Orang tua yang sering menyanyikan lagu buat anak-anaknya, tentu memiliki ikatan batin yang berbeda dengan orang tua yang kaku, yang tidak pernah menyanyikan anaknya sebuah lagu. Hal ini dikarenakan saat orang tua bernyanyi dengan penuh semangat dan ceria, lalu didukung gestur tubuh dan mimik wajah, maka anak lebih cepat menangkap lagunya dan keceriaan orang tuanya akan menular ke anak. Belum lagi lagu yang dinyanyikan dengan penuh kasih sayang, juga bisa dirasakan pula oleh anak. 

4. Mengajarkan anak berbagai hal baru

Lagu anak-anak yang kaya akan bahasa, tentu mengajar berbagai hal baru bagi anak. Misalnya kosa kata baru, belajar berhitung dengan mudah, dll

5. Anak jadi lebih kreatif, ceria, dan cerdas

Hoala Koala on Youtube

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa musik memiliki dampak positif buat pendengarnya. Jangankan anak-anak, kita yang orang dewasa saja senang dengar lagu/musik dan kerap dijadikan sebagai media rileksasi. Nah, dengan lagu anak-anak yang ceria, edukatif, dan kreatif, anak juga ikutan ceria dan cerdas. Otaknya lebih mudah dalam memahami makna kata lewat lagu. Apalagi lagu yang beraneka ragam itu mengandung makna tentang budi pekerti, tentang belajar, tentang kehidupan sehari-hari, dll. Jadi jangan ragu bernyanyi bareng anak, ya! 

Hoala Koala, lagu anak dengan animasi 3D

Hoala Koala, lagu anak bareng keluarga

Hoala dan Koala adalah lagu anak Indonesia, yang diciptakan pada akhir tahun 2020 dengan karakter musikal yang bernama Hoala & Koala. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.

Tahukah teman-teman siapa Hoala dan Koala itu? Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Nantinya, karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu. Lalu mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. Terutama saat ini dimasa pandemi, kita banyak menghabiskan waktu di rumah.

Hoala Koala, lagu yang penuh nilai edukatif

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak, sehingga penggarapan seluruh musiknya ini dilakukan secara serius dan matang. 

Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Hebat ya! 

Untuk mendengarkan lagu Hoala Koala, teman-teman bisa tonton di youtube lagu dan animasi anak dengan nama chanel "Hoala Koala". Tonton lagunya yukk🤗

Semoga lagu anak Indonesia makin eksis

Kita semua berharap, tentunya kehadiran Hoala & Koala  ini dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. Selain itu juga harapannya semoga lagu anak-anak kembali eksis menghiasi tanah air sehingga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang cerdas, ceria, kreatif dan berbudi pekerti baik. Yang mana tak lepas dari peran lagu anak-anak Indonesia yang edukatif. 



14 komentar

  1. Bagus nih, daripada sekarang tuh miris banyak banget anak-anak yang nyanyiin lagu dewasa yang dia pun belum paham maknanya

    BalasHapus
  2. Semoga Hoala dan Koala, jadi kebangkitan lagu anak Indonesia. Anak-anak memang kesusaham dapat lagu2 baru. Jd mreka sering nyanyi lagu dewasa hehw

    BalasHapus
  3. Saya punya keponakan yang masih bayi. Sempat mikir kasihan juga anak-anak sekarang kayak gak punya lagu anak. Eh, ternyata ada juga channel lagu anak. Salut dengan creatornya. Pasti akan menyenangkan bagi anak dan orang tua.

    BalasHapus
  4. walau udah tua, saya juga suka banget "Hoala dan Koala"

    apalagi kalo lagi bete,

    buka YouTube dan klik link Hoala dan Koala

    happy lagi deh ^^

    BalasHapus
  5. Jadi inget ibu kasur, dulu mendidik anak-anak didiknya dengan lagu-lagu anak. Lagu dapat menjadi sarana belajar anak-anak usia dini, hoala koala wajib ditonton untuk yang memiliki anak usia dini

    BalasHapus
  6. Seruu banget ini Hoala Koala
    apalagi jaman now agak syusyaahh cari channel yg menghibur dan mendiidik buat anak2 ye kan.
    keren keren

    BalasHapus
  7. Lagu anak memang perlu dilestarikan biar anak memahami lagu sesuai usia anak

    BalasHapus
  8. Seneng banget loh mendengar/membaca berita tentang HOALA KOALA ini. Apalagi setelah sekian lama, kita tak lagi mendengar lagu-lagu anak berkumandang. Semoga kehadiran mereka akan berlangsung lama dan mendapat dukungan positif dari masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  9. Anak-anak zaman now, genre musiknya bukan lagi sesuai usianya ya mbak. Apalagi yang sudah terbiasa main gadget. Pasti malah suka lagu dangdut atau yang lagi hits di aplikasi tok tok wkwk

    BalasHapus
  10. Pas tahu ada chanel hoala koala sya langsung suka lho mba. Jangankan anak kecil, org dewasa aja suka kok kalau diperdengarkan lagu anak

    BalasHapus
  11. Aamiin semoga lagu anak-anak cepat berkembang dan tercipta yg lebih kreatif ya.

    BalasHapus
  12. Wah aku baru tahu ada hoala koala.. Seru sepertinya ya melihat chanelnya.

    BalasHapus
  13. Waaah, ini bagus banget ya buat hiburan anak-anak.

    BalasHapus
  14. Keren banget ya mbak Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang pastinya nggak bakalan membosankan bagi anak-anak

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring