Solusi Baca Buku Hemat Waktu (Aplikasi Storytel, Platform Audiobook Indonesia)

Dengerin buku sambil ngasuh anak
Hallo teman-teman, siapa disini yang suka baca buku? Atau tak punya waktu lagi buat baca buku? 

Yap! Aku salah satunya. Aku sebenarnya suka sih membaca buku. Khususnya buku non fiksi seperti novel. Ada kepuasan tersendiri setelah membaca buku. Ada-ada aja hikmah yang dapat dipetik setelah membaca buku. Pun semangat dan nilai kehidupan yang sedikit banyaknya berpengaruh terhadap pribadiku. 

Mendengarkan buku

Namun, ada beberapa kendala kenapa akhir-akhir ini aku jadi jarang baca buku.  Seperti sering liat layar smartphone karena pekerjaan aku ngandalin smartphone, sedang punya anak kecil yang sedang aktif-aktifnya dan butuh perhatian banyak. Atau bisa juga terkait lokasi aku yang hidup di desa dan jarang ke kota. Jadi nggak bisa ke toko buku langsung dan milih buku mana yang bagus buat di baca. Selain itu, juga karena tidak tau novel apalagi yang rekomended buat aku baca. Hehee.. 

Banyak ya alasan aku! Emang dasar aku, nih. Selalu punya alasan. Wkwk.. 

Etapi, kalau alasannya karena nggak bisa ke toko buku, kan sekarang udah banyak toko buku online buat beli, tuh. Tinggal buka e-commerce, pilih-pilih, masuk keranjang, checkout, dan tunggu barang sampai deh. Gampang banget! 

Baca juga: Review novel Tentang Kamu

Hmm.. Cara itu emang benar sih. Tapi ongkirnya lumayan. Bagi emak-emak kayak aku ini, beda harga dikit aja itu udah berarti banget. Mendingan ke toko buku langsung, kan, yaa. Bebas pilih dan pegang buku fisiknya. Bisa sekalian cuci mata juga. Hihii... Kan sensasinya jadi beda kalau beli ke toko buku langsung. Wkwk


Audiobook Storytel
Novel Selamat Tinggal yang baru selesai aku dengar di storytel
Apalagi sekarang aku sedang menghindari beli buku di toko buku online bajakan. Iyaa! Toko buku bajakan yang tentunya ilegal. Aku baru tau loh tentang segitu buruknya dampak negatif dari toko buku bajakan. Bukunya memang murah sesuai kualitas bukunya. Kamu bisa baca novel kesukaan seperti Dilan. Atau novel Mariposa lewat buku bajakan. Tapi ternyata itu bukan cara yang benar buat nikmati buku dan mendapati ilmunya dengan baik. 

Aku tau ini berawal dari liat postingan Bang Tere Liye di Facebook. Beliau kerap menggaungkan buruknya perilaku baca buku atau beli buku dari toko buku bajakan. 

Dan ditambah lagi, aku baruuu aja selesai baca buku, eh maksudnya dengarkan buku karya Tere Liye yang judulnya Selamat Tinggal. Sebuah novel yang pemeran utamanya bernama Sintong Tinggal. Isinya tentang buruknya toko buku bajakan. Baik online mau pun offline yang tentu merugikan banyak penulis. 

Tadi aku bilang apa? Mendengarkan buku? Bukannya buku itu dibaca ya? Tapi kok kali ini di dengar? 

Nah, ini adalah sebuah solusi buat tipe orang yang sering make alibi jarang baca buku karena nggak ada waktu, nih. Karena sekarang, buku bukan hanya bisa dibaca. Tapi juga bisa buat di dengar. Tepatnya buku kita dibacakan oleh orang lain (narator), dan kita tinggal mendengarkan. 

Yuhuuu!!! Nama aplikasinya adalah storytel. Sebuah aplikasi audiobook Indonesia yang bisa buat kita baca buku jadi lebih hemat waktu. 

Storytel adalah salah satu layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Aplikasi audiobook ini menawarkan jasa mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul dalam skala global. Visinya adalah menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan kisah-kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Storytel ini beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia, loh. Dan berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Keren, kan? 

Banyak rekomendasi buku yang bisa dibaca

Kita bisa baca buku jenis apa aja. Baik buku fiksi mau pun non fiksi. Seperti Game of Thrones juga rokomended buat di lahap. Ada banyak jenis buku yang bisa kita dengarkan melalui aplikasi storytel ini mulai dari novel, buku motivasi hingga buku pembelajaran. Juga banyak buku best seller pula yang bisa dinikmati, salah satunya novel legendaris Harry Potter Audiobook.

Baca juga: Aplikasi layanan kesehatan

Pengalaman aku dengerin novel di aplikasi audiobook satu ini seru banget. Aku tinggal download aplikasinya di smartphone, registrasi, pilih judul buku, dan dengerin deh. Oya, ada free uji coba selama 7 hari loh sebelum berlangganan. 

Nih aku kasih detailnya beberapa manfaat dari storytel:

Hemat waktu

Kalau biasanya baca buku harus fokus dan nggak bisa sambil ngerjain hal lain, sekarang itu nggak perlu lagi. Aku baca buku online ini bisa sambil melakukan pekerjaan rumah. Bisa sambil nyuci piring, nyapu, masak, dan banyak pekerjaan lainnya. Layaknya kita mendengarkan musik aja saking simple nya. Apalagi para pecinta novel fiksi. Kamu wajib coba aplikasi satu ini. Karena menghemat waktu banget. 

Durasi bisa di atur

Durasi waktu bisa disesuaikan
Nah, durasi naratornya dalam membaca buku ini bisa kita atur, loh, di aplikasinya. Bisa durasi lama, sedang, hingga cepat. Misalnya aja aku baca novel Selamat Tinggal dengan durasi yang santai. Jadi butuh waktu selama 11 jam an. Sementara untuk waktu yang lebih cepat, cukup dengan 7 jam aja. Seperti hal nya buku fisik, mendengarkan storytel ini juga bisa per bab aja. Pokoknya seru dan memudahkan banget. 

Storytel menemani hari-hari

Kalau storytel menemani keseharian ku selama di dapur dan urusan domestik lainnya, kamu bisa mendengarkan storytel ini buat nemani perjalananmu kalau lagi di perjalanan, bisa buat media belajar anak dengan mendengarkan buku, juga bisa menyuntikkan semangat lewat buku-buku motivasi atau belajar hal-hal baru dengan beragam jenis buku yang tersedia. Setelah novel Selamat Tinggal, selanjutnya aku mau dengerin buku Negeri Lima Menara, ahh..  Karena dulu pernah baca bukunya tapi nggak selesai. Hehee

Baca juga: Ide nulis buat blogger pemula

Biaya langganan murah

Buat kamu yang pengen menikmati beragam jenis buku lewat storytel, kamu bisa berlangganan langsung, kok. Biaya berlangganannya juga murah banget. Cuma 39.000 aja per bulan. Murah pake banget, kan? Dengan biaya segitu, kita bisa dengerin banyak buku dalam satu bulan. Buku jenis apa aja. Seperti novel dari luar negeri  misal Sapiens dan Hunger Games. 

Nah, gimana? Menarik bukan dengerin buku dengan aplikasi dari storytel? 

Bisa download aplikasinya di playstore atau appstore
Aplikasi ini bisa dibaca oleh siapa aja, kapan aja dan dimana aja. Oya, aku rekomended juga buat kamu dengarin novel Divortiare ya di aplikasi ini. 

Kamu bisa download Aplikasi Storytel untuk iOS, maupun Aplikasi Storytel untuk Android di smartphone kesayanganmu. 

So, yuk download storytel sekarang juga dan dengerin buku favoritmu. đŸ„°

32 comments

  1. Hahahha itu ternyta ulhan mu sambil nanak ngulai ,itulah sempat ayug bfikir nengsi ni sambil ngasuh rendra ap surng ,hahha

    ReplyDelete
  2. Asik banget yess aplikasinya. Ngebantu kita yg gak sempat baca buku nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya, kalau lagi dalam perjalanan traveling pun tetap bisa menyimak buku ya, Joe.

      Delete
  3. Wah..jadi asyik nih bisa nikmatin cerita buku kapan pun..ya mba..

    ReplyDelete
  4. Menarik banget ya aplikasi satu ini, Mbak. Saya pun suka banget mendengarkan buku lewat Storytel ini. Rasanya waktu kita produktif banget kalau bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sekaligus mendengarkan buku di Storytel.

    ReplyDelete
  5. Bener bangeeeet, krn bisa didengerin kapan saja, jadi gak ada alasan buat males baca lagi ya đŸ‘đŸ»

    ReplyDelete
  6. Toss kita Mba,, saya jg mendengarkan buku di aplikasi audiobook sembari mengasuh anak juga,, seru dehh,,

    ReplyDelete
  7. Menarik nih, berasa kayak denger cerita langsung.

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget sama Tere Liye. Aku juga udah dengerin audiobook nya Selamat Tinggal lho, Kak. Seru banget...

    ReplyDelete
  9. Solusi buat macam aku yg males banget buka2 buku 😜

    ReplyDelete
  10. Bener banget dengarkan buku pakai aplikasi Storytel bisa hemat waktu ya karena bisa disambi ngerjain pekerjaan rumah tangga. Kalo saya dengarkan buku ya seperti baca buku harus fokus hening biasanya menjelang tidur berasa dininabobokan

    ReplyDelete
  11. Tinggal di daerah yang nggak ada toko bukunya emang semacam cobaan berat bagi si hobi baca. Hehehe.... Untung sekarang ada Storytel.

    Btw, makasih banyak karena tidak membeli buku bajakan.

    ReplyDelete
  12. Terbantu kali ya kak. Jadi bisa dengarin sambil selesaikan pekerjaan rumah juga

    ReplyDelete
  13. Sebagai penggemar sandiwara radio, tampaknya audiobook ini cukup menarik.

    ReplyDelete
  14. Bener nih..
    Dengan aplikasi storytel, bisa lebih hemat belanja buku.
    Dan karena aku anak visual, sering tergoda membeli buku dari covernya yang menarik. Jadi kini bisa cobain dulu mendengarkan melalui Storytel. Kalau menarik, baru hunting ke toko buku buat beli buku fisiknya.

    ReplyDelete
  15. Bener nih..
    Dengan aplikasi storytel, bisa lebih hemat belanja buku.
    Dan karena aku anak visual, sering tergoda membeli buku dari covernya yang menarik. Jadi kini bisa cobain dulu mendengarkan melalui Storytel. Kalau menarik, baru hunting ke toko buku buat beli buku fisiknya.

    ReplyDelete
  16. Bener nih..
    Dengan aplikasi storytel, bisa lebih hemat belanja buku.
    Dan karena aku anak visual, sering tergoda membeli buku dari covernya yang menarik. Jadi kini bisa cobain dulu mendengarkan melalui Storytel. Kalau menarik, baru hunting ke toko buku buat beli buku fisiknya.

    ReplyDelete
  17. bener banget, biaya langganannya murah loh untuk ratusan buku yg tersedia di aplikasi Storytel

    ReplyDelete
  18. G bisa dipungkiri, aplikasi ini asik banget. Apalagi kalo ndengerin sebelum berbuka. Ga kerasa tau" udah adzan maghrib aja.hihi

    ReplyDelete
  19. Kalau pakai storytel baca buku bisa disambi ngerjain pekerjaan lainnya ya kak. Asik banget aplikasinya, cocok buat kita yang punya banyak kesibukan tapi tetep ingin nambah wawasan dengan baca buku

    ReplyDelete
  20. Boleh dicoba untuk para sks, hhe masya allah

    ReplyDelete
  21. Aku juga udah make ini. Banyak pilihan dan kualitas audionya juga bagus. Murah juga si dibanding beli buku kan.

    ReplyDelete
  22. Kesibukan sampai tidak sempat baca buku, jadi ada solusinya ya mbak dengan hadirnya Storytel ini. Apalagi ragam buku dan naratornya yang bikin tambah senang

    ReplyDelete
  23. uhuuuuyyy, aplikasi favorit nih kalau lg pengen baca tapi malas baca yaaa, soalnya dibacain dan pilihan bukunya banyak dan bagus2 pula

    ReplyDelete
  24. Aplikasi storytel ini banyak yang menggunakan karena kemudahan dan efisien banget, Kalau ngga ada waktu baca bisa didengatrkan kapan saja dan dimana saja. menyenangkan banget

    ReplyDelete
  25. Suka banget sama Storytel, aku yang dulu malas2an nyetrika sekarang jadi semangat karena bisa disambi dibacain buku. Mana yang bacain, suaranya enak2 semua lagi.

    ReplyDelete
  26. enak ya mba, bisa jadi ajang belajar anak-anak juga nih. Sarana edutainment banget sih ya

    ReplyDelete
  27. Wahh ada novel dari Tere Liye ya di Storytel ini
    Wah jadi pengen dengerin juga
    Pasti seru

    ReplyDelete
  28. iya bener hemat waktu, hahaha. apalagi makin dewasa haduh susah bener cari waktu luang buat baca buku. padahal buku berplastik masih banyak di rak :')

    ReplyDelete
  29. Storytel nih ngga cuma ada novel aja, tapi buku motivasi juga ada yaaa.. aku suka dengerim storytel

    ReplyDelete
  30. enak sih pakai aplikasi audiobook storytel ini, aku mendengarkan buku-buku motivasi sambil mengerjakan pekerjaan rumah...

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of