Kenali Bahaya Asam Lambung dan Cara Mengatasinya


Gerd atau asam lambung adalah penyakit yang banyak terjadi pada manusia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Banyak yang menyepelekan hal ini karena dianggap penyakit biasa yang tidak terlalu berbahaya. Namun jika terlalu diabaikan, hal ini bisa berbahaya dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari loh. Maka kita harus tau cara tepat mengatasinya.

Perbedaan GERD dan Maag

Maag, Gerd, dan asam lambung sering diartikan sama oleh masyarakat. Aku juga awalnya begitu. Namun setelah aku cari tau, ternyata maag dan gerd itu berbeda.

Gerd atau dikenal dengan gastroesophageal reflux disease merupakan kondisi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus) hingga mulut.

Gerd memiliki gejala yang berbeda dengan maag. Gejalanya berupa refluks asam lambung. Hal ini ditandai dengan sensasi terbakar pada dada (heartburn)

Sementara maag merupakan istilah yang menggambarkan gejala tidak nyaman atau keluhan sakit akibat masalah pada pencernaan. Sakit maag ditandai dengan perasaan tidak nyaman pada area perut bagian atas.

Asam lambung apakah berbahaya?

Source: Canva
Pada dasarnya, asam lambung memiliki manfaat bagi tubuh. Karena ia merupakan senyawa yang berperan penting dalam sistem pencernaan jika kadarnya dalam batas wajar. Jika berlebihan, tentu akan membahayakan bagi tubuh.

Baca juga: Pentingnya asupan kalori bagi tubuh

Beberapa fungsi asam lambung:

  • Untuk membunuh mikroorganisme yang merugikan bagi tubuh seperti bakteri, virus dan parasit.
  • Berfungsi dalam mencerna zat gizi protein dalam makanan (pepsinogen menjadi pepsin).
  • Merangsang usus, hati dan pankreas untuk mencerna makanan.
  • Mempercepat reaksi antara air dan zat gizi protein agar melancarkan sistem pencernaan.

Ciri-ciri asam lambung naik

  • Perut kembung dan bersendawa
  • Regurgitasi: rasa asam atau pahit yang kembali ke tenggorokan atau mulut 
  • Nyeri di ulu hati atau sensasi rasa terbakar dari perut ke dada, bahkan sampai ke tenggorokan 
  • Cegukan yang tak kunjung reda
  • Mual
  • Disfagia: sensasi makanan tersangkut di tenggorokan
  • Rasa nyeri di ulu hati (heartburn)

Komplikasi akibat asam lambung

Asam lambung dalam jumlah yang kecil tidak akan berdampak buruk bagi kita selagi kita tidak memicu dengan beragam makanan, minuman atau pola hidup yang dapat membuat asam lambung naik.  

Namun, jika disepelekan atau terjadi dalam jangka panjang, akan terjadi beberapa penyakit yang akan berpengaruh terhadap produktivitas tubuh. Diantaranya:

1. Kanker kerongkongan

Kanker yang dimulai di kerongkongan dibagi menjadi 2 jenis utama, yaitu: Adenokarsinoma dan Karsinoma sel skuamosa.

Adenokarsinoma adalah jenis kanker yang biasanya berkembang di bagian bawah kerongkongan. Jenis ini dapat berkembang dari Barrett's esophagus.

Karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker yang dimulai pada sel-sel yang melapisi kerongkongan. Kanker ini biasanya menyerang bagian atas dan tengah kerongkongan.

2. Barret's esophagus

Penyakit ini merupakan suatu kondisi yang berkembang pada beberapa orang yang memiliki GERD jangka panjang.

Kerusakan yang disebabkan oleh refluks asam selama bertahun-tahun dapat mengubah sel-sel di lapisan kerongkongan. Dan barrett's esophagus adalah faktor risiko dari kanker kerongkongan.

3. Esofagitis

Merupakan iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh asam lambung pada lapisan kerongkongan. Esofagitis dapat menyebabkan borok di kerongkongan, nyeri di ulu hati, nyeri dada, pendarahan, dan kesulitan menelan.

Penyebab asam lambung naik

pola makan sangat mempengaruhu asam lambung
Ada beberapa penyebab asam lambung naik yang sering kita sepelekan.  Diantaranya:
1. Merokok 
2. Makan dalam porsi besar atau makan larut malam  
3. Minum minuman tertentu, seperti alkohol atau kopi 
4. Minum obat-obatan tertentu yang memicu asam lambung naik
5. Makan tidak teratur
6. Makan makanan pemicu asam lambung, seperti makanan masam, berlemak atau gorengan.

Selain dari 6 cara di atas, kamu bisa mensiasati asam lambung dengan makanan yang sehat, aman, bahkan menjadi obat buat penderita asam lambung. Salah satunya adalah Nutriflakes. Sereal untuk asam lambung.

Mengenal Nutriflakes, Sereal untuk Asam Lambung

Nutriflakes bisa sebagai pengganti menu harian sehingga cocok buat program diet
Nutriflakes adalah sereal asam lambung dengan bahan utama pati umbi garut yang diformulasi khusus untuk meredakan asam lambung tinggi. Dibuat dari bahan-bahan alami dan tentunya sudah terdaftar di BPOM. Produk ini memiliki nomor registrasi MD 869011005864 sebagai produk Makanan dan Minuman.

Sereal umbi garut ini aman dikonsumsi anak-anak dari usia 2 tahun hingga lansia. Makanan sehat ini memiliki cara kerja alami dalam mengatasi berbagai keluhan di lambung.



Rasa enak dan kekentalan yang pas membuat sereal sehat ini disukai banyak orang. Terbukti pula sudah banyak yang merasakan manfaat dari asam lambung ini. Mulai dari asam lambung gejala ringan hingga berat.

Bukan hanya sebagai obat untuk asam lambung, sereal ini juga rekomendasi banget buat yang sedang menjalankan program diet. Kandungan Karbohidrat dan nutrisi di dalamnya dapat memberikan efek kenyang sehingga bisa mengganti menu makan harian.

Beberapa manfaat Nutriflakes

Dengan bahan alami di dalamnya, Nutriflakes memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

1. Menurunkan asam lambung (GERD)

Zat antioksidan nabati seperti tanin, flavonoid, riboflavin, dan thiamin yang terkandung di dalamnya mampu untuk menetralisir asam lambung.

2. Menguatkan pencernaan

Sereal umbi garut ini mengandung bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini mengandung serat yang menyehatkan organ pencernaan, salah satunya usus.

3. Meredakan nyeri sendi dan sesak nafas

Sereal ini memiliki khasiat meredakan rasa nyeri sendi dan sesak napas. Ini karena bahan di dalamnya tidak mengandung purin yang tinggi.

4. Meredakan gejala maag kronis

Bahan utama Nutriflakes mampu menetralkan pH di lambung. Dengan begitu, lambung tidak terlalu bersifat asam maupun basa. Lambung jadi terhindar dari risiko luka dan infeksi. Selain itu, gejala begah, kembung, dan nyeri bisa mereda.

Kandungan dalam Nutriflakes

Kandungan alami dalam Nutriflakes
Nutriflakes terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan. Adapun bahan-bahan di dalamnya, yaitu:

1. Umbi Garut

Bahan yang merupakan bahan utama dalam Nutriflakes ini mengandung beberapa senyawa kimia yang bagus untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah zat pati sebagai sumber karbohidrat. Umbi garut juga mengandung berbagai nutrisi untuk menurunkan berat badan, mengatasi diare, menguatkan kekebalan tubuh, dan menyembuhkan asam lambung.

2. Susu Etawa

Susu kambing atau susu etawa memiliki kandungan vitamin A dan B yang lebih banyak dibanding susu sapi. Susu etawa sendiri juga mengandung zinc, besi, magnesium dan asam lemak rantai pendek. Kandungan basa dalam susu kambing bisa menetralkan kadar asam dalam lambung, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resiko serangan jantung dan stroke.

3. Daun Kelor

daun kelor 
(Source: Dokpri)
Siapa sih yang nggak betapa banyak dan besar manfaat daun kelor bagi tubuh?
Bahkan, WHO mengakui bahwa daun kelor bisa menjadi alternatif menangani masalah gizi. Kandungan nutrisi dan antioksidan daun kelor bermanfaat membantu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi kanker, mengatasi infeksi bakteri, dan mencegah anemia.

4. Gula Aren

Gula aren sangat akrab bagi masyarakat karena sering jadi campuran dalam makanan. Gula aren memiliki beberapa kandungan Vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan asam nikotinat (B3). Bahan ini juga memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan antimikroba sehingga dapat mencegah infeksi. Gula aren juga lebih aman dan sehat dikonsumsi daripada gula pasir, serta bagus untuk penderita diabetes selama tidak dikonsumsi berlebihan.

5. Psyillium Husk

Merupakan serat larut yang diambil langsung dari sekam bijinya. Mengandung 66% serat larut dan 34% serat tidak larut alami untuk menyerap air dan membentuk Gel. Gel inilah yang berfungsi untuk mengikat lemak, gula darah, kolesterol di dalam perut dan kemudian mengangkutnya ke usus besar, lalu dikeluarkan melalui BAB.

Jadi gimana? Udah ngerti sekarang tentang asam lambung? Ngerti donkk masa nggak ngerti (Udah kayak di film layangan putus aja ya aku. Hehe).

Nah, mulai sekarang jangan sepelekan asam lambung ya teman-teman. Kurangi merokok, jangan makan sekali dalam porsi besar, batasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung, serta tentunya konsumsi selalu Nutriflakes, sereal untuk asam lambung.

Oya, kamu bisa beli sereal ini disini yaa.

Happy Healthy guys..🤗

Sumber:
  • https://hellosehat.com/pencernaan/maag/perbedaan-maag-dan-gerd/
  • https://health.kompas.com/read/2022/01/24/160000568/kenali-11-ciri-ciri-asam-lambung-naik

11 komentar

  1. Ibu mertuaku nih mbaaaa, bbrp kali ada keluhan asam lambung
    Abis gini, aku bs info k beliau.
    Supaya nyetok produk ini

    BalasHapus
  2. Waduh ga bisa disepelekan ya ini, mesti kenali dan waspadai asam lambung. Suamiku nih sering tinggi asam lambungnya, doyan ngopi banget dan kadang di kantor telat makan. Enggak merokok sih. Aku mau kenalin ah Nutriflakes, sereal asam lambung dengan bahan utama pati umbi garut yang diformulasi khusus untuk meredakan asam lambung tinggi.

    BalasHapus
  3. Keren dah jaman sekarang bukan hanya makanan buat kurusin badan . sekarang ada makanan buat asam lambung .benar juga sih kalau sakit asam lambung ogah makan dan nutri flakes membantu biar kita makan

    BalasHapus
  4. Asyik ada variasi baru buat sarapan nih. Secara saya juga ada maagh sih, semoga jangan GERD ya.. btw, Nutriflakes ini sudah ada di mini market terdekatkah mbak?

    BalasHapus
  5. asam lambung kayak udah jadi penyakit bawaan tiap orang, apalagi kalau kita lagi stress karena kerjaan atau masalah langsung deh timbul. perlu lebih sering makan/ngemil setiap jam katanya yaa biar aman lambung.

    BalasHapus
  6. baru tau kalo Nutriflakes bagus untuk penderita asam lambung
    beli ah
    Karena saya penderita asam lambung, dan kalo udah kambuh rasanya sakit banget
    sampai takut mati :D

    BalasHapus
  7. Kalau dah kena asam lambung itu sengsara bangt pastinya semoga ya kita bisa menjaga pola hodup sehat

    Mulai dari jangan merokok, makan sekali dalam porsi besar, bisa batasi konsumsi makanan dan minuman yang memicu asam lambung,

    Terus sedia Nutriflakes ya

    BalasHapus
  8. Nah ini masalahku suka naik asam lambung, kalau setress telat makan. Dan makan gak sehat. Untungnya hanya sesekali kambuh. Boleh juga nih dicoba produk sereal Nutriflakes

    BalasHapus
  9. Kalau dari penjelasan di artikel, berarti daku itu mag, karena perasaan tidak nyaman di perut. Ini hal yang gak asik memang, jadinya tuh kayak serba salah mau makan pedes apalagi kalau sampai telat makan

    BalasHapus
  10. Saya banget inihhh.. telat makan, jadwal makan gak sesuai, kecapekan, langsung deh bakal naik tuh asam lambung. Dan kalau sudah gitu, pasti gak bisa ngapa-ngapain. Tidur pun ga enak. Selama ini kalau kambuh, ya minum antasida. Hmm..jadi penasaran pengen coba Nutriflakes. Apalagi dilihat-lihat, kandungannya komplit banget yakk~

    BalasHapus
  11. Banyak manfaat yang diberikan ketika konsumsi yang sehat untuk tubuh seperti Nutriflakes.
    Karena gejala GERD dan MAAG ini mirip-mirip yaah.. kalau salah mengobati malah takutnya berbahaya untuk organ lain.

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of