Bayar Hutang Puasa Lepas Menyusui


Hay hallo...

Spesial banget hari ini aku mau nulis hal yang bisa dibilang ini curhatan lah ya. Sesuai dengan judul. Tentang drama dan perasaan lega aku setelah hutang puasa menyusui telah aku tunaikan. 

Lega banget rasanya, karena sekarang resmi aku udah bebas. Serasa lepas dari hutang menumpuk yang menjadi beban. Wkwk. . 

Paling nanti kalau mau puasa lagi, ya puasa tanpa beban. Puasa Sunnah hari Senin dan Kamis yang juga baik untuk kesehatan. Tapi puasa hari Senin disini ujiannya beraatttt. Kenapa? Karena setiap hari Senin di desa ku orang-orang ke pasar mingguan. Jadi banyak makanan yang berjejer. Kalau ke pasar, harus beli oleh-oleh kue atau sate untuk anak di rumah. Tentu aku bertugas untuk ngabisi sate tersebut karena Rendra makannya masih sedikit (ngeles aja. Hihi)

Bolong puasa berturut-turut setelah menikah

Alhamdulillah aku termasuk di dalam orang-orang yang diberi kemudahan dan kepercayaan oleh Allah perihal keturunan. Setelah menikah langsung dikasih anugerah garis 2, setelah kurang lebih 1,5 bulan ngosong. Termasuk cepat, kan?

Baca juga: Mendetox tubuh dengan puasa

Bulan Ramadhan 2020, di tahun pertama pernikahan, aku hamil muda. Trimester pertama. Sudah konsultasi ke Bidan perkara puasa, sudah nanya guru fiqih waktu MAN dulu, dan sudah cari-cari tau di internet juga tentang hukum puasa saat hamil. Hasilnya, tidak dianjurkan untuk puasa karena kandunganku masih lemah. Masih TM pertama. Khawatir cabang bayi kenapa-kenapa. Nah, itu pertama kali aku full tidak puasa.

Lepas Ramadhan dan lebaran, galau gimana cara gantikannya. Karena status masih hamil. Karena khawatir nggak panjang umur sementara hutang puasa masih ada, aku dan suami memutuskan untuk bayar fidyah saja. Hitungannya memberi makan fakir miskin sebanyak biasanya kita makan dihari itu. Kami bayarkan menjelang lebaran tiba. Ok selesai.

Ramadhan kedua 2021 setelah menikah, otomatis anakku telah lahir. Namun masih belum bisa puasa dikarenakan dia belum MPASI. Jadi makannya si bayi sepenuhnya ngandalkan aku. Hal yang dikhawatirkan, aku nggak kuat puasa karena makan dibagi 2, dan bayi juga makannya nggak cukup karena ibunya kurang makan juga. Akhirnya, cuma bisa puasa sehari. Selanjutnya bolong. Nggak ada yang dukung aku bua puasa juga. Huhuu.. Kembali ku bayarkan dengan fidyah.

Baca juga: Tips belanja online aman minim kecewa

Nah, di Ramadhan ketiga 2022, aku puasa. Rendra udah MPASI. Tapi aku masih belum bisa full puasa. Di tahun 2022, aku bisa puasa selama setengah bulan. 8 harinya bolong karna haid, sisanya karena memberi jarak  per harinya biar kebutuhan tubuh aku dan anakku tetap tercukupi. Tetap sehat.

Jadilah ada kemajuan di tahun 2022 ini. Bisa puasa minimal setengahnya. Sisanya aku bayarkan.

Meng-Qadha Puasa

keringanan busui dan bumil dalam hal puasa
Nah, kan bulan puasa di tahun 2022 itu ada di pertengahan. Jadi di tahun yang sama setelah lebaran, aku udah mulai guyuran bayar hutang puasa. Kali ini aku nggak membayar fidyah. Aku fikir aku mampu membayarnya dengan puasa pula.

Di awal-awal, karena kondisiku yang masih menyusui, proses membayar hutang puasa ini cukup menemui tantangan. Apa saja kesulitannya?

1. Susah bangun sahur

2. Pas sahur makan sedikit

3. Makan sedikit sehingga lemas

Nah, ketiga faktor ini saling berkaitan. Malas sahur karena udah terbiasa bangun pas subuh, lalu malas makan karena nggak ada teman, akhirnya makan cuma ala kadarnya ya akhirnya badan lemes di tengah puasa. Namun meski begitu, Alhamdulillah aku bisa menyelesaikannya dengan baik hingga magrib. Lepas menyusui, aku tinggal membayar sisanya lagi dengan tubuh yang lebih fit.

Baca juga: Tips merawat kulkas agar tidak mudah rusak

Bagaimana hukum membayar puasa karena hamil dan menyusui? Haruskah wajib bayar dengan puasa juga atau bayar fidyah?

Pasti ada yang bertanya. Ada beberapa pendapat dengan berbagai penjelasan. Aku nggak terlalu berani menjelaskannya disini. 

Sebaiknya tanya ustadz saja ya. Atau baca buku fiqih, atau sumber lainnya yang lebih valid. Karena penjelasannya panjang. Namun intinya ibu hamil dan ibu menyusui harus membayar puasanya nanti saat dia telah mampu😊

Nah, kurang lebih 2 bulan lagi mendekati Ramadhan, gimana kabar hutang puasanya bu-ibu? Atau para gadis-gadis yang wajib meng-qadha puasanya karena haid. 

Bayar segera yuk, mumpung sehat dan masih diberi kesempatan🤗

12 komentar

  1. Alhamdulillaah sudah lunas insyaallaah,...
    saya kalo bayar hutang puasa lepas puasa syawal langsung digas bayar hutang. Mumpung perutnya masih terbiasa berpuasa.
    Terimakasih sudah mengingatkan, mbk....

    BalasHapus
  2. Seingatku, kakak daku juga persis seperti kak Nengsih, pas doi menyusui anak kedua pas Ramadhan dan jadinya bayar fidiyah. Cuss semangat, sambut Ramadhan sebentar lagi

    BalasHapus
  3. Menurut saya sih setiap ibu itu unik
    Ada yang bisa puasa selama hamil, ada pula yang tidak disarankan oleh dokter
    Juga ada yang bisa puasa selama menyusui
    kalo saya sih dulu selama hamil bisa berpuasa tapi selama menyusui gak bisa puasa
    karena air susunya sedikit banget

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah hutang puasa sudah lunas ya mbak, nggak ada beban, nggak kepikiran lagi. Semoga bulan puasa tahun ini bisa lancar menjalankan.
    Saya masih ada punya hutang 2 hari mbak, hihi... banyak godaannya nih puasa di luar bulan ramadhan

    BalasHapus
  5. Saya juga mengalami dua kali tidak puasa Ramadan, saat hamil dan menyusui kedua anak saya. Alhamdulillah selain membayar fidiyah, saya tetap melengkapinya dengan puasa. Dan karena terbiasa tidak sahur dengan makan (hanya dengan minum), dan terbiasa puasa Senin Kamis, menjalankan puasanya juga jadi senang-senang aja. Malah berhasil membantu menurunkan berat badan. Dapat ibadah dapat juga bonusnya.

    BalasHapus
  6. Salah satu nikmat yg harus disyukuri ya mbak, menjadi perempuan itu..Meski banyak hutang puasa, kalau diberi kemudahan buat membayar hutang puasa ada kepuasan tersendiri. Memantik semangat nih,

    BalasHapus
  7. Ngomongin utang puasa karena menyusui, aku jadi inget beberapa tahun ke belakang. Sejak tahun 2011, di mana aku hamil, terus tahun 2012 menyusui, eh ternyata tahun 2013 hamil, dan 2014 menyusui lagi. Aku 4 tahun berturut-turut itu gak bisa puasa. Semangat, busui!

    BalasHapus
  8. selama melaksanakan puasa ramdahan saya jarang nih bolong puasanya. Biasanya haid sebelum puasa dan kemudian baru haid lagi setelah lebaran jadi gak ada bolong selama puasa. Beberapa kali puasa juga saat hamil, alhamdulillah masih kuat menjalani puasa saat hamil

    BalasHapus
  9. Biasanya saya bayar hutang puasa Ramadan langsung di bulan Syawal. Sekaligus enam hari puasa syawalan jadi seminggu setelah lebaran juga udah free ga punya utang lagi...

    BalasHapus
  10. Memang ada banyak sekali mahzab mengenai hukum qodho hutang puasa saat hamil dan menyusui ini. Dan aku mengambil yang paling paling bisa aku lakukan, yakni menggantinya jika mampu.

    Dengan dasar hadits yang jelas bahwa puasa Ramadan adalah puasa wajib, maka dengan niat tidak ingin bermudah-mudah dalam mengambil ruksyah, semoga meng-qodho puasa ini bisa menjadi bagian dari mendidik diri sendiri dan ketururan agar lahir generasi yang shalih shaliha, in syaa Allah.

    BalasHapus
  11. Barakallah untuk kehamilan hingga kelahiran putra/putri Mba ^^ Perjalanan 2 kali Ramadan Mba luar biasa, Mba. Semoga dimudahkan semuanya termasuk Ramadan nanti di tahun 2023 ^^

    BalasHapus
  12. Jadi tetep bayar puasa ya, mba. Meskipun ada opsi fidyah juga yah. tetap semangat mba. Moga bisa terbayar semuanya

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring