Pengen Kulkas Awet dan Tak Mudah Rusak? Lakukan Perawatan Berikut Ini!


Kulkas atau lemari es adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang saat ini sudah bisa dibilang jadi kebutuhan primer. Dengan adanya kulkas, kita bisa menyetok berbagai jenis makanan agar awet dan tidak mudah busuk hingga berminggu-minggu lamanya. Selain itu, kita juga bisa nyetok berbagai jenis sayuran dan daging-daging-an di freezer hingga tak perlu tiap hari pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan dapur.

Suka minuman dingin dan segar? Kulkas adalah solusinya. Pun menyimpan aneka kue dan buah-buahan. Pokoknya serba guna banget di zaman modern sekarang.

Namun meski sudah tau betapa betapa pentingnya fungsi kulkas, tetap saja banyak ibu-ibu yang mengabaikan perawatan dan kebersihan kulkas sehingga kulkas mengalami banyak masalah dan cepat rusak.

Nah, berikut beberapa tips perawatan yang bisa kita lakukan di rumah agar kulkas awet dan tidak mudah rusak:

1. Bersihkan secara berkala

Bersihkan kulkas minimal 2 minggu sekali
Saat kita menyimpan makanan di kulkas, beberapa makanan meninggalkan bekas embun atau bekas kotor lainnya di kulkas.  Maka penting banget di lakukan perawatan berkala paling tidak 2 minggu sekali agar kulkas bersih dan tidak bau.

Caranya: Matikan kulkas, buka pintu kulkas dan biarkan es mencair, keluarkan semua isi kulkas, cuci semua rak di dalamnya lalu keringkan. Bersihkan juga freezer dari semua noda, es beku, dan lap pake kain bersih. Kemudian kulkas yang kosong di lap juga pakai kain bersih dan pembersih alami. Susun kembali rak di dalam kulkas, masukan lagi makanan dan minuman, tutup rapat dan sambungkan ke aliran listrik.

2. Bersihkan bunga es di bagian freezer

Jangan biarkan bunga es menggumpal terlalu tebal karena akan susah dibersihkan
Setiap kulkas biasanya memiliki bunga es. Kadar es ini sesuai dengan suhu dari kulkas itu sendiri. Semakin dingin suhunya, maka ketebalan es-nya akan semakin besar. Maka jangan biarkan es menggumpal terlalu tebal agar proses pembersihan lebih mudah dilakukan. Hal ini juga bertujuan agar suhu di kulkas tetap stabil.

Baca juga: Resolusi 2023

Cara membersihkan bunga es juga gampang. Cabut colokan listrik, buka pintu kulkas dan pintu freezer, lalu diamkan beberapa menit hingga es mencair dan mudah dikikis. Dan perlu diingat, jangan gunakan sendok, garpu, pisau, atau bahan yang terbuat dari besi/logam atau benda tajam lainnya saat membersihkan atau mengikis es di freezer. Gunakan spatula atau alat berbahan lembut lainnya agar kulkas awet dan tidak bocor.

3. Jangan menyimpan makanan/minuman bersuhu panas

Makanan atau minuman yang bersuhu panas, akan membuat kulkas bekerja ekstra sehingga bisa membuat kinerja kulkas jadi menurun. Biarkan makanan atau minuman di suhu ruang hingga suhunya stabil, baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Isi makanan secukupnya

isi makanan atau minuman secukupnya untuk menjaga agar rak tidak mudah patah
Terlalu banyak mengisi makanan akan membuat bobot kulkas menjadi berat. Hal ini bisa menyebabkan rak-rak kulkas menjadi patah. Maka isilah makanan dan minuman seperlunya saja biar kulkas dan rak-rak di dalamnya tetap awet.

5. Beri jarak antara dinding dengan kulkas

Hal ini bertujuan memberi jarak untuk kulkas melepaskan hawa panasnya dari kondesor. Minimal jaraknya yaitu 15-20 cm.

6. Atur suhu sesuai kebutuhan

suhu disesuaikan dengan kebutuhan
Jika suhu terlalu rendah, ini bisa menyebabkan daging-daging yang di dalam freezer mudah busuk dan berbau. Namun jika terlalu tinggi, bisa menyebabkan penggumpalan es di freezer menjadi lebih cepat tebal.

7. Bersihkan kondesor

Kita bisa mengecek kondesor yang di belakang kulkas dan membersihkannya dari debu dan kotoran agar proses pembuangan hawa panas berjalan dengan lancar. Perlu ketelitian dalam hal ini karena jika ingin membersihkan kondesor, kita perlu membongkarnya terlebih dahulu. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai justru malah merusak kondesor

8. Cabut aliran listrik kulkas apabila listrik tidak stabil

Terutama daerah-daerah yang aliran listriknya masih tidak stabil, maka lebih baik cabut saja aliran listrik kulkas tersebut biar kulkas awet dan tidak meletup. Jika listrik sudah kembali normal, baru disambungkan lagi aliran listriknya.

Nah, udah tau sekarang, kan? Apa-apa saja perawatan kulkas yang harus kita ketahui.

Daripada merogoh kantong untuk biaya servis kulkas atau bahkan justru mengeluarkan uang lebih besar lagi untuk membeli kulkas baru, lebih baik kita maksimalkan saja perawatannya biar kulkas awet dan tidak mudah rusak.

Sumber:
  • https://www.momsmoney.id/news/7-tahapan-merawat-kulkas-agar-awet-dan-tak-mudah-rusak
  • https://www.selka.id/news/article/10-cara-merawat-lemari-es-yang-benar/24

15 komentar

  1. Bagian bersihinnya nih yang kadang masih males 🤣 apalagi kalo lagi penuh isinya. Meski kulkasku bukan kulkas yg gede tetep aja mager hehe. Tp emg iya sih drpd rusak dan kudu beli baru emg mending perawatan dirajinin hehe

    BalasHapus
  2. Kadang ada aja yang lupa nyongkelin saljunya pake pisau. Kalau mama biasanya emang gitu kalau bersihin kulkas. Stop aliran listriknya. Biarin pintu terbuka. Lalu keluarkan sisa makanannya. Terus bersihkan semua-semuanya. Baru deh pake lagi.

    BalasHapus
  3. Betul sekali mba, tips di atas membuat alat elektronik termasuk kulkas awet banget. DI rumah kulkas saya sudah hampir 14 tahun masih bagus dan nerapin tips-tips seperti yang mba tulis

    BalasHapus
  4. Membersihkan kulkas secara berkala ini penting banget ya. Biar kulkas awet. Paling sebel padahal kalau bersihin kulkas, jadi banjir. Hahahaha.

    BalasHapus
  5. Bunga es ini jadi hal yang gak menyenangkan saat kita punya kulkas ya kak.
    Selain ganggu pemandangan pas buka pintunya, bikin penuh juga.

    BalasHapus
  6. Nah listrik tidak stabil ini sebenarnya masalah di kampung saya banget. Secara disini listrik masih sering mati. Apalagi kalau cuaca buruk. Sayangnya saya gak pernah telaten cabut dulu listrik ke kulkas. Nanti nanti mending cabut saja ya?

    BalasHapus
  7. Aq belum pernah bersihin kondesor kak takut kalo mesti bersihin bagian belakang itu. selama ini yang aq lakukan ya sekedar bersihin kulkas dari segala bentuk kekotoran, bersihin bunga es di freezer, dan menjaga suhu tetap stabil aja.

    BalasHapus
  8. Hoo catettt! Jujur aja aku jarang banget bersihin kulkas huhu malesnya itu lho astaghfirullaah padahal kalau mau awet ya mesti rajin yaa treatmentnyaaa

    BalasHapus
  9. Jadi tahu cara merawat kulkas biar awet dari artikel ini. Cuma yang paling sedih ngurusin bunga es pada bagian freezer. Kurang paham nih di kulkas yang kecil, bunga es-nya bisa ampun-ampun banyaknya. Sampe capek sendiri bersihinnya

    BalasHapus
  10. semua tips diatas sudah saya lakukan terutama bersiin bunga es karena kebetulan pengatur suhu kulkas saya udah jebol, jadi harus rajin-rajin bersiin. kalo gak numpuknya minta ampun. nah saya belum pernah tuh bersiin kondesor, agak takut juga kalo harus bongkar-bongkar. mungkin nanti sama tukangnya aja sekalian benerin pengatur suhunya

    BalasHapus
  11. kayaknya kulkas di rumahku jarang banget dibersihkan, kadang bunga esnya tiba-tiba banyak aja. Ukuran kulkas dirumah juga yang standart, tapi kadang isinya overdosis hahaha, sampe mau naruh barang yang ukuran kecil aja kayak susah mau taruh dimana

    BalasHapus
  12. Pas banget nih mau beli kulkas setelah 10 tahun menanti hehe
    Jadi reminder juga buat saya yang harus bersih-bersih isi kulkas berkala

    BalasHapus
  13. Kebetulan kulkas saya yang masih model menghasilkan bunga es. Tapi yang rajin bersihin kulkas suamiku mb. Klo kulkas sudah bersih dari bunga es seneng banget nih, jadi lapang dan bisa nyimpen makanan banyak.

    BalasHapus
  14. Waaa makasih banyak tips merawat kulkas supaya tidak mudah rusaknya mba. Berasa tertampar karena aku kadang males bersihin secara rutin terutama bunga es. Padahal kadang sampe repot sendiri karena susah ngambil makanan di freezer :). Mau bersih-bersih ah

    BalasHapus
  15. Betul sekali agar kulkas awet kita harus membersihkan kulkas secara berkala. Paling tidak 2 minggu sekali agar tidak bau. Menyimpan bahan yang ternyata sudah busuk di kulkas terlalu lama bisa mwnyebabkan kulkas bau

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of