7 Games Tradisional Seru Untuk Memeriahkan 17 Agustus-an

sumber: Ig @feebriirawan
Hay halloo.. Udah masuk bulan kemerdekaan aja, nih! Gimana hatinya? Udah merdeka apa belum? "Belum, nih! Masih terjajah oleh perasaan ku ke dia yang bertepuk sebelah tangan." Yaelahhh.. Ngenes. Wkwk.. Kuy! Merdekakan hatimu dengan mencari cinta yang lain. Asekkk.. Hahah

Oya, ngomongin soal 17 Agustus, nggak bisa lepas dari berbagai permainan seru yang ikut memeriahkan. Terkadang ada makna perjuangan para pahlawan di dalam tiap gamesnya. Tapi terkadang, ya nggak juga. Sekedar seru-seruan untuk memeriahkan hari kemerdekaan usai upacara doank. Hehee..

Apapun itu, Hari kemerdekaan wajib di rayakan, ya Beb. Untuk mengenang jasa para pahlawan, bersyukur karena kita udah bebas dari penjajah, dan mengisinya dengan berbagai aktivitas positif. Untuk anak sekolah, cara mengisi hari pahlawan adalah dengan belajar yang baik, jujur, dan mengukir prestasi. Sementara buat kita orang dewasa yang udah bekerja, cara mengisinya dengan menjalankan pekerjaan sesuai profesi dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Climbing World Cup

Nah, aku udah merangkum beberapa games tradisional yang udah dilaksanakan secara turun temurun dan tidak pernah absen saat 17 agustus. Apa aja itu? Check it out!

1. Panjat Pinang

Sumber: Ig @leezhelong
Panjang pinang adalah games wajib yang harus dilaksanakan. Panjat pinang ini bisa dikatakan Raja dari semua games di 17 Agustusan. Bahkan nggak apa, dech, nggak ada games lain asal panjat pinang jangan ditinggalin. Hehe.. Daya tarik panjat pinang, mampu mengumpulkan masyarakat untuk keluar rumah dan menyaksikan keseruan hingga tingkah konyol para tim lomba panjat pinang.

Beberapa hari sebelum 17 Agustus, para panitia sudah disibukkan dengan persiapan yang satu ini. Mulai dari mencari batang pinang yang lurus, panjang, dan kokoh. Lalu menggali lubang di lapangan, mengoleskan sabun licin, oli/kopi, hingga menggantungkan minyak goreng yang sudah dibolongin di bagian paling atas batang, menggantungkan berbagai macam bentuk hadiah mulai dari amplop hingga sepeda, dan memasangkan bendera merah putih di bagian pucuk batang pinang. Terakhir menegakkannya pada lubang yang sudah digali tadi.

Baca juga: Festival Tabut Bengkulu

Kebayang, kan? Gimana serunya games satu ini. Peserta dengan beberapa kelompok bergantian naik di batang pinang yang licin hingga mencapai puncak. Wajah mereka yang hitam oleh bekas oli/kopi dan tanpa baju, menjadi pemandangan yang gokil banget di hari itu. Belum lagi wajah-wajah tersiksa peserta paling bawah menahan beban teman-teman di atasnya. Kasihan tapi seru. Haha

2. Tarik Tambang

sumber: Ig @science_class__
Ada yang punya pengalaman menarik dan terlupakan pada games satu ini? Aku pernah donkk!! Waktu masih di putih abu-abu, aku pernah menjadi peserta lomba tarik tambang dan bagian belakang apa tengah-tengah ya. Karena biasanya yang bagian belakang di anggap kuat untuk menahan tali agar tak terlepas. 

Lomba ini menjadi ajang adu kekuatan tangan. Biasanya yang berbadan besar, sangat diandalkan nih dalam games satu ini. Seru banget! Tapi hati-hati juga karena bisa-bisa tangan kita terluka menahan tali tambang yang keras.

Baca juga: Lomba 17 Agustus Kreatif, Lucu, dan Seru

3. Egrang

sumber: Ig @mekarsari_fruitgarden
Egrang adalah satu dari banyak games tradisional yang hampir ditinggalkan dan jarang diadakan. Mungkin karena panitia yang kesulitan menyiapkan egrangnya atau mungkin pesertanya yang kesulitan bermain egrang karena dalam permainan ini butuh keseimbangan kaki dan badan, Apalagi harus cepat-cepatan karena siapa yang lebih dulu mencapai finish, maka ialah pemenangnya. Juga egrangnya harus kuat dan kokoh biar tidak cidera. 

4. Bakiak

sumber: Ig @fruitgarden_mekarsari
Games ini dibuat dengan 1 kayu/papan yang tebal dan kokoh dengan panjang disesuaikan jumlah ruang kaki, lalu dipasangkan tali/ban tebal untuk memasukkan telapak kaki.  Dibuat 3-5 pasang tiap kayu tersebut. Jadi permainannya sangat mengandalkan kekompakan tim dan kekuatan tangan.

Baca juga: Manfaat Fiber Optik

5. Balap Karung/sarung

sumber: Ig @danupra.dita
Ini games yang simple, mudah, dan nggak kalah serunya dibanding games lainnya. Anak-anak hingga dewasa bisa semua ikut lomba ini. Dalam games ini akan mengundang banyak tawa karena tingkah lucu para peserta yang terus jatuh bangun dari balap karung/sarung ini hingga mencapai garis finish. 

Bahkan banyak juga yang mengkombinasi balap karung dengan memakai helm. Aku kurang setuju, sih kalau ini. Memang lucu kalau dilihat, tapi ini akan menyiksa banget buat para pesertanya. Karena sudah susah berjalan makai sarung, ditambah lagi beban helm yang pengap dan berat. Kan, kasian bangat. Apalagi kalau bocil yang main. Bisa-bisa pada pinsan, kan.

6. Estafet air

sumber foto: ig @beti_ningrum
Peserta dibuat berkelompok dengan jumlah 5-7 orang, lalu bertugas mengambil air pake pipet lalu opor-oporan air dengan peserta lain sampai mencapai baskom atau ember air. Atuu opor-oporan air lewat belakang ke wadah teman, hingga air sampai pada peserta terakhir. Nah, ini sangat mengandalkan ketelitian dan kekompakan para peserta. Kelompok dengan jumlah tampungan air terbanyak, maka ialah pemenangnya.

 7. Ambil belut

memasukkan belut dalam botol
sumber foto: ig @rakaonex
Games ini seru banget karena tantangannya adalah menangkap belut yang tentu licin dan susah banget ditangkap. Belut dimasukkan dalam ember atau baskom berisi lumpur lalu peserta bertugas memindahkannya ke dalam wadah lain dengan jarak tertentu. Peserta dengan jumlah belut terbanyak keluar sebagai pemenangnya.

Atau bisa juga dengan lomba memasukkan. belut ke dalam botol. Siapa yang tercepat, dialah pemenangnya.

Nah, jadi itulah 7 games tradisional dan seru yang harus tetap dilestarikan dalam rangka memeriahkan HUT RI versi aku. Diantara 7 games itu, mana yang menjadi andalan mu teman-teman?

Apapun kemeriahannya, tugas kita adalah terus menggaungkan nilai-nilai perjuangan pahlawan dan kobarkan semangat kemerdekaan setiap harinya di tanah air tercinta.

Merdekaaa!!! Sekali merdeka tetap merdeka!!!

#Disclaimer

Tulisan ini dalam rangka Nulis Serempak Blogger Bengkulu

18 komentar

  1. permainan tradisional emang seru banget sih. untuk kita yang jarang bersentuhan dengan tradisional, games ini cocok bangett ❤

    BalasHapus
  2. Masih difikirkan yg tangkap belut... baru liat belutnya digambar itu aja dah mau nyerah hahaha

    BalasHapus
  3. games yang selalu hadir dari tahun ke tahun ya hehe tapi tetep aja seru dan mendatangkan kebahagiaan yang ikutan maupun yang nonton :) kalau aku tim nonton aja deh hehe

    BalasHapus
  4. Kalau game belut aku enggak pernah liat sih di tempat tinggalku. Sepertinya penggantinya adalah memasukkan paku dalam botol

    BalasHapus
  5. yaampun udah bertahun2 kayaknya ga pernah lihat lagi orang mainan egrang.. aku dulu selalu penasaran coba tapi takut banget jatuh. kayaknya seru yaa kak kalau diadakan lagi

    BalasHapus
  6. Kalau sekarang yang pasti diadakan setiap 17 Agustus itu adalah Balap Karung dan tarik tambang. Kalau yang dananya banyak, ada panjat pinang.
    Tapi saya lebih setuju lomba-lomba di atas, daripada lomba yang nyeleneh. Seperti lomba makan pisang suami istri, suami pakai daster dan dandan dan lainnya.

    BalasHapus
  7. Lusa bakalan rame ya si seluruh tempat dengan games dalam rangka HUT RI ini. Jadi keinget daku pernah main yang bakiak itu waktu kecil, eh langkahnya bukannya maju malah kaki makin melebar wkwkwk

    BalasHapus
  8. Wah ambil belut seru pisan tuh. Terbayang susahnya hehehe
    Btw ini ga ada lomba balap makan kerupuk? Itu kan lejen juga hehehe

    BalasHapus
  9. Jadi kangen sama permainan tradisional kayak gini. Kayaknya sejak pandemi kelurahan mengurangi kegiatan. Penasaran sama perayaan Kemerdekaan tahun ini.

    BalasHapus
  10. Lomba ambil belut itu seru tapi gelii wkwkwkk, belutnya gak gigit kan? Dulu pernah ikut lomba bakiak tapi bakiaknya rusak dan langsung nyosor ke jalan aspal, huaa jadi keingat.

    BalasHapus
  11. Paling seru balap karung sih, soalnya cuma itu yang bisa hahaha. Kalau panjat pinang effortnya lumayan besar, tapo memang hadiah-hadiah yang ditarih biasanya besar-besar pula

    BalasHapus
  12. lomba masukin belut ke botol itu paling tricky banget tuh,, kalo gak tau triknya bakal mrucut terus belutnya wkwkek

    BalasHapus
  13. Beberapa memang ikonik banget yah, tapi kalo di Bali udah jarang ada panjat pinang atau malah ga ada ya hiks. Bisa dibilang itu yg paling seru dari lomba 17an, xixixi..

    BalasHapus
  14. Wah baca ini jadi ingat masa kecil saya waktu SD Kak, sering banget ikuta kegiatan lomba agustusan semua permainan kayaknya pernah saya coba kecuali yang main belut, ga berani

    BalasHapus
  15. Permainan tradisional sangat menarik untuk dimainkan. Untungnya ada perayaan peringatan 17an, jadi tetap terjaga permainan ini.

    BalasHapus
  16. Geli yaa..pas ikutan lomba nangkap belut.
    Kalo pas belutnya gesit, apalagi.

    Aku bagian nontonin sama kasih semangat aja deeh..
    Hihihi...syapa tau ada penghargaan sebagai penonton ter-heboh atau ter-berisik.

    BalasHapus
  17. Di antara semuanya tidak ada yang dipilih sama RT-ku
    Malah adanya capil, lomba memindahkan air dengan spon hingga serok uang
    Seru dan menggemaskan

    BalasHapus
  18. Lomba yang gk disukai ketika tangkap belut. Hihihi soalnya susah dan licin. Gemess kalau Uda kena itu. kalau ada lomba tangkap belut gk pernah ikut.

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring