Benarkah Sakit Mata Bisa Menular Melalui Pandangan??


Hallo Assalamu’alaikum wr.wb

Pernah nggak sich teman-teman ngalamin sakit mata?
Atau punya teman yang sakit mata? 

Nah.. kalau punya teman yang sakit mata biasanya nich takut liat matanya. Loh kenapa? Takut tertular. Hihiii.. konon kartanya sakit mata itu bisa menular melalui pandangan loh.. benarkah?? Makanya. Baca tulisan ini sampe akhir yaa..


Kebanyakan orang mempercayai bahwa sakit mata bisa tertular dengan cepat dan hanya sebagian kecil yang mempertanyakannya. Benarkah demikian? Apakah yang menyebabkan sakit mata jenis ini sehingga dapat ditularkan hanya dengan saling melihat? Pasti teman-teman juga pernah berpikir seperti itu kan? Aku pun juga. hihiii

Nah, berikut ini penjelasan tentang mata merah, penyebabnya, penularannya dan bagaimana cara untuk mencegahnya! Cekidott!!!

1. Mata Merah Menular Melalui Pandangan Hanya Mitos

mata merah menular melalui pandangan adalah mitos

Penderita sakit mata biasanya sengaja menggunakan kacamata hitam ni sebagai upaya pencegahan agar penyakitnya tidak tertular kepada orang lain. Kalau tidak, mereka akan mengunci diri di rumah karena teman-temannya takut tertular. Atau kalau terpaksa keluar dia bakal nutup-nutup matanya. Duhh.. ribet dan kasian juga ya bagi yang terkena sakit mata. huhuu

Akan tetapi, hal tersebut ternyata hanya sebuah mitos belaka, lho. Kenapa?

Itu karena mata merah tidak menular melalui pandangan atau udara seperti halnya flu, batuk, atau gangguan pernapasan lainnya yang ditularkan melalui bersin.

Terdapat mekanisme penyebaran kuman dari penderita mata merah ke orang-orang disekelilingnya, meskipun tidak segamblang dan sejelas bersin pada flu. Jadi itulah penyebabnya mata menjadi ikut merah. Karena penyebaran kuman. Catet yaaa.

2. Penularan Mata Merah

mata merah bisa disebabkan oleh berpindahnya kuman dari lendir mata penderita ke tangan orang yang sehat
Biasanya meskipun bukan melalui udara, penularan jenis sakit mata yang satu ini tidak terdeteksi. Mekanisme penularan mata merah yang disebabkan oleh konjungtivitis virus yaitu melalui berpindahnya kuman dari lendir mata penderita ke tangan orang yang sehat. Jadi kalau lagi sakit mata jangan sering-sering ngucek matanya dech.. itu lendernya bisa menular.


Apabila kuman sudah ada di tangan mata orang yang sehat dan dia menyentuh matanya tanpa mencuci tangan, maka dia akan terinfeksi juga. Penularan akan makin mudah terjadi jika imunitas orang tersebut sedang dalam keadaan lemah atau menurun.

3. Penyebab Mata Merah


Mata merah merupakan salah satu penyakit mata yang paling sering terjadi. Kondisi ini apabila terjadi secara mendadak biasanya konjungtivitis, atau peradangan pada selaput konjungtivitas mata.
Selaput ini merupakan selaput tipis bening yang melapisi seluruh mata dan tidak terlihat dalam kondisi normal.

mata merah juga bisa disebabkan oleh cipratan mata merah

Namun jika terjadi iritasi mata, maka pembuluh darah akan melebar dan membuat mata terlihat merah.
Selain peradangan pada selaput konjungtivitas, mata merah juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi kuman (bakteri atau virus), masuknya benda asing ke mata, alergi, dan cipratan bahan kimia. So pastikan matamu selalu dalam keadaan baik dan sehat ya teman-teman. Jangan sampai ada benda asing atau zat kimia yang masuk. Bisa berabe ntar. hehee

4. Pencegahan Mata Merah

cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Lalu gimana nich cara agar mencegah mata merah?
Kita bisa terhindar dari penularan mata merah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih.

Hal tersebut terkait dengan menghindari menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan handuk bersih, tidak bertukar handuk, alat make up mata, atau alat perawatan mata.

jangan bertukar alat make up mata dengan orang lain
Dan bagi yang sedang menderita mata merah, sebaiknya hindari menyentuh lendir di mata atau cuci tangan setelah menyentuh mata. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran kuman atau penyakit kepada orang lain.
Nah, sudah jelas kan? Jadi buat kamu yang sakit mata, tidak perlu menggunakan kacamata merah karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi penularan mata.

Sakit mata akibat konjungtivitas ringan memang dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena mata merupakan bagian tubuh yang sensitif.
Yuk.. sebagaimana merawat bagian tubuh yang lain mata juga merupakan bagian tubuh yang vital untuk di rawat. Jangan sampai sakit mata dan jangan sampai menularkan sakit mata.

Semoga bermamfaat yaa.. 
Wassalamu’alaikum wr.wb


14 komentar

  1. penjelasanya cukup panjang tentang sakit mata, mata merah belum tentu sakit kan, ada dosen pertanian UNIB nama belakangnya bergelar MM, teman-teman dulu memanggilnya Mata Merah, coba tebak siapa dia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa ya ? Nengsih nggak klyah d unib pak. Jd gx tau. Hehe

      Hapus
  2. ternyata sakit mata tidak menular melalui pandangan hehe, jadi yang penting menjaga kesehatan mata, terimakasih banyak atas penjelasannya sangat bermanfaat apa lagi buat bunda bisa di sampaikan kepada anak-anak

    BalasHapus
  3. ternyata hanya mitos ya neng.. waktu masih kanak-kanak dulu aku takut banget malah..

    BalasHapus
  4. Ada nih teman kantor yang kena sakit mata dua orang. Di kantor juga. Orang2 pada takut. Sebab takut kena tular, hahaha. Padahal mitos ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iya mbak.. Tapi hati2 dg cairan dari mata yg sakit. Itu yg bsa buat menular .

      Hapus
  5. Oh jadi penyebab menularnya sakit mata itu karena berpindahnya kuman dari lendir mata penderita ke tangan orang yang sehat. Kirain dari ketika melihat mata penderita sakit mata. Soalnya pernah mengalami mbak saya sakit mata, eh pas besok besoknya sekeluarga sakit mata juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mbak.. Pandangan gx ngaruh. Cma lendir dari mata yg sakit itu yg bsa menyebabkan menular .Karna kumannya berpindah .

      Hapus
  6. Kebersihan dari tangan dan peralatan menjadi aspek penting guna menjaga kesehatan mata

    BalasHapus
  7. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring