Bijak Menggunakan Kartu Kredit


Hallo teman-teman, apa kabar nih?  Harus selalu sehat dan jaga stamina yaa.. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan dan kebersihan adalah hal yang utama.

Oya, teman-teman pernah menggunakan kartu kredit nggak sich?  Atau baru mau nyoba make kartu kredit?  Atau takut-takut untuk menggunakannya?

Kartu kredit biasanya akrab digunakan oleh orang-orang yang ekonominya menengah ke atas. Kartu kredit digunakan  karena mereka memang cukup mampu untuk itu. Ada jaminan apabila tagihan sudah memuncak.

Dan.. Hal yang perlu kamu tau teman-teman, kartu kredit tidak sembarang orang bisa menggunakannya dengan bijak. Kartu kredit is kartu hutang. Tanamkan ini baik-baik agar tidak salah dalam menggunakannya.

Aku juga sejujurnya belum pernah menggunakan kartu kredit. Hanya liat di layar lebar dalam drama. Wkwk... Saat seseorang belanja ke supermarket, dia cukup menggesekkan kartu kreditnya saja. Nanti akan ditarik uangnya dari kartu kredit tersebut.

Meski begitu, jika teman-teman ingin mencoba atau sekadar ingin survey dulu mengenai kartu kredit, aku akan share beberapa pengetahuan dan tips bijak saat menggunakannya yang saya himpun dari berbagai sumber. Moga bermanfaat yaa

Kartu Kredit adalah Kartu Hutang

Seperti yang aku bilang tadi, kartu kredit sama dengan kartu hutang. Jadi jangan coba-coba untuk memainkannya kalau tidak faham dengan baik. Bisa-bisa kantung jebol.

Selain itu, jika tidak bijak menggunakannya, biasanya yang baru nyoba menggunakannya ini akan coba kartu kredit yang lain lagi. Hingga akhirnya terlena dan kemudian terlilit hutang. Hati-hati, jika sudah terlilit hutang, maka akan sulit untuk terlepas darinya. Apalagi jika tidak memiliki pemasukan tetap yang terjangkau untuk membayar tiap tagihan.

Fahami betul bahwa menggunakan kartu kredit hanya di saat yang penting dan urgent saja. Bisa dibilang dalam keadaan yang terdesak. Hindari penggunaan kartu kredit hanya untuk hura-hura.

Tips menggunakan Kartu Kredit

1. Tepat memilih kartu kredit

Ini adalah yang utama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit. Kartu kredit tidak memiliki satu jenis kartu saja. Tapi ada banyakkkk banget jenis kartu kredit yang menjadi pilihan. Masing-masing juga memiliki kelebihan tersendiri.

Sebelum yakin dengan salah satu kartu kredit, maka sebaiknya survey terlebih dahulu jenis-jenis kartu kredit. Mana yang kiranya lebih cocok untuk kebutuhanmu.

Jika kamu adalah orang yang suka ke salon, ke klinik kecantikan, maka sebaiknya pilih kartu kredit yang punya banyak diskon/promo menarik di salon-salon atau klinik kecantikan.

Namun jika kamu suka traveling, mka sesuaikan juga dengan kebutuhan traveling mu. Yang memudahkanmu untuk setiap proses traveling. Seperti memesan tiket pesawat, hotel, dan penawaran lainnya yang mendukung perjalanan.

Jika sudah tepat memilih kartu kredit, maka kita pun juga bisa mendapatkan kelebihan-kelebihan lainnya dari promo. Jauh dari buntung, dekat dengan untung. So, hati-hati ya guyss..

2. Jaga kerahasiaan data kartu kredit

Sekarang banyak sekali kasus pembobolan. Termasuk pembobolan kartu kredit. Maka kita harus benar-benar menjaga kerahasiaannya. Bahkan dari orang terdekat sekalipun. Jaga kerahasiaan data kartu kredit kita agar tidak terjadi penyalahguna baik sekarang maupun di masa yang akan datang.


3. Teliti saat bertransaksi 

Kita wajib berhati-hati dalan melakukan transaksi. Perhatikan baik-baik jika kasih menggesek kartu kredit anda. Jangan smpai 2 kali. Karena hal ini bisa dicurigai akan membahayakan dana kita. Apalagi jika berbelanja secara online. Resiko dana anda hilang akan lebih besar ketimbang belanja secara offline. Banyak sudah terjadi kasus kejahatan akibat transaksi kartu kredit ini.

4. Hindari tarik tunai

sebisa mungkin hindari tarik tunai pada kartu kredit ya teman-teman. Karena tarik tunai menggunakan kartu kredit berbeda dengan tarik tunai di ATM biasa. Biayanya cukup mahal. Satu kali transaksi bisa dikenakan biaya yang jumlahnya rata-rata 4% atau minimal 50.000 rupiah.

Bukan hanya itu saja, sejumlah dana yang ditarik dari kartu kredit, akan segera dikenakan bunga harian oleh pihak bank penerbit.


5. Cukup 1 kartu 

Ada banyak macam jenis kartu kredit. Dan jika tidak pandai mengelolanya, kita akan tertarik menggunakannya. Jika tidak terdesak, sebaiknya cukup gunakan satu kartu kredit saja untuk segala transaksi. Hal ini akan memudahkan kita untuk membayar tagihan nantinya. Jika memang terdesak, boleh 2 kartu. Jangan sampai lebih dari 2 kartu. Karena hal ini pun akan membuat kita pusing dengan banyaknya tagihan yang berbeda.

6. Berhati-hati 

Berhati-hati maksudnya disinu jangan teledor. Harus disiplin menggunakannya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.  Gunakan kartu kredit secara bijak dan untung yang penting saja. Hindari sebisa mungkin hutang. Bayar tagihan sebelum jatuh tempo agar tidak terkena denda.

Baik, itulah beberapa hal penting dan tips yang perlu teman-teman ketahuin seputar kartu kredit agar tidak salah dalam menggunakannya. Dan saya sarankan juga memang tidak butuh apalagi dana yang pas-pasan, sebaiknya hindari dulu penggunaan kartu kredit. Karena ini dapat memicu sifat pemborosan.

Okay, setelah membaca artikel tersebut, jika memang sudah lama menggunakan kartu kredit, apakah kamu sudah cukup bijak menggunakannya?  Dan jika baru mau mulai membuat kartu kredit, sudah terfikirkah mau buat kartu kredit yang mana?

1 comment

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)