Anak Terkena Ruam Popok? Konsultasikan Saja Ke Dokter, Yuk!


"Ini merah-merah selangkangannya. Gimana, ni? Kasian Rendra" Batinku saat melihat di sekitar selangkangan anakku ada bintik kemerahan. Aku panik. Merasa kasihan karena anakku pun terlihat nggak nyaman. Sepertinya ia merasakan sensasi pedih di bagian yang merah-merah tersebut.

Aku mulai konsultasi ke sesama ibu dalam salah satu grup di Whatsapp ku. Dari sana aku tau kalau ternyata anakku terkena ruam popok. Wah aku nggak nyangka ternyata anakku kena ruam popok. Ada rasa bersalah di hati. Karena kan salah satu penyebabnya adalah akibat keseringan di pake popok dan dibiarin terlalu lama. Akhirnya berkat saran dari Ibu yang lain, aku memutuskan menghentikan penggunaan popok hingga ia sembuh dan mengobati bekas ruam tersebut dengan lotion. Dan Alhamdulillah tidak lama kemudian ruam popok pada anakku membaik.

Nah, itu adalah pengalaman pribadiku. Dan aku yakin banyak sekali ibu-ibu di luar sana yang punya pengalaman sama kayak aku. Lalu bingung mau makein lagi popok ke anak karena khawatir takut terkena lagi.

Kita semua tau bahwa popok pada umumnya akan menggembung, penuh dan berat banget saat isinya udah banyak. Maka kita harus segera membuangnya. Namun ada juga yang anaknya tidak pipis begitu banyak sehingga karena popoknya belum penuh, ia dibiarkan dulu oleh si Ibu karena mengingat harga popok yang lumayan menguras kantong. Nah, karena kelamaan dipake inilah akhirnya anak terkena ruam popok. Padahal semestinya popok harus segera di buang dalam jangka waktu tertentu.

Anak memililiki kulit yang sangat tipis dan sensitif. Jika tidak memakai popok dengan baik, maka masalah ruam popok ini bisa saja terjadi pada anak. Ruam popok jika kelamaan dibiarkan saja maka akan menyebabkan anak tidak nyaman bahkan iritasi kulit sehingga kita harus membawanya  dan melakukan konsultasi ke dokter.  

Kapan anak yang terkena ruam popok harus dibawa ke dokter?

Anak yang terkena ruam popok mesti dibawa ke dokter apabila anak tidak nyaman setelah dikasih obat dari rumah. Lebih cepat lebih baik agar dokter bisa mendiagnosa masalah pada kulit bayi lebih tepat.

Bagaimana jika anak tidak nyaman dengan popoknya? Bunda bisa mengkonsultasikan saja masalah ini ke dokter untuk mendapati solusi yang tepat dari dokter untuk popok terbaik yang membuat anak merasa lebih nyaman.

Ada beberapa tips agar anak tidak terkena ruam popok. Yaitu:

1. Rutin mengganti popok, segerakan mengganti popok jika sudah terlihat kotor

2. Memilih popok yang tepat yang nyaman buat anak

3. Sesuailan ukuran popok dengan ukuran anak. Jangan terlalu ketat

4. Selalu cuci tangan setelah dan sebelum mengganti popok untuk menjaga kebersihan anak

5. Beri jeda memberi popok pada anak. Jangan dipakaikan terus agar kulit bayi bisa bernafas

6. Hindari penggunaan bedak karena dapat memicu iritasi kulit pada bayi

Tapi sekarang aku sudah tidak perlu khawatir lagi akan ruam popok pada anak setelah berkenalan dengan MAKUKU SAP Diapers Slim. Anakku juga nyaman banget makenya. Kenapa MAKUKU SAP Diapers Slim? Simak sampai habis, ya! Namun sebelum itu ada baiknya kita berkenalan dulu dengan produk MAKUKU deh ya. hehe..

MAKUKU, Diapers Unggul Super Slim

MAKUKU sendiri berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak yang berkualitas. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. 

MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

MAKUKU berkolaborasi dengan 10 Rumah Sakit di 10 Kota Besar di Indonesia

MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi kekeliriuan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi. 

Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi dokter gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Di 10 kota yang telah dipilih ini, menyediakan konsultasi ibu dan anak gratis. 10 kotanya yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar yang dimulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. 

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu:

1. RS St. Carolus di Jakarta

2. RSIA Bina Medika di Tangerang

3. RS Lira Medika di Karawang

4. RS Hermina Pasteur di Bandung

5. RS Hermina Pandanaran di Semarang

6. RSIA Putri di Surabaya

7. RS Mitra Medika Premiere di Medan

8. RSIA Azzahra di Palembang

9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

10. RSIA Ananda di Makassar

Nah, buat ibu-ibu yang khawatir anak mulai tidak nyaman dengan popok, atau mau tanya dokter gratis, silahkan kunjungi 10 rumah sakit di 10 kota besar ini, ya.

MAKUKU SAP Diapers Slim, Solusi Bebas ruam popok pada anak

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok".

Karena permasalahan ini, MAKUKU meningkatkan daya tampung dan kualitas popok MAKUKU SAP Diapers Slim. MAKUKU memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik. telah memakai MAKUKU sejak anaknya lahir. Dan hingga saat ini, ia tidak pernah mengalami masalah ruam popok. Nikita Willy mengatakan bahwa keunggulan MAKUKU SAP Diapers Pro Care  dalam menyerap cairan lebih banyak dan menguncinya didalam, efektif mengurangi ruam popok. Teknologi SAP ini juga menjadikan popok MAKUKU sebagai popok anti gumpal dan anti bocor. Selain itu, MAKUKU SAP Diapers Pro Care ini memiliki fitur yang super lembut, dan popok pertama yang menggunakan bubble belt sehingga meminimalisir kemerahan pada kulit bayi.

Jessica Iskandar, yang juga seorang public figure dan ibu dua anak, mengungkapkan, “Tips yang paling ampuh untuk mencegah risiko ruam popok dari saya sebenarnya adalah memastikan untuk selalu cek popok Si Kecil. Jika sudah penuh, harus segera diganti. Ketika ibu selalu memastikan popok Si Kecil dalam keadaan kering, tentu lebih nyaman juga untuknya. Tips sepanjutnya  adalah memilih popok dengan daya serap yang tinggi seperti MAKUKU. Kedua tips ini yang membuat anak kedua saya tidak pernah mengalami ruam popok.”

Hal serupa dikatakan oleh Momfluencer, Talita Crustita. Ia mengatakan, "Saya sudah cukup lama menggunakan popok MAKUKU. Apalagi saat ini setelah kapasitas popok dan kualitasnya ditingkatkan, saya merasa semakin cocok menggunakan popok MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort.” 

MAKUKU SAP Diapers sebagai pelopor popok dengan teknologi inti baru struktur SAP (Super Absorbent Polymer)

Kita mungkin baru mengenal tentang produk SAP pada popok. SAP adalah singkatan dari Super Absorbent Polymer. SAP merupakan polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan lebih maksimal dari berat SAP sendiri. Beda hal pada popok pada umumnya yang menggunakan pulp. Pulp adalah hasil dari pemisahan serat yang terdapat pada serat kayu yang biasanya digunakan untuk membuat kertas. Sehingga teknologi SAP ini lebih canggih daripada pulp. Teknologi SAP ini mampu membantu ibu-ibu di Indonesia dalam mengatasi ruam popok pada anak.

Dari segi struktur, teknologi SAP juga jauh berbeda dengan pulp pada merk popok lainnya. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki kemampuan penyerapan lebih maksimal dengan teknologi SAP, anti gumpal, ringan dan tipis, penyerapan merata, tidak ada osmosis. Kalau popok jenis lain malah kebalikannya dari MAKUKU SAP Diapers Slim. 

MAKUKU SAP Diapers terdiri dari 3 lapisan:

Lapisan pertama: Lapisan permukaan non woven, menggunakan permukaan 3D. Keunikannya yaitu: desain benjolan, mempunyai sirkulasi popok yang baik, mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi, secara efektif melindungi kulit bayi;

Lapisan Kedua: Lapisan inti struktur SAP. Keunikan: 5 lapisan inti struktur, meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan. Menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan

Lapisan ketiga: Lapisan bawah anti bocor + kain non-woven. Keunikan: Sirkulasi udara yang baik serta lembut

Anti gumpal untuk mengurangi ruam merah

Popok yang menggumpal memiliki penyerapandi satu titik saja sehingga membuat permukaan lembab dan basah. Permukaan yang lembab membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah semakin cepat berkembang biak. Oleh karena itu pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal sangat disarankan. Makuku SAP Diapers Slim menggunakan inti struktur SAP yang  membuatnya tidak menggumpal pada satu titik sehingga penyerapan merata dan maksimal. Hal ini untuk  menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah.

MAKUKU SAP Diapers Slim, mengunci cairan dengan baik, permukaan tetap kering

Tipis. Hanya 1,6 mm

Dengan bentuknya yang super tipis, MAKUKU SAP Diapers Slim, ia memiliki volume yang ringan dan tipis, breathable, dan mengurangi kepenatan. Tidak hanya ringan dan tipis sebelum digunakan, setelah digunakan popok menyerap dan menyebar dengan cepat, tetap ringan dan tipis seperti sebelum digunakan. Dengan bentuknya yang tipis ini, membuat aktivitas bayi jadi lebih gampang, ia bebas berolahraga di siang hari, juga bebas berolahraga lebih banyak, makan lebih banyak, penyerapan yang lebih baik, tidur nyenyak, tumbuh dengan baik, dan tumbuh lebih tinggi.

MAKUKU SAP Diapers Slim, Produk Upgrade dari Produk MAKUKU Sebelumnya

Kelebihan: 

1. Dari segi daya tampung, MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki daya tampung lebih besar dari sebelumnya dengan kapasitas 500 ml. 

kapasitas daya tampung 500ml
2. Dari segi ukuran panjang, MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki  ukuran lebih panjang sehingga penyerapan yang lebih besar dan perlindungan kebocoran yang lebih baik. 

3. Dari segi elastisitas bagian pinggang, MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki elastisitas yang lebih meningkat dari sebelumnya sehingga bayi merasa lebih nyaman.

elastisitas pinggang meningkat
4. Memiliki Gelembung yang lebih besar. Di bagian pinggang pants, yang terbaru memiliki gelembung yang lebih besar sehingga meningkatkan ventilasi udara dan mengurangi rasa pengap. 

5. Dari segi kain,  MAKUKU SAP Diapers Slim, memiliki kain lebih sedikit bulu halus, serat lebih tipis, sentuhan lebih halus sehingga mengurangi gesekan pada kulit bayi 

Kualitas kain lebih baik

Pengalamanku Memakai MAKUKU SAP Diapers Slim pada Anak

Tampilan kemasan

Saat pertama memakai popok ini, aku sudah mulai jatuh cinta. Dari segi kemasan, popok ini memiliki kemasan berwarna putih dengan sedikit gambar yang melambangkan ciri khas dari Indonesia (terkhusu ukuran L dan XL). Pada tiap tipe ukuran memilki gambar yang berbeda pada kemasannya.

Produk yang super Slim

Lalu aku mulai membuka dan melihat isi dalamnya. Waww.. Diapers satu ini emang Slim banget ternyata. Saat anakku memakainya, ia malah terlihat seperti tidak memakai popok sangking tipisnya. Saat ia pakaian agak lama, ia juga anteng banget. Popok ini nggak menggembung seperti popok pada umumnya. Padahal menurut perhitunganku, dia sudah 2 hingga 3 kali pipis. Anakku juga nyaman banget makenya. Terlihat tubuhnya tetap bebas bergerak meski sedang dipakaikan popok.

Anti bocor

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki sayap di kiri kanannya sehingga saat anak tidur di malam hari dan pipis beberapa kali, ia mengunci cairan dengan sangat kuat. Jadi tidak ada bocor sama sekali hingga esok hari

Indikator Kapan popok harus dibuang

Hal yang berbeda, pada MAKUKU SAP Diapers Slim terdapat indikator di luar produoknya. Indikator ini merupakan garis horizontal di tengah-tengah produk dan berwarna kuning. Saat popok sudah penuh, maka ia akan berubah warna menjadi biru sebagai pertanda bahwa popok sudah harus diganti atau dibuang.

Perekat popok untuk ramah lingkungan

Popok juga menjadi masalah utama penyebab pencemaran udara dan tanah, loh bund. Maka, MAKUKU Diapers hadir sebagai salah satu langkah agar kita lebih ramah terhadap lingkungan. Saat anak BAB, maka kita tinggal menyobek bagian kiri kanan popok, lalu membuang kotorannya di closet. Dan setelah itu kita tinggal gulung diapers tersebut dan direkatkan dengan perekat yang sudah tersedia di produk. Simple dan mudah banget, kan penggunaannya? Ramah lingkungan lagi.

Ukuran Produk

Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) mulai dari Rp.36.000,00 hingga Rp. 237,900. 

Bagaimana mendapatkan produk MAKUKU?

Tenang saja! MAKUKU SAP Diapers Slim, sudah tersedia dimana aja, kok. Baik di online store (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, dan Lazada) maupun di offline store seperti supermarket-supermarket terdekat.

#TakutRuamDiapersUseMAKUKU #RUAMPOPOKEXPERT

31 komentar

  1. Pilihan cerdas nih buat yang punya baby kudu pilih yang begini dan ga perlu khawatir pilih popok bayi

    BalasHapus
  2. Waaah, dapat rekomendasi dari dokter ya. Ada kerjasama malah. Keren-keren. Urusan perpopokan si baby pun tak perlu khawatir lagi.

    BalasHapus
  3. Wah setipis itu ya pampers Makuku dan saya serapnya banyak juga ya mbak... dan rumah sakit yang bekerja sama dg Makuku cukup banyak jiga ya Mbak dan tersebar di kota2 besar lagi.

    BalasHapus
  4. Beruntung banget sekarang ada Makuku ya?
    Sehingga anak anak b isa terhindar dari ruam popok
    Kalo inget anak-anakku dulu yang kepaksa pakai popok kain karena ruam popok
    sedih banget

    BalasHapus
  5. Setuju sih ... jangan ragu2 untuk konsultasikan ke dokter jika bayi kena ruam popok, apalagi sekarang ada konsultasi gratis dari Makuku.

    BalasHapus
  6. Bayi kena ruam popok pun sebaiknya di bawa ke dokter juga ya mbak, selain tentu saja mengubah kebiasaan memakaikan popok pada bayi. Kalau perlu mengubah popoknya juga, ganti pakai MAKUKU SAP diaper slim

    BalasHapus
  7. Kalau lihat kemasannya itu L besar, berarti ukuran diapersnya ya kak? Bagus sih ini, jadinya kalau beli Makuku kan langsung teges ukurannya ya

    BalasHapus
  8. Iya sih ya. Kasihan banget sama bayi yang kena ruam popok. Emaknya kudu aware banget sama masalah ini.

    Jangan karena pipis bocah nggak banyak lalu merasa sayang untuk ganti popok.

    Tahu sih popok tuh harganya nggak murah. Tapi kalau konsekuensinya adalah kenggak-nyamanan bayi sih mending kita abai sama biaya kali ya.

    Untung ada diapers dari Makuku nih. Bisa mengatasi masalah ruam popok dj bayi.

    BalasHapus
  9. Mengkonsultasikan ke dokter pastinya merasa lebih aman juga nih biar kalo ada ruam popok bisa segera teratasi. Pemilihan diapers yang tepat memang penting saat ini ya. MAKUKU makin keren aja deh dengan inovasi produknya.

    BalasHapus
  10. Ruam popok memang gak boleh dianggap enteng ya. Kesian bayi/anaknya. Selain mengganggu kenyamanan tentu juga tidak baik buat kesehatan. Bisa jadi kasus juga buat orangtua. Semoga dengan hadirnya produk MAKUKU, permasalah seperti ini tidak terjadi lagi.

    BalasHapus
  11. Makuku Diapers mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu mengurangi bahaya iritasi dan ruam popok ya, mba. Pantesan banyak ortu yang beliin buat bayinya. Jadi, dengan pakai diaper Makuku, ortu bisa membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi dari masalah ruam popok.

    BalasHapus
  12. Bahaya ruam popok ketika orangtua tidak menyadari bahwa ada yang perlu diperhatikan terutama dalam pemilihan popok. MAKUKU adalah salah satu brand popok terbaik dengan daya serap luar biasa yang membuatnya menjadi layak dipilih untuk menjaga kesehatan kulit sensitif bayi.

    BalasHapus
  13. Sap yg dimiliki MAKUKU beneran menyerapnya secepat itu. Anak saya bilang kaya sulap. Nyaman pastinya gak menggumpal

    BalasHapus
  14. Suka bete kalau popok bayi ngegumpal. Syukurnya makuku ini punya anti gumpal jadi gak worry lagi tentang ruam merah ya mbak. Apalagi harganya juga terjangkau

    BalasHapus
  15. Beruntung banget para moms yang mendapatkan edukasi mengenai ruam popok.

    BalasHapus
  16. Sedih rasanya kalo anak mengalami ruam popok, kasian si dedek

    BalasHapus
  17. Ruam popok bisa menjadi masalah jika dibiarkan ya, Kak. Senang juga ada popok yang mengerti nih, paling suka MAKUKU SAP Diapers Slim adalah ada indikator urin, selain juga tipis, dan ga mudah bocor

    BalasHapus
  18. Efek ruam popok arahnya ke mana-mana. Bikin anaknya gak nyenyak tidur, gelisah, dan tidak nyaman beraktivitas. Memang sebaiknya dikonsultasikan sama dokter. Memilih popok juga kudu selektif, apalagi kulit bayi kan sensitif ha

    BalasHapus
  19. tidak perlu khawatir lagi akan ruam popok pada anak setelah berkenalan dengan MAKUKU SAP Diapers Slim.

    BalasHapus
  20. anak pertamaku pernah kena ruam popok parah mba, berhari-hari gak sembuh juga udah coba berbagai macam salep, cream buat ruam popok, efek gak cocok diapers

    makuku ini emang lembut banget dan daya serap tinggi rekomen banget untuk cegah ruam popok

    BalasHapus
  21. Makuku memang produk terbaik untuk si kecil, anak aku aja nyaman banget nih

    BalasHapus
  22. Ngeri ngeri sedap ya Ka, bicara ruam popok di anak kecil ini. Kasihan lihatnya. Beruntung MAKUKU SAP DIAPERS SLIM hadir sebagai solusi

    BalasHapus
  23. MAKUKU SAP Diapers Slim ini emang bagus kak, anakku juga pakai, jadi gak khawatir lagi dengan ruam popok

    BalasHapus
  24. Ruam ppok bikin resah

    BalasHapus
  25. popok yang bisa jadi solusi tentunya di mana terbuat dari bahan berkualitas dan ramah anak

    BalasHapus
  26. Memang kalau pakai MAKUKU anak jadi anteng banget karena nyaman gak gumpal sih

    BalasHapus
  27. Teknologi SAP Diapers ini bagus ya. Penyerapannya itu beneran kuat. Gak takut bocor...

    BalasHapus
  28. Masya Allah. Solusi terbaik nih buat para ibu😍

    BalasHapus
  29. Iya juga ya, zaman dulu tuh suka ada yang dipakein bedak segala padalah risiko iritasnya tinggi. Makuku terbaik deh soal kebutuhan popok

    BalasHapus
  30. Saya pun sudah jatuh cinta pada MAKUKU. Tampilannya yang apik apalagi kemampuan penyerapannya yang maksimal. Memang layak jadi pilihan tepat.

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of