Traveling Cara Aku Menikmati Hidup, Memanjakan Diri, dan Mengagungkan Ciptaan Tuhan

Hay... Hay.. Hay..

Siapa disini yang pada suka traveling nih? Baik itu traveling dalam maupun luar negeri?

Traveling bukan hanya sekadar hura-hura dan menghabiskan uang semata, loh. Traveling memiliki banyak dampak positif bagi tubuh. Mulai dari bermanfaat buat kesehatan, buat pengembangan diri, buat semangat baru, hingga pengalaman hidup.

Ya! Aku adalah salah satu orang yang suka banget traveling. Terutama traveling ke wisata alam. Sejak zaman sekolah dulu aku bahagia banget kalau ada yang ngajak aku jalan-jalan. Nggak usah jauh jauh-jauh, deh. Ke pantai aja aku udah senang banget. Menikmati udara di atas motor, bernyanyi, menghirup aroma pantai, bermain ombak, main pasir hingga leyeh-leyeh di bawah pohon kelapa dekat pantai. Masyallah. Nikmat mana lagi yang aku dustakan?

Hanya saja waktu usia sekolah, gerak dan ruang masih terbatas. Diri sendiri masih dalam pengawasan ketat dari orang tua. Pun keinginan buat traveling itu belum sepenuhnya bisa terealisasi.

Hingga pada masa duduk di bangku kuliah, udah mulai pisah dari orang tua karena kuliah di Ibu Kota Provinsi, aku menuntaskan masa muda ku dengan traveling bareng teman-teman. Mengikuti suara hati dan menjalani hidup dengan caraku sendiri. Suara hatiku mengajak aku untuk menikmati alam dan menjelajah atau traveling. Nggak perlu jauh, nggak perlu mewah. Cukup wisata lokal aja tapi tujuannya di alam bebas. Kebetulan banget, di tempat aku khususnya di provinsi Bengkulu banyak wisata alam yang bisa memanjakan diri.

Menikmati keindahan Bukit Kaba, Curup, Bengkulu
Di tengah kesibukan kuliah, dan jelajah wisata lokal bareng bestie, aku juga pernah beberapa kali menjelajah wisata alam di luar Provinsi. Baik itu dengan tujuan silaturahmi atau keperluan organisasi. Yap! Silaturahmi menjenguk teman yang menikah di Pagar Alam, Palembang. Jadi disempetin jalan-jalan ke Pagar Alam. Silaturahmi ke rumah keluarga di Kerinci, Jambi. Disempetin main di wisata terdekat dari tempat keluarga.

Atau bisa juga traveling dengan tujuan awal karena keperluan organisasi kampus. Aku pernah ke Jambi dan Bukit Tinggi.

Berfoto di Jembatan Gentala Arasy, Jambi
Beberapa Tempat traveling yang pernah aku jelajahi di Bengkulu itu sendiri yaitu: Bukit Kaba (Curup), Air Terjun Datar Lebar (Bengkulu Tengah), Danau Mas Bestari (Curup), Danau Picung (Lebong), Pemandian Air Panas Suban (Curup), Air Terjun Sengkuang (Kepahyang), Wisata Bukit Kandis (Benteng), Taman Mangrove (Bengkulu Kota), Kebun Teh Kebawetan (Kepahyang), dan masih banyak lagi wisata lokal terdekat dan hemat budget tentunya yang pernah aku sambangin.

Aku memiliki kesan yang terlupakan saat pergi ke Jambi karena ada kegiatan organisasi Kampus (Program Studi). Kenapa berkesan? Ada beberapa hal penyebabnya:

1. Pengalaman pertama pergi ke Jambi karena Organisasi

Aku memang bukan aktifis yang super militan seperti teman aku lainnya. Aku hanya aktivis biasa yang memilih organisasi sesuai dengan passion ku aja lalu mengerjakan sepenuhnya. Dan aku beruntung banget bisa menjadi salah satu utusan untuk berangkat waktu meski tentu harus gigih memperjuangkan proposal ke kampus biar cair. Termasuk nge-list dana ke Dekan, prodi, dan dosen-dosen yang lain buat tambahan. Hingga semua dana terkumpul, kami memutuskan naik minibus tetap dengan budget yang minim karena khawatir dana nggak cukup dan nggak bisa pulang lagi nantinya. Hehe

2. Satu-satunya wanita dari 5 orang yang utusan Prodi yang berangkat

satu-satunya wanita yang diutus
Saat itu yang berangkat ada 5 orang. 4 laki-laki, 1 wanita. 2 teman satu angkatan denganku, dan 2 nya lagi adek Tingkat.

Sempat ada pro dan kontra sebelum berangkat mengingat aku cewek sendirian. Namun setelah diskusi dengan ibu Pembimbing Akademik, beliau menyarankan buat pergi karena ini kesempatan langka ucapnya.

Dan Alhamdulillah. Semua rekan ku ini selama di perjalanan, selalu menjaga dan melindungi aku yang merupakan cewek satu-satunya ini. Sayang banget, deh sama kalianšŸ„°

3. Satu-satunya yang jadi pimpinan sidang cewek pilihan forum

Saat memimpin persidangan
Saat itu ada sebuah persidangan yang harus kita ikuti. Saat mencari siapa pimpinan sidang, teman-teman malah merekomendasikan aku sebagai pimpinan sidang 2. Ya aku sih nggak mengajukan diri. Tapi kalau di pilih artinya mereka percaya sama aku. Dan aku terima. Akhirnya aku maju jadi pimpinan sidang 2 memimpin sidang di dalam forum.

4. Wisata Jembatan Gentala Arasy

Foto di jembatan Gentala Arasy bareng teman-teman
Tentu ini adalah bagian wisata traveling ke Jambi yang tak terlupakan. Saat siang hari kami sibuk di lokasi persidangan untuk urusan organisasi, namun panitia tetap menyediakan waktu buat kamu berwisata ria. Aku tak henti-hentinya menangkap gambar lewat ponselku. Baik foto diri sendiri, foto dengan teman, foto dengan wisata, maupun foto wisata itu sendiri. Hingga panitia menyebutkan si Kamera Holic. Wkwk..

"Itu adalah pengalaman paling berkesan dan tak terlupakan yang pengen aku ulangi lagi".

Dan sekarang saat aku sudah tidak muda lagi, tidak menjadi mahasiswa lagi dan sudah berganti status menjadi istri dan ibu, aku tetap ingin melanjutkan hobi traveling ku. Bersama teman hidup abadiku yaitu suami dan anak. Karena bagiku, traveling is #LifeYourWay untuk menikmati hidup, memanjakan diri, dan mengagungkan ciptaan Tuhan.

Aku mempunyai sebuah mimpi ingin traveling ke suatu tempat yang semoga dengan ini bisa traveloka wujudkan. Yah. Aku ingin mengunjungi Lombok. Surganya Wisata Alam Nan Menawan. Bahkan di kenal dengan julukan "The Hidden Paradise Indonesia". Lombok yang terkenal akan indahnya wisata pantai dan air terjun.

Lombok, The Hidden Paradise Indonesia
Jika suatu hari aku diberi kesempatan untuk traveling ke Lombok, aku udah membuat wishlist kemana aja tujuan utama aku dan keluarga jalan-jalan nantinya. Yaitu:

1. Pantai Tangsi (Pantai berwarna Pink)

Pantai ini cantik dan menarik banget dengan nuansa pasirnya yang berwarna pink. Warna pink pada pasir bukan lah warna alaminya. Melainkan karna adanya spons sehingga warna pink ini bisa terbentuk.

Spons adalah organisme porifera yang hidup dan tersebar di sekitar pantai. Organisme inilah yang kemudian bercampur dengan pasir halus dan menjadikan pasirnya berwarna pink. Kita bisa menikmati sensasi berenang, snorkeling, berjemur, hingga menyewa perahu untuk menyebrangi pantai.

3. Gunung Rinjani

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung Rinjani? Gunung berapi tertinggi nomor 2 di Indonesia. Gunung ini juga terkenal sejak rilisnya Film 5cm.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki sebuah kawah dengan lebar 10 km. Juga memiliki sebuah danau yang bernama Danau Segara Anak dengan kedalaman 230 meter.

4. Wisata 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air)

Kepulauan Gili (Sumber: Anekatempatwisata.com)
Ada banyak wisata Gili yang ada di Lombak. Dan yang paling terkenal adalah 3 Gili ini. Gili ini dikenal dengan keindahan lautnya yang menawan, terumbu karang yang masih asri dan letaknya yang sangat berdekatan sehingga cocok menjadi tujuan wisata island  hopping atau keliling pulau secara kilat.

Ketiga Gili ini memiliki keunikan yang berbeda satu sama lain. Gili Trawangan adalah Gili yang paling besar dan banyak memiliki resort mahal, sehingga cocok buat yang ingin menikmati pesta pantai dan menikmati kemewahan. Gili Meno, adalah Gili yang paling sepi namun asri. Cocok buat yang ingin menikmati suasana seperti di Private Island atau pulau pribadi. Sementara Gili Air, cocok banget buat yang ingin menikmati suasana pantai dengan santai atau berjemur sambil berbaur dengan masyakarat lokal yang menghuni sebagian daerah di Gili Air.

Nah, itu adalah 4 Wishlist lokasi wisata yang ada di Pulau Lombak yang pengen banget aku datangi suatu saat nanti.

Lalu apa alasan aku sehingga Lombak menjadi tujuan wisata?

Lombok terkenal dengan banyaknya wisata alam
Ada banyak banget wisata di Indonesia yang cantik-cantik dan wajib disambangi. Rasanya aku pengen banget menjelajai selurih nusantara yang terangkum dalam pesona Indonesia ini. Namun aku lebih dahulu memilih Pulau Lombak menjadi tujuan awal karena beberapa hal:

1. Mengenal Lombak lewat selebgram

Awal mula aku mengenal instagram adalah melalui akun salah satu selebgram hijabers. Ia kerap memamerkan wisatanya di Pulau Lombok ini dan membaginya di Instagram sehingga membuat aku tergiur ingin menyambanginya pula. Dan paling sering ia bagikan adalah saat dirinya berfoto di depan air terjun yang tinggi juga saat mandi di pantai yang cantik. Wihh.. Aku langsung membatin, semoga suatu saat nanti aku bisa kesini juga.

2. Banyak wisata alam

Gunung Rinjani, Lombok
Lombok dikenal bahkan di akui oleh mancanegara akan surganya wisata alam. Aku juga salah satu yang suka dengan wisata alamo dari alam. Bukan wisata buatan manusia.

Menikmati indahnya pasir pink serta indahnya pantai, merasakan segarnya sensasi air terjun lalu mandi bawahnya, mencuci mata dengan hijaunya dedaunan di hutan lombak, serta menikmati indahnya negeri di atas awan Lombak adalah cita-cita aku hingga ini menjadi alasan kuat mengapa aku memilih Lombak menjadi wisata pertama yang ingin aku datangi di luar pulau Sumatera.

3. Salah satu Pulau di antara 10 Pulau terbaik di Asia

Ada banyak pulau di Asia terutama di Indonesia yang terkenal banyak pulau-pulau kecilnya. Dan Lombak termasuk salah satu diantara Pulau terbaik di Asia. Hal ini jelas sudah tidak perlu diragukan lagi kenapa Lombak menjadi primadona banyak orang salah satunya adalah aku untuk menjadi tujuan Traveling.

Katamaran Hotel dan Resort, Pilihan Hotel dan Holiday Stays di Traveloka

Katamaran Hotel dan Resort
Saat menjelajah Pulau Lombok da menikmati wisatanya, tentu kita butuh penginapan buat beristirahat, buat Holiday Stays sementara waktu. Karena kita nggak punya keluarga atau teman yang busa kita tebengi. Hehe.. Jadi, otomatis saat kita menuju Pulau Lombok, ini semata-mata memang tujuannya traveling dan memanjakan diri. Jadi perlu dipersiapkan matang-matang termasuk pendanaannya.

Aku udah cek dan ricek Pilihan Hotel dan Holiday Stays Lombok di Traveloka sih. Dan setelah aku ceki-ceki aku udah yakin bakal booking di Katamaram Hotek dan Resort.

Kenapa Resort Katamaran Senggigi

Booking hotel di Traveloka
Resort Katamaran Senggigi menawarkan berbagai aktivitas untuk mengisi waktu. Kita bisa menikmati spa dan pijat untuk melepas penat setelah beraktivitas. Untuk menyegarkan diri, kita juga dapat berenang di kolam-kolam renang kaca di luar resort. Di sini juga tersedia kolam renang khusus anak. Jadi cocok banget buat aku yang bakal bawa anak nantinya.

Lokasi Katamaran Senggigi Lombok terbilang cukup strategis. Penginapan ini berdekatan dengan fasilitas-fasilitas umum di Lombok. Ada beberapa tempat wisata dan restoran yang bisa jadi tempat persinggahan kala kita bosan di resort. Akses menuju tempat-tempat tersebut juga sangat mudah.

Sekitar 740 m dari Katamaran, kita akan menemukan Pantai Senggigi. Objek wisata ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pasir hitam dan putih membentuk gradasi. Kawasan ini masih sangat asri sehingga air laut tampak biru dan jernih.

Selain itu, Hotel ini juga dekat dengan Gili Trawangan, Pantai Jemeluk, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Virgin.

So, untuk saat ini, cukup nabung dulu, cek promo dan diskon dulu, baru dech kita booking dan cus ke Lombok bareng keluarga tersayang. Untuk saat ini, kita do'akan aja. Semoga semesta mengabulkan. Aamiinn

Yuk liburan lagi bareng traveloka dan rencanakan liburan di traveloka.

Nah itu adalah cerita aku mengenai pengalaman paling berkesan dan tak terlupakan selama traveling dengan mengikuti kata hati dan menjalani hidup dengan caraku. Traveling adalah caraku menikmati hidup, memanjakan diri, serta mengagungkan ciptaan Tuhan. Kalau kamu gimana? #LifeYourWay to Enjoy Your Life, yukkk. Ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramušŸ¤—

Referensi:

  • https://anekatempatwisata.com/tempat-wisata-di-lombok-2/
  • https://www.idntimes.com/travel/destination/amp/andry-trisandy/tempat-wisata-di-lombok-yang-memikat-dan-wajib-dikunjungi?page=all#page-2

11 komentar

  1. Banyak juga ya wisata alam di Bengkulu yang sudah dikunjungi. Suami saya asli bengkulu, tapi saya belum sempat menjelajah bengkulu.

    Semoga impiannya bisa terwujud ya, traveling ke Lombok bersama keluarga. Dengan perencanaan matang, traveling pasti bakal menyenangkan

    BalasHapus
  2. Waah Lombok nampaknya masih jadi impian orang-orang khususnya Indonesia. Termasuk saya...
    Karena dekat dengan Bali, jadi membayangkan abis dari Bali lanjut ke Lombok, deh. hehee
    Kudu nabung ketat

    BalasHapus
  3. Traveloka emang ciamiikkk bgt ya mba
    Beneran ngertiin apa yg kita mau.
    Daku jg hepi makin gampil traveling bareng Traveloka.

    BalasHapus
  4. Aku suka travelling hanya aku memilih untuk lebih banyak menulis lifestyle, ada satu blog aku lagi menulis kisah jalan-jalan, terima kasih menginspirasi, jadi semangat menulis kisah travelling lagi

    BalasHapus
  5. Keren Mbak Nengsi. Jadi pemimpin sidang itu amanahnya luar biasa. Ada tanggung jawab besar dan kebanggaan yang terselip di sana. Selamat ya.

    BTW, saya suka banget loh dengan judul artikel ini. Nyatanya memang benar banget. Traveling itu adalah salah satu bukti bahwa kita menikmati hidup, memanjakan diri dan cara kita mengagungkan ciptaan Allah SWT. Bukti bahwa kita bersyukur dan menikmati setiap waktu kita dengan sesuatu yang bermanfaat bagi jiwa juga.

    BalasHapus
  6. Lombok memang menyenangkan makanya wajar dijadikan destinasi wisata impian.
    Baik dari segi kulinernya, kebudayaannya juga banyak spot wisata yang keren.

    BalasHapus
  7. Masyaallah, dari judul saja aku udah ikutan semangat mba. Ini salah satu reward untuk diri sendiri, yaitu melakukan perjalanan untuk menikmati hidup, memanjakan diri, dan tak lupa bersyukur dengan mengagungkan ciptaan Tuhan.

    Kalau dipikir-pikir, orang yang pertama kali harus kita cintai adalah diri sendiri. Setelah kita mencintai diri sendiri, kita akan dengan mudah mencintai orang lain, bahkan melipatgandakan kebahagiaan itu sendiri.

    Menarik banget plan wisata ke NTB nya, mba. Gunung Rinjani, Gili Trawangan, Gli Meno, Gili Air, semuanya menarik dan bisa kita eksplor bersama Traveloka.

    BalasHapus
  8. Lombok emang cakep banget sih. Banyak yang bilang harus muncak ke rinjani buat ngrasain sensasinya. Ya, minimal sekali seumur hidup muncak ke sana. Hehe

    BalasHapus
  9. Semua tempat itu belum pernah kukunjungi hehehe. Moga suatu saat nanti bisa menjejakkan kaki ke sana khususnya Lombok :D
    Lombok sekarang emang udah kyk Bali kedua tapi tetep punya kekhasan sendiri ya mbak, terutama pantai dan kulinerannya.
    Kalau planning liburan emang enak manfaatin Traveloka, semua ada di satu aplikasi :D

    BalasHapus
  10. Bener-bener enjoy the life ya, kak..
    Seneng banget ketika ada kesempatan dan travelling bisa pas banget timingnya, sehingga menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

    BalasHapus
  11. Wow, pengalaman masih mudanya awesome ...aku waktu kuliah pemalu, pulang kampus langsung pulang,nggak ikut organisasi moga tercapai yaa mbak jalan2 ke lomboknya

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

I'm Part Of

I'm Part Of