Manfaat dan Teknologi Fiber Optik dalam Aktivitas Sehari-hari

Pricebook

Zaman sekarang, masyarakat tidak bisa lepas dari internet dan sosial media. Bukan hanya butuh internet aja. Tapi juga butuh akses internet cepat dalam mendukung dan menunjang segala aktivitas. Apalagi bagi pekerja digital, maka akses internet cepat adalah faktor utama demi kelancaran pekerjaannya.

Mengenal Fiber Optik

Baru dengar apa itu fiber optik? Kita kenalan dulu, yukk.. 

Fiber Optik adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi. Teknologi ini tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga banyak digunakan oleh industri. Selain itu, fiber optik juga bisa digunakan di dalam rumah, jadi efisien banget buat para pekerja digital 

Telkom Indonesia
mentransmisikan sinyal melalui cahaya
Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja teknologi ini menggunakan kabel serat optik untuk mentransmisikan sinyal data dalam bentuk cahaya. Kabel serat optik terdiri dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis yang memungkinkan cahaya untuk melewatinya dengan sangat cepat dan konstan.

Dan karena kecepatan dan keandalannya inilah, teknologi fiber optik menjadi pilihan utama untuk mentransmisikan data jarak jauh pada infrastruktur telekomunikasi seperti internet, telepon, televisi (TV) kabel, dan jaringan komputer.

Lalu apa Manfaat fiber optik dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari?

Teknologi fiber optik ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam beraktivitas. Terutama semua hal yang berkaitan dengan akses internet dan telekomunikasi.

Diantara manfaat fiber optik yaitu:

1. Akses internet yang lebih cepat dan stabil

Teknologi fiber optik memungkinkan akses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi dan konsisten, sehingga hal memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang stabil, seperti streaming video, game online, dan konferensi video. Untuk Pricebook nya bisa dicari di internet ya teman-teman.

Baca juga: Tips menjaga kulkas agar tidak mudah rusak

2. Peningkatan produktivitas

media teknologi
Fiber Optik dapat meningkatkan Produktivitas Kerja
Dengan akses internet yang cepat dan stabil, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dalam melakukan segala pekerjaan maupun bisnis online, seperti mengirim email, menjalankan aplikasi bisnis, dan mengakses data dari jarak jauh. Terkhusus bagi penikmat layanan media teknologi di berbagai penjuru, fiber optik sangat rekomended. 

3. Akses telepon dan televisi yang lebih baik 

Teknologi fiber optik juga bisa digunakan untuk mentransmisikan sinyal telepon dan televisi, sehingga hal ini memberikan pengguna akses yang lebih baik dan jelas dalam berkomunikasi dan menonton acara kesayangan di televisi.

4. Pengiriman data yang lebih cepat dan efisien.

Teknologi ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada teknologi kabel tembaga konvensional biasanya, sehingga memungkinkan pengguna untuk mentransfer file besar dan mengakses data dari jarak jauh dengan lebih cepat dan efisien.

5. Pengalaman menggunakan aplikasi dan layanan digital yang lebih baik

Kecepatan dan keandalan teknologi fiber optik ini memungkinkan setiap pengguna internet untuk menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital dengan lebih lancar dan tanpa hambatan. Sehingga memiliki pengalaman akses internet yang jauh lebih menyenangkan.

Bagaimana caranya agar kita bisa menikmati berbagai manfaat dari teknologi Fiber Optik?

IndiHome
Fiber Optik IndiHome dari Telkom Indonesia
Semua itu bisa kita dapatkan dengan menggunakan layanan IndiHome dari Telkom Indonesia. Semua keunggulan fiber optik ini dapat menangani traffic data lebih baik dari jalur tembaga (copper), sehingga layanan telepon, TV, dan internet dapat tercakup dengan baik. 

Keunggulan Fiber Optik IndiHome Ini terbukti banget karena di kantor tempat ku bekerja juga menggunakan layanan IndiHome, Salah satu produk dari Telkom Indonesia ini memiliki internet yang cepat sehingga sangat menunjang berbagai aktivitas kantor terutama dalam mengirim dan menerima data dengan cepat. 

Jadi gimana? Udah nyobain fasilitas dari Fiber Optik IndiHome kah? Cobain, yukk.. Untuk menunjang semua aktivitas mu baik mengenai pekerjaan, hiburan, maupun informasi dengan akses internet yang lebih cepat dan efisien.

17 komentar

  1. Asli kak, auto ingat tanggal 20 April bakalan bener ga ya Gerhana Matahari Total,

    BalasHapus
  2. Kalau internet cepat kerjaan juga jadi lebih gampang. Gak bikin stress ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. bermanfaatt bgt yah fiber optic ini.
    apalagi teknologi digital berkembang pesaaatttt bgt

    BalasHapus
  4. Di kantor juga pake indihome dan memang terbukti lancar jaya jaringannya

    BalasHapus
  5. Masya Allah, keren ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Masya Allah, banyak sekali manfaatnya๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Keren banget IndiHome
    Gak hanya mengejar keuntungan tapi selalu memberi kebermanfaatan sebanyak mungkin
    Untuk itu IndiHome membangun fiber optik hingga pelosok
    Agar seluruh masyarakat dapat menikmati internet cepat

    BalasHapus
  8. Aku baru dengar loh istilah Fiber Optik ternyata banyak ya kegunaannya. Bagaimana caranya ya di IndiHome pakai ini? sepertinya aku belum pakai deh, gak ngerti juga caranya

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah bersyukur ya kita berada di jaman sudah lebih baik. Internet sudah dengan serat fiber optik pastinya lebih baik daripada sebelumnya.

    BalasHapus
  10. Internet tuh sudah jadi kebutuhan primer ya. Digunakan dalam berbagai lini kebutuhan sehari-hari kita. Berasa banget saat internet bermasalah karena jaringan yang tidak mumpuni. Pekerjaan jadi terganggu. Semoga dengan teknologi fiber optic, permasalahan jaringan internet dapat dikurangi bahkan sebisa mungkin hilang sama sekali.

    BalasHapus
  11. Semenjak pakai IndiHome yang fiber optic, terasa sekali bedanya dengan saat masih kabel tembaga. Fiber optic memang lebih cepat

    BalasHapus
  12. Banyak sekali manfaat teknologi fiber optik untuk kehidupan sehari hari ya mbak
    Kalau buat internet, maka sinyalnya pasti kencang dan stabil

    BalasHapus
  13. Fiber optik ini sangat besar sekali kebermanfaatannya di Indonesia. Entahlah kalau gak ada fiber optik betapa tertinggalnya kita mulai dari listrik, jaringan komunikasi, dan sebagainya. Pengiriman data cepat sangat bergantung sama fiber optik ini.

    BalasHapus
  14. Fiber optik toh, rahasia kenapa IndiHome internetnya cepat dan stabil harganya juga nggak bikin kantong menangis

    BalasHapus
  15. Jaman now kalau urusan internet gak kenceng mah gak asik yak. Soalnya banyak kebutuhan yg bisa terpenuhi dengan internet

    BalasHapus
  16. Dengan keunggulan teknologi fiber optik pantas saja IndiHome punya layanan internet cepat. Internetan makin lancar pokoknya

    BalasHapus
  17. internet dengan fiber optik memang terasa banget deh bedanya, bisa sat set sat set gitu dalam mengirim maupun menerima layanan internet, beda banget deh saat dulu masih pakai layanan internet dengan LAN :D

    BalasHapus

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..๐Ÿ˜Š

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring