Pengalaman Nge-blog Perdana Dengan Template Dan Tema Penuh Warna


Hallo, Assalamu’alaikum wr. wb

Selamat siang teman-teman. Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman Nge-blog perdana aku ni. Pada mau kan dengar cerita aku? Mau ajalahhh.. hehee

Jadi dulunya tu pas awal-awal gabung bersama blogger Bengkulu, aku tidak terlalu faham apa itu template, domain, apalgi cara biar dapat job. Hehee.. newbie gitu lohhh.. masih bayi dan belum bisa apa-apa.

Jadi karena rasa penasaran akhirnya aku coba-coba aja tukar tema dan download template gratis di internet suka-suka sesuai selera aku. Bereksperimen guys. hihii

Aku ingat banget dulu itu kan aku kerja di sebuah perusahaan melayani jasa. Aku dipercayakan 1 buah laptop untuk urusan pekerjaan, namun kalau ada waktu senggang aku juga dibolehkan untuk nge-blog pake laptop kerja tersebut. Nah karena pekerjaan aku nich banyak lah santainya, kebetulan internet alias wifi nya juga lancar, yaa.. bisa bebas berselancar di dunia blog dech.. mayan kaannn daripada ngabisisn waktu nggakda kegiatan. Mending nge-blog ja. Kan udah di kasih lampu hijau. Hehee..

Pernah Nangis Gegara Masang Template


Yaa.. aku mah cengeng sich. Wkwk.. kalo udah pusing akhirnya bakal nangis juga. Hahaa..

Dan ingat waktu itu diajarin tutorial masang template sama salah satu senior di Blogger Bengkulu. Yaitu Kak Piter. Aku di tempat kerja ku, beliau di tempatnya pula. Nahh.. beliau ni ngajarinnya via jarak jauh. Aku hanya ngikutin petunjuknya aja. Di kasih tau alamat template gratis, lalu download, extrax, pasang dan sesuaikan. Mudah sich bagi aku kalo praktekkinnya sekarang. Namun pada zaman dahulu kala itu (kayak udah old banget yak. Wkwk), aku benar-benar meraba. Gagal terus masanginnya. Sampe nangis. Huhuu.. lalu pas lama-lama bisa juga masang, walau terpasang yang tidak responsive. Nggak friendly mobile. Wkwk..

Tema Serba Biru



Nahh.. selain drama dengan template, rasanya belum pas kalo disertai dengan drama ketika memilih tema. Zaman bahelak dulu itu, aku sering banget gonta ganti warna dan latar. Ya seperti yang aku bilang tadi, suka-suka dan sesuai teman-teman teman-temanselera aku lah. Hehehe.. dan pada akhirnya aku memutuskan untuk masang tema warna  biru dengan corak bunga-bunga.


Wow.. aku bangga sekali waktu itu. Merasa
berprestasi dengan tampilan blog yang kece badai. But, pas ikut kelas blog lagi dan ketemu langsung sama senior yang lebih faham dunia perbloggeran, barulah aku tau tampilan blog aku itu tidak bersahabat bagi pembaca. Itu akan membuat mata pembaca jadi sakit. Sementara khaannn.. ibaratnya itu blog adalah rumah kita. dan pembaca adalah tamu kita. kita harus membuat dia senyaman mungkin ketika berada di rumah kita. hehee..

Akhirnya dengan bantuan beliau pula lah, blog aku diganti dengan template dan tema yang pas buat pembaca. Yaitu dengan latar putih dan tulisan warna hitam. Hingga sekarang ini. yapp.. selain focus ke tampilan, hal yang paling penting dalam dunia perbloggeran adalah bagaimana agar kita terus produktif menulis. Update terus tulisannya serta kualitas tulisan nya juga oke.

Seiring Perjalanan Nge-Blog


Nahh.. seiring perjalanan nge-blog, akhirnya aku pun makin tau bagaimana blog yang baik beserta semua hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogger. Selain karena aku bertanya dan dikasih tau, hal lain adalah dengan cara aku melihat-lihat blog orang mulai dari yang biasa saja sampai yang sudah beberapa kali juara blog. Keren lah mereka. Aku banyak belajar dari tulisan blog orang lain.

Kelas Blog Dengan Tema Domain Dan Template Oke Untuk Blog


Nahh.. kemaren ini kita baru aja ikutan kelas blog offline ni teman-teman. Dengan tema domain dan template oke untuk blog. Di agenda ini kita semua iuran sejumlah 50.000 rupiah saja dengan fasilitas makan steak di lokasi + 3 template premium. Keren ya fasilitasnya. Nggak kebayang berapa rupiah yang harus aku keluarin kalo misalkan beli 3 template premium sekaligus. Hem.. hemm.. bisa-bisa gagal nabung. Wkwk


Dan pengalaman ngeselin juga nich teman-teman, ketika orang pada asik otak-atik blog nya, laptop aku malah bermasalah. Huhuu.. dia nya nggak masuk kalo di cas. Doain aku yaa moga segera dapat pengganti laptop ini. hehee. Aamiin

But, not problem. Cz materinya kan di kirim lewat email. Aku bisa liat di email saja. Serta kalo masang template insyallah sudah bisa lah. Tinggal memoles nya biar makin cantik aja yang belum. 
Oya, di kelas blog ini ada 2 pemateri. Yaitu kak Piter Julies Vero founder dari sepenggalinfo.com dengan materi tentang domain, dan Mbak Ria Fasha founder dari riafasha.com dengan materi tentang template.

Lokasi kelas kita kali ini adalah di sebuah café & resto keren di Bengkulu. Dengan lokasi yang cucok banget bagi makhluk instagramable. Hehee.. menu nya juga menggoda banget. Cek ig aku aja dech. Hihii..

Yapp.. jadi itu ya teman-teman, pengalaman aku tentang masang template blog. Domain, template blog, itu semua penting. Para blogger harusnya udah faham dan  make ini ya biar blognya makin oke dan professional. Namun yang terpenting adalah seperti yang aku bilang tadi. Bagaimana agar tulisan kita terus produktif serta content tulisanya yang bagus dan banyak mamfaat untuk orang lain.


Itu saja ya teman-teman, share juga donk gimana pengalaman kalian ketika masang template blog. Tulis di komentar ya. Hehee
Wassalamu’alaikum wr.wb

Disclimer: Tulisan ini ditulis dalam rangka #NulisSerempak yang diselenggarakan oleh Blogger Bengkulu bekerja sama dengan Hangout Bengkulu.

6 komentar

  1. keren.. kunjungi blog aku juga ya mbak :D
    https://juleza.blogspot.com/2018/10/pengalaman-mengubah-template-blog.html

    BalasHapus
  2. Aku juga pernah gonta ganti template, niatnya mau kece badai, ternyata terlihat alay hahah

    BalasHapus