Air Bersih untuk Masyarakat yang Lebih Sehat


Apa sich yang tergambar  dalam fikiranmu tentang air? Apalagi air bersih!

Yes!! Tentu saja air merupakan suatu kebutuhan yang utama dalam hidup kita kan teman-teman. Tanpa ada air, rasanya tidak ada kehidupan di dunia ini. Akan kering, akan mati. Semua aktivitas sangat membutuhkan air. Bahkan tubuh kita pun membutuhkan 8 gelas sehari untuk diminum agar tidak dehidrasi. Nah belum  lagi buat nyuci pakaian, nyuci piring, masak, mandi dan lain-lain.

Indonesia yang kaya dengan beragam tumbuhan

Jadi ingat kampung nichh..  kampung kami ada sungainya. Nahhh.. sungai itu ibarat penghidupan buat kami. Zaman dulu kalau mau mandi ya tinggal ke sungai. Mau nyuci pergi ke sungai. Mau masak angkut air dari sungai. Pokoknya masyarakat sudah bergantung banget dengan sungai. Lalu apa yang terjadi jikalau malamnya hujan deras terus esoknya air sudah keruh oleh lumpur? Waduhhh.. itu akan menambah pekerjaan masyarakat tu. Jika mau angkut air untuk dimasak, ya airnya harus didiamkan dulu dalam ember yang besar. Biar lumpurnya turun dan air nya bisa di konsumsi. Kalau mau nyuci, siap-siap aja warna pakaian akan berubah. Dan kalau mandi, bisa-bisa terkena gatal-gatal.. haduhh.. air bersih memang sudah jadi kebutuhan primer yaaa.. Tanpa ada air, serasa tanpa kehidupan. Setuju takkk??

Baca juga: Benarkah sakit mata bisa menular melalui pandangan?

Trus coba dech liat kalau ada daerah-daerah yang terkena musibah banjir dan sebagainya, mereka akan kesulitan sekali mencari air bersih. Belum lagi untuk mandi, untuk minum saja susah. Dan setelah itu akan bermunculanlah beragam penyakit kulit. Yaa Allahh.. jangan sampai terjadi di daerah kita yaa. Aamiin..

Dan di beberapa daerah dan bahkan Negara luar, air bersih itu langka loo.. dan harus dibeli dengan harga yang tidak murah. Jadi bersyukur banget yaa kita tinggal di Indoensia dengan ari yang berlimpah. Di dianugerahi dengan banyak air bersih untuk kehidupan yang sehat.

Air Bersih di Indonesia

Indonesia kaya akan air

Indonesia terdiri dari bumi yang isinya adalah laut, sungai dsb. Indonesia Negara yang kaya akan pepohonan. Jadi banyak sekali sumber mata air. Belum lagi pegunungan yang menjulang tinggi. Masyallah.. sungguh besar nikmat Allah untuk negeri kita tercinta ini.

Nahh.. air yang bersih akan membuat masyarakat kita menjadi lebih sehat looo.. apa saja sich bentuk masyarakat yang sehat itu? cekidot!!

Air bersih untuk tubuh yang sehat

Tubuh yang sehat membuat kita mudah beraktivitas

Nah seperti yang aku bilang tadi, tubuh kita banyak sekali mengandung air. 90% dari tubuh kita ini terdiri atas air. Jadi jangan sampai kita kekurangan akan air yaa.. minumlah air putih yang banyak agar tubuh kita lebih sehat. Ketimbang minum minuman yang berwarna yang sudah dicampur dengan beragam zat-zat kimia. Dengan minum banyak air putih, tubuh kita akan terhindar dari beragam penyakit

Memberi kecantikan terhadap kulit

Air bersih membuat kulit jadi sehat dan indah

Jika saja tubuh kita kekurangan air,  coba dech rasakan kulit kita. akan terasa kering dan berkerut kann?? Nah itu akan membuat keindahan kulit kita menjadi terganggu. Maka dari itu kita dianjurkan mengonsumsi banyak air agar kelembaban dan kekenyalan kulit kita tetap terjaga.

Menurunkan berat badan

diet harus diiringi dengan banyak minum air putih

Pernah nggak sich melakukan program diet? Jika pernah apa yang kamu lakukan? Mengurangi porsi makan? Mengurangi cemilan, tidak makan nasi dan fokus ke buah-buahan, banyakin olahraga, trus apa lagi?

Baca juga: 7 tips merawat rambut tetap sehat bagi wanita berhijab

Nah kesemua program yang kita lakukan itu, akan berbahaya sekali jika tidak banyak minum air putih. Mengurangi porsi makan, otomatis mengurangi cairan dalam makanan. Banyakin olahraga, tentu saja mengelurkan banyak cairan. Jadi solusinya adalah diimbangi dengan banyak minum air putih. Bukankah sebagai besar orang yang diet juga dianjurkan untuk banyak minum air putih?

Memperlancar pencernaan

air putih memperlancar proses pencernaan

Yapp.. banyak minum air putih artinya kita sudah membantu tubuh untuk melakukan proses pencernaan dengan mudah. Membantu proses pembuangan racun dan hasil metabolisme tubuh menjadi makin lancar. Banyak minum air putih juga mencegah kita dari banyak penyakit salah satunya adalah sembelit.

Baca juga:  Membersihkan tempat tidur

Nahh.. yuk jaga kesehatan kita teman-teman serta tetap jaga bumi kita agar air yang ada di sekitar kita ini tetap bersih. Hal kecil yang bisa kita lakukan agar air tetap bersih dan tidak membawa musibah adalah "Tidak Membuang Sampah Sembarangan".

Salam sehat, Sayangi Bumi kita

18 komentar

  1. Setuju ....ada hal kecil yang bisa kita lakukan agar air tetap bersih dan tidak membawa musibah adalah dengan "Tidak Membuang Sampah Sembarangan".
    Semoga makin banyak yang peduli dengan kelestarian air bersih ini

    BalasHapus
  2. seperrti kata pepatah, air adalah sumber kehidupan. jadi mau hidup kita sehat atau nggak, semua bergantung pada air yg ada disekitar kita dan bagaimana kita memanfaatkannya

    BalasHapus
  3. Semuanya berawal dari hal kecil. Benar sekali, sampah bias mempengaruhi kulitas air tanah dan serapan sehingga perlu untuk dikelola dengan baik

    BalasHapus
  4. Pastinya dong kita membutuhkan air yang bersih, agar jauh dari penyakit juga.

    BalasHapus
  5. Setuju dengan tidak membuang sampah sembarang sama dengan kita perduli dengan bumi dan air yg merupakan sumber kehidupan .

    BalasHapus
  6. Setujuu. Air bersih itu bener-bener pokok dan nggak bisa tergantikan deh. Makanya yuk, jaga lingkungan. Tanam pohon, kasih tanah resapan, jangan buang sampah sembarangan, hemat air adalah sebagian cara kita ikut menjaga kualitas air. Gak kebayang kalau air langka, nangis aku mah

    BalasHapus
  7. air bersih kebutuhan pokok kan yaah, bayangin kalau gak ada air bersih gimana kita minum dan masak buat kebutuhan lain yang pokok jugaa. Makannya sekarang harus dipikirkan resapan air ya kak suapaya air yang tersedia berkelanjutan terus

    BalasHapus
  8. foto air terjunnya bagus :D

    BalasHapus
  9. Setuju banget kalau Indonesia Negara yang kaya akan pepohonan. Jadi banyak sekali sumber mata air.

    BalasHapus
  10. Bener banget ya, air adalah sumber dari kehidupan begitu juga yang berkaitan dengan tubuh yaa hampir 80% pun meliputi air..jadi klo menurut saya mending ga usah makan ya di banding minum

    BalasHapus
  11. Air bersih itu penting banget untuk kita semua.. Makanya aku suka sedih kalau ngeliat ada orang buang-buang air, sementara di belahan dunia lain masih banyak yang kekurangan air bersih..

    BalasHapus
  12. Setuju banget minum air putih yang banyak utk kesehatan tubuh.
    Dan tentu saja wajib buat kita menjaga kelestarian air bumi, dengan misalnya memakai air seperlunya utk mandi, nyuci dll

    BalasHapus
  13. Artikelnya bagus Mba. Mengingatkan untuk selalu hemat air, menjaga air dan mengelola air.

    BalasHapus
  14. air sumber kehidupan
    maka sepantasnya kita menjaga kelestariannya
    tanpa air kita manusia ga bisa hidup

    BalasHapus
  15. Penting banget ini harus Ada air bersih

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah