Minggu, 12 Agustus 2018

7 Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Bagi Wanita Berhijab


Assalamu’alaikum wr.wb,

Hello semuanya,, pernah nggak sich merasa ribet, repot, pusing, bahkan bingung dalam merawat kepala? Terutama kalo make hijab. Kalo sama mari tos lah kita. hehee

Aku pernah mengalami ini juga. Katanya sich kalau kita berhijab itu rambut nggak mesti dirawat amat, toh orang juga nggak akan tau gimana rambut kita. Apakah kamu setuju dengan statement itu? kalau aku sich enggak. Bagiku rambutmu ya mahkotamu yang harus kamu jaga. Sekalipun nggak diliatin orang. Nggak mesti terlalu cantik yang penting rambut sehat dan rapi. Berhijab bukan jadi alasan untuk jadi muslimah kumel yaa..

Mengenai hal tersebut, akhirnya aku pun tergerak untuk mencari tau apa saja tips-tips dalam merawat rambut agar tetap sehat meskipun berhijab. Apa aja??  Ini dia!!

1. Jangan selalu menyanggul atau mengikat rambut.


Sebagimana kita yang tidak bisa hidup jika kekurangan oksigen, rambutpun juga butuh oksigen untuk bernafas. Cukuplah di luar saja saat beraktivitas rambut kita diikat/disangggul dalam balutan hijab. Di rumah jangan. Biarkan ia tergerai. Dan pas mau tidur juga rambut sebaiknya digerai. Janggal diikat apalagi di jalin bagi yang rambutnya panjang banget. Hal itu bisa merusak rambut kita.

2. Rutin menyisir rambut

Ini bertujuan agar rambut rapi dan tidak kusut. Selain itu juga bisa mengurangi kerontokan akbat rambut yang patah. Rutin menyisir rambut juga baik untuk memperlancar peredaran darah di kepala. Sisirnya juga jangan make sisir yang rapet banget ya. Tapi gunakanlah sisir dengan rongga yang sedang.

3. Hindari berhijab ketika rambut basah


\Sebisa mungkin ni teman-teman, jangan gunakan hijab kalau rambut masih dalam keadaan basah. Tunggulah dulu saat rambut kering. Sebaiknya juga jangan pake hair dryer ya. Karena itu bisa merusak rambut. Tapi keringkan saja secara manual dengan cara diangin-anginkan. Di lap pake handuk juga boleh tuch. Tapi jangan digesek-gesek rambut kita di handuk. Karena itu juga merusak. Yang udah jadi kebiasaan, stop in yaa mulai dari sekarang. cz aku juga pernah baca buku yang mengatakan kalau menggesek rambut pada handuk itu nggak baik. Tapi aku lupa nama pengarangnya. Hehee.

Dan saran aku juga, basahilah rambut beberapa jam sebelum kita bepergian. Dengan begitu ketika kita mau pergi, rambut kita sudah kering secara sempurna

4. Gunakan shampoo yang cocok bagi rambut

Ada beberapa orang yang kepalanya nggak bisa sembarangan make shampoo. Terutama aku. Orang kayak aku yang kepalanya agak sensitive, harus berhati-hati dalam menggunkan merk shampoo. Kalau salah-salah, bukanya rambut tambah bagus malah tambah rusak. Haduhh.. dan jangan sembarangan juga yaa dalam menggunkan produk baru. Nanti nyesel lo kalo nggak cocok.

5. Potong rambut

Tips ini juga jitu banget. Selain rambut kita terawatt dan mudah di atur, juga kepala kita menjadi lebih ringan. Apalagi yang punya banyak tugas akhir. Rambut pendek lumayan membantu lo. Setidaknya mengurangi kerontokan dan beban kepala. Hehee

6. Pilih bahan hijab yang nyaman


Ini juga wajib. Jangan sampai malah bahan hijab merusak rambutmu. Sebaiknya Pilih yang lembut, ada jalan keluar masuk udara, namun tetap tidak transparan. Dan yang penting senyamannya kamu aja. Kalau aku pribadi sich make hijab dengan bahan wolfis. Karena memang bahan nya yang tebal sehingga tidak nerawang serta mudah dipasangain. Jangan lupa juga untuk menggunkan inner hijab.

baca juga: Belajar Motret

7. Makan makanan yang bergizi


Selain merawat rambut dari luar, juga harusnya merawat rambut dari dalam. Kalau aku pribadi sich nggak terlalu memaksa harus makan ini itu untuk merawat rambut. Yang penting sehat dan bergizi aja udah cukup. Hehee..

Namun alangkah baiknya jika mampu dan bisa mengaturnya, makanlah makanan yang benar-benar bernutrisi bagi rambut kita. yang banyak mengandung protein, zat besi, dan asam amino.

Okay.. itu dia tips dari aku yaa.. rambut adalah salah satu kenikmatan Allah yang sangat besar dan wajib untuk kita syukuri. Cara mensyukurinya bukan dengan merubah bentuk seperti rebounding, sambung rambut, kriting rambut, nyemir rambut untuk gaya-gayaan dan sebagainya. Bukan malah bersyukur yang mendatang kan rahmat Allah namun justru itu mengundang murka Allah karena sudah merobah bentuk ciptaanya. So, rawatlah rambut sebagai bentuk rasa syukur kita dengan cara-cara yang telah diridhoi oleh Allah SWT.

Semoga bermamfaat.

Wassalamu’alaikum wr.wb

8 komentar:

  1. Saya palingan di potong ajah

    BalasHapus
  2. Bersyukur saya cowok Neng, jadi gak terlalu beribet dengan urusan rambut, cukup pangkas rapi, pendek, shampo-an setiap mandi, dah gitu aja insyaallah adem. Makasi ya tipsnya, jadi nambah pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee.. Iya. Tipsnya buat istri aja pak. Hihii

      Hapus
  3. Kalo berlaku pada cowok ribet juga yah, pfftt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw.. Bukan ribet. Justru menantang donk .Hihii

      Hapus
  4. Udah kebiasaan pake hair dryer nih dek. Soalnya lama & ribet kalo harus dikeringin manual. xD

    BalasHapus
  5. Aku sering bngt mbak pakai hijab dalam keadaan rambut basah.:(

    BalasHapus