Rabu, 24 Januari 2018

Belajar Motret Bersama Mbak Komi Kendy



Mbak Komi yang serius Ngajari Kita Motret

Assalamu’alaikum sahabat..
Kembali lagi nich bersama Nengsih jumpa via uraian kata. Hehee
Ok, kali ini saya bakal membahas pertemuan kelas Bloger Bengkulu (bobe) yang ke-6. Meski ini adalah yang ke-6, namun bagi saya ini adalah pertemuan yang perdana. Kenapa? Yaa karena sebelumnya memang nggak ada ikut even bobe dengan alas an sibuk, bla..bla..bla.., dan tadi pun juga isi formulir pendaftaran anggota Bobe yang baru juga. Dulu tahun 2016 juga ikut grup Bobe, namun karena kurang aktif jadinya di kick dech dari grup, #duduuhh.. kasian. Hehee.
Pertemuanya dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 21 Januari 2018 pukul 13.30 wib, di Taman pantai Berkas, Pantai Panjang Bengkulu. Pesertanya juga terbatas, hanya 30 orang. Tema kelas kita kali ini adalah Belajar Motret dengan pemateri yang kece abis yaitu Mbak Komi Kendi. Beliau ini adalah seorang Jurnalis Fotografer. Materinya keren ni Sob, coz kita diajarkan motret via HP. Bukan canon. Kalau Hp siapa sich yang nggak punya? Hampir semua lapisan masyarakat dan usia punya barang yang 1 ini. Zaman Now gitu lohhh.. hohoo
Kelas Kita Dilaksanakan di Taman Pantai Berkas
Nahh.. acara kita meskipun di jadwalnya adalah jam 13.30, namun mulainya sekitaran jam 14.30 an kurang. Maklum, ka nada yang ditunggu dulu karena ada yang terlambat datang. Termasuk saya yang terlambat. Wkwk.. #Peace.
Setelah semua kumpul, acara pun dimulai. Acara dikomandoi oleh Kak Piter Juleus Vero dan sambutan dari mbak Ria M Fasha ini berjalan dengan lancar. Nanti materinya bakal saya share di akhir tulisan ini. Setelah materi selesai, kita pun di suruh action langsung. Karena disini juga ada lomba motretnya sob. Yaitu lomba pertama, kita di suruh motret kegiatan kita hari itu minimal 5 foto lalu di post di instagram dengan hanstag yang sudah ditentukan, dan juga lomba motret tentang pantai berkas dengan ketentuan yang sama. Bagi yang menang lomba motret agenda acara, untuk 3 orang pemenang dapat hadiah makan gratis di rumah Aceh. Dan bagi yang menang motret tentang pantai berkas, hadiahnya paket perawatan darri DNY senilai Rp 200.000. Keren kannn???
Salah Satu Hasil Motret yang Diikutkan dalam Lomba
Setelah motret kesana-kemari dengan beragam objek dan gaya, akhirnya kita makan siang bersama dengan menu yang sudah disediakan. Barulah kemudian kita penutupan dan diakhiri dengan foto bersama, lalu pulang ke rumah masing-masing.
Adapun materi yang disampaikan Mbak Komi yaitu tentang “Tips Motret”. Berikut ringkasanya:
1. Kamera hp usahakan di atas 5 MegaPixel
2. Kita mesti faham dengan aturan mode, misalnya:
-  Pertama kita aktifkan dulu kamera hp, lalu pilih mode
Lalu cari tulisan kwalitas gambar dan pilih yang paling tinggi
- Sebaiknya hindari zoon untuk pengambilan foto dari jarak jauh. Lebih baik  gambarnya di crop saja ketika editing
- Tampilkan garis bantu pada kamera
- Hindari juga lampu kamera atau flash. Taktiknya jika ingin foto di tempat yang agak gelap adalah dengan menggunakan senter. Bisa dengan senter hp yang lainya, senter kecil, ataupun senter dari hp kamera itu sendiri
-
Para Bobe yang Serius Dengarin Materi Sekaligus Juga Praktek
Aktifkan mode HDR untuk mengeluarkan warna
3. Sebelum motret cari referensi gammbar terlebih dahulu. Untuk mengetahui sudut dari mana yang paling bagus.
4. Kita juga harus sigap moment, misalnya ada moment yang unik dan menarik, langsung kita abadikan
5. Usakan tangan kita yang memotret stabil. Jang bergerak dahulu sebelum gambar tersimpan.
6. Bisa juga menggunakan alat bantu tripod atau monopod bagi yang punya
7. Pastikan bahwa lensa kamera yang kita gunakan bersih sehingga hasilnya tidak kabur
8. Kita juga bisa mengedit foto. Salah satu aplikasi editing yang bagus dan direkomendasikan yaitu aplikasi snapssed
9. Usahakan jangan membelakangi kamera. Dan waktu yang pas untuk foto sekitaran pagi sampai jam 8 pagi dan sore di bawah jam 4 sore
Mbak Komi yang Langsung Mempraktekan cara Mengubah Pengaturan di Hp salah satu Bobe
Demikian yang dapat disampaikan dalam kelas Bobe kita kali ini, dan Tips terakhir yang disampaikan oleh Mbak Komi yaitu,:
a. Kita harus mengenal alat foto kita (kamera)
b. Sering-seringlah berlatih. Jangan pernah bosan. (foto-hapus, foto-hapus, sampai dapat hasil maksimal seperti yang diinginkan)
Sering-Seringlah Berlatih Motret
c. Cari referensi sebanyak-banyaknya bagaimana mode-mode atau angle-angle yang bagus untuk kita foto.
Semoga bermamfaat ya sahabat, sampai jumpa juga di kelas Bobe berikutnya. Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar