10 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Usai Ujian Akhir Semester (UAS)


Assalamu’alaikum sahabat, apa kabarnya ni?? Sehat Yaa..!! harus donk. Dan gimana dengan UAS nya? Lancar-lancar ajakan nyonteknya? #Uppss.. Kidding. Hihiii
Hemzz... Alhamdulillah yaa, kita sudah menyelesaikan UAS di kampus kita tercinta ini, kampus hijau Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Meskipun ada juga sebagian teman kita yang belum. Untuk adek-adek maba ni, selamat kalian sudah menyelesaikan UAS perdana dengan status Mahasiswa. Bangga donkkk... jarang orang di luar sana yang bisa seberuntung kalian. Toh, buktinya ada tu diantara teman kalian yang terpaksa tidak bisa ikut UAS karena faktor ekonomi. Bermasalah ketika pembayaran. Dan akhirnya pulang ke desanya dengan berurai air mata, dia adalah salah satu anak asrama kita, (jadi sedih, huhuu). Jadi kita musti banyakin Syukur.. Alhamdulillah kita jauh beruntung.
Nahh.. bagi kalian yang semester 3 ataupun semester 6 sama seperti Nengsih, ini adalah UAS untuk yang kesekian kalinya. Mumet nggak sich?? Pasti!. Hehee.. karena di UAS kita memang perlu belajar ekstra agar dapat IPK yang maksimal (Kayak yang ngomong belajar ekstra aja. Hihihiii). Tapii.. ahh ya sudahlah kita sudah melewati UAS tahun ini dengan lancar-lancar aja. Dan lagi-lagi kita harus bersyukur.

Okay.. setelah UAS, berarti 1 masalah sudah usai nich sahabat. Setidaknya otak bisa menjadi lebih tenang sekarang. Tinggal kita menunggu hasil. Namun, sambil menunggu nilai-nilai keluar yang bikin deg-degan (bagi yang merasa deg-degan aja. Hehee), tentu masih lumayan waktu luang yang ada kan, sob. Apalagi setelah liburnya, kadang bisa 2 bulan lebih kita libur. Jadi sayang banget kalau dilewatkan hanya dengan tidur-tiduran,makan, hura-hura, atau malah keluyuran tak jelas.
Kebahagiaan Setelah UAS Usai
Oleh karena itu, ada 10 hal nich yang bisa sahabat lakukan setelah selesai UAS, apa aja?? Simak sampai tuntas yaaa!!... ;-)
1.                       Bersyukur
Sumber: Google
Iyap.. seperti yang nengsih bilang di awal tadi, bersyukur adalah yang wajib kita lakukan. Bersyukur karena apa?? Banyak banget!, salah satunya kita bisa menyelesaikan UAS ini dalam keadaan sehat wal afiat. Nantilah masalah hasil UAS kita yang ntah bagaimana hasilnya. Tapi yang terpenting kita telah menunaikan salah satu kewajiban kuliah. Yaitu UAS. Kalau seandainya kita tidak bisa melaksanakan UAS, ini akan berdampak sekali dengan masa depan kuliah kita. Bisa saja kita harus mengulang lagi di semester depan.
2.                       Berdo’a
Orang bijak mengatakan “Usaha tanpa do’a itu sumbang” karena dia saling berkaitan. Kita tidak bisa berusaha doank misalkan belajaaarrrrr terus, tapi melupakan keutamaan do’a. Sama hal-nya sebelum kita melaksanakan UAS, kita juga harus berdo’a usai UAS. Berdo’a di 1/3 malam memohon kepada Allah agar diberikan yang terbaik, diberikan nilai yang tinggi, dosen nya nggak pelit nilai, Hehee..tapi yang pasti apapun hasil  nilai kita, kita jangan salahkan dosen ya, mungkin dosen punya penilaian tersendiri untuk kita. Sekalipun nilai kita jelek dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, bahkan jauh dari harapan padahal kita udah merasa maksimal kuliah, tugas, maupun UAS, yaa kita ikhlas saja. Selagi bisa diperbaiki, ya kita perbaiki, kalau enggak yaaa.. mau gimana lagi? Hehee.. (curhat nich ceritanya, Neng? Wkwk) . Jangan lupa juga minta do’a sama orang tua yaa sahabat. Karena orang tua, terutama Ibu kita, do’a nya keramat. Begitulah yang insyallah senantiasa Nengsih lakukan menjelang Ujian dari dulu. Selalu minta do’a ibu. Agar dimudahkan dalam menjawab soal dan mendapatkan nilai yang maksimal.
Dan setelah berdo’a, apalagi yang bisa kita lakukan?? kita berpasrah kepada Allah. Di detik ini Qodarullah yang mengaturnya. Gimana hasil akhir kita. Yang penting kita sudah berusaha. Satu yang mesti kita tanamkan, yang sering kita dengar dari motivator-motivator, yaitu “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”. Yakin saja itu. Allah sesuai prasangkaan hamba-Nya.
3.                       Istirahat
Proses belajar yang Kadang Bikin Pusing
Tubuh, Mata, dan Otak kita juga butuh Istirahat
Nahh... ini wajib kita lakukan, sahabat. Bagi yang ketika UAS biasanya menggunakan sistem SKS (system Kebut Semalam), Istirahat juga wajib kamu lakuin. Bayangkan kamu begadang seminggu dan bahkan kadang lebih dari seminggu, matamu lelah, badanmu pasti letih. Sebelum UAS, buku seabrek kamu hadapin semua (Ngadapin doank, baca enggak. Hihii), kadang lupa makan (Yaelahh lebaynya, wkwk), dann menyita waktu banget UAS ni. Mana capek belajar, belum lagi capek mikirinya. (Waduuhh.. ujian difikirin, belajar atuh. Hahaa). Jadi kamu mesti, kudu, dan harus istirahat maksimal. Asal jangan istirahat untuk selamanya yaa.. #dududuuu..)

4.                       Refreshing
Wisata Hutan Mangrove
Refreshing Mandi Bola Pantai Bagi Cowok
Selain istirahat, kamu juga mesti Refreshing sahabat. Karena otak dan diri kita juga butuh penyegaran. Bosan lo yaa seminggu ini harus maksimal di rumah atau di kostan atau di asrama berkutat dengan buku mata kuliah, membaca, menghafal. Kan kita juga butuh jalan-jalan. He emm.. ajak teman sekelasmu yaa?!, teman sekostan, atau teman seasrama. Apakah itu refreshing ke pantai, (sekadar jalan-jalan, mandi pantai, main ombak, atau bermain bola pantai), bisa juga ke gunung, kebun teh, air terjun, ke museum atau tempat-tempat bersejarah, dan masih banyak lagi tempat wisata yang lainya. Nggak usah jauh-jauh dech.. di Bengkulu juga banyak tempat wisata. Yukk.. kita jalan-jalan! Hehee..
Jembatan Pantai Berkas
Selain itu sahabat juga bisa koq ngadakin piknik bareng atau makan-makan bersama dengan kawan-kawan. Atau biar lebih seru dan asik lagi, masak sama-sama dengan hidangan istimewa bersama kawan-kawan sekost.
5.                       Menonton
Menonton Sambil Ngemil Cocok Banget Ngisi Waktu Santai Setelah UAS
Nah, ini juga bisa dilakuin bagi yang hobi nonton nich, mungkin diantara teman-teman udah nyiapin tu film terbaru. CD yang udah dibeli, nonton anime di laptop, nonton film kesukaan di Tv, ataupun film-film yang udah di download di youtube. Ketika UAS kan nontonya dipending dulu karena katanya mau fokus tu, jadi pas selesai UAS, Kuyy dech balas dendam!, (ngajarin yang nggak baik, hihii). Nah sahaabt boleh juga tuch ajak kawan-kawannya nonton di Bioskop dengan film terbaru. Sekali-kali nggak apa lah yaa nonton Cinema. Hehee
Ketika Kita Nonton Bareng Film Ayat-Ayat Cinta 2 Di  XXI Bencolen Mall
Tapi kalau saran Nengsih sich, ada baiknya  sahabat nonton film-film yang menginspirasi aja. Yang bisa menambah sahabat lebih bersemangat lagi dalam menjalani hidup. Ada buaanyyaaakkk banget film positif yang bertebaran di youtube, silahkan dech download. Nontonnya ajak teman-teman yaa, biar makin seru. Kan asik, ketika nonton film sedih dan kamu menetaskan, eh meneteskan air mata maksudnya, wkwk, ada yang ngehapus air mata kamu. #Eaaa.. (Jomblo akut nich ya kayak gini. Hahaa). Tapi jangan nonton film yang aneh-aneh lo yaa, apalagi dengan pasangan yang belum halal buat kamu. #Berbahaya!!
6.                       Beberes
Ini juga bisa kamu lakuin ni sob, ketika usai UAS. Kamu bisa beberes kamar mu yang berantakan, yang mungkin udah berbulan-bulan nggak diberesin. Liat tuch sarang laba-labanya makin gede, malu emm sama anak kecil. Heheee.. kamu bisa rapiin tempat tidur yang kayak kapal pecah, nyuci sprei yang udah jamuran, ngepel lantai yang dakinya udah 5 cm, rapiin make up (bagi cewek), rapiin buku, rapiin pakaian, nyetrika, dll..

Atau bagi kamu yang nggak ngekost, kamu juga bisa bantu ibumu beres-beres. Mumpung libur lo yaa.. kan selama UAS ibu nggak mau gangguin kita dengan nyuruh kerja tuuu.. (Sebagian ibu sich kayak gitu, sebagian lagi ya kerja, tetap aja kerja. No toleran! Hehee). Kamu bisa bantu nyapu rumah, nyuci piring, bersihkan halaman, mencabut rumput yang mengganggu, dll.. dan ini bukan hanya berlaku untuk cewek yaa.. cowok juga. Ini juga bagian dari kesetaraan gender dalam urusan rumah tangga. Heheee, sekalian belajar jika nanti udah jadi suami bisa bantuin istri juga. Hikhikk.. #NoBaper
Calon Imam Yang Baik Adalah Yang Mau Membantu Pekerjaan Rumah Tangga, Hihii
7.                       Kerja

Bekerja dan Bergotong Royong dengan Warga juga Bisa Kamu Lakukan Usai UAS
Kerja?? Bingung ya mau kerja apa?,, heemm... usai UAS ada waktu tu untuk kamu kerja. Lumayan loo buat tambahan uang jajan atau untuk beli bedak (kata orang tua di dusun. hehee), bagi cewek kamu bisa kerja dengan Les Privat, dengan kerja nyambi di loundry,bantu ibu jualan kue/baju, jualan online, dll. Serta bagi cowok-cowok bisa kerja di bengkel motor, di cucian steam, bantuin ayah ke kebun, kerja di rumah makan, dll.. apalagi bagi kamu yang kerjaan kamu itu sesuai dengan hobi. Mantep tuu.. jadi ingat kata kak Piter pada acara Kuliah Umum Bobe di Kampus 4 UMB kemaren, “Pekerjaan yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang di bayar”. Semoga nanti aku pun juga dapat pekerjaan yang sesuai dengan hobi aku. Biar lebih maksimal kerjanya. Aamiin…
8.                       Membaca
Berbagai Macam Jenis Buku Bisa Sahabat Baca
Wah, ini yang Nengsih suka. Hehee... dengan berlibur bisa membaca sebanyak mungkin buku yang udah dibeli dengan sukarela, hihii..karena kalau dulu serasa beraaaat banget beli buku. Tapi sekarang Alhamdulillah. Rasanya pengen beli lagi dan lagi dengan buku yang beragam. Ketika UAS, sahabat paling hanya berkutat dengan buku pelajaran, fotokopian. Tapi setelah UAS, sikat abis tu buku yang udah jadi koleksi di lemari.

Sahabat bisa baca buku apa saja yang memang hobi. Misal, novel, cerpen, sejarah, buku agama, buku pengembangan diri, komik, dan masih banyak lagi yang lainya. Nggak ada yang sia-sia dari aktivitas membaca ya sahabat, buku apapun itu pasti bermamfaat untukmu. Kecuali yang berbau porno atau kriminal ni yaa.., ingat kan slogan “Membaca Adalah Jendela Dunia”? iyaa dengan mebaca kita bisa tau semua isi dunia tanpa harus pergi ke dunia yang kita baca tersebut. Bahkan Rasulullah dulu pertama kali wahyu turun diperintahkan untuk Membaca. “Iqra.. iqra.. iqra..” (Baca sejarah Nabi dan asbabun Nuzul turunnya QS. Al-‘Alaq: 1-5)
Ke Gramed Yukk..!!
Bagi sahabat yang mungkin memang belum punya banyak stok buku dan mau minjam pun juga yang dipinjemin nggak mau ngasih, sahabat bisa datang ke Perpustakan Daerah, atau pun ke Gramedia. Di sana banyaakk banget jenis buku. Sahabat bisa liat-liat aja dulu. Misalnya sahabat pergi ke Gramedia. Meski belum beli, setidaknya sahabat sudah survey duluan buku mana yang mau dibeli nantinya. Hehee..
Dan kalu nengsih pribadi sichh.. kalau sekarang suka baca buku pengembangan diri, baca Sirah Nabawiyah, Sirah Sahabat dan Sahabiyat. Karena memang kebetulan baru beli buku itu. Heheee... selain itu juga Nengsih hobi baca novel, cuma sekarang sudah dikurangin karena pengen ke yang lebih ilmiah saja. #Ciyeee yang move on dari Novel, wkwk..
9.                       Olahraga

Dengan olahraga, tentunya tubuh kita menjadi sehat ya sahabat, olahraga itu penting. meski masih sedikit orang menyadari akan pentingnya berolahraga. Olahraga juga pas banget buat kamu yang mau dead, eh..eh.. diet maksudnya. Hehee.. olahraga cocok buat kamu yang punya ukuran tubuh panjang x lebar = Luas (Koq kayak rumus matematika waktu SD dulu, Yaa??? wkwk). Hemm.. tapi emang sahabat. Diet dengan berolahraga jauh lebih baik ketimbang kamu minum obat diet yang mempunyai efek samping di kemudian hari.
Olahraga Memanah
Dan saran Nengsih juga buat sahabat yang punya ukuran badan yang tidak kecil, mending tinggalin tu semua obat diet. Nggak baik buat kesehatan kamu. Percaya dechh.. diet yang alami-alami aja. Kayak banyakin makan buah dan sayur serta makanan yang berserta, serta kurangi dan bahkan tinggalin t cemilan chiki-chiki yang nggak da gizinya sedikit pun. Yang ada malah banyak micin nya.. #Jadi ingat sama jargon generasi micin...hehee,
Namun bagi yang tetap ngotot mau minum obat diet, kamu juga harus hati-hati. Kalau bisa sesuai dengan penjuk dokter ya dan ikuti apa yang tertulis di botol obat diet tersebut, Yaitu imbangi minum obat itu dengan olahraga.jadi kalau kamu udah minum obat diet tpi malah malas olahraga, nanti diet kamu malah gagal. Yang ada justru ngabis-ngabisin duit donk dengan beli obat diet yang mahal. Apalagi mana udah malas olahraga, makan banyak, ngemil tetap. Sama aja dengan bo’ong tuch diet kamu.
Selain itu, olahraga juga bisa membuat kita lebih bersemangat ni sob. Berolahragalah dengan apa aja yang kamu bisa. Sebaiknya olahraga juga ajak teman-temanmu, biar bisa sehat sama-sama dan juga seru-seruan bareng. Hehee
Olahraga nggak mesti yang berat-berat yaa!, kayak angkat besi sampai angkat senjata. Hehee.. (kayak atlet kelas atas dan kayak prajurit aja. Wkwk). Kamu bisa olahraga ringan seperti jogging, main bulu tangkis, tenis meja, memanah, renang, bersepeda, lari, sampai panjat kelapa. Eh.. eh.. Bercanda.. hohoo
Olahraga Tenis Meja di Asrama
Kalau nengsih sendiri, karena tinggalnya di asrama dan udah disiapkan tenis meja, jadi kita suka banget main tenis meja setelah sholat subuh jama’ah. Biasanya kita main sama Ustadz, atau nggak sama adek-adek yang lain. Selain tenis meja, teman-teman di asrama juga suka bersepeda (meski sepeda minjam ke Mbx Sofia sich. Hehee), trus ada juga yang jalan-jalan pagi sampai ke pantai. Waahhh.. lumayan jauh ya? hehee
10.                   Asah Kemampuan
Belajar Fotografer Salah Satu Bakat yang Bisa Kamu Asah Kalau Ada Passion di Bidang Ini
Nah, yang terakhir ni, bagi kita yang sudah selesai UAS, kita bisa ngikutin kegiatan-kegiatan yang bisa mengasah kemampuan, yang nggak bakal didapetin di bangku kuliah. Seperti les musik, belajar masak, belajar mengaji (bagi yang ngajinya belum lancar), belajar menjahit, belajar nge-blog, nge-youtube, belajar nulis, belajar fotografer dan masih banyak lagi yang lainnya yang sesuai dengan passion, minat dan bakat yang sahabat punya. Sehingga nanti pas lulus kuliah kita bisa dapat nilai tambah selain dari gelar sarjana yang sesuai dengan jurusan yang diambil.
Piknik juga Salah Satu Hal yang Bisa Dilakukan Usai UAS
Jadi itu ya sahabat 10 hal-hal yang bisa kita lakuin usai UAS, semoga bermamfaat ya.. Selamat berlibur juga. Berliburlah dengan liburan yang bermamfaat, yang produktif. Rugi kalau liburan kita hanya dengan makan tidur-makan tidur doank. Padahal banyak yang bisa kita lakukan. Barangkali salah satu dari 10 itu bisa sahabat lakukan di rumah masing-masing.
Happy Holiday,
Wassalamu’alaikum wr.wb

3 komentar

  1. "Calon Imam Yang Baik Adalah Yang Mau Membantu Pekerjaan Rumah Tangga"


    Hais, ini sepertiya kode untuk yang di foto heheeee

    BalasHapus
  2. Ahahaa.. Nggaklah
    Cz yg d foto t adx tngkat. Wkwk

    BalasHapus
  3. Kalo saya dulu abis UAS ya main games sampai tumbang.. hahahahaha
    *jangan ditiru tapi

    BalasHapus