Pokok-pokok Ajaran Islam



Oleh: Ustadz Malito Junizan 
Pada: KompaQ edisi Senin, 22 Januari 2018
1.      Dalil fitrah
Setiap Anak Adalah Fitrah
Hadits shohih bukhari no. 1296 Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dza'bi dari Az Zuhriy dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fithrah. Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nashrani atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?"
Setiap anak yang lahir itu pada dasarnya bertauhid kepada Allah swt. Tetapi tergantung apa agama yang dianut orang tuanya.
2.      Dalil akal (At-Tur: 35-37)
Sumber Google
Semua penciptaan di dunia ini ada proses. Begitupun penciptaan manusia. Proses penciptaan manusia, Allah yang mengaturnya. Tidak ada manusia yang bisa menciptakan alam. Jika ada, maka akan terjadilah kekacauan. Manusia, semakin ia memiliki ilmu, semakin tunduklah ia kepada Allah.
3.      Dalil syari’at
Sumber Google
Contohnya yaitu Al-Qur’an. Karena tidak ada yang bisa menyamai Al-Qur’an. Begitu juga dengan Hadist. Tidak ada yang bisa menyamai keindahan perkataan Nabi.
4.      Dalil indra

Sumber Google

a.      Do’a
Ketika seseorang berdo’a dan ia merasa do’anya dikabulkan
b.      Mukjizat
Seperti kisah mukjizat Nabi Musa, Nabi Nuh, dll

Tidak ada komentar