Pendaftaran dan Seleksi OPQ ODOJ tingkat Provinsi


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar ni teman-teman semua? Btw, aku mau ngasih info ni. Info apa hayooo?? Hehee

Kali ini aku mau ngsih info kabar gembiran dari ODOJ. Tau ODOJ kan?? Itu tuuu.. yang komunitas program baca Al-Qur’an 1 hari 1 juz, alias One Day One Juz. Nah, di komunitas ini saat ini sedang mengadakan pendaftaran peserta Olimpiade Pecinta Qur'an (OPQ) 2 dan Seleksi Tingkat Provinsi Bengkulu.

Pengen tau apa aja yang dijadikan seleksi? Trus apa aja syarat pesertanya? Ada beberapa cabang ni teman-teman, simak baik-baik yaaa.. hehee, ini dia!!!

1. MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an)

Kategori:

a. Anak-anak (Juz 1, 29, dan 30)

b. Dewasa Ikhwan dan Akhwat (Juz 1-10)

Syarat peserta:


a. Anak-anak maksimal usia 14 tahun 11 bulan

b. Dewasa Ikhwan dan Akhwat usia 15-24 tahun 11 bulan

c. Kategori umur tersebut masuk hitungan bulan September ketika memasuki babak final di Lombok, NTB

2. MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an)

Kategori:

a. Anak-anak (Juz 1-10)

b. Dewasa Ikhwan dan Akhwat (Juz 1-30)

Syarat peserta:

a. Anak-anak maksimal 14 tahun 11 bulan

b. Dewasa Ikhwan dan Akhwat usia 15-24 tahun 11 bulan

c. Kategori umur tersebut masuk hitungan bulan September ketika memasuki babak final di Lombok, NTB

3. Tafsir Qur'an

Cabang tafsir Al Qur'an terdiri dari dua golongan yang dapat diikuti oleh pria (mufassir) dan wanita (mufassirah) yaitu:

a. Golongan tafsir Bahasa Arab (Shafwat tafasir)

b. Golongan tafsir Bahasa Indonesia (Al-Maraghi)

Peserta musabaqah cabang tafsir Al Qur'an adalah mufassir dan mufassirah yang tidak membatasi segala usia

Materi TQ (Tafsir Qur'an):

a. Hafalan untuk tafsir Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia adalah 30 juz

b. Tafsir yaitu satu juz yang ditentukan pada setiap MTQ baik tafsir Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia dimana juz yang diuji adalah juz 2

Berkas yang dipersiapkan:

a. Biodata peserta (disiapkan oleh panitia)

b. KTP (dewasa) dan Kartu Pelajar (anak-anak) c. Akte kelahiran

d. Foto ukuran 4x6 (3 lembar)

e. Surat izin (disiapkan oleh panitia)

 Okay, itu tadi mengenai lomba yaa… trus acar puncak seleksinya kapan? _In Syaa Allah seleksi akan dilaksanakan pada Hari Ahad, tanggal 22 Juli 2018, Pukul 09.00 WIB-selesai. bertempat  di Masjid Al-Istiqomah, Tebeng, Kota Bengkulu.

Jadwal pelaksanaan seleksi yaitu dimulai dari:


1. Pendaftaran online dan offline serta penyerahan berkas lomba tanggal 25 Juni - 21 Juli 2018 pendaftaran melalui SMS/WA

2. Daftar ulang perlombaan tanggal 21 Juli 2018 maksimal pukul 12.00 WIB

3. Technical Meeting tanggal 21 Juli 2018 pukul 15.00 WIB

4. Pelaksanaan lomba tanggal 22 Juli pukul 09.00 WIB

5. Pengumuman seleksi perlombaan tanggal 22 Juli 2018

Dan buat teman-teman atau adeknya, atau saudara, kenalan, dll yang mau daftar, Format pendaftaranya adalah :

Daftar#Jenis Lomba#Nama Lengkap#Umur#Jenis Kelamin#Domisili#No. Hp

Contohnya :

Daftar#MHQ#Putra#20#Laki-laki#Bengkulu#081100020001

Gampang kan??

Untuk Informasi dan pendaftaran bisa melalui SMS/WA ke:

Ikhwan : 08994619232 (Hasbiyallah)

Akhwat : 085268133468 (Radmita Zubir)


Beberapa catatan yang harus diingat:
1. Peserta membaca dengan teliti informasi perlombaan terkait ketentuan dan berkas-berkas persyaratan lomba

2. Menyiapkan berkas persyaratan lomba

3. Pemenang setiap kategori lomba akan mendapatkan _trophy_ dan sertifikat

4. Juara 1 setiap kategori lomba akan dikirim ke Lombok, NTB untuk mewakili Provinsi Bengkulu serta mengikuti perlombaan lanjutan tingkat Nasional dan Internasional

5. Pemenang yang dikirim ke Lombok, NTB bebas biaya transportasi serta akomodasi

Nah,, itu tadi ya info terbarunya. Jangan lupa kalau teman-teman punya kemampuan di bidang cabang yang dilombakan tadi, daftar seleksi yaa.. biar nanti bisa jadi utusan untuk seleksi tingkat nasional pada ajang OPQ di Lombak.. wahh… selain bisa ikutan lomba, syiar agama, sekaligus jalan-jalan nich… Lombok terkenal dengan temat wisata alamnya yang indah loo… dan jangan lupa juga untuk ajak teman, saudara, keluarga, dll yang punya skill di bidang ini.

Eitsss,, jangan lupa juga buat follow akun medsos kita di

FB : onedayonejuz Bengkulu, Odoj Bengkulu

Jazakumullahu khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Album OPQ 2017 Bekasi:



















12 komentar

  1. lihat acara beginian tuh bikin baper, berbahagialah mereka yang bisa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbx.. Alhamdulillah bgt bgi yg bsa brngkt.

      Hapus
  2. Pasti menyenangkan ikutan olimpiade Al Quran. Semoga aja nanti saya punya anak penghafal Al Quran.

    BalasHapus
  3. Kehadiran ODOJ ini menurutku keren banget, odoj Bengkulu juga aktif banget.

    BalasHapus
  4. Wae keren ni... Bagus banget, sekarang berusaha Istiqomah di odalf biar bisa kerjar odoj he

    BalasHapus
  5. Kerennyaaaa. Minder sekaligus termotivasi lihat acara-acara begini dekk. :')

    BalasHapus
  6. Wah.... kegiatan keren nih.,Aku jadi semakin termotivasi belajar al-qur'an ^^ soalnya mau ikutan olimpiade ga pede sama kemampuan.. hehe

    BalasHapus
  7. Masyaa allah, acara yang memotivasi nih mbak. Saya belum tahap ke ODOJ masih ODOA dulu, one day one ayat. Alhamdulillah sih sdh hapal tapi ya belum ber juz2. Pengen ikutan ODOJ tapi rasanya belum mampu

    BalasHapus