Kamis, 19 Juli 2018

Mengenal Jakarta Lebih Dalam Dengan Mengunjungi Museum Di Jakarta


Assalamu’alaikum wr. wb.

Hallo semuanya, apa kabar nich moga selalu sehat yaa. Aamiin..

Btw, kali ini aku mau kasih tau ke teman-teman tentang Museum yang ada di Jakarta nich, biar kita semua pada lebih kenal dengan ibu kota Jakarta. Pun dengan sejarahnya.

Yap, Tanpa sejarah, belum tentu kita bisa menjadi bangsa yang hebat seperti saat ini. Sebagai generasi penerus bangsa, janganlah malu dan ragu untuk terus mengingat sejarah yang pernah mewarnai kehidupan masa lampau. Jika selama ini ke Jakarta dan hanya mengenal hiruk-pikuk kota serta mengunjungi tempat wisata di Jakarta saja, maka coba dech, kali ini sempatkan untuk mengunjungi museum-museum bersejarah yang ada di Jakarta. Dengan begitu, mengunjungi tempat wisata di Jakarta sekaligus belajar tentang sejarah akan memberikan pengalaman tersendiri lho buat kita. Apa aja kira-kira tempat tersebut? Cekidott!!

1. Museum Nasional Indonesia
foto:kaorinusantara.co.id
Museum Nasional Indonesia ini, juga sering disebut sebagai Museum Gajah karena adanya patung gajah ikonik di depan museum. Museum yang terletak di Jl. Merdeka Barat no.12 Gambir, Jakarta Pusat ini sudah berdiri semenjak tahun 1778 lalu lho.

Museum ini merupakan museum terlengkap di Indonesia. Terdapat lebih dari 114 ribu barang bersejarah yang ada di museum tersebut. Singkatnya, semua barang pra sejarah dan arca yang pernah kita lihat di buku sejarah, semua ada di sini. Jangan ragu untuk mengunjungi museum ini yaa, tiket masuknya pun hanya Rp. 5.000 saja untuk orang dewasa.

2. Museum Fatahillah



 sumber:pojoknyantai.online

Museum Fatahillah ini berada di Kota Tua Jakarta. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini berisi tentang sejarah kota Jakarta dari masa prasejarah, hingga berdirinya kota Jayakarta. Ada juga prasasti-prasasti tentang kota Jakarta, barang-barang antic dari masa lampau, serta kain tenun sumba yang bisa kita lihat di dalam museum. Karena letaknya yang berada di Kota Tua, museum ini masih ramai dikunjungi sampai sekarang lho teman-teman.

3. Museum Bank Indonesia



sumber:letsgo2museum.com
Sama seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia juga berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Di sini kita bisa menambah pengalaman dan pengetahuan dengan mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia. Segala tentang keuangan ada di museum ini. Kita juga bisa melihat berbagai mata uang yang pernah digunakan di Indonesia lho. Ada juga diorama-diorama yang menggambarkan perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Keren Kaannnn?? Tiket masuk ke museum ini hanya Rp. 5.000 saja Jkok per orangnya. Jangan ragu untuk belajar di dalamnya yaaa..

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi


sumber: muda.kompas.id

Terletak tidak jauh dari Bundaran Hotel Indonesia, tidak terlalu sulit untuk menemukan museum bersejarah ini. Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini berisi tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, dan bagaimana naskah proklamasi diketik. Di Bagian belakang museum, ada bunker bawah tanah yang bisa kita kunjungi. Bunker ini dulunya adalah tempat persembunyian jika ada serangan dari pihak Belanda. Berada di sini akan membuat kita merasakan atmosfer kemerdekaan. Wow..

Okay, itu tadi museum-museum di Jakarta yang bisa kita kunjungi ya teman-teman.. Selalu ingat kan, dengan slogan Jas Merah, Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya. Dannn… Jangan sampai juga melewatkan info promo di situs resmi traveloka sebelum berlibur ya. Selamat berlibur.

Wassalamu’alaikum wr.wb


This entry was posted in

16 komentar:

  1. Kalau ke jakarta bagus nih ke museum, kayaknya tempatnya besar. Lagian belum pernah ke sana 😂

    BalasHapus
  2. Wah mantep nih dek..boleh jadi referensi utk ke depannya,siapa tau mau ke jakarta

    BalasHapus
  3. Baru masuk yg dua aja dikota tua... dan baru sadar juga masih banyak meseum di jakarta ini yang belum dikunjungi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nexg kalo ke Jakarta wajib jga ke tmpat yg lain ya kak .

      Hapus
  4. Kapan ke Jakarta mau lah mampir ke meseum, sejali berangkat minimak satu meseum di kunjungi.

    BalasHapus
  5. Tapi tiap senin museum dan wahana di Jakarta tutup loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brrti jgn dtang d hari senin mak. Hehe

      Hapus
  6. Jakarta ga melulu soal macet
    Jakarta punya history untuk dinapaktilasi

    BalasHapus
  7. Jakarta emang punya banyak museum keren ya dek. Akhir-akhir ini ada museum Macan yang mencuri perhatian karena sooooo instagramable :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni mbak.. Wah.. Bru dengar t mbx, ada museum macan.

      Hapus
  8. aku paling doyan ini main ke museum. Yuk aku tunggu di Jakarta, kita main ke museum. Asal jangan hari Senin ya. Senin waktunya ke mall aja, karena semua museum pasti tutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Senang bngt ni kalo di sambut mbx Dian ntar. Hehee. Smga aja nnti ya mbx ke Jakarta liat museum. Do'akan mbx.. Aamiin . Hehee

      Hapus