Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat di Fikes Universitas Dehasen Bengkulu



Hallo teman-teman,  apakah kalian salah satu di antara banyaknya manusia yang ingin menjadi bagian dari tenaga kesehatan Indonesia?  Jiwa-jiwa yang tergerak hatinya untuk merawat orang-orang yang sakit. Menjadi pelayan masyarakat dengan penuh tanggung jawab. 

Setiap hari selalu saja ada yang sakit dan butuh perawatan medis.  Baik itu karena kecelakaan maupun penyakit lainnya. Seperti halnya peran dokter yang amat penting, tenaga kesehatan yang lain seperti perawat maupun bidan juga sangat dibutuhkan. Menjadi tenaga kesehatan yang melayani masyarakat dengan sepenuh hati tentu membuat masyarakat menjadi lebih tenang dan senang. Bahkan dengan tangan-tangan yang tulus dari tenaga kesehatan itu pulalah yang justru mempercepat proses penyembuhan pasien.
Dan untuk menjadi seorang tenaga kesehatan yang hebat dan menjadi kepercayaan masyarakat, kita butuh bekal yang cukup untuk itu.  Salah satunya adalah memilih universitas yang pas untuk kita belajar. 


Dan mengenai Universitas/Kampus yang rekomended buat menjadi tenaga kesehatan yang hebat salah satunya adalah di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu (Fikes Unived).

Fikes Unived memang sudah sejak lama menjadi kepercayaan masyarakat dalam menuntut ilmu di bidang kesehatan. Bahkan di daerah kami pun Fikes Unived sangat dianjurkan dan menjadi pilihan masyrakat.  So, kita coba mengenal Kampus Kece ini dulu yokkk..

Profil Fikes Unived

A. Sejarah


Berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen diawali dengan berdirinya Akademi Perawatan Karya Husada Bengkulu pada tahun 1995 dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.1.1.2939 tanggal 30 Agustus 1995. Pada tahun 2000 Akademi Keperawatan Karya Husada di akreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Jakarta dengan nilai strata B dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.2.2.00440 tanggal 3 Maret 2006.


Ini merupakan pengakuan terhadap keberadaan Akademi Keperawatan Karya Husada. Yayasan Dehasen berupaya mengembangkan Akademi Keperawatan Karya Husada dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen dengan SK Mendiknes NO: 82/D/0/2008 pada tanggal 3 Maret 2008. Pada tahun 2017 akhirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu Merger ke Universitas Dehasen Bengkulu dengan keluarnya Surat Keputusan Merger Universitas Dehasen Bengkulu dari Kementrian Ristek Dikti Tahun 2017.

B. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan pendidikan yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu adalah :
1. Gedung belajar lantai 6 dengan ruang 2. perkuliahan ber-AC
3. Laboratorium

Fasilitas laboratorium di bagi atas 3 jenis, meliputi :
a. Laboratorium Bahasa
b. Laboratorium Komputer
c. Laboratorium Kesehatan, terdiri atas :
d. Laboratorium Anak
e. Laboratorium Maternitas
f. Laboratorium gawat darurat
g. Laboratorium medikal bedah
h. Laboratorium kebutuhan dasar manusia
h. Klinik umum
i. Sarana olahraga
j. Aula 
k. Hotspot gratis di setiap ruangan
l. Perpustakaan
m. Kantin
n. Mushola
o. Tempat penitipan anak
p. Mini Market

Beberapa dokumentasi Fasilitas:

Perpustakaan




Laboratorium 

C. Penyebaran Alumni

Penyebaran Alumni juga sudah menyebar dimana-mana loh temans, membuktikan bahwa Fikes Unived memang bersaing di dunia kerja. Kita cek juga penyebarannya dimana dan berapa jumlahnya yukk!.. 
a. Instansi Pemerintahan berjumlah 30 orang 
b. Rumah Sakit Swasta 18 orang 
c. Perusahaan BUMN/BUMD 125 orang
d. Perusahaan Swasta 10 orang
e. Pusat Kesehatan Masayarakat/Pustu
31 orang
f. Klinik 115 orang

(Sumber: Data Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen 2013)

Selain dari Fasilitas yang komplit, Fikes Unived juga memilik segudang prestasi.  Baik itu prestasi Dosen maupun mahasiswanya. Di antara prestasi yang di raih oleh mahasiswa Fikes Unived yaitu:

1. Pipit Pitasari dan Yeni Dismawati (Mahasiswa Keperawatan DIII), Pemenang hibah PKM-P dari kemenristekdikti pendanaan tahun 2017 dengan judul “Therapi musik klasik untuk menurunkan tingkat  Stress pada Lansia di Panti Werdha Provinsi Bengkulu”

2. Siti Nurhasanah
Mengikuti kegiatan student exchange di University Malaysia Serawak tahun 2019

3. Fadli, Amilia Yoanita dan Nova Hanipa (Mahasiswa Kesehatan Masyarakat S1 dan Keperawatan DIII), Pemenang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2015 dari Kopertis Wilayah II Palembang sebesar Rp.7.000.000,- dengan Judul Proposal “SNACKERS (Snack Keripik Satoimo) Tobo Kito Bumi Raflessia (Bengkulu)”.

4. Gita Mawar Sari (Wisudawan Terbaik Unived pada Wisuda Periode II Tahun 2019), dkk (Mahasiswa Kesehatan Masyarakat S1), Pemenang Hibah PKM-M (Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat) dari Kemenristek Dikti Tahun 2017 sebesar Rp.8.000.000,-  dengan judul PKM “Pemberdayaan Masyarakat Urban Community Melalui Go Green Laboratory Sebagai Solusi Mengurangi Penyakit Degeneratif di Sukaraja.

5. Alex Sander
Mahasiswa  Kesehatan Masyarakat (S1), Berprestasi STIKes Dehasen Bengkulu yang mewakili STIKes Dehasen dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis Wilayah II Palembang Tahun 2015.

Dan masih banyak lagi prestasi lainnya .

Selain itu Fikes Unived ini juga aktif di berbagai kegiatan.

Berikut ini dokumentasi beragam kegiatan di Fikes Unived: 
senam bersama

Ikut partisipasi dalam kuis siala juara yang diselenggarakan oleh BE TV

Seminar Nasional 


foto bersama penutupan KKN

Aktif juga di kegiatan Kerohanian

So buat kalian yang ingin menjadi tenaga kesehatan Hebat, Fikes Unived adalah solusinya!

Alamat Kampus:
Beralamat di Jl Merapi Raya No 43 Kebun Tebeng Bengkulu Telp (0736) 21977 fax (0736) 20598


#Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition bersama Blogger Bengkulu dan Fikes Dehasen



14 komentar

  1. Jurusan apa aja di UNIVED ini neng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mbak ..Terutama bidang kesehatan . Ntar cba cek d brosurny dech

      Hapus
    2. Kecil banget Neng tulisan prodinya, aku ga kebaca wkwk. Pas re-read baru ngeh kalau ada tulisan jurusannya hehe. Habisnya tenaga kesehatan kan banyak

      Hapus
  2. wahh.. cocok nih.. coba dibahas juga ya kak jurusan yg lain juga
    jadi penasaran

    BalasHapus
  3. bagi yang mau jadi tenaga kesehatan kuliah di fikes universitas dehasen bengkulu emang jadi pilihab tepat selain fasilitasnya bagus dan lengkap, tenaga pengajarnya juga oke punya

    BalasHapus
  4. kalau di sini abis lulus ada penyalur gitu kah kak? misal kerja sama dengan RS gitu langsung hihi

    BalasHapus
  5. Aku sering nih ketemu adek-adek dari Dehasen yang lagi praktik di M Yunus.

    BalasHapus
  6. Universitasnya bagus ya dan cocok banget untuk para tenaga ahli kesehatan belajar. Suka salut sama mereka, yang dengan tulus juga banyak membantu orang yang membutuhkan uluran tangan.

    BalasHapus
  7. Setelah lulus ada penyalur ya Kak?

    Misal kayak langsung di tempatkan dimana gitu

    BalasHapus
  8. Aku suka liat universitas seperti ini, karena membuat mahasiswi menjadi lebih bermutu. Semangat terus ya

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah