Review Buku: Benda Langit Bercerita dalam Seri Planet (Mengajak Anak Mengenal Planet)


"Jika membaca adalah cara agar bisa tau suatu tempat atau keadaan tanpa perlu kesana langsung, maka buku adalah jendelanya".

Yap! Buku adalah jendela dunia. Dimana kita bisa tau suatu tempat tanpa perlu langsung terjun ke tempat tersebut. Dimana kita bisa tau suatu keadaan dan kondisi tanpa harus merasakannya terlebih dahulu. Buku adalah KOENDJI!

Dan memulai kebiasaan membaca harusnya sedari mungkin. Bahkan sejak 0 tahun usia. Aku mendapatkan ilmu itu saat zaman kuliah dulu ikut sebuah workshop. Dan disanalah aku tau anak-anak harus dibiasakan membaca buku sedari dini. Sesuai dengan usianya. Dan tentu saja bacaan anak SD berbeda dengan bacaan anak balita. Serta bacaan anak SD, SMP, dan SMA disesuaikan dengan kemampuan otaknya dalam memahami.

Untuk anak usia balita, bukunya lebih dominan kepada gambar. Dan ceritanyapun sangatlah ringan sehingga mudah difahami oleh anak-anak. Tiap lembarnya full colour sehingga anak-anak tertarik dan betah membaca atau memperhatikan gambarnya. Apalagi anak usia dini memiliki rasa penasaran yang begitu tinggi.

Dan saya secara pribadi pun telah berencana untuk mempersiapkan bacaan berkualitas untuk mendukung daya kembang otak anakku nanti. Mengajarinya untuk mencintai buku sejak masih kecil. Sudah mulai mencari-cari buku bacaan yang cocok untuk anak-anak.

Dannnn.. Kebetulan banget ada buku seri Benda Langit Bercerita karya Mbak Erlita Pratiwi. Aku excited donk menyambut karya yang kusebut menunjang kebutuhanku saat sudah punya anak nanti. Penasaran bagaimana bukunya? Aku coba mereviewnya ya😊

Review Buku Benda Langit Bercerita: Seri Planet


Judul: Seri Benda Langit Bercerita (Planet)
Penulis: Erlita Pratiwi
Ilustrator: Chaterina Hay
Penerbit: Tiga Ananda
Tahun Terbit: Juni 2020
Cetakan ke-: Pertama
Jumlah hlm: 32 halaman
ISBN: 978-623-206-559-8

Saat menerima paket buku ini, awalnya aku nggak percaya bahwa isinya adalah buku. So, tipis banget. Hehee.. Yang ada dalam otakku bukunya cukup tebal. Ya meski nggak setebal novel sih. Wkwk.. Tapi saat dibuka, aku kembali berfikir yaa namany juga buku anak-anak. Mana betah dia kalau tebal.

Saat aku buka dan baca, jujur bukunya ini cocok sekali untuk anak-anak baca. Bacaan yang sangat ringan. Namun memberi pemahaman yang baik kepada anak-anak. Apalagi tentang Planet. Planet adalah sesuatu yang tidak mungkin bisa kita lihat langsung. Butuh media pendukung untuk bisa mengetahuinya. Salah satunya adalah media buku.

Bumi adalah planet dalam sistem Tata Surya yang paling aman dan nyaman untuk dihuni

Buku ini memberi pengetahuan yang barangkali anak-anak belum bisa dapatkan di usia dini.
Misalnya pengetahuan tentang perbedaan waktu antara masing-masing planet, keunikan masing-masing planet, ukuran planet, hingga di akhir halaman anak-anak juga tau bahwa bumi adalah salah satu planet dalam sistem tata surya. Dan Planet bumilah yang paling nyaman dan aman kita tempati sehingga mengajarkan kepada anak tentang rasa bersyukur kepada Allah yang Maha Pencipta.


Ukuran bukunya sedang, jumlah halamannya juga cukup bagi anak usia dini. Belum lagi gambarnya yang colourfull dijamin membuat anak-anak kita betah lama-lama mantengin ni buku.

Gambarnya juga unik dan simple banget sehingga mudah juga ditiru oleh anak-anak untuk melatih imajinasinya dengan menggambar.

So, overall aku rekomended banget dengan buku ini untuk bacaan ringan anak-anak, adek, atau ponaan kita.


Oya, selain dalam seri planet, tersedia juga seri bintang, bulan, dan matahari. Teman-teman bisa pesan ya. Pesannya boleh menghubungi mbak erlita langsung di instagram beliau. @erlitapratiwi

Yuk, ajari anak kita membaca sedini mungkin.

No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)