Membangun Rumah Minimalis? Perhatikan 6 Hal Ini!


Ada 3 kebutuhan pokok manusia. Yaitu sandang, pangan, dan papan. Sandang sebagai pakaian yang membalut tubuh manusia sehari-hari dan mempermudahnya dalam beraktivitas serta bersosialisasi, pangan yaitu makanan sebagai sumber nutrisi dan energi, serta papan yaitu rumah sebagai tempat bernaung, berkumpul, istrihat, dan tempat berlindung.

Namun makin lama tanah semakin sempit diakibatkan pembangunan yang semakin padat. Bukan hanya di kota, di desa saja tanah menjadi mahal karena banyak pembangunan-pembangunan baru. Apalagi di kota. Perlu strategi khusus agar kita tetap bisa membangun rumah meski dengan tanah yang tidak begitu luas. Salah satu strategi tersebut yaitu dengan membangun rumah minimalis. Namun apa saja yang harus kita perhatikan saat memutuskan untuk membangun rumah minimalis di tengh kota?

Berikut saya bagikan 6 hal yang harus anda perhatikan sebelum membangun rumah minimalis:


1. Lokasi strategis

Lokasi stragis adalah dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, mall, rumah sakit, dll

Lokasi tentu menjadi hal yang utama untuk menjadi perhatian. Pilihlah lokasi yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti pasar, mall, rumah sakit, dan tempat kerja. Ini akan sangat membantu sekali dalam beraktivitas sehari-hari. Selagi bisa, pilih jug lokasi yang mudah dilewati oleh transportasi umum. Lokasi yang mudah ditemukan juga memiliki keuntungan sendiri bagi anda yang memiliki banyak relasi.


2. Harga terjangkau

Dengan harga rumah/lahan yang terjangkau, mampu menghemat pengeluaran

Selain karena menghemat lahan, membangun rumah minimalis memiliki keuntungan karena harga tanah/lahannya yang terjangkau. Kita bisa kreatif membangun rumah dengan lahan sempit, harga terjangkau, namun sesuai dengan keinginan. Oya, jika ingin langsung ada lahan sekaligus rumahnya, memilih perumnas adalah salah satu solusinya. Saat ini sudah banyak sekali perumnas dengan berbagai harga, jenis, dan lokasi. Kita hanya tinggal milih mana yang cocok dengan keinginan. Apalagi bagi yang tinggal di kota-kota besar misal kota Jakarta. Banyak sekali orang-orang yang jual rumah di Jakarta. Bukan hanya Perumnas. Namun jika memilih perumnas, kita hanya perlu merenovasi aja lagi sesuai selera.


3. Desain menarik

Kita bebas menggambar desain rumah sendiri yang sesuai dengan budget
Desain tak kalah pentingnya. Biasanya rumah minimalis memiliki bentuk yang mini namun terkesan mewah. Konsep rumah minimalis adalah sederhana namun elegant. Kita bisa membuat desain rumah sendiri atau jasa orang lain untuk desain rumah yang bagus. Pemilihan warna juga mempengaruhi desain rumah lo.

4. Fasilitas lengkap

Fasilitas lengkap mulai dari kamar mandi,  kamar tidur, ruang tamu, taman, hingga garasi

Meskipun rumahnya sederhana dan mini, tentu kita juga ingin memiliki fasilitas yang lengkap didalamnya. Mulai dari dapur, ruang tengah, ruang tamu, kamar mandi, garasi, hingga taman juga ada. Oya, internet juga tak terpisahkan di kehidupan modern seperti sekarang ini. Maka pilihlah juga lokasi yang mudah dijangkau oleh jaringan internet.

5. Nyaman dihuni

Rumah yang nyaman adalah dambaan semua orang

Dan pada akhirnya, kita tentu memilih rumah yang nyaman untuk dihuni. Baik itu rumah kontrakan, rumah bedengan, rumah minimalis, bahkan rumah mertua sekalipun yang kita cari adalah rasa nyaman. Nyaman karena lingkungannya, karena desainnya, karena fasilitasnya, dan masih banyak lagi. Jangan sampai menyesal kemudian. Setelah membangun rumah baru terasa rumah itu tidak nyaman. Kan rugi.

6. Perhatikan plus minus rumah minimalis

Rumah akan terlihat sempit jika tak pandai menata ruangan 

Kita juga mesti tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari rumah minimalis. Beberapa kelebihannya terletak pada harga yang terjangkau, lebih rapi, serta proses membersihkannya yang tidak begitu lama.

Namun kekurangannya juga ada. Yaitu:

a. Keluarga lingkup kecil

Memiliki rumah minimalis tidak bisa memboyong keluarga besar. Apalagi membangun banyak kamar. Jika itu terjadi, maka dapat dipastikan ruangan akan terasa begitu sempit. Untuk ukuran rumah minimalis, biasanya cukup untuk ayah, ibu, dan satu atau dua anaknya saja.

b. Terlihat sempit jika tak pandai menata

Memiliki rumah minimalis mengharuskan kita pintar-pintar dalam menatanya. Agar terkesan rapi dan luas. Jika tidak,  maka dapat dipastikan rumah terkesan sempit atau benar-benar terasa sempit. Memilih perabotan, jenis bunga dan potnya juga tak bisa asal. Harus sesuai dengan kondisi rumah.

Nah, itulah 6 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membangun rumah minimalis. Perhatikan matang-matang ya sebelum start untuk membangun­čśŐ

Note: all pict by canva

14 comments

  1. Rumah minimalis atau besar yang penting kebersihan selalu di jaga agar akita sebagai org yg menghuninya nyaman ketika di rumah dan selalu merasa ingin sampai rumah ketika sedang beraktivitas di rumah

    ReplyDelete
  2. Sayangnya, mencari rumah dengan lokasi strategis yang deket tempat kerja sekarang ini susah sekali :(

    ReplyDelete
  3. Pandai menata sangat diperlukan untuk rumah minimalis, karena kalau salah dikit aja, kelihatan banget sumpeknya

    ReplyDelete
  4. nomor5 bener banget mbaa. Yang penting nyaman untuk dihuni. Udah itu yang paling penting emang yaah

    ReplyDelete
  5. Rumah minimalis pas banget kalo dihuni keluarga kecil apalagi kalo penataannya ciamik tapi kalo keluarga besar ngumpul pasti nggak muat. Hehe..

    ReplyDelete
  6. Iya bener banyak rumah kecil terlihat lapang kalau pandai mengaturnya tapi banyak juga rumah luas jadi terlihat sempit kalau menatanya kurang lihai hehe...

    ReplyDelete
  7. Kalo aku sih pengennya membangun rumah maksimalis. Alias rumah yang cukup besar dengan halaman depan dan belakang yang luas pula. Ada gazebo dan kolam ikan. Juga taman yang indah. Etapi rumah minimalis oke juga sih..

    ReplyDelete
  8. Aku suka rumah tipe minimalis karna ukuran kecil jadi pemanfaatan ruangan lebih diperhatikan dan ngerasa lebih dekat saja dg anggota keluarga

    ReplyDelete
  9. Klo untuk keluarga inti dgn jumlah maksimal 4 orang, rumah minimalis jadi pilihan terbaik...
    Nyaman pastinya

    ReplyDelete
  10. Saya pen bikin rumah minimalis tapi barang2 banyak banget, gimana yak menatanya biar ngga sumpek.

    ReplyDelete
  11. Rumahku ini ada di tengah2, dipepet dengan sisa ke samping kecil dan sisa ke belakang panjaang jadi keliatan slim. Awalnya pro minimalis, tapi karena pengen punya anak 3 atau 4 akhirnya bangun belakang. Bener kata Mba, mau kecil atau besar harus pintar atur rumah biar gakerasa sempit

    ReplyDelete
  12. Lokasi strategis nih penting ya soalnya klo dijual kembali pertimbangannya pasti lokasi strategis tp intinya rumh tuh hrs nyaman sih ya

    ReplyDelete
  13. rumah minimalis memang lagi tren ya, mbak, aku juga prefer rumah yang minimalis sih. biasanya pembangunannya lebih murah, cuma interiornya kadang mahal2 heheheh

    ReplyDelete
  14. betul, namanya minimalis barang di dalamnya juga harus minim. biar gak terlihat sempit.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)