Memulai Usaha dengan GoBiz!



Hallo teman-teman, apa kabarnya? 

Oya sekarang udah berada di usia berapa sih? Apa saja yang sudah kamu raih di usia segini? Dan, ngomong-ngomong nich, apa kabar itu wishlist? Sudah terealisasi semua belom? Ahh! Jangan kayak aku. Wishlist mendep di dalam buku harian dan tersimpen rapi di dalam lemari. Hikss.. Tapi meski begitu Alhamdulillah ada juga koq yang nyaut satu per satu wishlist-nya. Trus wishlist yang belum terealisasi sudah diganti dengan yang lainnya. Jadi tetap semangat.

Oya, masih ngomongin tentang wishlist, biasanya orang-orang akan membuat beberapa daftar capaian-capaian yang ingin ia raih. Misal di usia 20, 25, 30, 35, dll.
Misal mengejar study, tentang target dalam pernikahan, karier, atau memulai usaha baru. Etttt!!! Memulai usaha tentu butuh bersiapan yang matang ya!. Mulai dari mental, hingga modal. Dan ini lah yang akan kita bahas kali ini.

Kenapa kita harus punya usaha?

Berikut saya paparkan alasannya:

1. Menjadi bos untuk diri sendiri



Saat kita memilih untuk membangun usaha sendiri, maka kita lah bos nya. Pimpinannya. Sejua roda usaha ada dibawah kendali kita. Pernah kan dengar pepatah, setinggi apapun jabatanmu di perusahaan, selagi jabatanmu masih karyawan, anda tetaplah anak buah. Serendah apapun pekerjaanmu, selagi itu usaha sendiri, kita adalah bos nya. Jadi ya suka-suka kita mau dikemanain usaha itu? Mau maju ya kerja keras. Tak mau maju ya silahkan berleha-leha.


2. Membuka peluang kerja untuk orang lain

Selain membangun usaha demi kemajuan diri sendiri, seorang pengusaha juga memiliki peluang besar untuk membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dengan begitu, kita juga ikut membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

3. Mengejar impian sendiri

Membuka usaha sendiri artinya mengejar impian sendiri. Tak perlu ada tekanan atau tuntutan dari orang lain. Kuta sepenuhnya sadar bahwa usaha ini adalah demi mimpi kita sendiri. Kita memiliki motivasi yang lebih kuat untuk membangun usaha yang lebih besar.

4. Mengasah kemampuan dan memperbanyak pengalaman

Untuk mendapatkan pengalaman yang banyak dan kemampuan yang hebat, kita perlu mencoba ini dan itu. Perlu try and error untuk mencapai sempurna. Kebayang kan jika kita try and error nya di perusahaan orang lain? Kita bisa-bisa dipecat. Namun jika usaha kita sendiri, kita bisa mencoba lagi dan lagi hingga payah, penat, dan berhasil.


5. Bebas tekanan dan tuntutan kerja

Seperti yang saya bilang di atas, membuka usaha sendiri artinya kita adalah bos nya. Kita bebas dari tekanan agar bekerja seperti ini dak itu. Serta bebas dari tuntunan jika harus mencapai target tertentu.


6. Dunia digital memberi banyak peluang

Di zaman digital dan modern sekarang ini. Sebenarnya peluang kita lebih banyak untuk membuat usaha. Apalagi jika tinggal di kota. Tinggal kitanya lagi. Mau atau tidak. Berani atau tidak. Untuk promosi, kita bisa memanfaatkan media sosial agar promosi murah lancar dan terjangkau ke khalayak luas.

Mencari ide usaha yang cocok?

Disini saya juga akan berbagi beberapa ide usaha yang bisa teman-teman coba. Barangkali ada yang cocok dengan passion dan keadaan.

1. Menjadi blogger/penulis



ini adalah pekerjaan yang simple banget jika ada passionnya. Kita hanya duduk manis di rumah depan laptop atau hp lalu menyusun kata-kata sesuai genre tulisan yang kita buat. Jika menjadi blogger, kita bisa mendapatkan fee dari seberapa jumlah kata yang kita buat dengan kerja sama di berbagai brand, jika menjadi penulis buku, kita bisa memperoleh fee atau penghasilan daro royalti penjualan buku.


2. Bisnis tanaman bunga

Bagi yang hobi tanaman bunga, selain bisa menyalurkan hobi, peluang ini juga bisa dijadikan ladang bisnis. Bisa memilih tanaman yang menjadi idola pada zaman sekarang. Baik itu satu spesies maupun berbagai spesies. Hobi tersalurkan, isi dompet tertambahkan.


3. Usaha makanan atau katering

Ini juga menjadi peluang bisnis yang tidak bisa diremehkan. Mulai dari orang terdekat aja dulu. Jika ada event kantor atau acara keluarga, bisa mesan katering nasi/kue ke kita. Lalu kasih harga promo, iklan, dan menyebar dech jasa katering kita.


4. Bisnis online

Ini adalah jenis usaha yang banyak di gandrungi para kaum hawa dari berbagai lapisan umur. Dari anak sekolahan, kuliahan, hingga ibu-ibu rumah tangga. Untuk lebih mudahnya, kita pesan aja barang di marketplace yang harganya murah tapi kualitasnya ok. Jual aja dengan harga yang sudah dinaikkan. Nah itu bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan asal tekun dan telaten.

5. Membuat kerajinan tangan

Jika skill ku ada di keterampilan tangan, bisa memanfaatkanya jadi peluang bisnis. Misal bisnis barang rajutan, kerajinan dengan memanfaatkan limbah prastik, dll.


6. Usaha kue-kuean kering atau basah

Boleh juga buka usaha kue ulang tahun, pembuatan tumpeng, dll. Jika mendekati hari raya, bisa buka jasa pembuatan kue bolu, baking, brownis, dan berbagai kue kering.


7. Membuka jasa les privat

Ini merupakan ide usaha dengan menjual jasa. Tinggal cari bidang yang kita kuasai untuk diajarkan. Buat sistem belajar yang semenarik mungkin untuk menarik minat belajar siswa.

Tips memulai usaha?

So, bagaimana sih tips dalam memilih usaha? Saya akan coba uraikan berikut ini:

1. Optimis dan yakin


Yakin dan optimis terhadap diri sendiri bahwa akan berhasil

Kita harus yakin bahwa usaha kita berhasil. Mencapai target. Banyak peminatnya. Buang jauh-jauh dech sifat pesimis. Modal utama optimis atau yakin aja dulu. Yang lain belakangan.


2. Meminta dukungan keluarga

Keluarga adalah orang utama yang tau usaha kita. Jadi mintalah dukungan dari mereka tentang usaha kita. Jangan segan pula meminta pertolongan jika memang dibutuhkan.

3. Pilih usaha sesuai passion

Kenapa harus sesuai passion? Agar kita menjalaninya dengan hati senang dan penuh semangat. Tanpa merasa terbebani. Kerja sesuai passion membuat kita seolah tidak bekerja. Tapi seolah melakukan hobi.

4. Belajar administrasi

Belajar mengatur keuangan sendiri. Hitung modal dan untung. Bedakan pula mana uang pribadi dan mana uang hasil usaha. Biar kita bisa berkaca berapa keuntungan yang kita peroleh untuk memperbaiki kinerja kedepannya.

5. Visi dan misi usaha harus jelas



Layaknya sebuah lembaga, usaha kita pun juga perlu visi misi yang jelas. Apa puncak dari kesuksesan yang kita inginkan? Apa kiat-kita yang akan kita lakukan demi suksesnya usaha, dan hal-hal lain.

6. Keunikan atau kelebihan produk harus jelas.

Untuk menarik perhatian konsumen, kita perlu menciptakan sesuatu yang berbeda. Yang unik. Apakah itu produknya atau lokasinya.

7. Jangan lupakan promosi

Promosi adalah hal yang penting dalam melakulan bisnis. Satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Lakukan promosi ke orang-orang terdekat, share di sosial media. Buatlah promosi sekreatif dan semenarik mungkin.

8. Berikan dan lakukan yang terbaik

Hal yang paling utama dalam menjalani bisnis adalah saat kita melakukan dan memberikan yang terbaik ke konsumen. Selain membuat konsumen meras puas dan balik lagi, juga semoga senantiasa ada keberkahan yang kita peroleh.

Halangan dan rintangan saat usaha berjalan?

1. Kurang percaya diri

Kita akan mengalami keraguan saat menjalani usaha. Ntah itu keraguan atau kehilangan rasa percaya diri. Untuk itu yakinkan kita akan niat awal kita. Kita harus yakin dan optimis sambil terus berinovasi.

2. Manajemen keuangan


Kurang terampil dalam memanajemen keuanga kerap menimbulkan masalah di kemudian hari

Masalah keuangan senantiasa menjadi rintangan buat kita. Apakah kurang teliti, atau tercampurnya uang pribadi dan usaha sehingga membuat manajemen keuangan menjadi kacau.

3. Manajemen waktu

Selalu ada kesibukan yang membuat kita lalai dan gagal fokus. Maka aturlah waktu sebaik mungkin.

4. Adanya kompetitor

Kompetitor menjadi rintangan besar dalam menjalani usaha. Apalagi jika kompetitor itu menjual jasa/produk yang sama. Maka tetaplah berkompetisi secara sehat dengan terus mengembangkan ide kreatif.

5. Goyah dan mudah tergiur dengan usaha baru

Melihat jasa/produk baru membuat kita ingim berganti usaha adalah salah satu ujian berat. Butuh konsistensi yang tinggi agar bisa fokus dan sukses di usaha. Maka sebelum memulai bisnis, fikirkanlah secara matang agar tak goyah atau berhenti di tengah jalan.

Darimana mencari modal usaha? Gobiz solusinya!

Pinjaman modal usaha dari GoBiz
Hal yang paling utama dan tak bisa diabaikan sebelum memulai usaha adalah modal. Beruntung jika modal kita cuma tenaga atau hal-hal yang bisa dimanfaatkan dari sekitar saja. Namun jika memerlukan dana untuk memutar modal usaha gimana? Kita mesti menyiapkan modal yang lumayan. Atau mencari pinjaman modal. Tapi mencari pinjaman modal usaha kemana?

Tenang! Sekarang udah ada solusinya koq. Sudah ada GoModal dari aplikas GoBiz.
GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga Rp150 juta
dengan pilihan jangka waktu cicilan
2, 3, 6, dan 12 bulan. Pinjaman modal dari GoModal ini sudah terintegarasi dengan aplikasi GoBiz. Jadi simple banget.

Lalu bagaimana dengan sistem pengajuan pinjaman? Gampang! Pengajukan pinjaman untuk usaha bisa dilakukan tanpa beranjak, langsung dari aplikasi Gobiz saja. Jadi kota cuma perlu mendownload aplikasi dan mengaktifasinya terlebih dahulu.

Proses pencarian juga cepat. Proses pencairan GoModal ini tata-rata hanya membutuhkan hingga 13 jam saja pada hari kerja. Singkat banget kan?

Trus bagaimana untuk bayar cicilannya?
Bayar cicilan jauh lebih mudah dengan GoModal, karena bisa dilakukan secara harian langsung dari Saldo GoBiz kita. Jadi pastikan saldo GoBiz terisi saldo yang cukup.

Gimana? Sudah ada idekah mau buka usaha bisnis apa? Jangan lupa bisik-bisik dan promosiin ke aku yak!
Selamat berusaha para entrepreneur..

31 comments

  1. Wah energi baru apalagi dimasa pandemi begini buka usaha kecil-kecilan namun cukup membantu kebutuhan, salute dan keep strong jaga kesehatan selalu ya kak

    ReplyDelete
  2. Gobiz ini membantu sekali, ya, buat yang pengen punya usaha atau bisnis. Memang untuk memulai bisnis perlu dipersiapkan matang-matang. Saya dan suami udah memulai usaha bisnis kuliner. Mencoba mencari peluang aja. Bismillah pokoknya

    ReplyDelete
  3. Bunga kayaknya sudah mulai aku laksanakan kak.

    ReplyDelete
  4. Masya Allah,keren mba semoga sukses kedepannya aamiin🤲🤲

    ReplyDelete
  5. Untuk memulai suatu usaha memang diperlukan persiapan yang matang, untuk ada Gobiz yang sangat membantu bagi yang ingin buka usaha.

    ReplyDelete
  6. Asik nihhh GoBiz selalu punya terobosan keren buat pengusaha UMKM

    Semoga bisa menguatkan pondasi bisnjs yaaa

    ReplyDelete
  7. Saya kok jadi penasaran ya. Ini goBiz apakah berhubungan dengan gojek? Namanya sama² pake go.

    ReplyDelete
  8. Group Gopay ini sangat membantu ya?
    Asalkan mau kerja ulet semua aplikasi tersedia, mulai dari modal, marketing hingga pengiriman

    ReplyDelete
  9. Wah selamat berwirausaha mbak, ada Gobiz semakin membantu ya..
    Sukses terus mbak

    ReplyDelete
  10. Boleh nih kak lumayan nih pesenan kue udah mulai banyak mau tambah modal deh
    ada solusinya GoModal dari aplikasi GoBiz.fasilitas pinjaman usaha hingga Rp150 juta lumayan Juga nih

    ReplyDelete
  11. untuk memulai suatu usaha memang perlu banget bantuan modal

    ReplyDelete
  12. Weww keren ini dek...
    Ada yang sudah nyoba dek

    ReplyDelete
  13. Masyaa Allah,bermanfaat sekali mba🥰🥰

    ReplyDelete
  14. Banyak ya sekarang yang mau minjemin modal usaha. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Apalagi di masa pandemi kayak ginu, memulai suatu usaha adalah jalan yg baik buat semua orang agar tetap memiliki penghasilan :)

    ReplyDelete
  16. Menginspirasi, tp msah bingung, pdhl inu udah umur hikhik

    ReplyDelete
  17. Di masa pandemi ini memang harus jeli melihat peluang untuk menambah pundi keuangan keluarga , salah satunya dengan bisnis ya.

    ReplyDelete
  18. Wah tulisan tepat untuk masa kini, dimana semua orang harus memikirkan bagaiman berusaha sendiri, pembahasannya juga komplit, jadi nutrisi banget nih, makasih mbak neng jadi nambah referensi.

    ReplyDelete
  19. Kalo aku emg dr dlu sdh jualan, walopun kecil2an, suatu waktu pgn jg punya brand produk sendiri.. semoga ya.. ☺☺

    ReplyDelete
  20. Semenjak pandemi, banyak yah beragam usaha bermunculan. Semoga bisa membuahkan hasil

    ReplyDelete
  21. Wah yang butuh modal. Jadi terbantu banget ya dengan adanya gobiz

    ReplyDelete
  22. Memulai usaha sendiri tentunya akan mendorong kita untuk selalu/berusaha menjadi lebih baik dan menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  23. keren buat motivasi generasi milenia ayo produktif

    ReplyDelete
  24. Muaaanteepp.. modal dan peluang no 2..
    Yg utama kemauan dan yakin

    ReplyDelete
  25. Kaaak, jleb banget aku baca rintangan 🤣 soalnya susah banget lho ngerubah habbit .. menangin sisi bisnis daripada sisi pribadi. Tulisan ini reminder banget buatku. Semogaaaa aku istiqomah. Amin

    ReplyDelete
  26. Zaman sekarang sudah dipermudah segalanya sebenernya. Tinggal kita mau ga liat peluang jadi cuan. Tinggal duduk manis modal internet pun jadi uang ya...
    GoBiz mantep ya ini, mempermudah dapet modal yang ingin usaha. Asal ga telat aja bayar cicilannya, hehehe...

    ReplyDelete
  27. Walau masa pendemi, Insya Allah terus ada peluang usaha ya, Mbak Nengsih, makanya harus terus semangat. Apalagi ini ada pinjaman modal juga dari GOModal, jadi bisa segera memulai usaha. Malah bagus karena membuka peluang usaha sendiri.

    ReplyDelete
  28. Mantap mbk, bermodal usaha dengan berbagai cara

    ReplyDelete
  29. boleh nih buat yang mau usaha tapi minim modal, boleh coba cara ini yah. keren deh

    ReplyDelete

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)