5 Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner dari Rumah


Baru-baru ini aku juga sempat mendengar yang viral dari media sosial. Yaitu perkataan dari Nia Ramadhani, yang mengatakan bahwa investasi itu di tubuh dan di muka. Bukan di baju. Yap! Aku setuju. Karena saat muka dan tubuh kita terawat, selain membuat orang tercinta tetap lengket, kita juga akan merasa aman dari berbagai penyakit yang bisa saja menyerang. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Definisi penyakit jantung koroner dapat diartikan sebagai suatu istilah penyakit yang menyerang organ jantung manusia, umumnya orang dewasa.

Mengonsumsi teh hijau mengobati sakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner ini disebabkan oleh penumpukan plak di arteri yang mengalir menuju dan berasal dari jantung. Kondisi ini terjadi akibat peradangan dari bahan berlemak maupun zat lain kemudian membentuk plak dan menumpuk di dinding arteri. Penyakit ini makin berisiko tinggi jika memiliki kebiasaan merokok, gaya hidup sedenter atau malas gerak. Serta juga mempunyai riwayat penyakit lain seperti hipertensi dan diabetes.

Baca juga: mendetox tubuh dengan puasa

Cara mengobatinya yaitu dengan rajin check-up ke dokter dan melakukan pengobatan medis dan minum berbagai obat-obatan. Namun, sebelumnya akan lebih baik juga jika mencoba perawatan non medis terlebih dahulu atau pengobatan secara alami. Apalagi cara ini bisa kita lakukan sendiri dari rumah.

Ada 5 cara alami yang bisa dilakukan dari rumah jika teman-teman mengalami sakit jantung koroner. Apa aja? Yuk simak ulasan berikut!

1. Merubah Gaya Hidup.

Berhenti mengonsumsi junk food adalah salah satu gaya hidup sehat
Mungkin sebelum terkena penyakit jantung, kita memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang tak sehat. Maka langkah utama yang harus kita lakukan adalah merubah gaya hidup. Seperti rajin minum air putih, perbanyak makan buah dan sayur, mengurangi bahkan berhenti mengonsumsi junk food, berhenti merokok, serta rajin berolahraga meski olahraga ringan.

2. Mengonsumsi Makanan Diet Jantung


Dengan mengonsumsi makanan diet jantung, ini akan membantu jantung kita untuk berangsur pulih dari penyakitnya. Selain itu, dengan diet yang benar, kita juga bisa mempertahankan berat badan ideal dan tidak mengundang berbagai jenis penyakit lain.


Adapun makanan yang dapat mengobati peradangan pada jantung yaitu: semua makanan kaya serat dan antioksidan, semua jenis sayuran (termasuk bit, kangkung, kol sayuran berwarna gelap, dll), buah-buah terutama buah beri dan jeruk, herbal dan rempah-rempah, teh tradisional, kacang-kacangan/biji-bijian, minyak zaitun extra virgin, anggur merah, produk susu mentah (tidak dipasteurisasi dan unggas yang di pelihara di padang rumput).

3. Menghindari Makanan Penyebab Radang Jantung


Sebagaimana yang kita tau, bahwa penyebab sakit jantung karena adanya penumpukan lemak sehingga menyebabkan peradangan pada jantung.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar penyakit jantung koroner ini tidak bertambah parah. Diantaranya yaitu: Karbohidrat olahan, daging banyak lemak dan dijual pasaran, produk susu yang dipasteurisasi, minyak jagung dan kedelai, semua jenis gula, dan semua makanan yang mengandung lemak jenuh.

4. Mengonsumsi Suplemen Jantung


Suplemen ini pun terbuat dari herbal atau bersifat alami. Seperti suplemen mengandung minyak ikan, suplemen vitamin, dll.

5. Rajin berolahraga


Seperti yang dijelaskan di atas tadi, bahwa olahraga memiliki banyak sekali dampak positif buat tubuh yang tentu menyehatkan. Olahraga tak mesti yang selalu berat. Cukup olahraga ringan saja seperti berlari kecil setiap pagi keliling kompleks. 

Baca juga: 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah minimalis

Olahraga juga mencegah penyumbatan pada arteri yang bisa membantu mengobati penyakit jantung koroner.

Nah, itulah tadi 5 cara mengobati sakit jantung koroner yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Meski ada cara alami yang bisa dilakukan ssendiru di rumah, namun tetap penyakit jantung koroner ini bukan sakit yang sepele. Maka penting untuk konsultasi ke dokter serta mencari ilmu dengan membaca literasi yang lain. 

Semoga bermamfaat ya! Yang sakit jantung koroner, moga cepat sembuh. Dan yang sehat, pertahankan kesehatannya. 

No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)