Reksadana Pasar Uang? Cari Tahu Disini, Yuk!

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/bisnis-pengusaha-kursi-komputer-1839191/

Saat ini Reksadana menjadi salah satu instrumen investasi yang sedang populer di tengah masyarakat, terutama pada kalangan muda. Salah satu jenis Reksadana yang paling disukai karena tidak memiliki risiko investasi yang tinggi adalah Reksadana pasar uang yang mana sepenuhnya dari dana investasi akan diinvestasikan ke instrumen pasar uang oleh manajer investasi. Manajer investasi merupakan pihak yang mengelola semua dana yang terkumpul dari para investor. 

Manajer investasi yang akan mengurus semuanya dan kamu cukup mengikuti perkembangan pasar dan menunggu hasilnya. Reksadana pasar uang pada dasarnya sangat cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau kurang dari 1 tahun. Namun bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang tapi enggan menanggung risiko besar Reksadana berbasis pasar uang juga bisa menjadi pilihan tepat.

Apa Saja Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Saham?

Keuntungan yang paling disukai banyak orang dari jenis Reksadana ini adalah minimnya risiko yang tanggung. Pasalnya semua dana investasimu akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam pasar uang, contohnya seperti deposito berjangka, Sertifikasi Bank Indonesia (SBI), sertifikat deposito, obligasi, dan lainnya. Instrumen pasar uang cenderung stabil, meskipun terjadi fluktuasi tidak akan turun secara drastis seperti pada instrumen saham.

Baca juga: Virtual Kitchen Untuk Usaha

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan Reksadana pasar uang yang membuat patut dipilih, berikut ini beberapa penjelasan mengenai keunggulannya:

1. Memberikan Keuntungan Lebih Tinggi dari Deposito Bank

Meskipun di dalam Reksadana pasar uang, dana investasi juga akan diinvestasikan ke deposito. Keuntungannya jauh berbeda dengan deposito bank yang kamu buka secara mandiri. Itu karena manajer investasi menginvestasikan dana dalam jumlah yang besar, sehingga suku bunga deposito yang didapatkan juga jauh lebih tinggi. 

Dibandingkan dengan suku bunga deposito yang kamu buka secara mandiri karena biasanya bank menentukan minimal dana untuk mendapatkan suku bunga tertentu. Selain itu dana yang kamu investasi tidak hanya diinvestasikan di satu instrumen investasi saja, melainkan disebar ke beberapa instrumen pasar uang. Sehingga peluang mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dibandingkan dengan suku bunga dari deposito bank.

2. Tidak Perlu Modal Besar

Saat ini kamu tidak perlu menunggu uang terkumpul dalam jumlah besar karena berinvestasi Reksadana pasar uang saat bisa dimulai dari ratusan ribu saja. Jadi kamu bisa mulai berinvestasi kapan saja tanpa perlu menabung terlebih dulu.

3. Mudah Dicairkan Kapan Saja

Keuntungan selanjutnya yang membuat Reksadana berbasis pasar uang cocok untukmu yaitu kemudahan dalam proses pencairan dana. Kemudahan dalam proses pencairan ini terjadi karena Reksadana pasar uang menginvestasikan seluruh dana yang terkumpul ke pasar uang. Perlu kamu tahu pasar uang merupakan instrumen investasi yang mudah dicairkan, sehingga kamu bisa menarik dana sewaktu-waktu.

Baca juga: Belanja seru produk SC Johnson Via Alfagift

4. Jangka Waktu yang Fleksibel

Reksadana berbasis pasar uang memiliki jangka waktu fleksibilitas karena kamu bisa mencairkannya kapan saja. Reksadana berbasis pasar uang sangat cocok bagi para investor yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang tapi enggan menanggung risiko yang besar.

5. Risiko Investasi yang Rendah

Keunggulan Reksadana pasar uang yang datu ini menjadikannya sebagai favorit para investor pemula yang baru ingin belajar menekuni dunia investasi Reksadana. Minimnya risiko yang ditanggung membuat banyak orang tertarik mencoba berinvestasi pada jenis Reksadana satu ini.

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang dengan Mudah

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/mengetik-komputer-pria-ruang-kerja-849806/ 

Pada umumnya ketika kamu membeli Reksadana secara digital pasti akan diberikan rincian perhitungan terkait berapa persen keuntungan yang kamu dapatkan. Tapi jika kamu ingin menghitungnya secara manual boleh saja dan sebenarnya tidaklah sulit. Berikut ini contoh cara menghitung keuntungan Reksadana pasar uang yang bisa kamu ikuti:

Contoh Masalah:

Bu Rani merupakan seorang karyawan tetap di sebuah perusahaan ternama di Indonesia, dia memiliki penghasilan tetap sebesar Rp9 juta per bulan. Bu Rani akan menginvestasikan sisa penghasilannya sebesar Rp1 juta setiap bulannya di tanggal 15.

Cara Menghitung Unit Penyertaan:

Pada tanggal 15 Januari 2021 Bu Rani menginvestasikan dana sebesar Rp1 juta di Reksadana A. Pada tanggal tersebut harga NAB/UP di Reksadana A yaitu Rp991,47 lalu berapa jumlah unit penyertaan yang didapatkan Bu Rani?

Baca juga: Aplikasi cicilan tanpa kartu kredit

Perhitungan:

Rp1.000.000 : Rp991,47 = 1.008.60

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang:

Pada tanggal 25 Januari 2021 harga NAB/Unit yaitu sebesar Rp1.100,48 per unit penyertaan, lalu berapa keuntungan Reksadana Bu Rani?

Perhitungan:

Rumus: Jumlah unit penyertaan x harga terkini NAB/Unit

1.008,60 x Rp1.100,48 = Rp1.109.944

Rumus: Harga jumlah NAB/Unit – Modal investasi

Rp1.109.944 – Rp1.000.000 = Rp109.944

Dari hasil perhitungan di atas bisa disimpulkan bahwa Bu Rani mendapatkan keuntungan sebesar Rp109.944 atau sekitar 9,91 persen dari modal investasinya. 

Investasi Reksadana Pasar Uang dengan Mudah dan Aman di digibank by DBS

Kini siapapun bisa mulai berinvestasi di Reksadana melalui aplikasi digibank by DBS dengan mudah dan aman. Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan investasi. Melakukan investasi sedini mungkin akan membantu kamu menuju finansial yang mapan di masa depan nanti. Berikut keunggulan investasi Reksadana di aplikasi digibank by DBS:

  • Ada 3 pilihan kategori Reksadana yaitu kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik yang bisa dipilih dengan mudah
  • Pembelian secara berkala yang fleksibel
  • Pembelian produk Reksadana mulai dari Rp100 ribu
  • Tersedia 50 lebih pilihan produk Reksadana 
  • Semua proses dilakukan dalam 1 aplikasi mulai dari daftar SID, jual, beli, dan switch

Untuk mulai berinvestasi Reksadana pasar uang di digibank by DBS kamu hanya perlu log in di aplikasi dan pilih menu investasi lalu ikuti petunjuk yang diarahkan. Proses Investasi Reksadana di digibank by DBS sangat mudah dan dapat kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi tunggu apalagi segera lakukan Investasi di digibank by DBS mulai dengan modal kecil secara berkala setiap bulannya.

No comments

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah

Mama Daring

Mama Daring

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community

Blogger Perempuan Network

Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)