Selasa, 27 Februari 2018

Awal Ngeblog Dan Tentang Niche





lomba motret makanan pada kelas blogger 7
 Haloo..selamat pagi buat sahabat. Semoga selalu semangat yaa..
Ok kali ini nengsih bakal ceritain pengalaman awal ngeblog dan tentang niche. Tulisan ini juga sekaligus sebagai ajang Nulis Serempak Bersama Blogger Bengkulu. Ini juga tindak lanjut dari kelas Blogger 7 yang kemaren baru aja  diadain.
Bagaimana awal Ngeblog??
Baik langsung saja. Di awal aku ngeblog,
karena pada waktu itu kami ada pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Fakultas Agama Islam Prodi Komunikasi dan penyiaran Islam. Nah, di pelatihan itu kami dijelaskan semua tentang media sosial dan fungsinya yang meskipun sebagian besar dari medsos itu kami juga udah tau. Karena rata-rata udah make. Seperti Twitter, Whatsapp, Fb, Ig, Path, Blog, dll.
Nah kalau Blog saat itu kami disuruh buat blog langsung dan di data. Tentu saja bagi yang belum punya email harus buat email terlebih dahulu. Begitupun aku. Hehee.. sebenarnya aku dulu udah ada email sichh. Tapi karena jarang di pake dan lupa passwordnya, akhirnya buat aja lagi.
Setelah pelatihan itu, ada 2 follow up dari pelatihan. Yang pertama kami harus buat majalah, dan yang kedua harus aktif di broadcaster. Nah, kebetulan karena aku juga sudah aktif di broadcaster yaitu sebagai penyiar radio di Jazirah, maka aku tidak ngambil bagian majalah. Aku sudah di radio saja. Namun, juga aku tertarik dengan blog. Setelah di data semua nama-nama blog, akhirnya kami ditugaskan untuk membuat tulisan dan dimasukan ke blog. Nanti bakal di cek oleh pelatihnya.
Disanalah aku mulai aktif. Aku juga mulai berteman dengan para blogger, trus juga bergabung dengan Komunitas Blogger Bengkulu. Baik d grup Fb, maupun d grup Whatsapp. Tapi karena aku yang nulisnya waktu itu moody, kadang nulis kadang enggak, dan seringnya enggak. Akhirnya aku di Kick dari grup WA. Huhuu.. lagian aku juga sich mana kegiatan online nya Bobe nggak aktif, offline juga nggak hadir terus. Yaa itu dech resikonya. Tapi alhamdulillah sekarang sudah kembali aktif lagi menulis.
Bagaimana Bisa Kenal Blog?
Ehem.. aku kenal blog sudah lama. Jauh sebelum pelatihan jurnalistik itu diadakan. Waktu itu salah satu saudara ku nulis di laptopnya, yaitu kak Cici Pratama. Aku heran, dia nulis apa sich? Tugas bukan. Kayaknya nggak penting gitu loh tulisanya. Dia nulis tentang jalan-jalanya, tentang resep masakan, tentang cerita abunawas. Padahal kan dia kuliah di Jurusan Kedokteran. Lalu apa kaitanya? Fikirku waktu itu. Aku pun kepoin ke beliau. Disanalah ia menjelaskan kalau ia lagi nulis blog. Lumayan seru nampaknya. Coz kak cici bersemangat sekali nulis. Hehehe
Apa Sich Niche???
Mbak Intan, salah satu pemateri kita di kelas blogger 7 dengan niche buku
Yaa.. kalau di tanya tentang niche, aku juga baru-baru ini tau kalau niche itu adalah kekhasan blog. Kata kakak-kakak di Bobe, Niche itu berbeda-beda. Tergantung selera dan passion blogger itu dibagian mana. Misalnya niche buku, lifstyle, travelling, food, dan beauty. Untuk pemula bagus langsung menentukan niche yang jumlah labelnya sekitar 5 label. Nah.. karena aku waktu kelas blogger 7 ini juga baru-baru tau tentang niche, sementara tulisan ku udah lumayan dengan label yang lebih dari 10, akhirnya aku pun mulai mengelompokkan niche. Dan aku memilih niche Lifestyle. Selain itu juga aku baru membuat blog 1 lagi yaitu khusus tentang buku. Ini karena aku juga alhamdulillah suka baca kalau lagi nggak malas. Heheh, dan juga untuk memotivasi biar makin rajin baca dan ada deadlinenya biar makin banyak jenis buku yang di baca.
Kelas Blogger 6 tentang Belajar Motret
Nah.. buat sahabat yang baca tulisan ini, tunggu apalagi? Yuk kita ngeblog. Apalagi bagi yang hobi nulis. Selain bisa menyalurkan hobi, kita juga bisa mendapat tambahan belanja loo dari ngeblog. Asal tulisan kita bagus dan memenuhi syarat nulis yang di bayar. Meskipun aku sendri belum pernah dapat hasil dari nulis di blog. Hehee.. tapi ya tidak apa-apa juga untuk saat ini nulis aja dulu. Tentang apa aja. Agar tulisan kita abadi. mengabadikan pemikiran lewat tulisan blog J


9 komentar:

  1. Yup, yang penting nulis aja dulu :)

    Semangat ya nulisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbx.. Mksh y mbx supportny.. 😄

      Hapus
  2. Semangad!!. Semoga istiqomah yakk,,, Kalo dapet duit dari hobi kan asikk.. :D

    BalasHapus
  3. makanannya bikin pengen ngulang lagi ke sana

    BalasHapus
  4. Semangat ya kak ngeblognya.

    BalasHapus
  5. hihi.. semangat nge-blog ya kak
    gabung komunitas juga penting banget biar makin semangat ngeblognya kak

    BalasHapus
  6. Semangat ya ningsih ngeblognya
    Kadang kita itu termotivasi karena gabung ke komunitas, jadi bisa ketemu teman2 yg menginspirasi untuk aktif ngeog

    BalasHapus
  7. Ayo semangat ngeblog yaaa

    BalasHapus
  8. Ngeblog itu hrs istiqomah mbk.. hehe. Kdg2 mls ngeblog jg.. nah it kyknya hrs dihindari..

    BalasHapus