Kamis, 01 Februari 2018

Pelatihan Instruktur Dosen AIK Regional 3 se-Sumatra



Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulillahirabbil’alamin..
Segala puji bagi Allah yang telah melancarkan semua urusan kita, dan mempermudahkanya. Begitupun urusan kita dalam mempersiapkan Pelatihan Instruktur Dosen AIK Regional 3 se-Sumatra yang dibuka oleh Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah, yaitu bapak Drs. Hajriyanto Y Thoharo, MA mulai dari persiapan sampai acara usai. Meski para pantia harus kerja ekstra untuk mensukseskan semua ini, namun
semua telah terbayar dengan suksesnya acara ini tanpa mengecewakan para instruktur dan para peserta. Acara yang kita gelar selama 5 hari yang dimulai pada hari Sabtu sampai dengan hari Rabu, yang di ketuai oleh Dekan FAI, yaitu Pak Surohim, M.Ag berjalan lancar. Acara ini bukan hanya pelatihan Instruktur AIK saja, namun juga digandengkan dengan Pengajian rutin Pimpinan Muhammadiyah se Provinsi Bengkulu, serta Peletakan Batu pertama Masjid UMB. Pengajian rutin Pimpinan Muhammadiyah se Provinsi Bengkulu seperti biasanya diadakan setiap minggu terakhir tiap bulanya. Pengajian kali ini Mulai dari hari Sabtu malam, sampai dengan minggu pagi. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan Pelatihan Instruktur Dosen AIK Regonal 3 se-Sumatra pada hari minggu siangnya pukul 14.00 WIB.
para peserta fokus mendengarkan materi
Dan di hari itu juga para peserta pulang ke daerahnya masing-masing namun ada juga beberapa orang yang masih tinggal dan menginap lagi di rusunawa untuk pulang esok harinya.
Bagaimana Persiapan Sebelum  Hari H?
Panitia, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan semua yang diperlukan dengan sangat matang, setelah nama-nama panitia di SK kan, dan rapat perdana. Semua sudah merancang tugas masing-masing per devisi. Mulai dari akomodasi, yaitu lebih ke persiapan kamar-kamar untuk para peserta. Konsumsi, yaitu makan peserta, panitia, instruktur, dll. Lalu juga Kesekretariatan, perlengkapan, transportasi, humas, dokumentasi dan publikasi, serta devisi keamanan dan parkir. Semua bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing.
Siapa saja para peserta dan berasal dari mana?
Peserta berasal dari beragam daerah yan ada di Sumatra, meski tidak semua mengirim utusan karena beberapa kendala. Mereka  berasal dari daerah-daerah se Sumatra, seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Palembang, Jambi, serta juga utusan tiap-tiap ortom Muhammadiyah di provinsi Bengkulu 
Apa saja kegiatanya?
Outbond di lapangan depan kampus 4 UMB
Kegiatan yang dilakukan selama pelatihan banyak sekali. Mulai dari Pre-Test, Orientasi. Kontrak belajar, Materi-materi, Qiyamul-Lail dan sholat subuh serta kultum, Study lapangan, Praktek Miccro Teaching, silaturahmi dan makan malam di rumah dinas Wali Kota Bengkulu, Outbond, City Tour, dan banyak lagi kegiatan-kegiatan yang lain
Cofee Break

Apa kata mereka tentang Pelatihan Instruktur Dosen AIK Se-Sumatra yang diadakan di kampus UMB?
Setelah acara usai, saya sempat mengobrol dengan salah satu peserta Pelatihan sebagai pak Lurah dalam pelatihan yang juga mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik. Yaitu bapak Mahmud Yunus yang merupakan dosen AIK di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Katanya, “Luar biasa.. semua dipersiapakn sedemikian rupa oleh panitia. Bahkan sampai sabun, sikat gigi dan odol pun disiapkan.”
sarapan bersama

Apa harapan peserta untuk kedepanya?
Harapanya yaitu, “supaya semua tim istruktur Rencana melakukan tindak lanjut di PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah)/ Amal Usaha Muhammadiyah/ Asyiyah dari tingkat wolayah, daerah, cabang, atau[un ranting. Dan supaya juga melakukan Baitul Arqom di tingkat mahasiswa, pegawai, dosek, dan tingkat pimpinan mulai dari BPH, Rektor, dll yang bekerja sama dengan majelis MPK (Majelis Pendidikan Kader)”. Harapan dari pak Mahmud Yunus, MA.
Kunjungan ke rumah dinas Walikota Bengkulu
Akhirnya, acara yang ditutup pada hari Rabu pukul 10.00 usai sudah. Setelah para peserta melakukan City Tour bersama panitia, perlahan mereka pulang ke daerahnya masing-masing.
Selamat jalan pak, bu, mbx, dan mas peserta maupun instruktur dari pusat. semoga selamat sampai di rumah. Aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar