Rabu, 23 Mei 2018

KISAH TIADA AKHIR BERSAMA BLOGGER BENGKULU

bobe pas di undang pada acara launching showroom central elektro
Asslamu’alaikum wr.wb

Waktu menunjukan pukul 14.00 wib, aku terburu-buru berangkat. maklum, aku tidak langsung dari asrama tempat tinggal. Tapi dari Benteng Marlborough.. Yachh sekalian refreshing sich setelah usai melaksanakan PPL.

Siang itu adalah jadwalnya kelas bobe untuk yang kesekian kalinya. Aku nggak tau dimana lokasinya. Hanya saja kalau berdasarkan info sich, gampang kayaknya nemui alamat ini. yapp.. Katanya cukup berangkat dari kampus 1 UMB menuju RS. Bhayangkala, lurus terus nanti belok kiri. nah depanya ada bacaan Rumah Tahfidz bakti Ilahi. Wahhh.. simple banget yaakkk kalau didengar. Namun ternyata tidak semudah itu guys. aku memang ngikutin petunjuk di awal. Namun ternyata aku salah gang. waduhhh.. aku ada dimana ini? kepanikan mulai menyertai. Secara aku memang tidak faham kalah daerah sekitar itu. wkwk..

Akhirnya balik lagi di posisi awal, mulai nanya sobat bobe yang lain via WA "Dimana Mbak alamatnya?", lalu di bilanglah bla.. bla.. namun aku nyasar lagi. Duduuuhh Robbi, aku jarang banget nyasar. Biasanya gampang nyari alamat. ini koq udah berapa kali mutar akhirnya balik-balik lagi ke tempat itu. Haduuhhh.. aku kudu piee?? serasa berjalan di tempat ni, nggak pindah-pindah. hahaa.. mau buka google map malah nggak ada kuota. ya ampuunnn.. lengkap dach... untung aja masih ada gratisan buat WA doank. ya ampunn.. apakah nasib anak kuliahan kebanyakan kek gini ya? huhuu

Daaannnnn... pas lagi mutar-mutarr, ketemulah Si Mbak Intan. Sobat bobe yang blog nya kece abis. orangnya juga koq. hehee. Dengan tangan yang memegang stang motor dan mata yang lihat kiri kanan dan kebingungan.  Simpang mana nii yang mau dimasukin? aku melihat beliau berenti dan ngotak-ngatik HP. dalam hati aku ngomong. "Mbak Intan kah?", akhirnya nyapa. dan ternyata benar. hahahaa.. nggak nyasar sendiri ternyata guyss.. ada temen. jadi nggak malu sendiri. wkwk..

"Tenang-tenang, Dekkk... bentar lagi nyampe koq. nanti ada yang jemput", ucap Mbak Intan nenangin.

Huuffttt... Sedikit merasa lega sekarang. heheee.. meskipun disana pasti udah mulai acaranya.
dan tak lama kemudian di jemput sama Kak Aang. sobat  bobe yang tingginya mungkin ngalahin hantu tinggi. wkwkwk... #Ampun Kak. hihii

Dan pas dijemput, kami ngikutin Kak Aang. dan ternyaa jalanya nggak semudah yang ada di benak aku sebelum kesini. buanyak bangets gang nyaaaaaa. aduuhhh... padahal udah pede bangets tadi sebelum kesini.

Dan taraaaaa... sampai dach, Alhamdulillah. hihiii.. nggak apa nyasar asal bisa ikutin kelas  bobe dengan selamat dan dapat ilmu baru.

Eitssss.. hampir lupa dech sama yang baca ini saking asiknya cerita. hehehee Apa kabar ni teman-teman? Semoga selalu sehat yaa.. dan yang sakit semoga diberi kesabaran dan segera sembuh dari sakitnya. Aaminn..

Oya, sebenarnya aku baru loh di bobe. Barangkali nggak nyampe setahun ini. tapi aku semangat banget ngikutin komunitas yang satu ini. Yang diisi dengan beragam kegiatan online maupun offline lainya.

Hmm.. aku mau cerita sedikit lagi nich tentang pengalaman aku. dengerin yaaa... eh, maksud nya bacain sampai tuntas. hihii

Pernah nggak sich mengalami kebosanan dalam hal yang sebenarnya kita hobi? Iyaaa.. aku pernah. Bukan bosan sich, tapi karena aku nya aja yang nggak tau gimana caranya ngupdate semangat. Termasuk ketika aku hobi nulis. Padahal dulu sudah ada digabungkan ke salah satu grup nulis. Tapi karena nggak aktif, akhirnya aku di keluarin dari grup tersebut. Duuhhh.. pedih.

Padahalkan ada orang yang bilang, “Kalau kita sudah masuk ke dalam sebuah organisasi atau komunitas, maka kepalang udah nyelup, yaa berenang dan nyelam aja sekalian. Langsung basah-basah..”,  Ehem.. kayaknya ini harus aku amalkan dech kata-katanya.
laptop ini menjadi saksi akan semangat aku yang dulunya kendor tapi sekarang nge-gas terruuuussss.. hihii

Namun Alhamdulillah semangat yang melempem itu ternyata nggak lama-lama ya teman-teman. Allah mempertemukan aku dengan sebuah komunitas yang supel, loyal, dan aktif banget. Iyaakk.. komunitas Blogger Bengkulu (bobe).

Cas Semangat di Seminar Bobe kampus 4 UMB

Dengan semangat aku yang sudah melempem namun tetap ingin menyalurkan hobi nulis, tak lama kemudian aku dapat info bahwa ada seminar di kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tepat banget acaranya di kampus kita dan lokasi juga di samping asrama. So, nggak ada alasan bagiku untuk nggak ikut acara keren ini. Aku lupa waktu itu bayar atau gratis kegiatan seminarnya. Yang jelasnya aku ikut kala itu. Heheee

Dan dari sanalah, aku mendapat semangat baru. Kayak hp tu loh, selesai di cas batrenya full. Begitupun aku. Hehee. Aku ingat banget kala itu yang menjadi pematerinya adalah Mak nya bobe yaitu Mbak Mildaini, Mbak Ria Fasya (biasa kami panggil mbak Rey), dan Kak Piter Julius Vero. Dengan tema “Smart Blogger For The Better Future”. Dan diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Social dan Ilmu Politik UMB.

Aku mencatat semua yang mereka katakan waktu itu. Beserta foto-foto juga beberapa tulisan di slide nya yang tak sempat aku catat.

Ingat selalu kata Kak Piter juga waktu itu yang bilang, 
“Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”,
Nah, menjadi seorang blogger juga bisa mendapatkan penghasilan looo.. apalagi nulis ini juga hobiku. Serasa jodoh dech. Fikir ku kala itu. hihii..

Juga beliau mengatakan bahwa,
“Manusia terlahir untuk menyampaikan risalah dakwah. Blogger juga merupakan media untuk menyampaikan dakwah lewat tulisan-tulisan yang bermamfaat”.  
Masyallah.. aku merasa tersuntik sekali. Karena memang ini salah satu juga tujuan ku dalam menulis. Yaitu berdakwah melalui tulisan. Sesuai juga dengan jurusan kuliah yang saat ini aku tempuh. Yaitu Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Alias Dakwah.

Mbak Milda juga mengungkapkan kata-kata bijaknya yang aku jadikan quotes. Hehee
“Mahasiswa Zaman Now itu Nge-blog, bukan Nge-hoax”,
Betul banget tu Mbak. Ketimbang ng-hoax yang hanya menimbulkan perpecahan, mending ng-blog aja dechh… eitss.. tapi nulis yang benar lo yaa.. jangan malah ng-hoax lewat artikel tulisan kita. hihii

Tak lupa materi dari Mbak Ria Fasha yang mengungkapkan banyak sekali mamfaat dari ngeblog. Diantaranya yaitu:
a.    Menyalurkan hobi
b.    Mengasahkan keterampilan menulis
c.    Berbagi informasi, motivasi, inspirasi, edukasi melalui konten yang bermamfaat melalui tulisan
d.    Mendapatkan informasi sehingga ilmu menjadi luas
e.    Memperluas jaringan
f.    Memudahkan bisnis online, serta
g.    Mendapatkan penghasilan tambahan dari blog

Pokoknya selepas dari agenda ini, aku jadi semangat sekali ngeblog. Ter-cas semngatnya hingga saat ini. Oya, waktu seminar itu aku juga dapat doorprize loo.. hadiah bagi para penanya. Hehee

Mengasah Kemampuan Nge-blog melalui Kelas Blogger
kelas blogger 6
Dan setelah acara seminar tersebut, aku mulai ikut kegiatan-kegiatan bobe. Mulai aktif kegiatan online maupun offline nya. Dan sudah di masukan juga ke grup kelas asik blogger. Aku langsung ikut kelas blogger perdana bagi aku kala itu. namun meski bagi aku ini adalah pertama kali, namun ternyata sudah kelas ke 6 bagi blogger sendiri ni teman-teman. Sewaktu aku ikut kelas blogger 6, materinya tentang "Bagaimana cara memotret yang bagus", yang diisi oleh Mbak Komi Kendi. Seorang yang ahli dalam hal potret memotret. Aku juga sudah memuat tulisanya di blog aku tentang kelas blogger 6 ini yaa. Yuk bermain lagi ke www.anekaresma.com lagi. Hehee
Mbak Komi Kendi salah satu pemateri di kelas blogger bobe

Tanya Sana, Tanya Sini Sampai Bisa

Nah, ini hal penting yang harus aku lakukan. Berhubung aku seorang penulis pemula, banyak hal di dunia blogger yang aku tidak tau dan nanya-nanya terus sama sahabat bobe. Paling sering aku nanya nya sama Mbak Milda, Mbak Ria fasha, Kak Piter JV, dan Mbak Intan. Alhamdulillah mereka semua asik buat di ajak sharing dan selalu berbagi ilmunya. Meski kadang akunya yang susah di kasih tau. Kadang nggak ngerti, trus nanya lagi. Akhirnya terkesan nyinyir dech. Heheee.. Bahkan parahnya sempat nangis karena nggak ngerti-ngerti ngelola template blog kala itu. Wkwkkw.. #maluuu

Ikut Share Link Ig, Blogger Walking (BeWe), Lomba Foto Live Event

semua bobe pasti akan mencari foto terbaik untuk bahan foto maupun lomba foto live event
Ini juga aku nggak ketinggalan. Setelah masuk kelas blog asik, tak lama kemudian setelah memenuhi syarat dan ketentuan, akhirnya aku digabungkan ke grup Blogger Bengkulu. Dan wawww… hampir semua blog nya udah berdomain semua. Sementara aku masih pake blogspot yang gratisan. Duduhhh.. kasian. hehee

Tapi perlahan dan secara bertahap, aku juga dibantu untuk membeli domain dengan harga yang relative murah bersama para blogger pemula lainya. Aku belum muluk-muluk sich, semoga aja dengan domain baru yang saat ini aku pakai, aku makin semangat lagi nge-blog. Dan syukur alhamdulillah kalau dapat job dari blog. Aaminn..
Aku ikut hampir semua program-program di bobe. Misal ikut share link instagram dan blog. Karena seorang blogger juga nggak bisa jauh-jauh dari media social yang wajib ia miliki. Seperti Facebook, twitter dan instagram. Karena ia sangat berkaitan.
aku pernah menang lomba foto live event dengan foto ini loo.. hehee

Tentu aku juga nggak mau ketinggalan lah lomba foto live event yang selalu diadain setiap kali ada kelas blogger. Tinggal cekrek-cekrek, trus posting di medsos dengan caption yang unik dan menarik dan  dengan tagar yang sudah ditentukan, lalu tunggu pengumuman dech. Setelah dapat pengumuman, yang menang dapat hadiah dari sponsor kita. aku juga pernah menang loo.. dapat hadiah voucher makan di rumah Gelato. Hehee.. 
ini juga foto yang membuat aku menang foto live event dan dapat voucher perawatan di DNY

Mungkin hanya ini yaa yang dapat aku sampaikan kali ini. Yahh.. kalau mau cerita tentang keseruan di blogger Bengkulu emang tiada akhirnya. Banyak banget hal-hal baru yang ditemuin disini. Termasuk juga cerita-cerita unik, cerita lucu, dan cerita perjuangan mencari alamat kegiatan bobe. termasuk cerita kala mutar-mutar nyasar kayak yang aku cerita di awal tadi. hahaa
kisah di bobe ni memang tiada akhirnya. ini aja baru tahun pertama sudah banyak kisah yang terjadi. gimana kalau udah bertahun-tahun yaa?? bisa jadi 1 buku tebel. hihiii

pesan yang ingin aku sampaikan yaitu, tekunilah apa yang saat ini teman-teman sukai atau hobi. siapa tau suatu saat nanti kehobian kita menjadi sebuah profesi. seperti kayak yang Kak Piter bilang di atas, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar. hmm.. dan tetaplah menulis. menulis sesuatu yang baik. yang mengandung unsur kebaikan. Sedikit apapun tulisan kita. Meski hanya sebuah kalimat di wall fb. siapa tau tulisan kita menjadi penyebab orang lain menjadi lebih baik dan menjadi amal jariyah juga bagi kita. aaminn

Pokoknya semangat terus ya buat bobe dan aku jugaa… nulis terus, nulis hal yang bermamfaat.
Oo iya, selamat milad juga ya buat bobe yang ke 2 tahun ini. Semoga makin bertambah terus umurnya, makin jaya dan menghasilkan penulis-penulis yang hebat juga. Aaminn..

Wassalamu’alaikum wr.wb

7 komentar:

  1. Mana kisah tragisnya belum terlalu drama

    BalasHapus
  2. Waah... serunya nemu wadah untuk menyalurkan hobby,..
    Mau jua ach nulis tentang kebersamaan dengan bobe.

    BalasHapus
  3. Semoga betah di BOBE ya, kita sama-sama terus :D

    BalasHapus
  4. seru itu nyasar bareng dek ntan. eh, kita belum pernah ketemu ya? apa sudah? *efek mulai jarang ikut kelas

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak cerita yang bisa kita ukir bersama Bobe yah...semangat!

    BalasHapus
  6. Ayoo semangat dek...jgn sampai hal baik kalah dg hal buruk di dunia maya

    BalasHapus
  7. Haha. Yang momen nyasar berjamaah emang susah dilupain ya dek. Untung ada si Aang cibi, terselamatkan lah kita berdua. Betah-betah di Bobe ya dek. Makin semangat nulis. Makin semangat ngelomba. :)

    BalasHapus